P. 1
2 Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran IPA

2 Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran IPA

|Views: 7|Likes:
Published by Dedi Suryadi

More info:

Published by: Dedi Suryadi on Aug 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2014

pdf

text

original

CONTOH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPA

PPT – 2.2-2

BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Pendahuluan
 Kurikulum 2013 menekankan penerapan pendekatan scientific (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran) (Sudarwan, 2013).  Komponen-komponen penting dalam mengajar menggunakan pendekatan scientific (McCollum : 2009)
o Menyajikan pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder), o Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation), o Melakukan analisis ( Push for analysis) dan o Berkomunikasi (Require communication)

2

dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen (Carin dan Sund :1993 dalam Indrawati : 2007)  Empat Unsur Utama IPA o Sikap o Proses o Produk o aplikasi 3 .Pembelajaran IPA  Ilmu Pengetahuan Alam o Pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur. berlaku umum (universal).

o meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation).  Aspek-aspek pada pendekatan scientific terintegrasi pada pendekatan keterampilan proses dan metode ilmiah 4 . o melakukan analisis ( Push for analysis) dan o berkomunikasi (Require communication)  Pembelajaran IPA lebih menekankan pada penerapan keterampilan proses.Pendekatan Scientific pada Pembelajaran IPA  Komponen-komponen Penting (McCollum:2009) o meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder).

Pendekatan Scientific pada Pembelajaran IPA  Langkah-langkah metode ilmiah (Helmenstine. o menerima atau menolak hipotesis dan merevisi hipotesis atau o membuat kesimpulan 5 . o menguji hipotesis. o menentukan hipotesis. 2013) o melakukan pengamatan. o merancang eksperimen untuk menguji hipotesis.

Pendekatan Scientific pada Pembelajaran IPA  Keterampilan proses IPA diklasifikasikan menjadi keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terpadu 6 .

Implementasi  Pendekatan scientific dalam pembelajaran IPA dapat diterapkan melalui keterampilan proses  Keterampilan proses sains merupakan seperangkat keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam melakukan penyelidikan ilmiah (Lanj)  Keterampilan proses perlu dikembangkan melalui pengalaman-pengalaman langsung sebagai pengalaman pembelajaran (Rustaman :2005) 7 .

Indikator Keterampilan Proses 8 .

o Menggunakan fakta yang relevan dan memadai dari hasil pengamatan.Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Pengamatan o Kegiatan mengidentifikasi ciri-ciri objek tertentu dengan alat inderanya secara teliti. o Menggunakan alat atau bahan sebagai alat untuk mengamati objek dalam rangka pengumpulan data atau informasi o Dilakukan dengan cara menggunakan lima indera o Jenis Pengamatan • pengamatan kualitatif • pengamatan kuantitatif 9 .

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Contoh 10 .

menimbang massa benda dengan berbagai neraca. 11 . mengukur panjang dengan menggunakan penggaris atau mengukur benda dengan jangka sorong.Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Pengukuran o Membuat observasi kuantitatif dengan membandingkannya terhadap standar yang kovensional atau standar non konvensional Contoh : Peserta didik melakukan pengukuran suhu menggunakan termometer. mengukur volume cairan menggunakan gelas ukur.

• Menyusun klasifikasi dalam tingkat-tingkat tertentu sesuai dengan sifat-sifat objek 12 .Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Klasifikasi o Proses yang digunakan ilmuwan untuk mengadakan penyusunan atau pengelompokan atas objek-objek atau kejadian-kejadian o Prasyarat Keterampilan • Mengidentifikasi dan memberi nama sifat-sifat yanng dapat diamati dari sekelompok objek yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengklasifikasi.

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA 13 .

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Menyimpulan o Inferensi o Sebuah pernyataan yang dibuat berdasarkan fakta hasil pengamatan 14 .

• Menjelaskan penggunaan data hasil penginderaan/memeriksa secara akurat suatu objek atau kejadian • Mengubah data dalam bentuk tabel ke bentuk lainnya 15 .Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Komunikasi o Menyampaikan pendapat hasil keterampilan proses lainnya baik secara lisan maupun tulisan o Beberapa Keterampilan komunikasi • Mengutarakan suatu gagasan.

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Prediksi o Perkiraan yang didasarkan pada hasil pengamatan yang nyata o Mencakup keterampilan mengajukan perkiraan tentang sesuatu yang belum terjadi berdasarkan suatu kecenderungan atau pola yang sudah ada o Contoh Peserta didik diminta membuat suatu prediksi • Apa yang akan terjadi jika air dibiarkan didalam piring lebar dibiarkan berhari-hari? • Apa yang akan terjadi pada lampu senter jika ada pemasangan batu baterey nya terbalik? 16 .

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Mengidentifikasikan Variabel o Keterampilan identifikasi Variabel • Mengidentifikasi variabel dari suatu pernyataan tertulis atau dari deskripsi suatu eksperimen • Mengidentifikasi variabel manipulasi dan variabel respon dari deskripsi suatu eksperimen • Mengidentifikasi variabel kontrol dari suatu pernyataan tertulis atau deskripsi suatu eksperimen o Jenis Variabel • Variabel manipulasi • Variabel respon • Variabel kontrol 17 .

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Interpretasi Data o Data Pola dari fakta/data Penjelasan Logis o Karakteristik • mencatat setiap hasil pengamatan. • menemukan pola atau keteraturan dari rangkaian pengamatan • menarik kesimpulan 18 . • menghubungkan-hubungkan hasil pengamatan.

o Pertanyaan biasanya digunakan dalam merumuskan masalah yang akan diteliti o Karakteristik • mencatat setiap hasil pengamatan.Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Hipotesis o Dirumuskan dalam bentuk pernyataan bukan pertanyaan. • menemukan pola atau keteraturan dari rangkaian pengamatan • menarik kesimpulan 19 . • menghubungkan-hubungkan hasil pengamatan.

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Contoh 20 .

Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Definisi Variabel secara Operasional o Definisi yang menguraikan bagaimana mengukur suatu variabel o Menetapkan bagaimana suatu variabel itu diukur 21 .

tetapi cukup dilatihkan dengan menguji hipotesis-hipotesis yang berhubungan dengan konsepkonsep didalam kurikulum 22 .Contoh Penerapan Keterampilan Proses dalam PBM IPA  Eksperimen o Kegiatan terinci yang direncanakan untuk menghasilkan data untuk menjawab suatu masalah atau menguji suatu hipotesis o Melatihkan merencanakan eksperimen tidak harus selalu dalam bentuk penelitian yang rumit.

TERIMA KASIH 23 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->