SELF INTRODUCTION

Self Introduction : Indonesian Version

Nama lengkap saya Januar Aristianto. Saya lahir di Purwokerto pada tanggal 13 Januari 1988, tetapi sejak kecil saya sudah tinggal di Bandung. Saya anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya bekerja sebagai pegawai BUMN, ibu saya seorang ibu rumah tangga, dan adik saya saat ini sedang melanjutkan studi S1 di Universitas Padjadjaran. Keluarga saya ini selalu mendukung saya, baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun hal-hal positif lainnya seperti yang berkaitan dengan hobby saya.

Mengenai background pendidikan saya; Pendidikan terakhir saya adalah S1 Teknik Industri di IT Telkom, yang dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, khususnya di bidang informasi dan komunikasi. Ketika kuliah, saya megikuti 2 organisasi yaitu HMTI dan JGC. Dari kedua organisasi tersebut saya telah belajar banyak hal. Selain pengetahuan umum, saya juga belajar tentang nilainilai kerjasama, komitmen, bagaimana bekerja keras, bagaimana untuk fokus pada pencapaian tujuan, bagaimana mengatur waktu dan menentukan prioritas, yang saya rasa sangat membantu saya pada saat saya terjun ke dunia kerja.

Mengenai pengalaman kerja saya; Pengalaman kerja terakhir saya adalah bekerja selama 1 tahun 3 bulan sebagai Staf Human Capital di PT Pramindo Ikat Nusantara, salah satu anak perusahaan PT Telkom yang juga bergerak di industri informasi dan komunikasi. Sebagai Staf Human Capital, tanggung jawab saya yaitu mengelola administrasi SDM (cuti, perhitungan lembur, surat perjalanan dinas, nota dinas, dll), membantu membuat perencanaan SDM (staffing plan, workforce plan, dan training plan), mengelola pelaksanaan rekrutasi, seleksi, dan pelatihan serta pembuatan laporannya, melakukan job analysis (job description & job specification) dimana outputnya berupa Distinct Job Manual, serta mengelola data SDM dan membuat laporannya sesuai kebutuhan unit lain dan PT Telkom. Dari pengalaman kerja terakhir ini, saya telah banyak meningkatkan hal-hal yang telah saya dapat dari pengalaman berorganisasi saya sebelumnya, dimana semuanya itu sangat berharga untuk pengembangan diri saya.

1

Besides general knowledge. dan fitness). serta peluang karir yang baik. my mother is a housewife. Sesuai minat dan kompetensi yang saya miliki. Outside my lecture activity. Selain itu saya suka membaca. how to work hard. Self introduction : English Version My complete name is Januar Aristianto. From those 2 organizations I have learnt many things. how to manage time and set priorities. My family always support me whether in my education. I was born in Purwokerto on January 13th. lingkungan kerja yang nyaman. majalah. I'm the first child from two. yang memberikan fasilitas yang memadai. apa saja yang bisa menambah wawasan dan memenuhi rasa ingin tahu saya.Mengenai hobby saya. commitment. I have learnt about the value of teamwork. My latest work experience is 1 year and 3 months as Human Capital Staff in PT Pramindo Ikat Nusantara. one of PT Telkom subsidiary 2 . badminton. memberi peluang untuk memunculkan performa terbaik saya. About my work experience. artikel di website. especially in information and communication area. and my sister currently taking Bachelor Degree in Padjadjaran University. Hobby saya yang lain adalah berkumpul bersama teman-teman. Saya senang olahraga (mountain biking. My latest education is Bachelor Degree majoring in Industrial Engineering from IT Telkom. work. memberikan kepuasan kerja yang tinggi kepada saya. which I feel very helpful for me in working life. how to focus on target. dari mulai koran. HMTI and JGC. pekerjaan yang menantang dan saya sukai. About my education background. My father works in state-owned company. Dan menurut saya. Target saya ke ke depannya adalah dapat bekerja di perusahaan besar. perusahaan Anda merupakan salah satu dari perusahaan bonafide yang menjadi target saya tersebut. which is known as one of the best private college in Indonesia. but since my childhood I lived in Bandung. I joined 2 organizations. such as things related to my hobby. or any other positive things. dll. 1988.

anything that can enrich my knowledge and fulfill my curiousity. article in website. doing job analysis. ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- 3 . Besides that. From this latest work experience. badminton and fitness. nice work environment. selection. I have improved what I have learnt from my organization experience.which also move in information and communication industry. my responsibilty are : managing HR administration. My target in the future is work on a big company that can provide proper facilities. and training process and creating report related to them. managing recruitment. My other hobby is hanging out with friends. managing HR data and creating report related to it. etc. I like reading. from newspaper. and good career opportunity. About my hobby. your company is one of those bonafide company that become my target. which are very valuable for my self improvement. magazine. challenging and exciting job. helping my superior in creating HR plan. As Human Capital Staff. And in my opinion. I like sports especially mountain biking.

Terdiri dari workload analysis (formasi) dan workforce analysis (bezetting). • Recruitment : proses pencarian kandidat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. • Orientation : proses pengenalan pegawai yang baru lulus tahap seleksi dengan lingkungan kerjanya. • Performance Management : proses penilaian kinerja pegawai dan pemberian reward atau punishment berdasarkan hasil penilaian kinerja tersebut. • Human Resource Planning : proses perencanaan jumlah dan kualifikasi tenaga kerja dengan mengacu pada strategi perusahaan ke depan. Struktur Organisasi dibuat untuk memperjelas kedudukan setiap pegawai dan hubungannya dengan pegawai lain. relatif terhadap posisi/jabatan lain yang ada dalam suatu perusahaan. • Training and Development : proses peningkatan kualifikasi pegawai agar dapat memenuhi kebutuhan kualifikasi dari posisi/jabatannya.Teori Terkait Self Introduction Organisasi/Perusahaan adalah sekelompok orang dalam suatu wadah yang memiliki tujuan bersama dan mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. • Job Analysis : proses pengumpulan informasi mengenai suatu posisi/jabatan yang outputnya berupa job description dan job specification. Selanjutnya selisih formasi – besetting ini perlu dipenuhi. dimulai dari pengumuman informasi lowongan kerja sampai dengan lamaran kandidat terkumpul. dimana dalam prosesnya terdapat pembagian tugas dan wewenang. 4 . selanjutnya perlu dilakukan proses-proses MSDM yang terdiri atas : • Organization Development : proses penyesesuaian struktur organisasi dengan strategi perusahaan dalam mencapai tujuannya. dimulai dari penyortiran lamaran kandidat sampai dengan tahap seleksi terakhir. Setelah Organisasi/Perusahaan menentukan tujuan dan strategi untuk mencapai tujuannya tersebut. • Selection : proses pemilihan kandidat yang tepat dari sekian banyak kandidat yang ada. sehingga kinerjanya diharapkan dapat meningkat. • Job Evaluation : proses penentuan nilai suatu posisi/jabatan.

4. karena kedua mata kuliah tersebut mengutamakan keahlian dalam menggunakan bahasa pemrograman pada komputer dan saya memang kurang tertarik dan kurang ahli dalam hal tersebut.• Compensation & Benefit : proses pemberian imbalan atas kontribusi yang diberikan oleh pegawai. 2. sehingga akan ada banyak lapangan pekerjaan pada industri tersebut. komputer. khususnya di bidang telekomunikasi sehingga saya semakin tertarik memilih jurusan ini. Jawaban untuk pertanyaan bersifat pribadi yang mungkin muncul ketika wawancara : 1. Selain itu saya juga menyukai Rekayasa Proses Bisnis dan Manajemen Operasi Pelayanan. Mata kuliah apa yang paling Anda sukai? Jelaskan! Mata kuliah yang paling saya sukai yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia. gabungan dari ilmu teknik dan sosial. bias karena permintaan sendiri dari pegawai ybs. Mengapa Anda memilih kuliah di IT Telkom dan jurusan Teknik Industri? Saya memilih kuliah di IT Telkom karena waktu itu saya pikir industri informasi dan komunikasi akan terus berkembang pesat di masa yang akan datang. dan salah satu perguruan tinggi terbaik di bidang informasi dan komunikasi yang ada di Indonesia adalah IT Telkom. keinginan perusahaan. Ceritakan mengenai kegiatan organisasi Anda selama kuliah? 5 . produk). 3. ataupun pensiun. karena menurut saya menghadapi orang itu lebih menantang daripada menghadapi benda mati (mesin. Di IT Telkom. tetapi juga industri jasa dan kewirausahaan. Mata kuliah apa yang kurang Anda sukai? Jelaskan! Mata kuliah yang kurang saya sukai yaitu Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dan Pemrograman Komputer. saya memilih jurusan Teknik Industri karena saya memang menyukai jurusan Teknik Industri yang memiliki jangkauan ilmu yang luas. • Decruitment : proses pemutusan hubungan kerja dengan pegawai. Apalagi saya dengar Teknik Industri di IT Telkom tidak hanya mempelajari industri manufaktur. • Career Development : proses pengembangan karir pegawai dengan memindah-mindahkannya ke posisi/jabatan tertentu sesuai dengan kinerja dan kompetensinya.

HRD. inovatif. tahu malu. saya bersama teman kuliah saya berhasil menjadi Tim Terbaik (tim dengan total pendapatan terbesar. Selain itu saya kadang merasa kurang percaya diri atau grogi ketika menghadapi forum formal yang berisi atasan-atasan saya atau orang yang baru saya kenal. kegiatan politik kampus. Saya menjadi anggota JGC karena saya sangat tertarik dengan negara Jepang. Pertama. kadang saya sampai beradu argumen dengan orang lain. disiplin). tim terkompak. serta karakteristik orang Jepang (pekerja keras. Prestasi apa saja yang pernah Anda capai? Menurut saya. Gambarkan mengenai kelebihan dan kekurangan Anda? Kelebihan saya adalah saya orangnya disiplin. 5. memiliki ketahanan kerja yang tinggi. 6 . Divisi lain di HMTI yaitu : Divisi Akademik. dan masuk peringkat kelas 10 besar selama 3 tahun di SMP. mengisi majalah dinding dengan informasi terkait prestasi mahasiswa atau jurusan TI. 6. menyampaikan kemungkinan perbaikan yang bisa dia lakukan.Di HMTI saya bergabung sebagai staf di Divisi Kemahasiswaan. film. yang merupakan SMP favorit di kota Bandung. senang mempelajari hal-hal baru. maka saya akan memperjuangkannya. Kedua. Contoh kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Kemahasiswaan yaitu : nonton bareng mahasiswa TI. Keskretarian. Saya juga kesal bila menghadapi rekan kerja yang lamban dalam diajak bekerja sama. mampu bekerja sama dengan baik. saya akan mengalah. pantang menyerah. Kekurangan saya adalah saya orangnya cenderung perfeksionis sehingga kadang merasa kesal bila menghadapi rekan kerja yang tidak teliti atau rapih dalam mengerjakan sesuatu. sampai saat ini saya belum memiliki prestasi yang layak untuk dimasukkan ke dalam CV saya. Sedangkan di JGC saya bergabung sebagai anggota. dan kegiatan kebersamaan untuk mahasiswa TI. Tugas utama dari Divisi Kemahasiswaan adalah sebagai eksekutor aspirasi mahasiswa Teknik Industri. sehingga bila saya memiliki suatu pandangan/pendapat dan saya yakin itu benar. terbiasa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. mudah bergaul. tim dengan strategi penjualan terbaik. manga. Tetapi belakangan ini saya sudah mulai mengurangi sifat keras kepala tersebut. ada beberapa yang pernah saya capai. tetapi untuk prestasi skala kecil. yang semuanya demi tercapainya tujuan kami bersama atau terselesaikannya pekerjaan dengan baik. dan Humas. Saya juga sedikit keras kepala. dan mampu mempelajari atau memahami sesuatu dengan cepat. Ketika menghadapi rekan kerja yang seperti itu biasanya saya mencoba berdiskusi dengan dia. belajar bersama untuk persiapan UTS dan UAS (bekerja sama dengan Divisi Akademik). sehingga bila saya pikir sudah tidak ada kemungkinan pandangan/pendapat saya diterima atau orang lain mungkin memiliki landasan argumen yang lebih baik dari saya. walaupun rasa grogi tersebut biasanya hanya muncul di awal kegiatan. Kaderisasi. Penelitian dan Teknologi. saya berhasil menduduki peringkat kelas pertama selama 6 tahun di SD. terutama dari musik. selanjutnya saya sudah fokus pada materi yang akan saya sampaikan. mandiri. teliti dan ingin serba rapih dalam mengerjakan sesuatu. Industrial League (liga olahraga mahasiswa TI).

yang diikuti sekitar 20 tim beranggotakan mahasiswa berbagai jurusan yang mengambil mata kuliah pilihan ini. masalah yang saya hadapi ketika saya mengerjakan Tugas Akhir pada saat kuliah. Dalam lingkungan seperti apakah Anda merasa dapat bekerja dengan kinerja terbaik? Saya pikir saya dapat bekerja dengan kinerja terbaik di dalam lingkungan dengan : 7 . macaroni scuttle (pipa melengkung). dan penne (tabung). dilanjutkan dengan hal yang penting dan tidak mendesak. Saat itu saya dihadapkan pada materi TA yang kompleks (selevel thesis di kampus lain). Produk yang kami jual adalah berbagai macam pasta seperti : spaghetti (tipis dan panjang). artikel. 7. dengan mengerjakan terlebih dahulu hal yang penting dan mendesak. fettucini (pipih dan lebar). TA orang lain) yang terkait dengan TA saya dan seringsering datang ke Dapentel di waktu-waktu yang sekiranya pegawai sedang santai. serta kesulitan dalam memperoleh data dengan cepat karena pengumpulan data melibatkan pegawai di Dapentel yang sering sibuk dengan tugas kantornya. sehingga saya dituntut memahami banyak tugas dengan cepat dan mampu melaksanakan semuanya dengan baik.stand teramai) pada kegiatan “Business Fair IT Telkom” pada bulan Desember 2008. carbonara. Pertama. dan bolognese. fusilli (spiral dan pendek). Total pendapatan yang kami peroleh sekitar Rp4 juta dengan net profit sekitar Rp2. Masa orientasi saya hanya kurang dari 2 minggu karena tutor saya harus segera mutasi ke Kantor Cabang di Medan.6 juta. lasagna (tumpukan lembaran tipis). termasuk hari libur. Selain itu kami juga menjual minuman coffee float beraneka rasa. Saya juga berusaha menentukan prioritas sebaik mungkin. bimbingan yang terbatas dari Dosen Pembimbing saya karena beliau sering sibuk dengan tugasnya sebagai Dekan Fakultas saya. yaitu waktu makan siang atau menjelang waktu pulang kerja sambil membawa makanan ringan untuk mereka. Ceritakan mengenai masalah terbesar yang pernah Anda hadapi! Ada 2 masalah yang bisa dikatakan masalah terbesar untuk saya. masalah yang saya hadapi ketika masa-masa awal saya bekerja. Kedua. serta mengabaikan hal yang tidak penting dan tidak mendesak. selama tutor saya tersebut masih belum mutasi. baru setelah itu hal yang mendesak dan tidak penting (bisa juga saya delegasikannya ke orang lain). Saya ditempatkan sebagai Staf Human Capital yang tugasnya merangkap sebagai Staf Office Management karena posisi tersebut waktu itu masih vacant/kosong. Solusi yang saya ambil waktu itu adalah dengan membaca banyak literatur (jurnal. buku. 8. Solusi yang saya ambil adalah saya kerja lembur sampai tengah malam setiap hari. Kegiatan ini merupakan Tugas Akhir dari mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan di kampus saya. Saus yang kami sediakan ada 3 jenis yaitu tuna.

Kontribusi apa yang bisa Anda berikan untuk BI? Dengan pengalaman kerja dan kompetensi mengenai Manajemen SDM yang saya miliki. senang mempelajari hal-hal baru. dengan harapan dari hasil diskusi tersebut dapat diperoleh solusi yang terbaik untuk saya. dimana keduanya dapat membantu pengembangan diri saya. 10. • Tempat kerja yang aman. • Pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan saya. dan fasilitasnya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pekerjaan saya sehingga tidak menghambat penyelesaian pekerjaan-pekerjaan saya. menantang. Apa motivasi Anda bekerja di BI? Motivasi utama saya adalah tantangan pekerjaan dan ilmu-ilmu baru yang bisa saya dapatkan dengan bekerja di BI. • Atasan yang dapat mengkomunikasikan tugas-tugas saya dengan baik.• Rekan kerja yang dapat bekerja sama dengan baik dan bersaing dengan sehat serta dapat saling membantu menyelesaikan masalah. baik yang terkait dengan pekerjaan ataupun hal lainnya. menghargai pekerjaan saya. dan bervariasi. nyaman. Saya juga dapat berkontribusi pada unit kerja yang terkait dengan perbaikan proses bisnis karena saya pernah belajar tentang itu pada waktu kuliah. saya yakin saya dapat berkontribusi dengan baik terutama pada Departemen SDM di sektor Manajemen Intern BI. Selain itu. Tetapi bila lingkungan yang saya hadapi ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. saya akan mencoba berdiskusi dengan atasan saya dan juga dengan bagian HR terkait ketidakpuasan saya. sehingga saya akan merasa bersemangat dalam bekerja. Bila setelah saya berusaha menyesuaikan diri ternyata saya masih merasa kurang puas. karena saya dapat memberikan yang terbaik dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut dan sekaligus mengembangkan kemampuan saya. serta mampu mempelajari atau memahami sesuatu dengan cepat. berlaku adil kepada anak buahnya. 9. Motivasi lainnya adalah jenjang karir (tingkatan posisi yang berada dalam organisasi sebagai apresiasi terhadap pekerjaan seseorang) yang saya pikir baik. dengan karakter saya yang pekerja keras. 11. mampu bekerja sama dengan baik. saya akan berusaha untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. memiliki interpersonal dan communication skill yang baik. saya pikir saya dapat 8 . dan profesional dalam menghadapi masalah dalam pekerjaanya. bila melihat struktur organisasi BI yang begitu besar. Apa yang Anda ketahui tentang BI? Lihat Rangkuman Materi Persiapan Interview halaman 1.

selanjutnya akan mengikuti proses apa? 9 . 12. Untuk kandidat yang lulus proses seleksi. Apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia? Ya. Berdasarkan pengalaman kerja dan kompetensi yang saya miliki serta kontribusi yang dapat saya berikan pada BI. saya mengharapkan gaji yang akan diberikan yaitu minimal sebesar Rp4. Daftar pertanyaan yang perlu ditanyakan ketika wawancara : 1. Apakah penentuan kelulusan kandidat hanya berdasarkan hasil wawancara akhir atau melihat hasil tes-tes sebelumnya juga? 2. 13. Kapan pengumuman hasil seleksi? Disampaikan melalui media apa pengumuman tersebut? 3.beradaptasi dan berkontribusi dengan baik juga pada unit kerja lainnya di BI bila diberi kesempatan. Berapa besaran gaji yang Anda harapkan? Saya pikir Bi pasti sudah mempunyai standar gaji bagi posisi yang saya lamar.5 juta dan ditambah engan fasilitas/tunjangan lain sesuai dengan peraturan yang ada di BI. karena sebelumnya saya telah menandatangani Surat Pernyataan yang salah satu poinnya berisi kesediaan saya untuk ditempatkan di seluruh kantor Bank Indonesia dan saya akan commit terhadap isi Surat Pernyataan tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful