BIOLOGI

[FLORA FAUNA DIINDONESIA]

FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA
Karakteristik flora di Indonesia Bagian Timur dan Flora di Indonesia Bagian Barat juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Timur : # Flora di Indonesia bagian Barat :
     

banyak terdapat jenis meranti-merantian terdapat berbagai jenis rotan tidak memiliki gutan kayu putih memiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yangsedikit memiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikit memiliki berbagai jenis nangka

# Flora di Indonesia bagian Timur :
     

memiliki jenis meranti-merantian yang sedikit tidak memiliki rotan terdapat hutan kayu putih memiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya di Papua) memiliki banyak tumbuhan sagu tidak terdapat jenis nangka.

PENYEBARAN FAUNA DI INDONESIA

Berdasarkan tinjauan zoologi, Indonesia mempunyai perbedaan jenis fauna antara bagian barat, tengah, dan timur. Wallace membagi fauna di Indonesia menjadi 3 type, yaitu :

| STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR- SMA 1 PSKD

1

dan walabi.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA] Fauna tipe Asiatis (Asiatic) fauna tipe asiatis ini meliputi fauna yang berada wilayah Sumatera. gupasa (Vitex cofassus) Eboni (Diospyros celebica) Anggrek serat (Dendrobium utile) Cempaka hutan kasar (Elmerrillia ovalis) Lontar (Borassus flabellifer) Ajan kelicung (Diospyros macrophylla) Cendana (Santalum album) Cengkeh (Syzygium aromaticum) Ampupu (Eucalyptus urophylla) | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. kuda. anoa. dan Kepulauan Maluku. Jawa. kakatua. badak. Indonesia meliliki keanekaragaman flora dan fauna baik di Indonesia bagian barat. burung heron.SMA 1 PSKD 2 . rintangan alam dan pergerakan hewan di alam bebas. Di wilayah ini banyak terdapat hewan endemis. kalimantan. rusa. Di wilayah ini terdapat banyak jenis fauna yang menyusui dan berukuran besar. rusa. dan Bali. jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain : orang utan. kasuari. dan komodo 3. Pulau Timor. monyet proboscis. Jenis Floranya adalah:           Longusei (Ficus minahasae) Gofasa. nuri. Fauna tipe Peralihan (Austral Asiatic) meliputi fauna yang berada di wilayah Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian Tengah. Peta Persebaran Fauna Indonesia berdasarkan Garis Wallace dan Garis Weber [*]Garis Wallace membatasi Fauna Asiatis dengan Fauna Peralihan [*] Garis Weber membatasi Fauna Australis dengan Fauna Peralihan. jenis Fauna yang banyak ditemui di wilayah ini antara lain kanguru. Di wilayah ini banyak ditemukan binatang menyusui yang berukuran kecil dan binatang berkantung. # FLORA TIPE PERALIHAN Wilayah flora tipe peralihan meliputi pulau-pulau di wilayah Indonesia bagian tengah yang terdiri atas Pulau Sulawesi. harimau. dan burung merak 2. tengah dan timur akibat pengaruh keadaan alam. Ketiga wilayah di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khas keragaman binatang dan tanaman yang ada di alam bebas. terdapat banyak jenis kera dan ikan air tawar serta tidak banyak memiliki jenis burung berwarna. kuskus. Fauna tipe Australis (Australic) meliputi fauna yang terdapat di kepulauan Aru dan wilayah Papua. Kepulauan Nusa Tenggara. jenis fauna yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain babi. burung cendrawasih.

dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Flores. adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo. Rinca. | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis. Jenis faunanya adalah:                     Babi Rusa Kuda Kuskus Anoa Komodo Bavian jambul Hap-hap Kera Tarsius Serindit sangihe Seriawang Sangihe Gagak banggai Punggok Togian Gosong sula Kepudang-sungu sula Raja-perling sula Anis Sulawesi Sikatan matinan Julang sulawesi Kangkareng sulawesi 1. Gili Motang.SMA 1 PSKD 3 .BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA] # FAUNA TIPE PERALIHAN Meliputi fauna di wilayah Sukawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian tengah.1 KOMODO  Komodo. Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

hutan rawa air tawar. mulai dari hutan dipterokarpus perbukitan dan dataran rendah. nama lainnya adalah mawas) adalah sejenis kera besar dengan lengan panjang dan berbulu kemerahan atau cokelat. Mereka biasa tinggal di pepohonan lebat dan membuat sarangnya dari dedaunan.3 HARIMAU SUMATERA | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. sampai ke hutan pegunungan. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau. daerah aliran sungai.2 ORANG UTAN    Orang utan (atau orang hutan. 1. hidup di hutan tropika Indonesia. 1. kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. dengan rata-rata panjang 2-3 m. komodo merupakan kadal terbesar di dunia. yang Orangutan ditemukan di wilayah hutan hujan tropis Asia Tenggara. yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo. sedangkan kerabatnya di Sumatra dilaporkan dapat mencapai hutan pegunungan pada 1. yaitu di pulau Borneo dan Sumatra di wilayah bagian negara Indonesia . Karena besar tubuhnya. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. khususnya di Pulau Kalimantan dan Sumatra. Orangutan dapat hidup pada berbagai tipe hutan. dan laju metabolisme komodo yang kecil. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional.BIOLOGI  [FLORA FAUNA DIINDONESIA]   Termasuk anggota famili biawak Varanidae. dan klad Toxicofera. Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910.SMA 1 PSKD 4 . didirikan untuk melindungi mereka. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Di Borneo. rawa gambut. yaitu Taman Nasional Komodo. tanah kering di atas rawa bakau dan nipah. orangutan dapat ditemukan pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut .000 m dpl.

bila berhasil lestari. sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok. tapi di seluruh Nusantara. yang menandakan bahwa subspesies ini mempunyai ciriciri yang berbeda dengan subspisies harimau lainnya dan sangat mungkin berkembang menjadi spesies terpisah. sebagiannya lagi terus bergerak ke barat hingga ke India (Hemmer. dengan hanya sedikit populasi yang | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. binatang ini tidak terbatas hidup di pulau Jawa saja.000 hingga 12. dan seterusnya ke Asia tenggara dan kepulauan Indonesia. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak India dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tandatanda genetik yang unik. “The Natural History of Wild Cats”). Badak ini lebih kecil daripada badak India dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak Hitam.000 tahun silam. Harimau Sumatera dipercaya terasing ketika permukaan air laut meningkat pada 6.1987). Harimau dipercaya merupakan keturunan hewan pemangsa zaman purba yang dikenal sebagai Miacids. Badak ini pernah menjadi salah satu badak di Asia yang paling banyak menyebar. salah satunya bergerak ke arah hutan Asia Tengah di barat dan barat daya menjadi harimau Caspian. Badak ini memiliki panjang 3. Populasinya di alam liar diperkirakan tinggal 400–500 ekor. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) semakin langka dan dikategorikan sebagai satwa yang terancam punah.1–3. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm.7 m. Hewan dari filum Chordata ini hanya dapat diketemukan di Pulau Sumatera. Meski disebut “Badak Jawa”. lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya. Harimau Sumatera termasuk satwa langka yang juga merupakan satu-satunya sub-spisies harimau yang masih dipunyai Indonesia setelah dua saudaranya Harimau Bali (Panthera tigris balica) dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah. Harimau kemudian berkembang di kawasan timur Asia di China dan Siberia sebelum berpecah dua.2 m dan tinggi 1.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA]       Harimau Sumatra atau dalam bahasa latin disebut Panthera tigris sumatrae merupakan satu dari lima subspisies harimau (Panthera tigris) di dunia yang masih bertahan hidup. Spesies ini kini statusnya sangat kritis. Miacids hidup pada akhir zaman Cretaceous kira-kira 7065 juta tahun yang lalu semasa zaman dinosaurus di Asia Barat (Andrew Kitchener.4–1. Indonesia.SMA 1 PSKD 5 .Badak Jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Sebagian lagi bergerak dari Asia Tengah ke arah kawasan pergunungan barat.

Peneliti dan pelindung alam jarang meneliti binatang itu secara langsung karena kelangkaan mereka dan adanya bahaya mengganggu sebuah spesies terancam. Kawasan yang diidentifikasikan aman dan relatif dekat adalah Taman Nasional Halimun di Gunung Salak. WWF Indonesia mengusahakan untuk mengembangkan kedua bagi badak Jawa karena jika terjadi serangan penyakit atau bencana alam seperti tsunami. 1.5 BADAK SUMATERA  Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan salah satu spesies badak yang dipunyai Indonesia selain badak jawa (Rhinocerus sondaicus).000 per kilogram di pasar gelap. dan tidak ada di kebun binatang. dengan harga sebesar $30. Badak Jawa kebanyakan bersifat tenang. padang rumput basah dan daerah daratan banjir besar. Badak Jawa biasanya menghindari manusia. populasi badak jawa akan langsung punah. Populasi badak Jawa di alam bebas lainnya berada di Taman Nasional CaTien.Tempat yang tersisa hanya berada di dua daerah yang dilindungi. karena invasi langkap (arenga) dan kompetisi dengan banteng untuk ruang dan sumber. tetapi akan menyerang manusia jika merasa diganggu. Vietnam dengan perkiraan populasi tidak lebih dari delapan pada tahun 2007.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA]   ditemukan di alam bebas. Jawa Barat yang pernah menjadi habitat badak Jawa. Badak Jawa dapat hidup selama 30-45 tahun di alam bebas. Badak ini hidup di hutan hujan dataran rendah. Badak Jawa lebih sedikit dipelajari daripada spesies badak lainnya. Badak ini kemungkinan adalah mamalia terlangka di bumi. Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat. Selain itu. peka terhadap penyakit dan menciutnya keragaman genetik menyebabkannya terganggu dalam berkembangbiak. letusan gunung berapi Krakatau dan gempa bumi. Indonesia. seperti perang Vietnam di Asia Tenggara juga menyebabkan berkurangnya populasi badak Jawa dan menghalangi pemulihan. Badak | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. maka populasinya semakin terdesak. Badak dewasa tidak memiliki hewan pemangsa sebagai musuh. Populasi 40-50 badak hidup di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa. tetapi badak Jawa masih berada pada resiko diburu. Peneliti menggunakan kamera dan sampel kotoran untuk mengukur kesehatan dan tingkah laku mereka. walaupun suatu kelompok terkadang dapat berkumpul di dekat kubangan dan tempat mendapatkan mineral. yang terutama diakibatkan oleh perang.SMA 1 PSKD 6 . kecuali untuk masa kenalmengenal dan membesarkan anak. Berkurangnya populasi badak Jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya. yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok.

Diperkirakan populasi badak bercula dua ini tidak mencapai 200 ekor. Satwa langka bercula dua ini lebih sering terlihat di hutan-hutan sekunder dataran rendah yang memiliki air. Sebelum terjadi perusakan besar-besaran pada habitatnya. Tinggi satwa langka ini berkisar antara 120-135 cm.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA]       sumatera (Sumatran rhino) juga merupakan spesies badak terkecil di dunia merupakan satu dari 5 spesies badak yang masih mampu bertahan dari kepunahan selain badak jawa.6 GAJAH SUMATERA  Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) adalah yang paling kecil dari ketiga subspesies dari Gajah Asia. untuk mencari tempat yang kering.SMA 1 PSKD 7 . badak hitam afrika. Wajar jika IUCN Redlist kemudian memasukkan badak sumatera (Sumatran rhino) dalam daftar status konservasi critically endangered (kritis. dedaunan. dan kulit kayu. Badak sumatera dalam bahasa Inggris disebut sebagai Sumatran rhino. badak jawa. Ciri-ciri dan Habitat Badak Sumatera. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) mempunyai panjang tubuh antara 2-3 meter dengan berat antara 600-950 kg. Makanan utama badak sumatera meliputi buah (terutama mangga liar dan fikus). semakin langka dan terancam kepunahan. dan badak putih afrika. Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) seperti saudara dekatnya. Badak Sumatera dalam bahasa latin disebur sebagai Dicerorhinus sumatrensis. gajah secara luas | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. Pada cuaca panas ditemukan berada di hutan-hutan di atas bukit dekat air terjun. ranting-ranting kecil. 1.Pada cuaca yang cerah sering turun ke daerah dataran rendah. Habitat badak sumatera meliputi hutan rawa dataran rendah hingga hutan perbukitan meskipun umumnya binatang langka ini menyukai hutan bervegetasi lebat. Badak sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) merupakan satwa penjelajah yang hidup dalam kelompok-kelompok kecil meskipun umumnya hidup secara soliter (menyendiri). tempat berteduh. dan merupakan endemic untuk Pulau Sumatra. dan sumber makanan yang tumbuh rendah. CE). Badak sumatera memiliki dua cula dengan panjang cula depan berkisar antara 25-80 cm dan cula belakang lebih pendek sekitar 10 cm. Sering kali juga disebut sebagai hairy rhino lantaran memiliki rambut terbanyak ketimbang jenis badak lainnya. badak india.

Berbeda dengan Gajah Afrika. 1933 dalam Satiapillai. 1938 dalam Satiapillai. Gajah Sumatera tidur sambil berdiri. Dari jumlah itu. lebih kecil dari Gajah Afrika.SMA 1 PSKD 8 . telinganya selalu dikipas-kipaskan.6 LUTUNG JAWA  Lutung Jawa atau dalam bahasa latin disebut dengan Trachypithecus auratus merupakan salah satu jenis lutung asli (endemik) Indonesia. Gajah Sumatera dewasa dalam sehari membutuhkan makanan hingga 150 kilogram dan 180 liter air. Pergerakan ini pada umumnya mengikuti aliran sungai. 2007). Pada ujung belalai memiliki satu bibir. Gajah berpindah dari daerah gunung ke dataran rendah pantai selama musim kering dan naik ke bukit satu kali ketika hujan datang (Van Heurn.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA]      tersebar di seluruh Sumatra pada ekosistem yang beragam. Selama tidur. 1. tidak heran jika nafsu makan dan daya jelajah bintang berbelalai ini sering terjadi konflik dengan manusia. gajah mengadakan migrasi luas. 2007). Di masa lalu. 1929. ketika habitatnya belum rusak. Sebagaimana spesies | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. Pieters. Berat gajah sumatera dewasa mencapai 3.750 m di Gunung Kerinci Barat Sumatra (Freywyssling. Habitat yang paling disukai adalah hutan dataran rendah. Gajah sumatera mempunyai ciri badan lebih gemuk dan lebar. Sebagaimana spesies gajah asia lainnya. Gajah Sumatra ditemukan sampai hutan primer pada ketinggian di atas 1. Dengan kondisi hutan yang semakin berkurang akibat pembalakan liar dan kebakaran hutan. Gajah Sumatera. mengalami masa kawin pada usia 10-12 tahun. dari berbagai ekosistem di daerah jelajahnya. hanya sekitar 40% saja yang mampu diserap oleh pencernaannya. Dan akan melahirkan anak 4 tahun sekali dengan masa mengandung hingga 22 bulan. Gajah Sumatera memiliki 5 kuku pada kaki depan dan 4 kuku di kaki belakang.500-5000 kilogram. Ia mampu mendeteksi keberadaan sumber air dalam radius 5 kilometer. Untuk memenuhi nafsu makan ini Gajah Sumatera melakukan perjalanan hingga 20 km perharinya.

SMA 1 PSKD 9 . Subspesies Trachypithecus auratus auratus (Spangled Langur Ebony) bisa didapati di Jawa Timur. Indonesia. Trachypithecus auratus mauritius (Jawa Barat Ebony Langur) dijumpai terbatas di Jawa Barat dan Banten. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.7 ANOA Anoa adalah satwa endemik pulau Sulawesi. Hidupnya berpindah-pindah tempat dan apabila menjumpai musuhnya anoa akan mempertahankan diri dengan mencebur ke rawa-rawa atau apabila terpaksa akan melawan dengan menggunakan tanduknya. Bali. anoa mempunyai warna kulit mirip kerbau. Kedua satwa ini tinggal dalam hutan yang jarang dijamah manusia. tanduknya lurus ke belakang serta meruncing dan agak memipih. Indonesia. Anoa sering diburu untuk diambil kulitnya. EN) atau tiga tingkat di bawah status “Punah”. | STEFANUS RAY AMENIAWAN & REZA PUTRA FAJAR. 1.   Baik Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) maupun Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis) sejak tahun 1986 oleh IUCN Redlist dikategorikan dalam binatang dengan status konservasi “Terancam Punah” (Endangered. Sedangkan subspesies yang kedua. Lutung jawa atau lutung budeng terdiri atas dua subspesies yaitu Trachypithecus auratus auratus dan Trachypithecus auratus mauritius. Anoa juga menjadi fauna identitas provinsi Sulawesi Tenggara. lutung jawa yang bisa disebut juga lutung budeng mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Lombok.BIOLOGI [FLORA FAUNA DIINDONESIA]   lutung lainnya. Satwa langka dan dilindungi ini terdiri atas dua spesies (jenis) yaitu: anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Palau Sempu dan Nusa Barung. Secara umum. dengan ekor yang panjangnya mencapai 80 cm. sekitar 55 cm. Kedua spesies anoa tersebut hanya dapat ditemukan di Sulawesi. tanduknya dan dagingnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful