SELEKSI & PENEMPATAN TENAGA KERJA

Presented by : Irra CD

pemeriksaan psikologis juga dilaksanakan dalam rangka penempatan tenaga kerja. .  Keperluan seleksi.INTRODUCTION  Banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa sarjana psikologi untuk melaksanakan pemeriksaan psikologis terhadap calon pelamar kerja.

• Penempatan adalah untuk menilai para calon & untuk mencocokkan kualifikasi mereka dengan persyaratan yang telah ditetapkan semula dari setiap pekerjaan.PENGERTIAN Lingkungan / Sistem lain / Subsistem 1 Masukan Pelamar / tenaga kerja Komponen batas dari sistem / subsistem 2 Proses Seleksi & penempatan Sistem / subsistem 2 Keluaran / Masukan Tenaga kerja yang memenuhi syarat • Seleksi adalah menilai sebanyak mungkin calon untuk memilih seorang atau sejumlah orang yang paling memenuhi persyaratan pekerjaan yang telah ditetapkan semula. .

usia.  Permasalahan perbedaan individual sering dikaitkan dengan perbedaan jenis kelamin. bangsa.  Industrialisasi dan penerapan teknologi menuntut pengetahuan & ketrampilan yang sangat beragam. budaya.PERBEDAAN INDIVIDUAL  Organisasi terdiri dari sejumlah anggota yang memberikan kontribusi mereka masing2 dalam upaya mencapai tujuan organisasi melalui kedudukan & peran mereka dalam organisasi. & suku. . pendidikan.  Psikologi khusus berusaha menemu kenali manusia dalam keunikannya.

STRATEGI SELEKSI Pengumpulan data secara: Pengolahan Data Secara: Klinikal Mekanikal Klinikal Mekanikal & Klinikal Interpretasi profil Klinikal murni Gabungan klinik Mekanikal Statistikal murni Pengharkatan perilaku Gabungan mekanikal .

. mengadakan kajian validasi.  Pengetahuan yang diperoleh dari belajar melalui pengalaman tentang peramal yang tepat yang berkaitan dengan perilaku kerja yang berbeda2.  Kesulitan untuk memperoleh keputusan yang benar2 diindividualisasi.METODE MEKANIKAL Keuntungan:  Cermat dalam Kelemahan:  Kesulitan untuk menyatakan besarnya kemungkinan timbulnya satu taraf perilaku kerja tertentu.  Ketidakmampuan memperhatikan perubahan dinamis dalam pekerjaan & kondisi keorganisasian.

hanya sedikit atau tidak ada sama sekali pengetahuan sebelumnya tentang ketepatan pengambilan keputusan tentang diterima atau ditolaknya tenaga berdasarkan metode klinis.  Psikolog dengan menggunakan ketrampilan khususnya & pengalamannya dapat memperhatikan kondisi yang unik & khusus bagi situasi peramalan yang rinci. . masalah dari pembentukan kesan & aturan optimal untuk mengkombinasikan informasi dengan bentuk peramalan.METODE KLINIKAL Keuntungan:  Setiap orang ditangani Kelemahan:  Derajat ketidaktepatan yang berarti dengan cara lebih sesuai dengan dirinya. yang subjektif.  Berbagai macam masalah yang timbul dari kesulitan yang berhubungan dengan prosedur yang tidak dibakukan.

Sumbangan tes & wawancara dalam pengambilan keputusan .PERANAN TES PSIKOLOGI & WAWASAN DALAM PROSES SELEKSI TENAGA KERJA 1. Tahapan penerimaan tenaga kerja  Pencarian calon tenaga kerja  Seleksi calon tenaga kerja 2.

MODEL PENELITIAN KEABSAHAN SELEKSI Model Seleksi Tradisional:  Analisis pekerjaan  Penentuan peramalan & alat Model Person – Process .Product:  Predictors  Individuals  Job behaviors  Situation  Consequences ukurnya  Penentuan kriteria keberhasilan & alat ukurnya  Keabsahan peramalan  Keabsahan silang  Rekomendasi untuk Seleksi .

.  Pengembangan tenaga kerja untuk meningkatkan kemampuannya.  Tujuan:  Seleksi dari tenaga kerja dengan kecakapan yang baik untuk dipromosikan ke kedudukan manajerial.  Penempatan tenaga kerja sesuai bakat mereka & untuk pengembangan selanjutnya.ASSESMENT CENTRE  Assesment centre merupakan prosedur yang komprehensif & baku dimana banyak teknik digunakan dalam kombinasi untuk menilai orang dengan berbagai tujuan.  Identifikasi dari tenaga kerja yang memiliki potensi manajemen pada permulaan dini dari karir mereka.

 Penetapan para assesor.  Pemberian umpan balik .  Pengembangan alat2 ukur.  Proses pembutan laporan individu dari setiap assese.PROSES ASSESMENT CENTRE  Identifikasi dimensi/kompetensi pekerjaan manajerial.  Penetapan manajer untuk diasses.

METODE / ALAT ASSESMENT CENTRE  Management Business Game  Leadership Group Discussion and Role Play  Inbasket Exercise  Menulis Laporan dan Penyajian Lisan dari Laporan  Wawancara .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful