P. 1
Bimbingan Konseling

Bimbingan Konseling

|Views: 18|Likes:

More info:

Published by: Noegroho Chophie Thomas on Aug 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/03/2014

pdf

text

original

KISI PLPG 2013 MATA PELAJARAN BIMBINGAN KONSELING

Kompetensi Utama PEDAGOGIK Kompetensi Inti Menghubungkan tujuan pendidikan Kompetensi Guru BK Menghubungkan tujuan pendidikan nasional dengan layayanan bimbingan konseling Merinci komponen pendidikan dalam bimbingan dan konseling STANDAR KOMPETENSI Menguasai teori dan praksis pendidikan KOMPETENSI DASAR Menguasai ilmu pendidikan dan landasan keilmuannya INDIKATOR ESENSIAL Menghubungkan tujuan pendidikan nasional dengan layanan Bimbingan dan Konseling Merinci komponen utama pendidikan (input, proses dan produk) di dalam Bimbingan dan Konseling RANAH KOGNITIF C3 C4 C5

C2 v

C6

Merinci komponen pendidikan

v

Menghubungkan metode pembelajaran

Menghubungkan metode pembelajaran dalam layanan bimbingan dan konseling

Menghubungkan karakteristik pembelajaran yang mendidik dalam layanan Bimbingan dan Konseling

v

dan v Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan v . jenis. Menganalisis esensi layanan bimbingan dan layanan konseling pada v Mengatur kesenjangan budaya Mengatur strategi dalam mengatasi kesenjangan budaya dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan konseling di dalam jalur. dan jenjang Menguasai esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur. jenis. Mengatur strategi dalam mengatasi kesenjangan budaya dalam layanan Bimbingan dan Konseling Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur.Mengaitkan karakteristik budaya konseli Mengaitkan perbedayaan karakteristik budaya dalam melakukan layanan bimbingan dan konseling Menguasai landasan budaya dalam praksis pendidikan Mengaitkan perbedaan karakteristik budaya individu dengan pencapaian tujuan layanan Bimbingan dan Konseling v Menganalisis dampak perbedaan budaya Menganalisis dampak perbedaan budaya yang terjadi di dalam elakukan layanan bimkbingan dan konseling Menganalisis dampak perbedaan nilai budaya antara guru BK dan konseli dalam pencapaian tujuan pelayanan Bimbingan dan Konseling. jenis .

Merancang keterkaitan antara 4 komponen program Bimbingan dan Konseling (landasan berpikir. sistem manajemen. satuan pendidikan formal. sistem pelayanan. dan akuntabilitas) pada satuan pendidikan formal Menyesuaikan esensi layanan Bimbingan dan Konseling pada satuan pendidikan formal Memilih esensi tema-tema layanan Bimbingan dan Konseling pada stuan pendidikan formal Menelaah esensi layanan Bimbingan dan Konseling pada satuan pendidikan formal v Merancang program bimbingan dan konseling di sekolah Menyesuaikan esensi layanan bimbingan dan konseling Menyesuaiakan esensi layanan bimbingan dan konseling di sekolah v Memililih tematema layanan bimbingan dan konseling Menelaah esesnsi layanan bimbingan dan konseling Memilih tema-tema layanan bimbingan dan konselinguntuk diteerapkan di sekolah Menelaah esesnsi layanan bimbingan dan konseling untuk dilaksanakan di sekolah v v .konseling jenjang satuan pendidikan Merancang program bimbingan dan konseling yang dapat dipertanggung jawabkan satuan pendidikan dan jenjang satuan pendidikan formal.

dan masalah konseli Menguasai hakikat asesmen Mendesain berbagai instrument bimbingan dan konseling Mendesain prosedur administrasi Mendesain berbagai instrument non tes dalam layanan bimbingan dan konseling Mendesain prosedur administrasi assesmen nontes dalam layanan bimbingan dan konseling Menganalisis esensi pelaksana pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan tingkat pendidikan formal Menyusun esensi upaya peningkatan pelayanan Bimbingan dan Konseling pada satuan pendidikan formal Menyesuaikan kedudukan dan fungsi asesmen dalam layanan Bimbingan dan Konseling Mendesain berbagai macam instrument non tes dalam layanan Bimbingan dan Konseling Mendesain prosedur pengadministrasian asesemen non tes dalam layanan Bimbingan dan Konseling v v v v v .Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan konseling Menganalisis esesnsi layanan bimbingan dan konseling untuk dilaksanakan di SMP/SMA/SMK Menyusun esensi upaya peningkatan pelayanana bimbingan dan konselingdi sekolah Menyusun esensi upaya peningkatan pelayanana bimbingan dan konseling Kompetensi profesional Menyesuaikan pelayanan bimbingan dan konseling Menyesuaikanpelayan an bimbingan dan konseling di sekolah Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi. kebutuhan.

Melengkapi kekuatan dan kelemahan instrumen Melengkapi kekuatan dan kelemahan instrument non tes dalam layanan bimbingan dan konseling Menyesuaikan teknik assesmen Menyesuaikan teknik assesmennon tes sesuai kebutuhan konseli Memilih teknik asesmen. sesuai dengan kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling Memilih dan mengadministrasikan teknik asesmen pengungkapan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi konseli.2. Memilih dan mengadministrasikan instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual konseli berkaitan dengan lingkungan Melengkapi kekuatan dan kelemahan instrument non tes dalam layanan Bimbingan dan Konseling Menyesuaikan teknik asesmen non tes sesuai kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling Merancang teknik asesmen non tes untuk mengungkapkan kondisi aktual pribadi konseli membuat teknik asesmen non tes untuk mengungkapkan kondisi aktual lingkungan konseli 3.6.Melengkapi sumber data untuk mengungkap kondisi v v Merancang teknik assesment Merancang teknik assessment non tes untuk mengungkap kondisi pribadi konseli v Membuat teknik assesment Membuat teknik assessment nontes untuk mengungkap kondisi lingkungan konseli v Melengkapi sumber data Melengkapi sumber data untuk mengungkap kondisi v .

kuesioner. observasi. observasi. AUM -U. dengan jenis layanan BK yang dibutuhkan Menghubungkan antara hasil asesmen lingkungan konseli melalui wawancara. kuesioner. ITP dan sosiometri.lingkungan aktual lingkungan Menganalisis hasil assesmen Menganalisis hasil assesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling Menggunakan hasil asesmen dalam pelayanan bimbingan dan konseling dengan tepat Menganalisis hasil assesmen lingkungan Menganalisis hasil assesmen lingkungan konseli melalui wawancara. dan studi dokumentasi Menilai implementasi etika profesi Menilai implementasi etika profesi dalam menggunakan assessment nonn tes Menampilkan tanggung jawab profesional dalam praktik asesmen Menghubungkan antara hasil asesmen pribadi konseli melalui wawancara. AUM PTSDL. observasi. dan studi dokumentasi dengan pengembangan program layanan Bimbingan dan Konseling. Menilai implementasi etika profesi dalam penggunaan v v v . daftar cek masalah. kuesioner.

v Menerapkan prosedur penggunaan pendekatan dan teknik konseling Menerapkan prosedur penggunaan pendekatan dan teknik konseling dalam settin layanan individu dan kelompok Menyusun prosedur penggunaan pendekatan danteknik konseling dalam seting layanan individual dan kelompok v Mengevaluasi ketepatan penerapan pendekatan dan teknik konseling Mengevaluasi ketepatan penerapan pendekatan dan teknik konseling dalam setting individu dan kelompok Mengevaluasi ketepatan aplikasi pendekatan dan teknik konseling dalam seting layanan individual dan kelompok v .Mengaplikasikan pendekatan dan teknik konseling Mengaplikasikan pendekatan dan teknik konseling dalam layanan konseling individu dan kelompok Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling Mengaplikasikan pendekatan /model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. Mengkombinasikan aplikasi pendekatan dan teknik konseling dalam seting layanan individual dan kelompok. . asesmen non tes dalam layanan Bimbingan dan Konseling.

Memilih metode layanan bimbingan dan konseling Menyusun materi layanan bimbingan dan konseling Memilih metode layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengn tujuan layanan Menyusun materi layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan konseli Memilih metode layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan tujuan layanan. Menyusun materi layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa Merancang program Bimbingan dan Konseling Menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan Menyusun program bimbingan dan konseling sesuai kebutuhan peserta didik secara komprehensif Menganalisis kesesuaian rancangan program dengan pencapaian tugas perkembangan konseli Menyusun pelaksanaan program tahunan Bimbingan dan Konseling v v Menyusun program Menyusun program bimbingan dan bimbingan dan konseling konseling sesuai kebutuhan peserta didik v Menganalisis kesesuaian rancangan program Menganalisis kesesuaian rancangan program dengan pencapaian tugas perkembangan konseli v Menyusun pelaksanaan program bimbingan dan konseling Menyusun pelaksanaan program tahunan bimbingan dan konseling Menyusun rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling v .

dan program bimbingan dan konseling Menyusun pelaksanaan program semesteran Bimbingan dan Konseling Merinci sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan formal Mengevaluasi hasil pelaksanan program bimbingan dan konseling Mengevaluasi proses pelasanaan program BK Menelaah kesesuaian proses pelayanan BK dengan perencanaan program Menelaah kualifikasi akademik dan profesional guru BK/Konselor v v v v Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika profesional. Melakukan penyesuaian proses pelayanan bimbingan dan konseling. proses.Menyusun pelaksanaan program semesteran bimbingan dan konseling Merinci saranaa prasarana bimbingan dan konseling Merinci saranaa prasarana bimbingan dan konseling di sekolah Merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling Mengevaluasi Mengevaluasi hasil program bimbingan pelaksanaan program dan konseling bimbingan dan konseling Mengevaluasi proses pelaksanaan program bimbingan dan konseling Menelaah Menelaah keseuaian keseuaian proses proses pelayanan pelayanan bimbingan dan bimbingan dan konseling dengan konseling pencapaian program Menelaah Menelaah kualifikasi kualifikasi akademik dan akademik dan profesionali guru profesionali guru BK/Konselor BK/Konselor Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling. Memahami dan mengelola kekuatan dan keterbatasan pribadi dan profesional. v v . Melakukan evaluasi hasil.

Merumuskan karakterisitik pribadi Merancang rencana pengembangan diri Merumuskan karakterisitik pribadi guru BK/konselor Merancang rencana pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru BK Menganalisis batas kewenangan guru Menganalisis batas kewenangan guru BK sesuai kode etik profesi konselor Mengevaluasi batas kewenangan guru Mengevaluasi batas kewenangan guru BK Menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional guru bimbingan dan konseling. Merumuskan karakteristik pribadi guru BK/Konselor Merancang rencana pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi akademik dan profesional guru BK/Konselor secara berkelanjutan Menganalisis batas kewenangan guru BK/Konselor sesuai kode etik profesi Konselor v v v Mengevaluasi pelaksanaan kode etik dalam pelayanan BK untuk menjaga obyektifitas layanan v Melaksanaan reeferal Menyusun pelaksanaan reeferal Melaksanakan referal sesuai dengan keperluan. Menyusun pelaksanaan referal sesua dengan keperluan v . Mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah konseli.

Meerumuskan pelaksanaan referral Mengevaluasi ketepatan pelaksanaan referal Nerencanakan strategi peningkatan kompetensi professional berkelanjutan Menganalisis konsep adil gender dalam layanan BK Menganalisis pelaksanaan prinsispprinsip HAM dan adil gender dalam layanan BK Mengevaluasi penerapan asas Nerencanakan strategi peningkatan kompetensi profesional Menganalisis konsep adil Peduli terhadap identitas profesional dan pengembangan profesi Merumuskan dasar pertimbangan pelasanaan referal Mengevaluasi ketepatan pelaksanaan referal. Merencanakan strategi peningkatan kompetensi profesional berkelanjutan v v v v Mendahulukan kepentingan konseli daripada kepentingan pribadi guru bimbingan dan konseling Mengevaluasi penerapan asas menganalisa konsep adil gender dan HAM dalam layanan BK Menganalisis pelaksanaan prinsip-prinsip HAM dan adil gender dalam layanan BK. Menjaga kerahasiaan Mengevaluasi konseli penerapan asas v v .

kerahasiaan kerahasiaan dalam layanan BK kerahasiaan dalam layanan BK Mengkategorikan jenis dan metode penelitian Mengkategorikan jenis dan metode penelitian dalam layanan BK Menganalisis berbagaia jenis dan metode penelitian dalam layanan BK Mendesain penelitian tindakan dalam layanan BK Menyususn penelitian tindakan dalam layanan BK Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling Memahami berbagai jenis dan metode penelitian Mengkategorikan jenis dan metode penelitian menganalisa berbagai jenis dan metode penelitian Mendesain penelitian tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Menyusun penelitian tindakan dalam BK v v v v .

1.Menghubungkan hasil penelitian Menghubungkan hasil penelitian tindakan dalam layanan BK 8.2.Memanfaatkan hasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling 8.Menghubung kan hasil penelitian tindakan dalam BK dengan perbaikan layanan BK v .2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->