TUGAS POKOK DAN FUNGSI PERANGKAT NAGARI

O L E H

_____________________ Bp: UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG

) DAFTAR ISI . Penulis sadar bahwa maklah ini sangat jauh dari sempurna. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada sahabat dan dosen pembimbing yang telah memberi arahan dalam penulisan makalah ini. Hormat saya. 2013 (------------------------.semoga segala ikhtiar dan arahannya dibalas oleh Tuhan Yang maha kuasa. Padang.namun penulis akan terus menggali pengetahuan untuk mencapai yang lebih baik.KATA PENGANTAR Dengan segenap puji dan syukur penulis telah seleasi dalam pembuatan makalah ini yang bertajuk “Tugas Pokok Dan Fungsi Perangkat Nagari”.

4.1. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ……………………….. BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………… A. Masukan (input) ……………………………………………………………… A.2.1..2.i Kata Pengantar…………………………………………………………………………… ii Daftar Isi ………………………………………………………………………………. A. Hasil dari proses ……………………………………………………… C... Kelembagaan ……………………………………………………….1. Keluaran (output) …………………………………………………………………..1.1.1. Sumber (resources) ……………………………………………………. iii BAB. I PENDAHULUAN ………………………………………………………………. Sasaran atau tujuan ………………………………………………………………… BAB III PENUTUP …………………………………………………………………… DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………… ... Unsur-Unsur Pokok Administrasi …………………………………………………. A.1 Proses ……………………………………………………………………….1 1. C. Pengertian Sempit ( Kegiatan Perkantoran ) ………………………………… C.……. Sumber Modal ………………………………………………… A..1.2.1. Hasil dari fungsi/tugas ………………………………………………. Proses /fungsi-fungsi administrasi ………………………………………………… C. B.2.1. 1.. Pengertian Luas ……………………………………………………………… C.4.1 Administrasi dalam pengertian sempit …………………………………………… 1.3.. C.3.2.2.……………………………………………. Sumber Tenaga ……………………………………………….1.2.2 Administrasi dalam pengertian luas ……………………………………………… 1.1. Sumber Hukum ………………………………………………. Pengertian Administrasi…………….1 1.. D.1.1.4.1..1. Kemampuan dan Kesanggupan ………………………….2..Halaman Judul ……………………………………………………………………………..2 Fungsi atau Tugas ………………………………………………………….2.3 Kepranataan/Institusi ……………………………………………………….. A.1. 1.2.1. Sumber Alamiah ……………………………………………… 1. A. 1.

membedakan administrasi dalam 2 pengertian. 1.BAB I PENDAHULUAN Dalam praktek kehidupan masyarakat sudah dikenal istilah-istilah administrasi. pembukuan dan lain sebagainya. maka administrasi merupakan keseluruhan proses. yaitu : 1. pengetikan surat menyurat (termasuk menggunakan kompuer). proses perencanaan. mulai dari proses pemikiran.2. proses penggerakan. kearsipan.1 Proses Ditinjau dari sudut proses. agenda. proses pengawasan sampai dengan pencapaian tujuan.2. Untuk mencapai suatu tujuan orang harus memikirkan dahulu apa yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya serta sarana dan prasana apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut serta kemampuan seseorang untuk menjalankannya. 1. Kesadaran untuk mempelajari administrasi dan telah berkembang dengan pesat baik untuk pekerjaan pemerintah serta usaha niaga dan swasta. yakni “kegiatan tata usaha kantor” dan “ melayani” Menurut Prof.Kartu Keluarga dan Surat Keterangan lainnnya. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya akademi atau sekolah tinggi yang mempunyai disiplin ilmu di bidangatau jurusan administrasi. Administrasi dalam pengertian luas Dalam pengertian luas administrasi dapat dibedakan dalam 3 sudut.1 Administrasi dalam pengertian sempit Dalam pengertian sempit di sini dimaksudkan ditinjau dari lingkup kerja yang sempit yaitu hanya berkisar pada kegiatan tata usaha kantor (office work) seperti : tulis menulis.Prajudi Atmosudirdjo (Lembaga Administrasi Negara). Dengan pembelajaran ilmu administarsi bertujuan agar para pelaku administrasi dapat mengatur di dalam organisasinya dan melaksanakan pelayanan yang prima pada masyarakat dengan prinsip-prinsip organisasi dan dapat bekerja sebagaimana mestinya secara proporsional dan professional. yaitu : 1. Pengertian Administrasi Untuk dapat memberikan pemahaman tentang pengertian administrasi. . misalnya pada kantor kelurahan dikenal dengan istilah “biaya administrasia atau kelengkapan administrasi” untuk pembuatan surat-surat keterangan seperti KTP. proses pengaturan. tidak lepas dari asal usul kata administrasi itu sendiri sebagaimana bahasan sebelumnya.

Orang-orang atau individu yang melaksanakan tugas pengawasan /kontrol (pengawas).Orang-orang atau individu yang melaksanakan tugas perencanaan (perencana). dapat disimpulkan bahwa administrasi mempunyai pengertian :”Aktivitas-aktivitas untuk mencapai tujuan” atau “proses penyelenggaraan kerja untuk mencapai tujuan” .Gambar 1: Ilustrasi alur pemikiran proses administrasi 1. maka ada orang-orang yang melakukan kegiatan perbankan dalam lembaga itu. kantor pajak.2.2. misalnya : a.Orang-orang atau individu yang melaksanakan tugas kepemimpinan (pemimpin).Orang-orang atau individu yang mengorganisir (organisator). Dari uraian di atas. misalnya: Lembaga perbankan. non departemen dan lain sebagainya. Dalam setiap organisasi atau instansi sudah tentu ada orang-orang yang menjalankan administrasi.3. 1. d.2. dan lain lain). c. kantor departemen –departemen. b. kantor kepolisian. Fungsi atau Tugas Ditinjau dari sudut fungsi atau tugas administrasi berarti keseluruhan tindakan (aktivitas) yang harus dilakukan oleh seseorang yang berkedudukan sebagai “administrator” ( memegang jabatan dalam manajemen suatu organisasi). dan lain sebagainya. Kepranataan/Institusi Ditinjau dari kepranataan (institusi). maka ada orang-orang yang melakukan kegiatan pelayanan pos (surat menyurat. Kantor Pos. pengiriman barang. . maka tinjauan administrasi adalah melihat kegiatan dalam suatu lembaga melakukan aktivitas tertentu.

Sumber Hukum Sumber hukum adalah aturan/ketentuan/perundang-undangan yang berlaku dalam menjalankan kegiatan administrasi.1.apat pula Masukan masukan ini dikenal juga dengan perangkat administrasi ( tools of administration). yaitu : A. yaitu : manusia (man).manajerial dan teknologi.2.1. ahli teknik sipil/arsitek. seperti uang dan giro serta “modal tidak bergerak”. Keputusan Menteri (Kepmen).1. Sumber Alamiah Sumber alamiah ini dapat pula terbagi atas” 1. modal (capital).1. ahli akuntansi.4. ahli computer.1. ahli kearsipan dan lain lain. A. antara lain : A. .1. misalnya Keputusan Presiden (Kepres).1. Kemampuan dan Kesanggupan Adalah pengetahuan dan keadaan fisik.BAB II PEMBAHASAN A. Koontz dnDonnells.1. mental biologis tenaga pelaksana. A.1. Peraturan Pemerintah (PP). tanah.3. ditemukan setidak tidaknya ada lima unsur pokok administrasi. Unsur-Unsur Pokok Administrasi Jika diperhatikan dari definisi-defisini para ahli.4.1. A. Sumber Modal Sumber modal dapat dibedakan dalam 2 macam yaitu: “modal bergerak”.1.1. membedakan masukan terdiri 4 macam. sarana dan prasarana lainnya. antara lain : A.4. dapat dibedakan dalam 4 macam. Masukan (input) Yang dimaksud dengan masukan dalam administrasi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan pekerjaan administrasi. kendaran dinas. seperti bangunan. Sumber (resources) Yang dimaksud dengan sumber adalah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk menghasil barang atau jasa. Sumber tenaga lainya adalah yang bukan ahli. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Adalah tata cara dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi 1. penjaga malam dan tenaga kasar lainnya.1.1.1.2. Sumber Tenaga Sumber tenaga dapat terdiri dari tenaga ahli (skilled/expert) seperti ahli ekonomi. seperti pesuruh.

2. kumpulan surat masukdan keluar. untuk memudahkan pelaksanaannya. Pengertian sempit ( kegiatan perkantoran ) Keluaran yang dihasilkan adalah. daftar nama pegawai. yaitu : C.2. keperluan intern dan ekstern organisasi. Dengan demikian untuk menunjang . masyarakat umum.2.2. catatan surat masuk dan keluar. Pada saat ini dengan semakin berkembangnya ilmu administrasi. pelayanan umum (in servise dan public service) Untuk sektor pemerintahan adalah pelayanan publik. C. Penilaian (evaluation) C.1. daftar gaji pegawai. dan lainlain. daftar inventaris barang. dan hasil pengawasan. C. untuk sektor perusahaan/swasta adalah jasa dan produksi D. fungsi-fungsi administrasi disederhanakan menjadi 4. program kegiatan. Sasaran atau tujuan Yang dimaksud dengan sasaran adalah adalah tujuan keluaran yang dihasilkan antara lain instansi atasan. Tuntutan Administrasi dan manajemen sudah memasuki ke seluruh aspek kehidupan dan menjadi objek dan subjek pembangunan. system. kegiatan organisasi. Keluaran (output) Yang dimaksud dengan keluaran (out put) adalah hasil dari suatu pekerjaan administrasi. Proses dalam administrasi dikenal dengan sebutan fungsi administrasi . tugastugas/personil kepanitian. Pada umumnya fungsi administrasi menjadi tanggung jawab pimpinan (pejabat manajemen). Pelaksanaan ( implementing) 4. Hasil dari fungsi/tugas Keluaran yang dihasilkan adalah kebijakan.1. terdiri dari : C. dan lain-lai C. Bila ditinjau dari pengertiannya.B Proses /fungsi-fungsi administrasi Yang dimaksud dengan proses dalam administrasi adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. keluaran yang dihasilkan dapat dibedakan menjadi 2. Pengertian luas. Pengorganisasian (Organizing) 3. Perencanaan (planning) 2.3. petunjuk pelaksanaan/teknis. Hasil dari proses Keluaran yang dihasilkan adalah pengembangan organisasi.2.pengembangan pegawai. Kelembagaan Keluaran yang dihasilkan adalah fungsi/aktivitas kelembagaan. yaitu : 1.

administrasi yang baik dan . namun perlu ditunjang dengan sistim terorganisi.pembangunan nasional tidak hanya diperlukan modal di bidang ekonomi dan teknologi.

Adanya kerjasama 5.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari definisi-difinisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa administrasi mengandung unsur-unsur : 1. Adanya rasionalitas 6. Adanya kegiatan-kegiatan 4. Adanya tujuan yang hendak dicapai Dari unsur-unsur yang mencakup tersebut. .maka proses penyelenggaraan administrasi akan terselenggara dengan lebih terarah dan terorganisir sehingga diharapkan dapat mencapai sasaran atau target yang diinginkan. Adanya orang-orang atau individu 2. Adanya pedoman/petunjuk 3.

” Lembaga Administrasi Negara” Leonard D. Newman.Prajudi Atmosudirdjo. “Introduction to The Study of Public Administration”.DAFTAR PUSTAKA Prof. “ Administrative Action” Dan berbagai sumber lainnya yang terkait dengan materi dari Internet . William H. White.