P. 1
Sejarah terbentuknya bumi dan benua.docx

Sejarah terbentuknya bumi dan benua.docx

|Views: 56|Likes:
Published by Febrina Kwandou
sejarah
sejarah

More info:

Published by: Febrina Kwandou on Sep 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2014

pdf

text

original

Sejarah terbentuknya bumi dan benua . Terbentuknya Jagad raya.

Teori bigbang. Ledakan Dahsyat atau Dentuman Besar (Big Bang) merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta.

Ledakan besar mengakibatkan jagad raya mengembang dengan cepat. Setelah terjadi ledakan, jagad raya menjadi dingin dan partikelnya membentuk benih kehidupan jagad raya. Selama periode yang sangat panjang, daerah-daerah alam semesta yang sedikit lebih rapat mulai menarik materi-materi sekitarnya secara gravitasional, membentuk awan gas, bintang, galaksi, dan objek-objek astronomi lainnya yang terpantau sekarang. Pembentukan bumi Bumi terbentuk karena adanya gaya gravitasional dari bintang yang menarik partikel-partikel disekelilingnya dan membuat partikel-partikel tersebut padat dan membentuk planet. Dan setelah sekian lama bagian kerak bumi akan menjadi dingin, dan akhirnya akan membentuk bagian luar yang dapat ditinggali makluk hidup.

penarikan partikel-partikel (gas dan benda padat).

. Penyebab terbaginya benua pangea karena adanya pergerakan dalam bumi yang mengakibatkan bergeraknya lempengan bumi. daratan tersebut akhirnya terbagi menjadi benua-benua lain.pendinginan kerak bumi. Benua Pada awalnya bumi terbentuk seluruh benua merupakan satu daratan yang amat luas yang disebut Pangaea (artinya "semua daratan") yang dikelilingi oleh Panthalassa ("semua lautan") dan belum terbagi-bagi oleh pergeseran kerak bumi. kerak bumi setelah pendinginan.

sebelum akhirnya terbelah atau terpecah menjadi beberapa potong benua atau lempeng lalu menyebar ke seluruh permukaan bumi. Benua pangea membelah menjadi benua Laurasia dan Gondwana.Pangea (~300 — ~180 juta tahun yang lalu) Superbenua yang sangat besar pada zaman Paleozoikum dan Mesozoikum sekitar 250 juta tahun yang lalu. Laurasia dan Gondwana. .

benua eropa dan Greenland (pada saat itu Greenland masih belum terpisah dengan benua eropa). Eropa. Australia.Laurasia (~ 300 — ~60 juta tahun yang lalu) Pembelahan benua pangea bagian utara. Sedangkan benua bagian barat pembelahanya dimulai sekitar 130 juta tahun yang lalu. dan pergeseran tersebut mengakibatkan terbentuknya samudra atlantic. Belahanya adalah benua afrika. Gondwana (~300 — ~30 million years ago) Pembelahan benua pangea bagian selatan. Membentuk benua amerika utara. dan amerika selatan. Asia. Belahan dari benua bagian timur ini adalah Antarctica. yaitu Afrika. . Antartika. Amerika Utara). Amerika (Amerika Selatan. Benua sekarang Terdapat 6 benua pada zaman sekarang. Benua ini mengalami pembelahan dibagian timur sekitar 184 juta tahun yang lalu. bagian barat laut benua afrika. Madagascar. Benua ini mengalami pembelahan kembali sekitar 200 juta tahun yang lalu. India dan Australia. dan Antarctica.

Baru kira-kira 25 juta tahun yang lalu muncul manusia kemudian berkembang berkelompok dalam suku-suku bangsa seperti saat ini. dan hampir di setiap sudut bumi ditempati manusia.5 juta tahun lalu – sekarang) Zaman Kambrium Burung Zaman Tersier Dinousaurus Zaman Jura (penjelasan setip jaman ada d powerpoint p.) .5 juta tahun lalu) Zaman Kuarter (1. burung dan binatang menyusui.5 miliar tahun lalu) Zaman Kambrium (590 – 500 juta tahun lalu) Zaman Ordovisium (500 – 440 juta tahun lalu) Zaman Silur (440 – 410 juta tahun lalu) Zaman Devon (410 – 360 juta tahun lalu) Zaman Karbon (360 – 290 juta tahun lalu) Zaman Perm (290 – 250 juta tahun lalu) Zaman Trias (250 – 210 juta tahun lalu) Zaman Jura (210 – 140 juta tahun lalu) Zaman Kapur (140 – 65 juta tahun lalu) Zaman Tersier (65 – 1. Waktu masa atau zaman di Bumi disusun menjadi beberapa satuan waktu: Masa Arkeozoikum (4. Akibatnya. Binatang kerang muncul. Hujan inilah yang mengisi cekungan-cekungan di Bumi hingga terbentuklah lautan. lalu ikan kemudian disusul amphibi. sulis.Perkembangan kehidupan di Bumi Bumi mulai mendingin akibat mulai berkurangnya aktivitas vulkanik. Lambat laun binatang daratan berkembang pula muncul reptil. Laut adalah tampat kehidupan makhluk hidup pertama. uap air di atmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan. makhluk hidup bersel satu adalah makhluk yang pertama berkembang. disamping itu atmosfer bumi pada saat itu tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar Matahari untuk masuk ke Bumi.5 – 2. Jutaan tahun kemudian kehidupan di laut mulai berkembang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->