PETUNJUK PEMBUATAN SOAL YANG BAIK

Langkah-langkah yang ditempuh dalam penjabaran TIU menjadi indikator adalah : 1. 2. 3. Memilih TIU Memilih pokok bahasan/sub pokok bahasan dan uraian materi. Membuat indikator yang harus mengacu pada TIU agar diperoleh tingkah laku spesifik yang hendak diukur dengan memperhatikan konteks PB/SPB dan uraian materi yang dipilih. 4. Membuat soal dengan mengacu pada indikator. Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang indikator, disarankan untuk melihat TIU, PB/SPB, dan uraian materi.

Kriteria indikator : 1. 2. 3. 4. Memuat ciri-ciri dari TIU yang hendak diukur. Memuat satu kata kerja operasional yang dapat diukur. Berkaitan erat dengan PB/SPB beserta uraiannya. Dapat dibuat soalnya dalam bentuk pilihan ganda.

13. letakkan kata tersebut pada pokok soal. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. 11. 4. Bila memungkinkan. Pilihan jawaban jangan menggunakan pernyataan yang berbunyi “ Semua pilihan jawaban di atas salah” atau “Semua pilihan jawaban di atas benar”. Pilihan jawaban harus homogen dan atau logis ditinjau dari segi materi. 8. 5. Pokok soal jangan menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda. Gambar/grafik/tabel/diagram dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi. Soal harus sesuai dengan indikator yang terdapat pada kisi-kisi. 10.KAIDAH-KAIDAH PENULISAN SOAL 1. Pilihan jawaban yang berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan besar-kecilnya. . 3. 2. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama. 9. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya. 7. Pengurutan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan siswa melihat pilihan jawaban. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas. 12. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar. 6. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. Pilihan jawaban jangan mengulang kata/frase yang sama yang bukan merupakan satu kesatuan.

Mendapatkan hiburan Kunci : C 2. Urbanisasi B.. Contoh soal yang lebih baik : Faktor pendorong utama perpindahan penduduk desa ke kota adalah untuk . Transmigrasi D. INDIKATOR Siswa dapat mengidentifikasi faktor pendorong perpindahan penduduk dari desa ke kota. Contoh soal yang kurang baik : Cadangan makanan pada tebu juga disimpan di dalam . Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas sehingga tidak menimbulkan pengertian atau penafsiran yang berbeda pada siswa. . Contoh soal yang kurang baik : Perpindahan penduduk dari desa ke kota disebut .. Emigrasi Penjelasan : Soal di atas tidak sesuai dengan indikator. Imigrasi C. sedangkan pada soal ditanyakan tentang pengertian suatu istilah. Soal harus sesuai dengan indikator yang terdapat pada kisi-kisi. Pada indikator disebutkan tentang faktor pendorong perpindahan penduduk desa ke kota... A. Mencari pengalaman baru B. Meningkatkan taraf hidup D. A. Memperluas pengetahuan C..1..

Contoh soal yang lebih baik : Tebu menyimpan cadangan makanan di dalam . Membela Tanah Air Indonesia tumpah darah dalam rangka mempertahankan kemerdekaan C.. Contoh soal yang kurang baik : Pada peristiwa G30 S PKI tahun 1965... Mempertahankan Pancasila dan UUD 45 dari pengaruh komunisme yang ingin berkuasa . banyak Jenderal yang tewas yang kita sebut pahlawan revolusi.. Akar H. Mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia yaitu dalam melaksanakan tugas pembangunan B.A. Batang F. Akar D. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja. Pahlawan Revolusi adalah pahlawan yang gugur . A. Daun C. E. Batang B. cadangan makanan hanya disimpan di batangnya. Daun G. Bunga Kunci : A Penjelasan : Kata “juga” di pokok soal akan menimbulkan penafsiran yang berbeda pada siswa. Bunga Kunci : A 3. Padahal pada tebu. seakanakan ada tempat penyimpanan cadangan makanan lain pada tebu.

Agar tercapainya persatuan dan kesatuan B. A. Mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 D. Melaksanakan pembangunan dan membela negara Kunci : C 4. Terciptanya saling pengertian dalam perjuangan C.D. Membela Tanah Air dan mengisi kemerdekaan C. Memperjuangkan kemerdekaan dan pembangunan B.. Contoh soal yang lebih baik : Pahlawan Revolusi adalah mereka yang gugur dalam . Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban yang benar. Melaksanakan tugas pembangunan semesta untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia Kunci : C Penjelasan : Pokok soal dan pilihan jawaban soal di atas perumusannya agak berlebihan karena terdapat kata-kata yang sebenarnya tidak diperlukan. Apa alasannya ? A. Banyaknya bahasa daerah yang ada di nusantara D. Hal ini akan membingungkan siswa serta menyita waktu yang disediakan. Contoh soal yang kurang baik : Dalam naskah Sumpah Pemuda dinyatakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Untuk meningkatkan derajat Bangsa Indonesia Kunci : A Penjelasan : ..

Memilih kader-kader pemimpin bangsa Kunci : A 5. Contoh soal yang lebih baik : Di antara nama bangun geometri di bawah ini yang merupakan bangun ruang adalah : A. A. Memperkokoh paham-paham persatuan dan kesatuan B. Contoh soal yang lebih baik : Salah satu tujuan penyelenggaraan Kongres Pemuda II pada tahun 1928 adalah .Dari contoh di atas jelas bahwa pada pokok soal terdapat petunjuk pada jawaban yang benar. Prisma segitiga D. yaitu pilihan jawaban A karena pada pilihan jawaban A terdapat kata persatuan yang sama dengan kata persatuan pada pokok soal. Segitiga sama kaki .. Bujur sangkar Kunci : C Penjelasan : Pada pokok soal di atas kata bukan dan kecuali yang keduanya bersifat negatif akan membingungkan siswa. Segitiga sama sisi C. A... Contoh soal yang kurang baik : Nama bangun geometri di bawah ini bukan merupakan bangun ruang. Segitiga sama kaki B. Dalam pokok soal sebaiknya tidak terdapat pernyataan yang bersifat negatif ganda. Mempropagandakan cita-cita Indonesia merdeka D. kecuali . Mengangkat derajat Bangsa Indonesia C..

Contoh soal yang lebih baik : Di antara bangun-bangun di bawah ini yang tepat mempunyai 2 sumbu simetri adalah . Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi. Contoh soal yang kurang baik : Di antara bangun-bangun di bawah ini yang tepat mempunyai 2 sumbu simetri adalah . Layang-layang Kunci : C Jangan menggunakan pernyataan yang berbunyi “Semua pilihan di atas salah” atau 7. Segitiga sama kaki Kunci : C Penjelasan : Contoh di atas menunjukkan bahwa dari segi materi pilihan jawaban D tidak homogen karena pilihan jawaban A. Bujur sangkar Kunci : C 6. A. Segitiga sama sisi C.. Bujur sangkar B. “Semua pilihan di atas benar” sebagai pilihan jawaban. Bujur sangkar B. dan C adalah segi empat sedangkan pilihan jawaban D adalah segitiga. A.. Persegi panjang D.B. Persegi panjang D. Jajar genjang C.. . B.. Jajar genjang C. Prisma segitiga D.

Saling percaya D. Toleransi Kunci : D . A. Semua jawaban di atas salah Penjelasan : Soal dengan pilihan jawaban “Semua pilihan di atas salah” cenderung membuka pemikiran siswa untuk memilih pilihan jawaban tersebut sebagai kunci terutama jika telah ditemukan lebih dari satu jawaban yang salah. Saling percaya D.Contoh soal yang kurang baik : Kerukunan antar umat beragama akan terwujud bila dikembangkan sikap .. Mawas diri B.. Contoh yang lebih baik : Kerukunan antar umat beragama akan terwujud bila dikembangkan sikap .. Tenggang rasa C. A. Mawas diri B. Tenggang rasa C..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful