P. 1
2 Seleksi & Penempatan Tenaga Kerja

2 Seleksi & Penempatan Tenaga Kerja

|Views: 8|Likes:
Published by Rayik Heri
Seleksi & Penempatan Tenaga Kerja
Seleksi & Penempatan Tenaga Kerja

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Rayik Heri on Aug 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2014

pdf

text

original

SELEKSI & PENEMPATAN TENAGA KERJA

Presented by : Irra CD

 Keperluan seleksi. . pemeriksaan psikologis juga dilaksanakan dalam rangka penempatan tenaga kerja.INTRODUCTION  Banyaknya perusahaan yang menggunakan jasa sarjana psikologi untuk melaksanakan pemeriksaan psikologis terhadap calon pelamar kerja.

• Penempatan adalah untuk menilai para calon & untuk mencocokkan kualifikasi mereka dengan persyaratan yang telah ditetapkan semula dari setiap pekerjaan. .PENGERTIAN Lingkungan / Sistem lain / Subsistem 1 Masukan Pelamar / tenaga kerja Komponen batas dari sistem / subsistem 2 Proses Seleksi & penempatan Sistem / subsistem 2 Keluaran / Masukan Tenaga kerja yang memenuhi syarat • Seleksi adalah menilai sebanyak mungkin calon untuk memilih seorang atau sejumlah orang yang paling memenuhi persyaratan pekerjaan yang telah ditetapkan semula.

 Industrialisasi dan penerapan teknologi menuntut pengetahuan & ketrampilan yang sangat beragam.PERBEDAAN INDIVIDUAL  Organisasi terdiri dari sejumlah anggota yang memberikan kontribusi mereka masing2 dalam upaya mencapai tujuan organisasi melalui kedudukan & peran mereka dalam organisasi.  Permasalahan perbedaan individual sering dikaitkan dengan perbedaan jenis kelamin. . pendidikan.  Psikologi khusus berusaha menemu kenali manusia dalam keunikannya. bangsa. usia. budaya. & suku.

STRATEGI SELEKSI Pengumpulan data secara: Pengolahan Data Secara: Klinikal Mekanikal Klinikal Mekanikal & Klinikal Interpretasi profil Klinikal murni Gabungan klinik Mekanikal Statistikal murni Pengharkatan perilaku Gabungan mekanikal .

METODE MEKANIKAL Keuntungan:  Cermat dalam Kelemahan:  Kesulitan untuk menyatakan besarnya kemungkinan timbulnya satu taraf perilaku kerja tertentu.  Ketidakmampuan memperhatikan perubahan dinamis dalam pekerjaan & kondisi keorganisasian. mengadakan kajian validasi. .  Pengetahuan yang diperoleh dari belajar melalui pengalaman tentang peramal yang tepat yang berkaitan dengan perilaku kerja yang berbeda2.  Kesulitan untuk memperoleh keputusan yang benar2 diindividualisasi.

yang subjektif.  Psikolog dengan menggunakan ketrampilan khususnya & pengalamannya dapat memperhatikan kondisi yang unik & khusus bagi situasi peramalan yang rinci. masalah dari pembentukan kesan & aturan optimal untuk mengkombinasikan informasi dengan bentuk peramalan.METODE KLINIKAL Keuntungan:  Setiap orang ditangani Kelemahan:  Derajat ketidaktepatan yang berarti dengan cara lebih sesuai dengan dirinya. hanya sedikit atau tidak ada sama sekali pengetahuan sebelumnya tentang ketepatan pengambilan keputusan tentang diterima atau ditolaknya tenaga berdasarkan metode klinis.  Berbagai macam masalah yang timbul dari kesulitan yang berhubungan dengan prosedur yang tidak dibakukan. .

PERANAN TES PSIKOLOGI & WAWASAN DALAM PROSES SELEKSI TENAGA KERJA 1. Sumbangan tes & wawancara dalam pengambilan keputusan . Tahapan penerimaan tenaga kerja  Pencarian calon tenaga kerja  Seleksi calon tenaga kerja 2.

MODEL PENELITIAN KEABSAHAN SELEKSI Model Seleksi Tradisional:  Analisis pekerjaan  Penentuan peramalan & alat Model Person – Process .Product:  Predictors  Individuals  Job behaviors  Situation  Consequences ukurnya  Penentuan kriteria keberhasilan & alat ukurnya  Keabsahan peramalan  Keabsahan silang  Rekomendasi untuk Seleksi .

 Pengembangan tenaga kerja untuk meningkatkan kemampuannya.  Tujuan:  Seleksi dari tenaga kerja dengan kecakapan yang baik untuk dipromosikan ke kedudukan manajerial.  Identifikasi dari tenaga kerja yang memiliki potensi manajemen pada permulaan dini dari karir mereka.  Penempatan tenaga kerja sesuai bakat mereka & untuk pengembangan selanjutnya.ASSESMENT CENTRE  Assesment centre merupakan prosedur yang komprehensif & baku dimana banyak teknik digunakan dalam kombinasi untuk menilai orang dengan berbagai tujuan. .

 Penetapan para assesor.  Pemberian umpan balik .  Pengembangan alat2 ukur.  Proses pembutan laporan individu dari setiap assese.PROSES ASSESMENT CENTRE  Identifikasi dimensi/kompetensi pekerjaan manajerial.  Penetapan manajer untuk diasses.

METODE / ALAT ASSESMENT CENTRE  Management Business Game  Leadership Group Discussion and Role Play  Inbasket Exercise  Menulis Laporan dan Penyajian Lisan dari Laporan  Wawancara .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->