BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Setiap tahun sekali, di setiap kampus ada Pemilu Raya (pemira). Pemira ini bertujuan untuk memilih presiden kampus. Tidak hanya pemilihan presiden saja, namun pemilihan ketua Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) dan ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Pemira ini tidak jauh berbeda dengan Pemilu. yang membedakan hanya waktu pemilihannya saja. Dalam pemilu ada tim khusus untuk menangani pemilu yang disebut Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun pada PEMIRA disebut Badan Pelaksana Pemilu Raya (BP2R). Setiap pemira yang dilakukan UIN MALIKI Malang masih belu bisa berjalan maksimal seperti apa yang sudah ditargetkan. Masih banyak mahasiswa UIN MALIKI yang tidak berpartisipasi dalam pemira. Pemilu raya di kalangan badan eksekutif dan legislatif mahasiswa pada tahun 2007 berlangsung ricuh karena hasil kongres istimewa dinilai tidak demokratis dan melanggar aturan yang sudah dilegalkan di republik mahasiswa (RM) oleh pihak Partai Pencerahan (PP). Oleh karenan itu, diharapkan pada pemira 2010 dapat berlangsung dengan sukses dan angka golput semakin berkurang.

1.2 Rumusan Masalah: Bagaimana tingkat golput pada Pemilu Raya (pemira) di UIN MALIKI Malang?

1

1. 1.3 Tujuan Untuk mengetahui tingkat golput pada Pemilu Raya (pemira) di UIN MALIKI Malang. 2 .4 Manfaat Secara umum manfaat penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui persentase yang berpartisipai dalam pemilu raya 2010 di Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.

Golongan putih (golput) atau disebut juga ‘No Voting Decision’ selalu ada pada setiap pesta demokrasi di mana pun terutama yang menggunakan sistem pemilihan langsung (direct voting).BAB II KAJIAN TEORI 2. Istilah ini sengaja dimunculkan oleh Arief Budiman dan kawan-kawannya sebagai bentuk perlawanan terhadap arogansi pemerintah dan ABRI (sekarang TNI) yang sepenuhnya memberikan dukungan politis kepada Golkar. (http://leo4kusuma. dan untuk rakyat.html) 3 . golongan putih atau golput pertama kali muncul menjelang Pemilu 1971.htm) 2.2 Pengertaian Golput Istilah golput atau golongan putih di Indonesia sesungguhnya sudah ada sejak Pemilu di masa orde baru. oleh rakyat. Pemilihan umum dalam sebuah negara yang demokratis menjadi kebutuhan yang tidak terelakan. Pemerintahan yang berkuasa sendiri merupakan hasil dari pilihan maupun bentukan para wakil rakyat tadi untuk menjalankan kekuasaan negara.1 Pengertian Pemilu Pemilihan umum merupakan sarana untuk mewujudkan asas kedaulatan di tangan rakyat sehingga pada akhirnya akan tercipta suatu hubungan kekuasaan dari rakyat. Melalui pemilihan umum.com/2008/12/tentang-golput-1-pengertian-secaraumum.tripod. Mereka (para pemilih) dikatakan golput atau ‘No Voting Decision’ apabila berkeputusan untuk tidak memilih salah satu dari kontestan yang tersedia pada kertas suara ketika dilakukan pemungutan suara. Tugas para wakil pemerintahan yang berkuasa adalah melakukan kontrol atau pengawasan terhadap pemerintah tersebut (http://gsj.blogspot. rakyat yang berdaulat memilih wakil-wakilnya yang diharapkan dapat memperjuangkan aspirasi dan kepentingannya dalam suatu pemerintahan yang berkuasa.com/pantau1.

tetapi harus sudah nikah. Menpunyai KTP (http://cleverboyz. Orang dikatakan sudah b0leh memilih walaupun di bwah umur 17. Dari BAK dapat diketahui jumlah mahasiswa yang diterima setiap tahunnya.2.com/2009/02/cleverboyz.com) 2.3 Syarat-Syarat Mengikuti Pemilu Syarat-syarat mengikuti pemilu/pemilihan umum. Orang sudah harus berumur 17 tahunn minimal b. jumlah persentase yang 4 .4 Data mahasiswa Untuk mengetahui data mahasiswa UIN MALIKI Malang dapat di akses pada BAK pusat.: a. Sehingga bisa mengetahui mengikuti pemira.blogspot. c.blogspot.

2 Lokasi Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang karena lokasi mudah dijangkau. Manfaat dari literatur ini adalah untuk lebih mendalami apa yang akan diteliti. 3. 3.3 Waktu Dalam peelitian ini membutuhkan waktu satu bulan setengah. dan dilakukan pada bulan maret. 5 cara . dengan pengambilan sampel. Angket Angket dalam penelitian ini diberikan kepada mahasiswa UIN yang diambil dari sampel yang sudah ditentukan. Literatur Literatur adalah beberapa sumber yang bisa diperoleh dari buku. b. 3. sampel yang digunakan adalah simple random sample.BAB III METODE PENELITIAN 3. 3.6 Metode Pengumpulan Data a. (berhubung terdesak oleh waktu maka penelitian dilakukan dibawah target) 3.5 Populasi dan Penentuan Sampel Populasi yang diambil adalah mahasiswa uin sendiri. internet dan lain sebagainya.4 Sumber Data Sumber Data dapat diperoleh dari BP2R dan Responden.1 Jenis Penelitian Dalam penelitian ini kami menggunakan penelitian kualitatif yang menekankan pada jumlah mahasiswa yang perbartisipasi dalam pemira 2010.

Wawancara Wawancara ini dilakukan kepada beberapa elemen yang yang terlibat dalam pemira seperti BP2R dan beberapa orang yang mengerti jalannya pemira. Observasi Observasi ini dilakukan dengan meninjau lokasi berlangsungnya pemira baik itu sebelum pemira maupun hari-H. 6 .c. d.

Hal ini Hal ini disebabkan karena 2 faktor. yang mana SC adalah tempat berlangsungnya pemira. BEM F dan HMJ. Calon-calon yang sudah ditentukan didaftarkan ke BP2R. Sehingga para mahasiswa yang akan mencoblos mengurungkan niatnya. 7 . Pada pemira tahun 2009 banyak yang golput. 4. BEM F dan HMJ. data yang diperoleh sebagai berikut: Pertama kali yang akan diadakan sebelum pemilu raya adalah pembentukan BP2R (Badan Pelaksana Pemilu Raya).2 Analisis Data dan Interpretasi Berdasarkan metode yang telah ditentukan. pertama adanya kericuhan yang terjadi di depan Sport Center (SC). calon ketua HMJ PAI). ada metode yang belum sempat direalisasikan yaitu angket. karena pemira berlangsung pada hari senin tanggal 22 Maret 2010. Observasi hanya bisa dilakukan sebelum pemira. Hal ini disebabkan karena terbatasnya waktu yang telah ditentukan. sehingga mahasiswa yang tidak mendukung partai tersebut lebih memilih tidak mencoblos. setiap partai menentukan calon yang akan diajukan sebagai BEM U. Bahkan ada yang membakar kotak suara. Kampanye dilakukan dengan dua cara. Kedua. Setelah partai resmi terdaftar. pada tahun 2010 diperkirakan angka golput menurun. Pemira tahun kemarin hanya ada satu partai yang mencalonkan yaitu partai PKDM. banyak mahasiswa yang acuh tak acuh dengan adanya pemira.1 Penyajian Data Menurut data yang diperoleh pemilu raya tahun 2009 banyak yang golput. yaitu monologis (melalui pamflet) dan dialogis (kampanye langsung).BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN 4. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada hari Minggu tanggal 14 Maret 2010. Mereka tidak peduli siapa yang akan menjadi ketua BEM U. BP2R membuka pendaftaran partaipartai yang akan berkompetisi dalam pemira 2010. Pemira tahun ini terdapat dua calon partai. ( wawancara kepada Fauzi. Namun.

Pada H-7 ini partai PKDM lebih gencar melakukan kampanye. (wawancara kepada ning Etika. pengurus LKP2M kabid Sosial dan Poloitik) Berdasarkan observasi di gedung B. Yaitu partai PKDM (Partai Kebangkitan Demokrasi Mahasiswa) dan PP (Partai Pencerahan. BP2R telah menjadwalkan kampanye langsung yaitu kampanye dialog fakultas pada tanggal 17 Maret 2010 dan kampanye diaolg Universitas pada tanggal 18 Maret 2010. Kedua partai telah menyebarkan para calon yang sudah ditentukan oleh masingmasing partai. tentang partai-partai yang akan berkompetisi pada pemira 2010 ada dua partai yang mencalonkan. 8 .sehingga kemungkinan angka golput berkurang.

BAB V PENUTUP 5.2 Saran Dengan penelitian ini BP2R mampu mengatasi faktor-faktor yang ditemukan oleh peneliti terkait dengan tingginya angaka golput dalam pemilu raya UIN MALIKI Malang. 5. 9 .1 Kesimpulan Dalam penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Angka golput pada pemilu raya thun 2010 semakin berkurang karena terdapat dua partai yang terdaftar sebagai peserta pemilu raya dibandingkan dengan tahun 2009 yang hanya satu partai. dan kepada peneliti yang akan meneliti lebih lanjut masalah ini harus meneliti lebih baik dari hasil ini.

blogspot.com/pantau1.blogspot.com/2009/02/cleverboyz.htm http://cleverboyz.blogspot.com http://leo4kusuma.com/2008/12/tentang-golput-1-pengertian-secaraumum.DAFTAR PUSTAKA http://gsj.tripod.html Wawancara dengan Etika Dewi Sukmana (pengurus harian LKP2M kabid sosial politik) Wawancara dengan Fauzi (calon Ketua HMJ PAI) 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful