Makanan dan Minuman Khas Melayu Riau

Provinsi Riau memiliki banyak makanan dan minuman khas yang sangat enak. beberapa di antaranya ialah :

1. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo adalah makanan khas Pekanbaru, yang dipopulerkan kembali oleh ibu Dinawati yaitu pada tahun 1998. Kue Bolu ini sebelumnya hanya dibuat untuk sekedar konsumsi dalam keluarga saja, dan tidak dijual secara komersial apalagi dijual sebagai makanan oleh-oleh kota pekanbaru. Tapi dengan tekad yang kuat untuk menjadikan kue bolu ini sebagi makanan khas riau, dan kemudian beliau merintis membuka gerai pertamanya yang berkantor di Jalan Pelajar, yang sekarang jalan tersebut berubah menjadi Jalan KH.

Bahan Membuat Kue Bolu Kemojo
      

Tepung terigu 300 gram Telur ayam 6 butir Santan kental + air pandan 500 cc Margarin 250 gram Gula 250 gram garam 1/2 sendok teh Vanili secukupnya

Campurkan Telur dan gula aduk rata kemudian tambahkan air santan. 150ml air 150ml susu segar atau boleh digantikan dengan santan 3 sudu mentega cair Secubit garam Secubit serbuk kunyit Cara Membuat: 1. Angkat dan siap disajikan Kue Bolu Kemojo 2. Biasanya makanan ini disuguhkan bersama kare. garam dan kunyit ke dalam blender dan blend seketika dan kemudian masukkan tepung dan blend lagi sehingga sebati. Roti Jala & Roti Canai Roti jala & Roti Canai adalah makanan yang berasal dari India dan di adopsi oleh Indonesia. Boleh gunakan botol minuman air mineral yg ditebuk penutupnya. Berikut adalah resepi Roti Jala Mudah. Apabila roti kelihatan kekuningan dan agak garing boleh gulungdan hidangkan. Siapkan cetakan kue bolu kemojo. Tuangkan adonan kue bolu kemojo ke cetakan bolu panggang dengan oven panas bersuhu 170 c kurang lebih 45 menit. 2. atau non stick pan dan letakkan sedikit minyak 3. Kiraikan di atas kuali leper. Panaskan kuali leper. Tapiskan adunan dan masukkan ke dalam acuan. Bahan-bahan:        150gm atau 1 cawan tepung gandum 1biji telur. 3.Cara Membuat Kue Bolu Kemojo 1. telur. Aduk rata kembali 2. Masukkan susu. air. . tepung terigu serta margarin.

Bahan : .100 gram mentega di cairkan .1 gelas gula pasir .1 butir telur ayam .1 lembar daun pandan dimemarkan Cara Membuat : 1. diaduk terus hingga menjadi adonan yang licin dan tidak lengket. 2. Tepung diayak lalu diaduk bersama gula pasir + air 3 gelas air + garam + kocokan telur ayam + bubuk bunga cengkeh.6 sendok makan minyak untuk menggoreng bawang . Angkat adonan lalu dibentuk didalam piring sesuai dengan keinginan. lalu angkat. dimasak diatas api sedang diaduk dan masukkan campuran mentega dan minyak sedkit demi sedikit sisakan kira-kira 5 sendok untuk olesan. Masukkan mentega kedalam minyak bekas menggoreng bawang hingga mentega mencair dan menyatu dengan minyak. kulit kayu manis + daun pandan.2 gelas tepung terigu .3. teksturnya lembut dan rasanya manis perpaduan rempah spt cengkeh. olesi campuran mentega dan minyak lalu taburi bawang goreng.2 biji bunga cengkeh dan 1 cm kulit kayu manis (ditumbuk halus) .3 gelas air . Asidah Kue ini namanya Asidah. Saring adonan kedalam wajan hingga menghasilkan adonan yang halus. Bawang di iris lalu di goreng hingga kuning kecoklatan. 3. lalu adonan diaduk rata sampai semua larut. kayu manis dan daun pandan. 5. Asidah sudah siap untuk dinikmati. yg anehnya kue ini dimakan pake bawang goreng. angkat ditiriskan minyaknya.1 ons bawang diiris goreng kunig kecoklatan . 4. . kue ini bisa dibentuk sesuka hati.1/2 sendok teh garam .

4. 5. aduk dengan tangan sampai adonan menjadi merata dan cukup kokoh untuk dicetak. Masukkan adonan telur dan gula halus.renyah dan enak. potong menjadi 3 bagian 2 butir kuning telur 170 gr gula halus 140 – 160 ml santan (disesuaikan kadar kekeringan tepung) Pewarna merah untuk menghias CARA MEMBUAT : 1. Giling adonan setebal 1-1. Sangrai tepung bersama dengan potongan-potongan daun pandan dalam wajan selama 75 menit menggunakan api kecil. Kue Bangkit Kue kering ini berbahan dasar tepung rasanya manis. sisanya untuk menaburi cetakan supaya tidak lengket) 8 lembar daun pandan. cetak adonan dengan bentuk bunga atau lainnya sesuai selera kemudian letakkan di atas loyang. ambil 420 gr untuk adonan. Dinginkan. disangrai (bisa juga memakai tepung sagu) (Setelah disangrai. Beri sedikit tepung pada cetakan (bisa menggunakan kuas). masukkan sisa santan. Kocok kuning telur hingga mengembang.5 cm. . juga gurih. hingga tepung menjadi sangat ringan dan sedikit menguning serta daun pandan menjadi garing.4. Alasi loyang dengan margarin. Rasanya manis legit dengan rasa lembut dilidah. Secara bertahap. Ulangi sampai semua adonan habis. masukkan gula halus dan tambahkan 70-80 ml santan. Panaskan oven pada suhu 160°C. 3. tidak terlalu kering ataupun terlalu basah. Susun dan rapikan. Kocok hingga rata. 6. 2. BAHAN : 550 gr tepung tapioka. Ayak tepung ke atas baskom bersih.

ia seterusnya akan dimasukkan ke dalam sebuah bekas. Proses pembuatan cencaluk memerlukan beberapa kaedah untuk membuatnya dan ia perlu dilakukan dengan teliti bagi memastikan mutu serta kualiti cencaluk itu sedap dirasa apabila dimakan. iaitu tanpa direndam dengan air. . iaitu pasu. keluarkan dan dinginkan. Pasu dan tempayan kecil itu kemudiannya ditutup dengan kain bersih untuk diperam selama tiga hari. Setelah ketiga-tiga bahan sudah menjadi sebati. ia boleh disedapkan lagi sewaktu dimakan sebagai lauk dengan nasi melalui dua cara:  cencaluk dicampur dengan lada basah dan bawang besar yang dihiris. Setelah matang. akan dicampurkan dengan garam. kemudian beri sedikit pewarna merah untuk hiasan. Kemudian ia akan dicampur dengan perahan limau nipis atau limau kasturi. cencaluk mengandungi kandungan protein yang tinggi. Cencaluk Cencaluk ialah sejenis lauk dalam hidangan tradisional melayu. guri atau tempayan kecil.7. iaitu sama seperti bahan.bahan untuk membuat belacan. makanan ini dibuat dari udang halus. dan sedikit nasi. kemudian digoreng dengan telur. Udang geragau yang segar. Apabila cencaluk sudah diperam dan sesuai untuk dimakan. Panggang dalam oven selama +/. 8.25 menit pada suhu 160°C. Ada juga pembuat cencaluk yang menambahkan sedikit air didih nasi bagi menambah kesedapan cencaluk. Simpan dalam toples yang tertutup rapat. ataupun  cencaluk dicampurkan dengan sedikit lada basah dan sehiris dua halia. 5.

Bahan-bahan Lempok Durian Manis Legit :    4 sampai 5 kg durian matang (lebih bagus yang matang di pohon) 1 kg gula putih/pasir 1 sendok teh Garam Alat Untuk Membuat Lempok Durian Manis Legit :      Golok/Pisau besar Kompor Panci besar/kuali Adukan Dodol Plastik mengemas Lempok . "Makanan Khas Riau" ini berasal dari Kabupaten Bengkalis. Siapa yang tak kenal dengan lempuk durian. lempuk ini berbentuk seperti dodol. bahkan lempuk sudai menjadi ikon Bengkalis. jika kita berkunjung ke Bengkalis kurang lengkapnya jikanya tidak membeli buah tangan Lempuk Durian. Selain di Riau.lempuk juga dapat dijumpai di daerah lain di Sumatera.6. Lempok Durian Lempuk Durian adalah salah satu Jenis Makanan Khas dari Riau yang terbuat dari Durian.

akan diapakan buah kuini yang telah terpotong-potong tersebut. orang-orang tersebut bingung. keberadaan minuman ini berawal dari mengamuknya seorang laksamana di kebun kuini. Bahan Es Laksamana Mengamuk:     Mangga kweni. Hingga salah seorang wantia. langsung dinikmati oleh orang sekampung. Laksamana tersebut mengamuk lantaran istrinya dibawa lari oleh pemilik kebun kuini tersebut. mencampurkan potongan-potongan buah kuini itu dengan air santan dan gula merah. hingga puluhan buah kuini hancur karena kemarahannya ini. dikupas. Pada awalnya. dipotong – potong kotak 300 gram Kelapa muda 1 buah dikeruk panjang Selasih 1 sendok teh yang direndam Es batu 600 gram Bahan Kuah:    Santan dari 1 butir kelapa 600 ml Garam ¼ sendok teh Daun pandan 3 lembar diikat simpul Bahan Sirup:     Air 250 ml Gula pasir 250 gram Garam ¼ sendok teh Daun pandan 2 lembar diikat simpul Cara membuat Es Laksamana Mengamuk: . Usai sang laksamana menuntaskan kemarahannya dan pulang. Konon. Jadilah minuman segar. Laksamana Mengamuk Es Laksamana Mengamuk merupakan minuman dingin yang menggunakan buah kuini sebagai bahan utama. orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan buah kuini yang sudah tercincang dan terhampar di rumput. yang pada waktu itu.7. Sang laksamana menebas-nebaskan pedangnya ke seluruh penjuru.

dan blewah serta serutan es batu. Dinginkan. gula pasir. 2. dan hijau -3 sendok makan biji selasih (siap pakai) -200 ml sirup cocopandan -800 ml air -es serut secukupnya Cara Membuat: 1. Air Mata Pengantin Es air mata pengantin terdiri dari bermacam agar-agar berwarna-warni. rebus santan. dan es batu dalam mangkuk. dan hijau lalu bekukan. dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. kuning. selasih. 3. Sajikan bersama kuah dan sirupnya. dan daun pandan di atas api kecil sampai mengental. garam. Tambahkan es serut lalu sajikan untuk 8 gelas . dan air lalu aduk dan tuang ke gelas. sirup. 3. kuning. Es ini sekaligus dilengkapi biji selasih. Rebus agar-agar dan gula pasir dalam 700 ml air sampai mendidih selanjutnya angkat dan bagi menjadi 3 bagian. Tuang agar. 8. 2. rebus air. Warnai masing-masing adonan dengan warna merah. Sirup. kelapa muda.1. Dinginkan. selasih. Kuah. garam. Serut agar-agar memanjang. nata de coco. Tata mangga. Bahan Utama: -1 bungkus agar-agar bubuk putih -700 ml air -75 gram gula pasir -pewarna merah. 4.