PANDUAN PELAKSANAAN

PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI PERGURUAN TINGGI

EDISI IX

DIREKTORAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 2013 .

dikti. Faks: (021) 5731846 Laman: http://www. Senayan. Jenderal Sudirman Pintu I. 0433.go.id .TIM PENYUSUN Alamat Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jl. Jakarta 10270 Telpon: (021) 57946100 ext.

Oleh karena itu. pelaksanaan.PRAKATA Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini menjelaskan tentang kebijakan atau mekanisme pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi yang dananya berasal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti). Sejalan dengan adanya kebijakan tentang Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. monitoring dan evaluasi sampai dengan pelaporan dan masuknya satu skema tambahan yang menindaklanjuti Kepala Negara RI di tahun 2011. upaya-upaya kreatif perguruan tinggi sangat diperlukan dengan menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta. monitoring dan evaluasi pelaksanaan. baik di dalam maupun di luar negeri. Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) menyadari bahwa kemampuan keuangan dalam rangka mendukung program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk menjawab banyaknya persoalan. Buku Panduan ini memuat uraian setiap skema Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. yaitu program kegiatan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Ditlitabmas merasa perlu untuk menegaskan bahwa pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tetap mengacu kepada model yang berlaku saat ini. Dengan penerbitan Buku Panduan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan program-program yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti agar dapat dipertanggungjawabkan secara lebih baik tanpa mengurangi i . Perubahan yang signifikan pada Buku Panduan ini dibandingkan dengan Buku Panduan edisi sebelumnya adalah adanya penerapan manajemen hibah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mulai dari proses pengusulan. seleksi proposal. yang di dalamnya juga memuat penjelasan rinci tentang tata cara pengajuan. Buku Panduan menjadi penting untuk diterbitkan dan dilakukan pembaharuan mengingat dalam praktiknya Ditlitabmas masih mengidentifikasi adanya kekurang efisienan dalam pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. seleksi. serta pelaporan hasil kegiatan. Buku Panduan ini menjadi acuan dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen perguruan tinggi.

Thank you for evaluating BCL easyConverter Desktop This Word document was converted from PDF with an evaluation version of BCL easyConverter Desktop software that only converts the first 3 pages of your PDF.com/easyconverter/ CTRL+ Click on the link below to purchase .pdfonline. Activate your software for less than $20 http://www.