P. 1
Universitas GAjah Mada

Universitas GAjah Mada

4.5

|Views: 1,529|Likes:
Published by Hoobz

More info:

Published by: Hoobz on Jun 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/05/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Masalah Sesuai dengan tuntunan pembangunan nasional untuk, menyongsong era globalisasi, maka pada masa sekarang ini makin disadari bahwa pentingnya Ilmu Pengetahuan dan teknologi. Salah satu upaya untuk meningkatkan Ilmu Pengetahuan tersebut adalah dengan meningkatkan pendidikan. Pendidikan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan serta mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang akan menentukan suatu keberhasilan dalam pembangunan. Untuk merealisasikan suatu tujuan pendidikan. Di dalam dunia pendidikan sekolah, pemerintah memberikan kerangka pendidikan berjenjang yang meliputi Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi seperti yang tercantum dalam undang-undang pasal 20 tahun 2003. Dalam kesempatan ini penulis terpacu untuk menulis Karya Tulis ini mengenai Perguruan Tinggi yaitu Universitas Gajah Mada (UGM), karena Universitas ini merupakan salah satu Universitas Nasional yang berkualitas Internasional.

B. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penulisan Karya Tulis ini adalah: 1. Memenuhi syarat untuk mengikuti UNTUS Tahun Pelajaran 2008/2009. 2. Memperkenalkan UGM kepada pembaca.

1

3. Agar siswa termotifasi untuk melanjutkanuntuk melanjutkan ke jenjang

peguruan tinggi khususnya ke UGM Yogyakarta. 4. Untuk mengetahui sedikitnya sejarah tentang UGM. 5. Untuk menambah ilmu pengetahuan dan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

C. Objek Penelitian Penulis menyusun Karya Tulis ini dengan mengambil objek penelitian tentang Universitas Gajah Mada (UGM) karena penulis tidak merasa kesulitan dalam mencari bahan Karya Tulis ini dan sumber yang mencetak tentang UGM. Selain itu juga penulis telah mengunjungi serta berwawancara langsung dengan sebagian Dosen UGM dalam kunjungan Karya Wisata ke UGM.

D. Metode Penelitian Dalam penulisan Karya Tulis ini penulis menggunakan 2 metode: 1. Obsevasi lapangan, yaitu dengan mengadakan Study Tour ke Lokasi. Dalam metose ini penulis langsung menayakan kepada beberapa Dosen yang ada di UGM. 2. Study Pustaka, yaitu penelitian dengan menggunakan buku bersummber yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

E. Sistematika Penelitian

2

Sistematika Karya Tulis ini terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama merupakan BAB Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Tujuan, Objek Penelitian, Metode Penelitian Data serta Sistematika Penulisan. Bagian kedua merupakan bagian isi yang terdiri sejarah singkat UGM, fakultas dan Jurusan, Program Pasca Sarjana, Unsur Penunjang Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Program Ujian Masuk UGM dan cara menjadi Mahasiswa UGM. Bagian ketiga merupakan penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.

BAB II

3

UNIVERSITAS GAJAH MADA BERKUALITAS INTERNASIONAL A. Sejarah Singkat UGM Universitas Gajah Mada diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949, pada saat itu UGM baru memiliki 6 Fakultas, yaitu: 1. Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi 2. Fakultas Hukum, Sosial dan Politik 3. Fakultas Sastra, Pedagodik dan Filsafat 4. Fakultas Pertanian 5. Falkutas teknik 6. Fakultas Kedokteran Hewan Sejak tahun 1952 di Universitas Gajah mada terdiri pengembangan, perubahan dan pengalihan. Pengembangan terjadi pada Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi yang asalnya satu fakultas menjadi terpisah menjadi fakultas Kedokteran dan kedokteran Gigi. Pengalihan terjadi pada Fakultas Hukum, Sosial dan Politik cabang Surabaya yang berdiri pada tanggal 19 Juli 1952 diintegrasi ke Universitas Airlangga pada bulan November 1952. Begitu pula dengan fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikann yang diintegrasikan IKIP Negri Yogyakarta. Pada tahun 1969 Universitas Gajah Mada Yogyakarta lahir fakultas yang ke 18, yaitu Fakultas Peternakan. Awal bedirinya atas dukungan dari Sri Sultan Hamengku Buono IX (Alm). Sebagian besar perkembangan diselenggarakan di komplek kraton Yogyakarta, baru pada tanggal 19 Desember 1959 semua

4

perkembangan dipindahkan secara bertahap ke Abulak Sumur bersamaan dengan diresmikannya Gedung Pusat oleh Ir. Soekarno. Universitas gajah mada, sejak tanggal 26 Desember 2000 sudah berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN). UGM merupakan universitas tertua dan terbesar di Indonesia UGM dikatakan tertua, karena lahir sudah lebih dari 5 abad, serta dikatakan terbesar karena Universitas Nasional pertama, sekarang ini UGM memiliki 18 Fakultas dengan 73 Program Studi S1 dan dan 28 Program Studi Diploma dan Pasca Sarjana yang terdiri dari 62 Program Studi S2 dan S3.

B. Fakultas dan Jurusan Di Universitas Gajah Mada terdapat banyak Fakultas dan Jurusan, yang masing-masing gedung perkuliahannya terpisah satu sama lain. Fakultasfakultas dan jurusan-jurusannya itu terbentuk secara bertahap. Fakultas-fakultas dan jurusannya yang ada di UGM diantaranya: 1. Fakultas Biologi Fakultas Biologi ini diresmikan pada tanggal 19 September 1955. Fakultas Biologi ini membekali pra Mahasiswanya dengan pengetahuan dengan pengetahuan Biologi modern yang sesuai dengan peranannya dalam Biotiversitas dan Bioteknologi, seperti Biosistematik dan Evolusi, Biologi perkembangan, Biologi Sel dan Molikuler, Biologi mikroba dan Biologi lingkungan.

5

Fakultas Biologi ini memiliki 16 ruangan laboratorium, ada laboratorium khusus untuk Mahasiswa UGM yang Kuliah di fakultas Biologi, ada pula laboratorium yang terbuka untuk Mahasiswa yang bukan dari fakultas Biologi. Fakultas ini telah bekerjasama, baik nasional maupun

internasional. Dalam kerjasama Nasional. Fakultas ini bekerjasama dengan perusahaan pensuplay gas terbesar di Indonesia dan dengan nenerapa perusahaan terkemuka yang lain. Dalam bidang internasional menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, antara lain dengan Internasional Association For Wild Silkmoths dan Silk (Jepang), CSRIO Wild Life Defision (Australia), University of Minesota (AS), dan Nagoya University.
2. Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan (MIDA)

Fakultas ini diresmikan pada tanggal 19 September 1955. Fakultas ini menyediakan program S1 dan D3. Program S1 mencakup Fisika, Geofisika, Elektronika dan Instrumentasi Kimia, Matematika Statiska dan Ilmu Komputer. Program D3 mencakup Elektronika dan Instrumentasi, Komputer and Sistem informasi. Fakultas IPA telah dan akan terus mengembangkan kerjasama Internasional dengan DAAD (Jerman), Stugert University, Darnstad University, Catsruhe University, Insburk University (Australia), Graj University, Mordoch University, Nuffit, Nejimegen University.

6

3. Fakultas farmasi Fakultas Farmasi diresmikan pada tanggal 27 September 1946. Fakultas ini menyediakan Program S1, meliputi Farmasi Sain dan Teknologi, Farmasi Klinik dan Farmasi Komunikasi, Farmasi Obat Alami. Program Profesi meliputi pendidikan Apoteker dan Program D2 meliputi Jamu. Bidang Farmasi mencakup segala kegiatan pengadaan,

penyediaam, distribusi, pengawasan, penggunaan obat, dan monitoring obat serta segala kegiatan menyangkut dan pembekalan kesehatan. Fakultas Farmasi mencetak sarjana farmasi dan Apoteker yang: Unggul dan kompetitif dibidang pengawasan mutu obat, modifikasi produk alami, farmasi obat berdasarkan system pengantaran obat, penemuan bioteknologi. Produk dan pengembangan senyawa biokrif. Professional dalam pelayanan farmasi klinik dan farmasi komunikasi. Mendedikasikan profesinya berdasarkan etika dan moral. Adapun program D2 (Jamu) mencetak ahli muda obat tradisional, jamu khususnya jamu yang kompetitif, kerjasama Internasional dalam pengiriman dosen dan Mahasiswa dijalin antara lain dengan Vrije Universitiet (Amsterdam), Leiden Amsterdam Centre for Drug Research Wuejbrug University (Jerman). University of Minnesota (AS) dan lainlain. 4. Fakultas Kedokteran

7

Fakultas Kedokteran diresmikan pada tanggal 6 Mei 1966. Fakultas ini menyedikan program S1 yang mencakup pendidikan dokter, ilmu keperawatan dam gizi kesehatan. Program pendidikan dokter pada program regler (media bahasa Indonesia) mencetak para dokter yang handal, yang senantiasa mengembangkan diridan ilmunya serta yang mampu menjdi anggota masyarakat yang kreatif, terbuka, adatif dan berorientasi ke masa depan. Program studi ilmu keperawatan mencetak perawat yang mampu menangani masalah kesehatan secara professional dan yang

berkemampuan dalam manajerial tinggi di bidang keperawatan. Program studi kesehatan diselenggarakan untuk menghasilkan sarjana gizi kesehatan yang berkemampuan dalam mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan gizi. 5. Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas ini diresmikan pada tanggal 29 Desember 1990. Fakultas ini menyediakan program S1 sarjana kedokteran Gigi (SKG), Program Profesi Dokter Gigi (drg), Program D4 Sarjana Sain Ilmu Terapan (SSIT). Program studi perawatan Gigi pendidikan menghasilkan Sarjana Ilmu Terapan maupun merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan program pembelajaran keperawatan gigi pada institusi keperawatan gigi.

8

6. Fakultas kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Hewan diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949. Fakultas ini menyediakan program S1 Kedokteran Hewan, Progran D3 Kesehatan Hewan. Fakultas Kedokteran adalah tempat menempa para calon Dokter Hewan yang memiliki kemampuan dalam hal: a. Wawasan tentang system kesehatan Nasional b. Keterampilan dalam melakukan diagnose fisik, dan efidemilogik atas penyakit dan difungsi hewan. c. Penanganan secara medic, operatif dan populatif. d. Penulisan resep dan penyusunan nutrisi hewan. e. Pemeriksaan nekropsi hewan, kebuntingan, gangguan reproduksi dengan mengaplikasikan teknologi reproduksi. f. Pengawasan bahan makanan asal hewan dan produk olahannya. g. Pengendalian kesehatan hewan, penyakit zoonosis dan pelestarian obat hewan. h. Pengawasan pengendalian mutu, pemakain dan peredaran obat hewan, bahan-bahan biologis dan material biogenesis, disamping pelestarian kesehatan dan keamanan serta ketahanan pangan. 7. Fakultas Pertanian Fakultas Pertanian diresmikan pada tanggal 27 September 1946. Fakultas ini menyediakan program S1 mencakup Agronomi, Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Pemulihan Tanaman, Budidaya Perikanan, social Ekonomi Pertanian/Agrobisnis, Manajemen Sumber Daya Perikanan,

9

Penyuluhan dan Komunitas Pertanian, Teknologi Hasil Perikanan, Ilmu Tanah, Mikro Biologi Pertanian. 8. Fakultas Teknik Pertanian Fakultas Teknik Pertabian diresmikan pada tanggal 19 September 1963. Fakultas ini menyediakan program S1 yang mencakup Teknik Pertabian, Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Program D3 Agro Industri. 9. Fakultas Peternakan Fakultas peternakan ini diresmikan pada tanggal 10 November 1969. Fakulltas ini menyediakan Program S1 yang mencakup Nutrisi dan Makanan Ternak, Sosiall Ekonomi Peternakan dan Teknologi Hasil Ternak. Fakultas ini merupakan fakultas termuda di UGM Yogyakarta yang siap mencetak Sarjana Yang berkemampuan dalam bidang peternakan. 10. Fakultas Kehutanan Fakultas Kehutanan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1963. Fakultas ini menyediakan Program S1 dan Program D3. Mprogram ini mencakup Manajemen Hutan, D3 kehutanan. Pendidikan

kehutanandirancang untuk menghasilkan sarjana berjiwa Rimbawan yang berkapasitas tinggi dalam bidang pengolahan hutan, penghutanan kembali, pemanfaatan hutan, teknologi hasil hutan atau konservasi sumber daya hutan melalui pembangunan hutan dan kebutuhan demi kesejahteraan masyarakat luas.

10

11. Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi ini diresmikan pada tanggal 10 November 1955. Fakultas Ekonomi berrtekad menjadi lembaga terkemuka dalam pengembangan ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akutansi. Fakultas ini mencetak sarjana yang memiliki bekal yang cukup untuk mengenali, mengamati dan melakukan pendekatan dalam penalaran permasalahan bisnis dan ekonomi secara ilmiah. Program D3 mencakup Akutansi, Keuangan, Pemasaran, perencanaan dan Monitorik Pembangunan yang diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan pasar kerja akan

administratif bisnistingkat menengah yang siap menghadapi perubahan dan yang akrab dengan teknologi infomasi. Dalam rangka pertukaran Mahasiswa, fakultas ini menjalin kerjasama dengan Universitas-universitas luar negri yang diantaranya: University of Victoria (Kanada). Australian National University, Southem Denmark School of Business and Engineering, Adger College University (Norwegia).
12. Fakultas Hukum

Fakultas Hukum ini didirikan pada tanggal 19 Desember 1949. Fakultas ini menyediakan Program S1 Fakultas Hukum yang berupaya mencetak Sarjana Hukum yang menguasai dasar-dasar ilmu Pengetahuan hokum, peka dalam mengantisifasi perkembangan akibat proses pembangunan nasional, dan berfikir global konphensif dalam menghadapi hubungan internasional yang semakin intensif dan mengglobal. Para

11

mahasiswa dan lulusa didorong untuk mengabdikan kemampuannya secara berkelanjutan kepada masyarakat melalui program-program penyuluhan hukum dan pelayanan konsultasi hukum. Kasus-kasus hukum yang bervariasi dan rumit merupakan tantangan menarik untuk dijawab oleh para lulusan fakultas ini. Program kerjasama internasinal dilakukan dengan Groniongen University, Erasmus University (Rtherdam). 13. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu polotik Fakultas ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 1955. Fakultas ini menyediakan Program D3 yang mencakup Administrasi Keuangan Daerah, Perpustakaan, Hubungan masyarakat, Periklanan dan

Komunikasi. Program S1mencakup hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintah, Sosiantri dan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polotik adalah temapt untuk menempa para calon Sarjana yang Profesional dan terpercaya dibidang: a. Administrasi Publik dan Kebijakan Publik b. Hubungan Internsional dan perbandingan Politik c. Komunikasi masa dan media d. Sosiologi dan studi-studi pembangunan e. Pembangunan nasional dan Masyarakat f. Politik dan Pemerintah Fakultas social Politik juga menggembleng pra calon media dibidang: a. Administrasi Keuangan Daerah b. Perpustakaan dan Informatika berbasis elektronik

12

c. Hubungan Masyarakat d. Periklanan dan Komunikasi Masyarakat Kerjasama internasional dalam pendidikan, penelitian, pengiriman dosen tamu dijalin dengan Nagoya University, Adger University, College (Norwegia), Found Foundatinition UNDP, Partneship for Gefornace Reform, dan organisasi-organisasi lainnya. 14. Fakultas Psikologi Fakultas Psikologi didirikan paa tanggal 28 Januari 1965. Fakultas ini menyediakan Program S1 Psikologi dan Profesi Psikologi. Fakultas ini memberikan pelayanan publik berupa jasa Psikologi melalui lembaga pembangunan kualitas manusia. Selain itu juga menjalin kerjasama dengan beberapa Universitas di Belanda, Jerman, amerika Serikat dan Australia. 15. Fakultas geografi Fakultas ini diresmikan pada tanggal 1 September 1963. Fakultas ini menyediakan Program S1 yang mencakup Geografi manusia, Kartografi, dan Penginderaan jauh, dan Pembangunan Wilayah. Program D3 mencakup Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi dan Geografi Fisik dan Lingkungan. Fakultas Geografi memiliki komitmen untuk mencetak Sarjana Geografi yang mampu:  Mengkaji karakteistik sumber daya wilayah dan lingkungan sosial sesuai trend an dinamika nasional dan global.

13

 Menggunakan metode analisis data wilayah dan teknik-teknik sumber daya (penginderaan jauh, system informasi geografis, kartografi, digital). Serta mampu dalam penyajian peta tematik wilayah (manual/digital).  Menyusun data wilayah, 1 rencana pembangunan, dan melaksanakan program/proyek pembangunan baik sektorial maupun berorientasi wilayah. Fakultas Geografi ini juga siap mencetak ahli media professional yang dapat memenuhi kebutuhan akan tenaga survey dan pemetaan. Penjaminan kualitas pendidikan di fakultas ini diupayakan antara lain dengan menggalang kerjasama dengan institusi-institusi internasional. Misalnya dengan Mensester Utretch, ITC the Netherland, Justus Liebe dan JRC-Ispra. 16. Fakultas Filsafat Fakultas Filsafat ini diresmikan pada tanggal 18 Agustus 1967. Fakultas ini menyediakan Program S1 yang mencakup Studi Ilmu Filsafat. Fakultas Filsafat didirikan untuk menjawab kebutuhan akademi dalam pendalaman makna dan penulusuran wawasan kehidupan yang akan besar dampak positifnya bagi pembinaan masyarakat perofesi dan umum pembangunan kualitas dan etos kerja professional wajib diupayakan dengan serius.

14

17. Fakultas Budaya Fakultas Budaya ini didirikan pada tanggal 3 Maret 1946. Fakultas ini menyediakan Program D3 yang mencakup keparawisataan, kearsipan, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis, Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, Program S1 mencakup Antropologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Nusantara, Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan sastra Arab, Bahasa dan Sastra Perancis, Bahasa dan Sastra Jepang. Fakultas Ilmu Budaya mencetak Mahasiswa:  Antropologi yang mampu menganalisa dan memberi solusi terhadap masalah-masalah kependudukan, kemanusiaan dan kebudayaan demi pemberdayan masyarakat.  Arkeologi yang mampu mengelola penelitian arkeologi, menganalisa makna peninggalan beserta kopnteksnya, serta merancang dan melaksanakan pengelolaan sumber daya arkeologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
 Sejarawan yang mampu mengangkat berbagai persoalan dalam

kerangka histories dan akademis, serta menganalisa permasalahan perubahan sosial ekonomi politik kultural.  Sarjana yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Kesastraan Indonesia, termasuk Kebudayaan Nusantara.

15

 Sarjana yang mampu menguasai bahasa dan sastra serta budaya

penutur bahasa Inggris, Arab, Perancis, Jepang, guna mentransfer IPTEK, kesaling pahaman dan Promosi budaya Nasional. Fakultas ini juga mengembangkan para calon Ahli Madya yang memiliki Arab, bekal Profesional yang mencakup dalam bidang pariwisata dan kearsipan yang mampu berkomunikasi secara professional dalam bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Korea dan Jepang. 18. Fakultas Teknik Fakultas ini diresmikan pada tanggal 17 Februari 1946. Fakultas ini menyediakan Program S1 yang mencakup Teknik Arsitektur, Fisika teknik, Perancangan Kota dan Daerah, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Nuklir dan Teknik Sipil. Fakultas ini menyelenggarakan pendidikan professional untuk menganalisi lulusan yang berkeahlian dan berketerampilan Ahli Pertama (AP) di bidang survei dan pemetaan kadastaral serta lulusan yang memiliki keahlian dan keterampilan Ahli Madya (Amd) di bidang Geomatika, Teknik Mesin.

C. Program Pasca Sarjana Seiring dengan dilaksanakannya sistem semester dan sistem Kredit maka diberlakukan pula system penjenjangan pendidikan tinggi yakini setara S1, S2 dan S3. Setelah sebelumnya dikelola oleh pendidikan Dokter, mulai pada tahun 1983 pengolahan program S2 dan S3 berada dibawah tanggung jawab Program Pasca Sarjana.

16

Untuk mendapatkan Program Magister Mahasiswa S2 menempuh 36-50 SKS dalam waktu minimal 4 tahun. Gelar Dokter dapat diperoleh Mahasiswa S3 dengan cara melakukan riset dan kuliah 6-12 SKS atau kuliah dan riset dikelas sebanyak 22 SKS atau lebih. Bobot disertai adalah 28-32 SKS dan masa Studi minimal 5 tahun. Program Pasca Sarjana mengelola 7 kelompok ilmu dengan 62 program studi.

D. Unsur Penunjang Pendidikan

Universitas gajah mada (UGM) memiliki lembaga penelitian, lembaga pengabdian masyarakat, 28 pusat studi, pusat penelitian bahasa, pusat kedokteran tropis, pusat penginderaan jauh, pusat antar Universitas, labolatorium analisis Kimia dan Fisika pusat, laboratorium ilmu hayati, kebun pendidikan, pendidikan pusat computer, dan kantor jamu mutu.

E. Sarana dan Prasaarana 1. Fasilitas Fakultas UGM Yogyakarta menyediakan fasilitas fakultas untuk

melancarkan berlangsungnya proses belajar mengajar yang meliputi:  Ruang kuliah yang dapat menampung 100 orang ada pulayang 40 orang  Ruang pengelolaan dan penunjang lainnya. 2. Perpustakaan

17

UGM Yogyakarta menyediakan fasilitas berupa perpustakaan untuk mengembangkan wawasan para Mahasiswanya. Beberapa

Prpustakaan yang ada di UGM diantaranya:  Perpustakaan Pusat  Perpustakaan Fakultas  Ruang Baca (referensi) jurusan  Koleksi buku S1  Koleksi buku Diploma 3. Laboratorium Menurut PP No. 5 tahun 1980, pengertian Laboratorium adalah suatu kelompok pengajar yang mengembangkan pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam suatu bidang tertentu. Dibeberapa fakultas UGM Yogyakarta dilengkapi dengan beberapa Laboratorium, seperti fakultas biologi, memiliki 16 Laboratorium tersebut ada yang untuk Mahasiswa dari fakultas biologi itu sendiri, ada pula Laboratorium yang digunakan untuk kepentingan umum, ada juga Laboratorium sejarah dan pengembangan arsitektur, Laboratorium Manca Negara dan Laboratorium lain yang dapat menunjang untuk kpentingan Mahasiswa. F. Program Ujian Masuk UGM 1. PBU (Penelusuran Bibit Unggul) PBU memiliki beberapa program yaitu: a. PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu)

18

Hal ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi namun tidak mampu secara ekonomi, calon diusulkan oleh sekolah. Calon ini dibebaskan dari biaya seleksi, biaya pendidikan selama 8 semester oleh sponsor yang akan dicarikan UGM. b. PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi) Hal ini ditujukan bagi siswa pemenang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis olimpiade bidang ilmu pengetahuan tingkat internasional. Calon ini diusulkan oleh sekolah, pilihan program studi diwajibkan sesuai dengan bidang prestasinya, calon dibebaskan dari biaya seleksi dan biaya pendidikan selama 8 semester ditanggung UGM. c. PBUPD (Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan daerah) Merupakan reflikasi kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah, ditujukan bagi siswa dengan kemampuan tinggi dan berprestasi, calon diusulkan dan dibiayai oleh Pemda Dinas Pemerintahan di daerah institusi, dan atau perusahaan daerah. d. BPK (Penelusuran Bakat Khusus) Hal ini ditujukan bagi siswa dengan bakat khusus dibidang olahraga atau seni, calonya disuslkan oleh sekolah, calon wajib mengikuti tes keterampilan sesuai dengan bakatnya. Di Yogyakarta biaya

ditanggung oleh orang tua siswa. e. PBS (Penelusuran Bakat Skolastik)

19

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi, calonya diusulkan oleh sekolah, calonnya wajib mengikuti Tes Bakat Skolastik (TBS) tertulis didaerah. Calon yang lulus TBS wajib mengikuti tes lisan di Yogyakarta, biaya pendidikan ditanggung oleh orang tua siswa. 2. Ujian Tulis a. Diadakan untuk memilih calon mahasiswa yang berkualitas dengan kemampuan akademik dan potensi unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan diperguruan tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditentuakan. b. Seleksi melalui ujian tulis pengetahuan alam, dan ilmu pengetahuan sosial. 3. SPMB Seleksi diadakan oleh panitia nasional SPMB.

G. Cara Menjadi Mahasiswa UGM 1. Dalam Negeri a) Program PBUD b) Program PBAD c) Program PBUK d) Program PSB e) UM-UGM (Ujian Masuk UGM) f) SPMB

20

g) Program Multi Entri/Full Payment h) Program Diploma i) Program Kerjasama/Tugas Belajar 2. Luar Negeri Melalui Program G to G Non G to G

H. Visi dan Misi UGM 1. Visi UGM

Visi 2020 UGM menjadi Universitas penelitian bertaraf Internasional yang berorientasi kepada kepentingan Rakyat berdasarkan pancasila.
2. Misi UGM

a. Menyediakan Pendidikan Sarjana dan pasca sarjana bertaraf Internasional. b. Meyelenggarakan penelitian dan pelayanan pada masyarakat yang bermutu tinggi. c. Menggali dan mengembangkan secara berkelanjutan khasanah budaya bangsa. d. Menyediakan pelayanan sarana dan perasarana kampus yang sesuai dengankemajuan teknologi. e. Menjalin jaringan kerjasama yang simetrikal ditingkat daerah, nasional dengan kemajuan teknologi. f. Membina dan mengembangkan pengelolaan Universitas yang bertanggung jawab.

21

I. Orientasi 1. Pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang:  Cakap, beriman dan bertaqwa.  Bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat  Memiliki kemampuan akademik dan professional  Mampu menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanh ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS)  Berintegrasi tinggi serta berwawasan kebangsaan dan budaya nasional  Mandiri, kreatif, inofatif dan berjiwa wirausaha 2. Penelitian dan pelayanan masyarakat yang mencakup:  Pengembangan IPTEKS secara kreatif dan inofatif untuk mewujudkan keunggulan bangsa  Pemanfaatan hasil IPTEKS untuk memperdayakan masyarakat serta mendukung pembangunan nasional dan daerah 3. Gerakan budaya untuk mendukung kemandirian serta keutuhan bangsa dan Negara. 4. Taransformasi Organisasi dan pengolahan UGM untuk mengembangkan keunggulan akademik serta meningkatkan efisiensi dan produktivitas melalui prinsip “Sentralisasi Administrasi desentralisasi akademik” (SADA). 5. Peyediaan sarana prasarana kampus untuk mendukung posisi UGM ke taraf mutu Nasional.
22

6. Pengembangan jaringan kerjasama UGM menuju npengembangan masyarakat yang demokratisadil dan makmur sejalan dengan kebijakan Nasional.

23

BAB III KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan Dari penjelasan yang telah disampaikan pada awal Karya Tulis ini dapat disimpulan bahwa: 1. UGM memiliki18 Fakultas dan beberapa jurusan yang memiliki fasilitas Internasional. 2. UGM lahir pada tangal 19 desember 1949, dan merupakan tertua dan terbesar di Indonesia. 3. UGM sudah menjalin kerjasama yang baik dengan beberapa perusahaan dan Universitas Nasional maupun Internasional,

Perusahaan dibeberapa Negara di dunia. 4. Untuk menjadi mahasiswa UGM, dapat mengikuti beberapa jalur seperti jalur BPUD/PMDK, SPMB ataupun dengan cara-cara lain yang telah ditentukan.

B. Saran Sebelum akan mengunjungi Universitas diharapkan semua siswa diberi bahan yang akan didiskusiakn, agar antara siswa dan dosen bias menciptakan suasana yang aktif apabila ada sesuatu yang perlu dipertanyakan supaya suasana bias kondusif.

24

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->