PENGERTIAN IDENTITAS KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA Sebelum menjelaskan mengenai identitas kebudayaan nasional Indonesia, terlebih dahulu dijelaskan

apa itu identitas. Identitas berasal dari bahasa Inggris “identity,” yang berarti ciri, tanda atau jati diri, yang melekat pada seseorang, kelompok, atau sesuatu, yang membedakan dengan yang lain. Sedangkan Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan daerah lain di suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara tersebut. Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda, tetapi jika dapat menyatukan perbedaan tersebut maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di Negara tersebut walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah tersebut. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara, Bahasa Indonesia dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “bhineka tunggal ika”. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. Kebudayan Nasional merupakan realitas, karena kesatuan nasional merupakan realitas. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap, dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia.1 Jadi identitas kebudayan nasional Indonesia yaitu ciri, tanda atau jati diri kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia.

1

Suseno, Franz Magnis. 1992. ”Filsafat Kebudayaan Politik”. Penerbit Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

Hanya saja masih perlu dimantapkan kembali agar konsep identitas kebudayaan Nasional Indonesia jelas terlihat. Menurut penulis sendiri identitas kebudayaan Indonesia sekarang ini sebenarnya sudah memiliki ciri tertentu yang membedakan dengan negara lain. Lalu kalau sudah demikian siapa yang harus bertanggung jawab ?. 2. Akibatnya identitas kebudayaan Indonesia bukannya semakin mantap justru perlahan-lahan jadi kabur. Kelompok kedua yang mengatakan mengatakan Kebudayaan Nasional Indonesia sudah ada. Kita bisa mencontoh semangat lembaga-lembaga kebudayaan pada era tahun 1950-1965 (tanpa melihat kekurangan mereka) seperti Lekra. Saatnya generasi muda bangsa Indonesia mendukung pembangunan dibidang kebudayaan. moderenisasi dan pembangunan. Kebudayaan Indonesia itu sendiri sedang dalam proses pencarian.Mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Kita lah sebagai masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang harus selalu melakukan pembangunan kebudayaan Indonesia. . Sayangnya masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri. undang-undang dasar 1945. Kelompok pertama yang mengatakan kebudayaan Nasional Indonesia belum jelas. alhasil kebudayaan yang kita miliki justru tak lagi diperhatikan. Pancasila. ada dua kelompok pandangan. yang ada baru unsur pendukungnya yaitu kebudayaan etnik dan kebudayaan asing. bahasa Indonesia. Lesbumi dan lain-lain yang berusaha mewujudkan kebudayaan nasional Indonesia. contohnya. 1.

” yang berarti ciri. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. Jakarta. Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda. Identitas berasal dari bahasa Inggris “identity. Bahasa Indonesia dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “bhineka tunggal ika”. yang melekat pada seseorang.2 Jadi identitas kebudayan nasional Indonesia yaitu ciri. Franz Magnis. karena kesatuan nasional merupakan realitas. Kebudayan Nasional merupakan realitas. dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. atau sesuatu. .PENGERTIAN IDENTITAS KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA Sebelum menjelaskan mengenai identitas kebudayaan nasional Indonesia. yang membedakan dengan yang lain. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan daerah lain di suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara tersebut. ”Filsafat Kebudayaan Politik”. 1992. tetapi jika dapat menyatukan perbedaan tersebut maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di Negara tersebut walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah tersebut. Sedangkan Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. tanda atau jati diri kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap. terlebih dahulu dijelaskan apa itu identitas. tanda atau jati diri. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. 2 Suseno. kelompok.

yang ada baru unsur pendukungnya yaitu kebudayaan etnik dan kebudayaan asing. 4. Sayangnya masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri. undang-undang dasar 1945.Mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Akibatnya identitas kebudayaan Indonesia bukannya semakin mantap justru perlahan-lahan jadi kabur. Hanya saja masih perlu dimantapkan kembali agar konsep identitas kebudayaan Nasional Indonesia jelas terlihat. Kita lah sebagai masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang harus selalu melakukan pembangunan kebudayaan Indonesia. Lalu kalau sudah demikian siapa yang harus bertanggung jawab ?. 3. ada dua kelompok pandangan. Kelompok pertama yang mengatakan kebudayaan Nasional Indonesia belum jelas. Menurut penulis sendiri identitas kebudayaan Indonesia sekarang ini sebenarnya sudah memiliki ciri tertentu yang membedakan dengan negara lain. Kebudayaan Indonesia itu sendiri sedang dalam proses pencarian. alhasil kebudayaan yang kita miliki justru tak lagi diperhatikan. moderenisasi dan pembangunan. Pancasila. PENGERTIAN IDENTITAS KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA . Lesbumi dan lain-lain yang berusaha mewujudkan kebudayaan nasional Indonesia. contohnya. Kita bisa mencontoh semangat lembaga-lembaga kebudayaan pada era tahun 1950-1965 (tanpa melihat kekurangan mereka) seperti Lekra. Saatnya generasi muda bangsa Indonesia mendukung pembangunan dibidang kebudayaan. bahasa Indonesia. Kelompok kedua yang mengatakan mengatakan Kebudayaan Nasional Indonesia sudah ada.

”Filsafat Kebudayaan Politik”. Identitas berasal dari bahasa Inggris “identity. tanda atau jati diri. 3 Suseno. ada dua kelompok pandangan. . Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. Kebudayan Nasional merupakan realitas. Mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Sedangkan Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. terlebih dahulu dijelaskan apa itu identitas. yang melekat pada seseorang. tanda atau jati diri kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia. kelompok. karena kesatuan nasional merupakan realitas. Jakarta. atau sesuatu. Bahasa Indonesia dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “bhineka tunggal ika”. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. Franz Magnis.3 Jadi identitas kebudayan nasional Indonesia yaitu ciri. yang membedakan dengan yang lain. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara.Sebelum menjelaskan mengenai identitas kebudayaan nasional Indonesia. dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. tetapi jika dapat menyatukan perbedaan tersebut maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di Negara tersebut walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah tersebut. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara. 1992. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan daerah lain di suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara tersebut.” yang berarti ciri.

Lesbumi dan lain-lain yang berusaha mewujudkan kebudayaan nasional Indonesia. Kelompok pertama yang mengatakan kebudayaan Nasional Indonesia belum jelas. undang-undang dasar 1945. Pancasila. moderenisasi dan pembangunan. Kita lah sebagai masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang harus selalu melakukan pembangunan kebudayaan Indonesia. Kita bisa mencontoh semangat lembaga-lembaga kebudayaan pada era tahun 1950-1965 (tanpa melihat kekurangan mereka) seperti Lekra. Lalu kalau sudah demikian siapa yang harus bertanggung jawab ?. Saatnya generasi muda bangsa Indonesia mendukung pembangunan dibidang kebudayaan. yang ada baru unsur pendukungnya yaitu kebudayaan etnik dan kebudayaan asing. Kelompok kedua yang mengatakan mengatakan Kebudayaan Nasional Indonesia sudah ada. alhasil kebudayaan yang kita miliki justru tak lagi diperhatikan.5. Sayangnya masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri. Akibatnya identitas kebudayaan Indonesia bukannya semakin mantap justru perlahan-lahan jadi kabur. contohnya. PENGERTIAN IDENTITAS KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA . Kebudayaan Indonesia itu sendiri sedang dalam proses pencarian. Menurut penulis sendiri identitas kebudayaan Indonesia sekarang ini sebenarnya sudah memiliki ciri tertentu yang membedakan dengan negara lain. 6. bahasa Indonesia. Hanya saja masih perlu dimantapkan kembali agar konsep identitas kebudayaan Nasional Indonesia jelas terlihat.

kelompok. Mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Jakarta.4 Jadi identitas kebudayan nasional Indonesia yaitu ciri. . 4 Suseno. yang melekat pada seseorang. ”Filsafat Kebudayaan Politik”. Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda. tanda atau jati diri. atau sesuatu. tetapi jika dapat menyatukan perbedaan tersebut maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di Negara tersebut walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah tersebut. Bahasa Indonesia dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “bhineka tunggal ika”. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara. 1992. tanda atau jati diri kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia. yang membedakan dengan yang lain. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan daerah lain di suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara tersebut. Franz Magnis. karena kesatuan nasional merupakan realitas.Sebelum menjelaskan mengenai identitas kebudayaan nasional Indonesia. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. terlebih dahulu dijelaskan apa itu identitas. Kebudayan Nasional merupakan realitas. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap. Identitas berasal dari bahasa Inggris “identity. Sedangkan Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. ada dua kelompok pandangan.” yang berarti ciri. dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia.

Akibatnya identitas kebudayaan Indonesia bukannya semakin mantap justru perlahan-lahan jadi kabur. 8. Kita lah sebagai masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang harus selalu melakukan pembangunan kebudayaan Indonesia. Lalu kalau sudah demikian siapa yang harus bertanggung jawab ?.7. yang ada baru unsur pendukungnya yaitu kebudayaan etnik dan kebudayaan asing. Hanya saja masih perlu dimantapkan kembali agar konsep identitas kebudayaan Nasional Indonesia jelas terlihat. contohnya. Lesbumi dan lain-lain yang berusaha mewujudkan kebudayaan nasional Indonesia. Kebudayaan Indonesia itu sendiri sedang dalam proses pencarian. Kelompok kedua yang mengatakan mengatakan Kebudayaan Nasional Indonesia sudah ada. Sayangnya masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri. Saatnya generasi muda bangsa Indonesia mendukung pembangunan dibidang kebudayaan. undang-undang dasar 1945. PENGERTIAN IDENTITAS KEBUDAYAAN NASIONAL INDONESIA . moderenisasi dan pembangunan. bahasa Indonesia. Menurut penulis sendiri identitas kebudayaan Indonesia sekarang ini sebenarnya sudah memiliki ciri tertentu yang membedakan dengan negara lain. Pancasila. alhasil kebudayaan yang kita miliki justru tak lagi diperhatikan. Kelompok pertama yang mengatakan kebudayaan Nasional Indonesia belum jelas. Kita bisa mencontoh semangat lembaga-lembaga kebudayaan pada era tahun 1950-1965 (tanpa melihat kekurangan mereka) seperti Lekra.

Sebelum menjelaskan mengenai identitas kebudayaan nasional Indonesia. tanda atau jati diri. yang melekat pada seseorang. Bahasa Indonesia dan Lagu Kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “bhineka tunggal ika”. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. ada dua kelompok pandangan. terlebih dahulu dijelaskan apa itu identitas. Kebudayan Nasional merupakan realitas. atau sesuatu. tanda atau jati diri kebudayaan nasional yang dimiliki Indonesia. dan di lain pihak kehidupan nasional dapat dihayati sebagai bermakna oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. Jakarta. Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda. Identitas berasal dari bahasa Inggris “identity. Mengenai pandangan masyarakat Indonesia tentang kebudayaan Indonesia. Franz Magnis. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan akulturasi dengan daerah lain di suatu Negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari Negara tersebut. Sedangkan Kebudayaan Nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang ada di Negara tersebut. kelompok. Itu tidak berarti Kebudayaan Nasional sekadar penjumlahan semua budaya lokal di seantero Nusantara. . 1992. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara. karena kesatuan nasional merupakan realitas.” yang berarti ciri. Kebudayaan Nasional Indonesia secara hakiki terdiri dari semua budaya yang terdapat dalam wilayah Republik Indonesia. ”Filsafat Kebudayaan Politik”.5 Jadi identitas kebudayan nasional Indonesia yaitu ciri. yang membedakan dengan yang lain. Tanpa budaya-budaya itu tak ada Kebudayaan Nasional. 5 Suseno. Kebudayaan Nasional akan mantap apabila di satu pihak budaya-budaya Nusantara asli tetap mantap. tetapi jika dapat menyatukan perbedaan tersebut maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di Negara tersebut walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah tersebut.

Akibatnya identitas kebudayaan Indonesia bukannya semakin mantap justru perlahan-lahan jadi kabur. Saatnya generasi muda bangsa Indonesia mendukung pembangunan dibidang kebudayaan. Menurut penulis sendiri identitas kebudayaan Indonesia sekarang ini sebenarnya sudah memiliki ciri tertentu yang membedakan dengan negara lain. Kita bisa mencontoh semangat lembaga-lembaga kebudayaan pada era tahun 1950-1965 (tanpa melihat kekurangan mereka) seperti Lekra.9. Hanya saja masih perlu dimantapkan kembali agar konsep identitas kebudayaan Nasional Indonesia jelas terlihat. Lalu kalau sudah demikian siapa yang harus bertanggung jawab ?. Kelompok kedua yang mengatakan mengatakan Kebudayaan Nasional Indonesia sudah ada. moderenisasi dan pembangunan. Pancasila. Kebudayaan Indonesia itu sendiri sedang dalam proses pencarian. undang-undang dasar 1945. Kelompok pertama yang mengatakan kebudayaan Nasional Indonesia belum jelas. bahasa Indonesia. contohnya. Sayangnya masyarakat Indonesia sekarang ini lebih bangga dengan kebudayaan luar negeri. Lesbumi dan lain-lain yang berusaha mewujudkan kebudayaan nasional Indonesia. 10. . alhasil kebudayaan yang kita miliki justru tak lagi diperhatikan. yang ada baru unsur pendukungnya yaitu kebudayaan etnik dan kebudayaan asing. Kita lah sebagai masyarakat Indonesia terutama generasi muda yang harus selalu melakukan pembangunan kebudayaan Indonesia.