Zaman Pra Sejarah atau Pra Aksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan.

Pada masa ini, kita tidak dapat mengetahui sejarah serta kebudayaan manusia melalui tulisan. Satu-satunya sumber untuk mengetahui kehidupan manusia purba hanya melalui peninggalan-peninggalan mereka yang berupa fosil, alat-alat kehidupan, dan fosil tumbuh-tumbuhan maupun hewan yang hidup dan berkembang pada masa itu. Zaman manusia mengenal dan menggunakan tulisan disebut aman aksara atau aman sejarah. Zaman pra aksara di Indonesia berlangsung sampai abad ke-3 Masehi. Jadi, pada abad ke-4 Masehi, manusia Indonesia baru mulai mengenal tulisan. Hal ini dapat diketahui dari batu bertulis yang terdapat di Muara Kaman, Kalimantan Timur. Meskipun prasasti tersebut tidak berangka tahun, tetapi bahasa dan bentuk huruf yang digunakan menunjukkan bahwa prasasti tersebut dibuat kurang lebih tahun 400 Masehi.

Pembagian Zaman berdasarkan proses terbentuknya bumi Ternyata proses terbentuknya bumi memakan waktu yang lama sekali sehingga para ahli geologi membaginya kedalam beberapa masa, dimana masing-masing masa/zaman memakan waktu sampai jutaan tahun lamanya. Berikut ini adalah pembagian masa/zaman tersebut (1) Masa Arkaikum : Masa ini berumur kira-kira 3.500 juta tahun. Pada saat itu, bumi belum dingin, udara masih panas sekali, kulit bumi masih dalam proses pembentukan, dan belum ada tanda-tanda kehidupan. (2) Masa Paleozoikum : Umur masa ini diperkirakan 600 juta tahun. Ketika itu sudah mulai tampak tanda-tanda kehidupan. Binatang yang kecil-kecil (mikroorganisme) sudah mulai ada. Mulai hidup juga binatang yang (3) Masa Mesozoikum : Umur masa ini kira-kira 225 juta tahun. Pada saat itu, kehidupan di bumi makin berkembang. Binatang-binatang pada masa ini mencapai bentuk tubuh yang besar sekali. Jenis burung pun sudah mulai ada. Namun, sesungguhnya mesozoikum merupakan zaman reptil. Jenis binatang inilah yang banyak sekali dijumpai pada masa ini. Kita mengenalnya sebagai Dinosaurus. (4) Masa Neozoikum atau Kaenozoikum : Masa ini berlangsung sekitar 70 juta tahun yang lampau. Pada masa inilah keadaan bumi sudah betul-betul baik. Perubahan cuaca tidak begitu drastis walaupun zaman es masih ada. Kehidupan berkembang dengan pesat. Lebih lanjut, masa ini dibedakan lagi menjadi dua, yaitu:

Zaman tersier, binatang-binatang raksasa makin menyusut jumlahnya. Keluarga binatang menyusui sudah mulai muncul dan beberapa jenis monyet dan kera telah mulai hidup pada zaman ini. Zaman kuarter, zaman ini berlangsung kira-kira dua juta tahun yang lampau. Pada zaman ini telah ada tanda-tanda kehidupan manusia. Zaman ini terbagi lagi menjadi kala plestosin (Dilluvium) dankala holosin (Alluvium). Umur kala plestosin tidak sepanjang masa yang lainnya. Masa ini justru merupakan suatu momen yang sangat penting, karena pada masa inilah menurut para ahli

dan gangguan hewan buas. panas. yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan. Misalnya. padazaman ini secara dominan alat-alat yang digunakan terbuat dari batu. masa bercocok tanam.000 tahun yang lalu. Pembagian zaman pra aksara berdasarkan benda peninggalan Berdasarkan benda-benda peninggalan yang digunakan oleh manusia pada masa pra aksara. Hasil kebudayaan Palaeolithikum banyak ditemukan di daerah Pacitan dan NgandongJawa Timur. Dengan dimulainya zaman logam. (1) Masa berburu dan mengumpulkan makanan : pada masa ini kehidupan manusia purba masih sangat sederhana. Zaman batu : adalah zaman yang menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia terbuat dari batu. Zaman batu muda( Neolithikum ) merupakan suatu masa di mana alat-alat kehidupan manusia dibuat dari batu yang sudah dihaluskan. Misalnya. kapak persegi dan kapak lonjong. manusia purba memanfaatkan ceruk yang . Zaman Pra Sejarah berdasarkan cirri kehidupan dan kebudayaan masyarakatnya. Sesungguhnya. zaman pra sejarah/pra aksara dibedakan menjadi dua zaman yaitu zaman batu dan zaman logam.  Zaman Logam : adalah zaman yang menunjuk pada suatu periode di mana alat-alat kehidupan manusia terbuat dari logam. kapak genggam. berdasarkan ciri kehidupan dan kebudayaan masyarakatnya zaman pra sejarah dibagi dalam tiga zaman. serta bentuknya lebih sempurna dari aman sebelumnya.  Zaman batu madya ( Mesolithikum ) merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebih baik dan lebih halus dari aman batu tua. Tetapi. pebble/kapak Sumatera. karena pada zaman logampun alat-alat dari batu terus berkembang bahkan sampai sekarang. Misalnya. nama zaman logam hanyalah untuk menyatakan bahwa pada zaman tersebut alat-alat dari logam telah dikenal dan digunakan secara dominan. Untuk melindungi dirinya dari hujan. bukan berarti berakhirnya zaman batu. meskipun ada juga alat-alat tertentu yang terbuat dari kayu dan tulang. Zaman batu dibedakan lagi menjadi tiga periode sebagai berikut. dan masa perundagian.arkeologi mulai muncul manusia di muka bumi dan berlangsung kira-kira 2 juta sampai dengan 100.  Zaman batu tua ( Paleolithikum ) merupakan suatu masa di mana hasil buatan alat-alat dari batunya masih kasar dan belum diasah sehingga bentuknya masih sederhana. Mereka mengumpulkan makanan dan meramunya serta berburu dengan menggunakan peralatan bantu yang sangat sederhana.

Artinya. Letak ceruk tempat tinggal mereka biasanya tidak jauh dari sumber air karena sumber air biasa digunakan juga oleh binatang buruan untuk minum. Pada masa ini kehidupan manusia purba tidak jauh berbeda dengan masa bercocok tanam hanya saja peralatan yang mereka gunakan semakin lebih baik yaitu mulai digunakannya alat-alat yang terbuat dari logam. (2) Masa Bercocok tanam : pada masa ini manusia purba sudah mampu berccocok tanam sehingga terjadilah perubahan dari tradisi food gathering (mengumpulkan makanan) menjadi food producing (menghasilkan makanan).ada di batu karang. Pada saat itu pula. Mereka sudah tidak tergantung lagi pada alam. (3) Masa Perundagian : pada masa ini. mereka telah mengenal cara membuat rumah dan beternak hewan peliharaan. manusia purba telah pandai membuat perkakas yang berasal dari logam. manusia purba memburunya dan selanjutnya digunakan untuk makan sehari-hari. Pada saat binatang minum. Mereka kemudian menggunakan perkakas tersebut sebagai bagian dari hidupnya. . manusia sudah bertempat tinggal tetap. Mereka sudah berusaha untuk menghasilkan makanan sendiri dengan bercocok tanam dan beternak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful