AYAT-AYAT KEPEMIMPINAN

(Oleh: Abd.Wahab Sinambela)

                                                                            
3. Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya[528]. amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (daripadanya). [528] Maksudnya: pemimpin-pemimpin yang membawamu kepada kesesatan.

                                                                          
51. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, Maka Sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

6. Al An'aam

137. Dan demikianlah pemimpin-pemimpin mereka telah menjadikan kebanyakan dari orang-orang musyrik itu memandang baik membunuh anak-anak mereka untuk membinasakan mereka dan untuk mengaburkan bagi mereka agama-Nya[509]. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggallah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.

2. Al Baqarah 1

At Taubah 2 . As Sajdah 24. Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka[25]. Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar[1195]. Al Ahzab 67. 33. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami. kami hanyalah berolok-olok. 37." 28. Dan mereka berkata. lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar).14. Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman. Al Qashash 41. 32. Dan Kami jadikan mereka pemimpin-pemimpin yang menyeru (manusia) ke neraka dan pada hari kiamat mereka tidak akan ditolong.:"Ya Tuhan kami. Pemimpin-pemimpin mereka menjawab: "Sebenarnya kamulah yang tidak beriman." 9. sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami. Ash Shaaffaat 29. mereka mengatakan: "Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu. mereka mengatakan: "Kami telah beriman".

agar supaya mereka berhenti. dan mereka mencerca agamamu. maka terimalah. Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. atau amat suka mendengar perkataan-perkataan Nabi Muhammad s. Mereka mengatakan: "Jika diberikan ini (yang sudah di robah-robah oleh mereka) kepada kamu. padahal hati mereka belum beriman. Al Maa'idah PENGINGKARAN ORANG-ORANG YAHUDI TERHADAP HUKUM-HUKUM TAURAT DAN KEHARUSAN MEMUTUSKAN PERKARA MENURUT HUKUM YANG DITURUNKAN ALLAH 41. janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya." Barangsiapa yang Allah menghendaki kesesatannya.12. dan kami tidak melihat orang-orang yang mengikuti kamu." 5. Maksudnya ialah: orang Yahudi amat suka mendengar perkataan-perkataam pendeta mereka yang bohong. Maka berkatalah pemimpin-pemimpin yang kafir dari kaumnya: "Kami tidak melihat kamu. dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. mereka merobah[417] perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. maka perangilah pemimpin-pemimpin orang-orang kafir itu. karena sesungguhnya mereka itu adalah orang-orang (yang tidak dapat dipegang) janjinya. melainkan (sebagai) seorang manusia (biasa) seperti kami.w untuk disampaikan kepada pendeta-pendeta dan kawan-kawan mereka dengan cara yang tidak jujur. [415]. bahkan kami yakin bahwa kamu adalah orangorang yang dusta. yaitu diantara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka:"Kami telah beriman". maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatupun (yang datang) daripada Allah.a. dan kami tidak melihat kamu memiliki sesuatu kelebihan apapun atas kami. dan jika kamu diberi yang bukan ini maka hati-hatilah. Huud 27. (Orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong[415] dan amat suka mendengar perkataanperkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu[416]. melainkan orang-orang yang hina dina di antara kami yang lekas percaya saja. 11. Jika mereka merusak sumpah (janji)nya sesudah mereka berjanji. 3 . Mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar. Hari Rasul.

[416].w.a. Maksudnya: mereka amat suka mendengar perkataan-perkataan pemimpinpemimpin mereka yang bohong yang belum pernah bertemu dengan Nabi Muhammad s. [407].a. atau amat suka mendengarkan perkataanperkataan Nabi Muhammad s.w. 4 . untuk disampaikan secara tidak jujur kepada kawan-kawannya tersebut. Lihat no. [417]. karena sangat benci kepada beliau.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful