P. 1
ORGANISASI KEMAHASISWAAN

ORGANISASI KEMAHASISWAAN

|Views: 19|Likes:
Published by nurpratama
Tugas Perkuliahan 4
Tugas Perkuliahan 4

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: nurpratama on Sep 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2014

pdf

text

original

ORGANISASI KEMAHASISWAAN

WINDI PRADUANI 133194015 PEND. KIMIA 2013 UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

ORGANISASI KEMAHASISWAAN
1. Definisi ORGANISASI Menurut Beberapa Ahli
¾ ¾

¾

¾

Organisasi adalah bentuk dari perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. ( James D. Money, 1974) Organisasi adalah sebuah kerangka struktur, sebagai wahana dan wadah pelaksanaan pekerjaan banyak orang untuk mencapai suatu tujuan bersama. ( John D. Millet, 1954) Organisasi adalah suatu pola hubungan‐hubungan yang melalui mana orang‐orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama. (Stoner) Dari berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi adalah sebuah wadah bagi sekelompok orang untuk bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan.

2. Definisi ORGANISASI KEMAHASISWAAN
¾

Organisasi Kemahasiswaan adalah wadah dan wahana untuk mahasiswa yang ingin menjalin kekerabatan antar seorang dan kerja sama dalam suatu perguruan tinggi guna mencapai suatu tujuan bersama.

3. Pentingnya Organisasi bagi Mahasiswa
Manfaat yang pertama dalam berorganisasi, kita dapat menunjukkan bahwa kita dapat memberikan dampak yang  baik di lingkungan kampus. ¾ Manfaat berorganisasi adalah melatih kita mampu mengeluarkan pendapat didepan forum, karena sebagai mahasiswa kita di tuntut untuk kritis dan berani berbicara di depan umum.
¾

¾

Manfaat yang ketiga, kita mampu menjalin persahabatan dan kekerabatan antar mahasiswa, terutama untuk mahasiswa yang  luar kota mereka akan merasa bahwa organisasi kemahasiswaan sudah sebagai keluarga dalam kehidupan mereka di kampus.

4. Organisasi Kemahasiswaan terdiri dari : a. Organisasi kemahasiswaan Internal 1. Senat, merupakan wadah atau badan normatif dan perwakilan tertinggi mahasiswa dengan tugas pokok mengkoordinasikan kegiataan ekstrakurikuler pada tingkat perguruan tinggi. 2. Himpunan Mahasiswa Juruan, merupakan wadah kegiatan ekstrakurikuler di perguruan tinggi, yang  bersifat penalaran dan keilmuan yang sesuai dengan program studi pada jurusan.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), merupaka wadah kegiatan ekstrakurikuler di perguran tinggi, yang  bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa serta pengabdian masyarakat. Sebagai contoh seperti basket, sepak bola, bela diri,fotografer, paduan suara,  tari tradisional, dll. b. Organisasi Kemahasiswaan Eksternal, yaitu organisasi mahasiswa yang berkedudukan di luar perguruan tinggi. 

Daftar Pustaka
ƒ ƒ ƒ ƒ

http://tkampus.blogspot.com/2012/04/pentingnya‐ organisasi‐bagi‐mahasiswa.html http://hitamandbiru.blogspot.com/2012/06/konsep‐ organisasi‐kemahasiswaan.html http://jamillagilagi.blogspot.com/2013/04/01pengertian‐ organisasi‐dan‐metode.html http://amy09320017.student.umm.ac.id/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->