HUBUNGAN KAWIN KONTRAK DENGAN ETIKA AGAMA DILIHAT DARI SUDUT PANDANG AGAMA ISLAM, KRISTEN, DAN HINDU

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS UDAYANA 2013

.... Solusi 3 Penutup .............................. A............................................................................................... A.................................... Latar Belakang .......................................... C............................................................... C......... .............................. B.......................................................................................... Pengertian Judul ............ Keterkaitan Judul ..Daftar Isi Pendahuluan .................... Realita Berdasakan Pengamatan ...................................................................... Tujuan Penulisan ........................................................................ Metode Penulisan ........................................................................................ D............................................................................................................... Rumusan Masalah .......................................................................................... D.......................................... B................................. 1 2 Pembahasan ........................................................................

Akan tetapi dalam prakteknya seringkali orang melakukan perkawinan yang bersifat sementara yang disebut dengan kawin kontrak. sampai perkawinan yang kurang populer di kalangan masyarakat.PENDAHULUAN A. Pada awalnya prilaku tersebut dipandang rendah oleh masyarakat luas. Kristen. yaitu kawin kontrak. Pada dasarnya perkawinan dalam islam adalah sunnah hukumnya hanya saja ketika muncul keadaan tertentu hukum perkawinan dapat berubah yang mana dimaksudkan agar manusia dapat mengetahui kapan ia telah mempunyai kemampuan untuk melaksanakan perkawinan. Perkawinan merupakan bagian hidup yang harus memperhatikan norma dan kaidah hidup dalam masyarakat. Pada kenyataannya sekarang ini pelaksanaan perkawinan makin bervariasi bentuknya. perkawinan sering kali tidak dihargai kesakralannya. Namun. tidak semua orang berprinsip demikian. Padahal dipandang dari segi agama Islam. Latar Belakang Pada zaman globalisasi ini marak orang-orang yang melupakan etika agamanya masing-masing. Perkawinan pada dasarnya merupakan bentuk ikatan sakral sepasang umat manusia. Namun kenyataannya. Namun. dan Hindu prilaku di atas sangat dilarang keras bahkan diharamkan. para pelaku kawin kontrak sepakat untuk berpisah di waktu tertentu. Perkawinan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dengan jalan perkawinan yang sah pergaulan pria dan wanita terjadi secara terhormat sesuai kedudukan manusia sebagai mahkluk yang berkerhormatan. Dengan melihat realitas masyarakat bahwa perbuatan seksualitas diluar nikah membuat tatanan menjadi rusak apalagi bila status keturunan tidak diketahui akan menjadi tidak jelas karena bercampurnya antara anak keturunan yang sah dan yang tidak sah maka akan tidak jelasnya tanggung jawab akan masa depan anak. Diantara penyimpangan etika agama yaitu menikah dalam jangka waktu tertentu yang biasa disebut dengan kawin kontrak. Misalnya dengan adanya fenomena kawin kontrak yang mengemuka sebagai bentuk penyimpangan lembaga perkawinan. Banyaknya wisatawan baik asing yang bermukim cukup lama diindonesia membuka peluang kawin kontrak. keabsahan perkawinan juga kerap diselewengkan oleh sebagian orang yang hanya ingin memuaskan kebutuhan biologis belaka. Perpisahan . sekarang ini sudah menjadi makanan sehari-hari para penduduk Indonesia. Tidak seperti pada pernikahan umumnya. Dalam hal ini istilah mut’ah sering digunakan oleh para kiai (pemuka agama Islam). Pada dasarnya perkawinan ditujukan untuk jangka waktu selama-lamanya sampai maut memisahkan. dengan berbagai alasan pembenaran yang cukup masuk akal dan bisa diterima masyarakat. Mulai dari perkawinan lewat kantor urusan agama (KUA). Istilah kawin kontrak sama dengan istilah nikah mut’ah dalam agama Islam. perkawinan bawa lari. sedangkan masyarakat umum lebih sering menggunakan istilah kawin kontrak.

Observasi D. Menjaga kesucian diri untuk masa depan. Tujuan Penulisan 1. Rumusan Masalah 1. Dan sisa-sisanya kini masih banyak terjadi di masyarakat. Bagaimana pemerintah menindaklanjuti perkara kawin kontrak? 3. Survei 3. Pelaksanaan perkawinan dalam bentuk apapun yang dilakukan diluar daripada ketentuan undang-undang baik undang-undang hukum positif maupun hukum islam dikatakan sebagai perbuatan zina dimana perbuatan itu sendiri merupakan salah satu bentuk perbuatan yang menyimpang dalam kehidupan masyarakat dan adanya larangan perbuatan tersebut oleh hukum. Metode Penulisan 1. Saat ini. disertai ijab dan qabul. meskipun UU Perkawinan No. Apa pengaruh kawin kontrak terhadap lingkungan sekitar? 5. Praktek nikah siri ini telah berlangsung puluhan tahun. 2. . Nikah ini merupakan sebuah praktek pernikahan yang dianggap sah secara agama ketika dihadiri oleh mempelai. Persoalan muncul ketika pernikahan tersebut tidak dicatatkan. B. Wawancara 2. 4. wali. 2 orang saksi. banyak praktik-praktik pernikahan yang rentan untuk menjadi kedok ataupun ajang trafficking. pernikahan ini seringkali tidak diumumkan kepada khalayak dan dianggap sebagai sesuatu yang mesti dirahasiakan (sirr). Mengetahui bahaya kawin kontrak terhadap kesehatan. Bagaimana kawin kontrak dilihat dari sudut pandang agama? 2. Menjaga kehormatan bangsa. Selain itu. sesuai dengan namanya.1 tahun 1974 telah mengatur bahwa setiap pernikahan harus dicatatkan. Apa solusi agar kawin kontrak tidak membudaya? C. Karena bukti tertulis yang menguatkan adanya ikatan pernikahan antara sepasang lelaki dan perempuan itu tidak ada. Mencegah kebiasaan yang buruk. Sehingga ketika terjadi sesuatu atas pernikahan tersebut seringkali perempuan menjadi korban. Apa pendapat para ahli mengenai kawin kontrak jika dilihat dari segi kesehatan? 4.akan terjadi bila mereka kembali ke negara masing-masing. 3. Fenomena pengabaian hak-hak perempuan juga tampak dalam bentuk nikah sirri.

Ams.PEMBAHASAN A. 3:23). 2:16. baik memisahkan dan menyatukan: karena seorang akan “meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya. jangka waktunya terserah perjanjian yang disetujui oleh kedua belah pihak dan tidak ada pengakuan dari negara. . penghargaan dan tanggung jawab adalah hasil dari hubungan ini. mengakrabkan dan merupakan hubungan yang permanen antara Kristus dan jemaatNya. meskipun masih dalam batas waktu yang disepakati. 5:21-33). boleh satu hari. yang diberikan oleh pasangan yang mengikatkan diri dalam pernikahan dikatakan sebagai sebuah “perjanjian. yang memantulkan kasih. Kitab Suci melukiskan pernikahan sebagai suatu tindakan yang bersifat menentukan. sahabat dan masyarakat menyaksikan perjanjian. 89:35. Secara umum kawin kontrak adalah kawin yang dibuat atas dasar kontrak atau perjanjian. apa yang telah dipersatukan Allah. Mereka tidak saling mewarisi bila salah satu pelakunya meninggal dunia. terserah kekuatan dan minat si laki-laki. 19:6). Perjanjian ini disahkan di surga. boleh satu bulan. berarti melakukan perzinahan. mereka telah berjanji menjadi setia satu dengan yang lain selama hidup mereka berdua. Bagi orang Kristen. sehingga keduanya menjadi satu daging” (Kej. Allah dan keluarga pasangan itu. boleh berapa saja. janji pernikahan itu adalah kepada Allah sebagaimana berlaku bagi pasangan itu sendiri.17). 2:14. Pasangan orang Kristen memahami bahwa dalam pernikahan. lalu kawin dengan orang lain. 2:24). yang mereka adakan satu dengan yang lain. Rat. Yesus mengajarkan bahwa seseorang yang menceraikan pasangannya. tidak boleh diceraikan manusia” (Mat. Boleh satu tahun.” istilah yang digunakan bagi perjanjian yang kudus dan sangat mengikat yang dikenal dalam Firman Allah (Mal. Di dalam Kitab Suci janji ini. Juga tidak wajib member nafkah dan tidak wajib memberi tempat tinggal. “Karena itu. Sehubungan dengan soal perceraian. Janji antara mereka berdua haruslah berlangsung di dalam kesetiaan dan ketahanan yang menandai perjanjian Allah (Mzm. Cinta kasih yang timbal-balik. Pengertian Judul PENGERTIAN PERNIKAHAN MENURUT AGAMA KRISTEN Pernikahan dilembagakan Ilahi di Eden dan dikukuhkan oleh Yesus menjadi persatuan seumur hidup antara perempuan dengan laki-laki dalam persekutuan kasihsayang. dan seharusnya dilakukan oleh pasangan yang seiman saja. jemaat (Ef. Sedangkan jumlah yang di nikahi terserah kepada si laki-laki. yang menguduskan. penghormatan. kecuali karena perzinahan. boleh satu jam dan boleh sekali main. Hubungan antara suami dan istri haruslah menurut pola perjanjian Allah yang kekal dengan umat-Nya.

PENGERTIAN PERNIKAHAN MENURUT AGAMA HINDU Menurut agama hindu banyak sekali sumber-sumber hukum yang dipakai sebagai rujukan dalam usaha mencari penyelesaian permasalahan yang dihadapi. Perkawinan merupakan hubungan hukum antara seorang pria dengan seorang wanita. Dalam Kamus Bahasa Indonesia disebutkan bahwa kata wiwaha berasal dari bahasa sansekerta yang berarti pesta pernikahan. 1985: 23). Wirjono Projodikoro. Palasara sastra. kata pawiwahan berasal dari kata dasar “ wiwaha”. Dipandang dari segi sosial kemasyarakatan tersebut maka Harry Elmer Barnes mengatakan Perkawinan ( wiwaha) adalah sosial institution atau pranata sosial yaitu kebiasaan yang diikuti resmi sebagai suatu gejala-gejala sosial. Pengertian pawiwahan secara semantik dapat dipandang dari sudut yang berbeda beda sesuai dengan pedoman yang digunakan. untuk hidup bersama dengan kekal yang diakui Negara (Sumiarni. Sedangkan yang tidak tertulis disebut dengan Loka dresta dan atmanastuti (yang merupakan mufakat yang terbaik merupkan bisamaorang banyak dilingkungan sekitarnya) Pengertian pawiwahan Dari sudut pandang etimologi atau asal katanya. Pengertian pawiwahan tersebut antara lain: a. tentang pranata sosial untuk menunjukkan apa saja bentuk tindakan sosial yang diikuti . c. perkawinan (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. sesuai dengan konteks-nya. 2004: 4). Undang-Undang Perkawinan No. dan sebagainya. 1997:1130). b. 1 Tahun 1974 pasal 1 dijelaskan pengertian perkawinan yang berbunyi: “Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan KeTuhanan Yang Maha Esa. d. hukum-hukum hindu yang tertulis sering disebut dengan sastra dresta seperti Manawa Darma sastra. Dalam Buku Pokok Pokok Hukum Perdata dijelaskan tentang definisi perkawinan sebagai berikut: “Perkawinan ialah pertalian yang sah antara seorang lelaki dan seorang perempuan untuk waktu yang lama”(Subekti. Adapun sumber sumber hukum menurut hindu ada yang tertulis maupun yang tidak tertulis.

Himpunan Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-Aspek Agama Hindu I-XV dijelaskan bahwa “perkawinan ialah ikatan sekala niskala (lahir bathin) antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal (satya alaki rabi) “(Parisada Hindu Dharma Pusat. masyarakat. Dengan terjadinya perkawinan. Bukan itu saja menurut hukum adat. maksud utama dari pernikahan itu selain sebagai ibadah adalah untuk membangun ikatan keluarga yang langgeng (mitsaqan ghalidzha) yang dipenuhi dengan sinar kedamaian (sakinah). perkawinan dilaksanakan tidak hanya menyangkut bagi yang masih hidup tapi terkait pula dengan leluhur mereka yang telah meninggal dunia. keluarga. martabat dan pribadi dan begitu pula menyangkut persoalan keagamaan. ditentukan dan diatur dalam segala bentuk untuk memenuhi kebutuhan manusia. semua itu adalah institution (Pudja. PENGERTIAN PERNIKAN MENURUT AGAMA ISLAM Dalam ajaran Islam. maka suami istri mempunyai kewajiban memperoleh keturunan yang akan menjadi penerus silsilah orang tua dan kerabat. f. tetapi juga berarti suatu hubungan hukum adat yang menyangkut para anggota kerabat dari pihak istri dan pihak suami. Ter Haar menyatakan bahwa perkawinan itu menyangkut persoalan kerabat. Agama dan Adat.secara otomatis. saling cinta (mawaddah). Oleh karena itu dalam setiap upacara perkawinan yang dilaksanakan secara Adat mengunakan sesaji-sesaji meminta restu kepada leluhur mereka. Perkawinan menurut hukum Adat tidak semata-mata berarti suatu ikatan antara pria dengan wanita sebagai suami istri untuk maksud mendapatkan keturunan dan membangun serta membina kehidupan keluarga rumah tangga. 1963: 48). 2004:4). (Sumiarni. Berdasarkan beberapa pengertian di atas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa : Pawiwahan adalah ikatan lahir batin (skala dan niskala ) antara seorang pria dan wanita untuk membentuk keluarga bahagia dan kekal yang diakui oleh hukum Negara. e. 1985: 34). dan saling .

jika kita tengok sejarah awal Islam. Para wanita selain harus menjalankan kewajibannya sebagai istri. dapat kita ketahui betapa ajaran Islam menginginkan agar para wanita dapat diberikan hak-haknya sebagaimana mestinya. Di samping itu. .sementara untuk menghindari zinah ataupun akibat hukum lain maka dilakukanlah perkawinan dengan wanita penduduk setempat dengan batas waktu tertentu yang dituangkan dalam kontrak.berdasarkan pasal ini maka jelas terjadin ya kawin kontrak bertentangan dengan filosofis tujuan perkawinan. dengan syariat nikah menurut Islam ini. habis kontrak sambung lagi dengan yang lain begitu seterusnya dan tak jarang sebagian dari mereka juga masih tergolong dibawah umur. Para wanita tidak dapat dipertukarkan lagi sebagaimana zaman jahiliyah. Dengan begitu. dan ketika suami meninggal ia juga dapat bagian dari harta warisan.Namun hal ini tidaklah dibenarkan dalam agama bahkan Rasulullah mengharamkannya ketika melakukan pembebasan kota Mekah pada tahun 8 H/630 M. juga mempunyai hak untuk diperlakukan secara baik (mu’asyarah bil ma’ruf). Oleh karenanya. Didalam Pasal 1 UU No. ikatan pernikahan yang tidak ditujukan untuk membangun rumah tangga secara langgeng. Bermacam alasan yang membuat orang mau melakukan kawin kontrak. ajaran Islam ingin melindungi para wanita untuk mendapatkan hak-haknya.1/1974 tentang Perkawinan dinyatakan bahwa Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Mahaesa”. tidaklah sesuai dengan tujuan ajaran Islam. di mana ketika itu masyarakat jahiliyah tidak memberikan kepada wanita hak-haknya sebagaimana mestinya karena wanita ketika itu lebih dianggap sebagai barang yang bisa ditukar seenaknya. namun alasan yang paling utama biasanya berkaitan dengan imbalan materi yang ditawarkan begitu menggiurkan.kasih-sayang (rahmah). PENGERTIAN KAWIN KONTRAK Kawin kontrak sebenarnya hanya merupakan istilah awam yang digunakan kebanyakan orang yang pada prinsipnya hanya diibaratkan pada perkawinan yang dilakukan hanya dalam batas waktu tertentu dengan sejumlah imbalan yang tertuang dalam sebuah perjanjian ataupun kontrak. Malah celakanya hal ini sudah menjadi mata pencaharian pelaku. Kawin kontrak awalnya terjadi dikarenakan oleh kebanyakan kaum pria dalam keadaan tertentu yang karena suatu tugas maka ia harus meninggalkan keluarganya.

Etika biasanya berkaitan erat dengan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin.Dalam Pasal 1320 KUHPerdata disebutkan bahwa supaya terjadi persetujuan yang sah.perlu dipenuhi empat syarat: 1.agama. Sedangkan dalam agama Hindu tidak memiliki istilah kawin kontrak. suatu pokok persoalan tertentu. Kaitannya dengan kawin kontrak yang sudah pasti pelakunya sendiri membuat suatu perjanjian didalamnya maka ketentuan Pasal 1320 KUHPerdata tidak terpenuhi. Etika dan moral memiliki arti yang hampir sama. Dan menghindari cara – cara buruk. kecakapan untuk membuat suatu perikatan. suatu sebab yang tidak terlarang. Dalam agama Kristen sebuah pernikahan itu merupkan upacara yang sakral. dikatakan “suatu sebab yang tidak terlarang dalam hal ini adalah halal selama hal tersebut tidak bertentangan dengan hukum. yaitu Mos dan dalam bentuk jamaknya Mores yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan). Etika Etika secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yang berasal dari kata Ethos yang berarti watak kesusialaan atau adat kebiasaaan (custom). sedangkan etika berarti pengkajian system nilai – nilai yang berlaku. Seperti pada postingan terdahulu. Pengertian kawin kontrak dalam agama islam disebut juga dengan kawin Mut’ah yaitu pernikahan yang dilakukan tanpa wali dan saksi. karena pernikahan dilkukan hanya sekali seumur hidup tidak ada percerayan jadi tidakada istilah kawin kontrak. 4. . begitu pula tanpa talaq dan habis begitu saja pada akhir waktu yang disepakati.norma dan adat istiadat. Hubungan Judul Adapun pengertian dari judul yang kami angkat sebagai makalah adalah sebagai berikut: 1. 2. 3. kesepakatan mereka yang mengikatkan dirinya. namun dalam ajaran Hindu tidak diperkenenkan untuk menikah lebih dari sekali dalam seumur hidup. B. namun perbedaannya terletak pada moral berarti penilaian perbuatan yang dilakukan.

Su berarti baik dan Sila berarti perilaku atau tingkah laku. Dari sini terlihat kawin kontrak tak ubahnya dengan prostitusi biasa. harga yang dikeluarkan bisa puluhan juta. "Pernikahan pertama kalau masih perawan harganya beda. Kalau masih perawan kita dijatah mahar besar. Nilai mengenai benar dan salah yang dianut oleh golongan atau masyarakat. Apalagi jika si gadis masih perawan. Realita berdasarkan Pengamatan 1. nikah mut’ah ini haram hukumnya. 2. atau ethics (bahasa Inggris). 2. Jadi kesimpulannya. BOGOR Rp 7 juta hingga Rp 50 juta Seperti pernikahan umumnya. C. Dia menjual . Jadi dapat disimpulkan bahwa Susila memiliki arti tingkah laku atau perbuatan yang baik dan mulia. seorang pelaku kawin kontrak di Puncak. Susila berasal dari kata Su dan Sila. Dengan begitu. maka dengan sendirinya berisi ketentuan-ketentuan (norma-norma) dan nilai-nilai yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kawin kontrak Sedangkan kawin kontrak adalah nikah dalam jangka waktu tertentu. etika dirumuskan dalam tiga arti. Harga sebesar ini tak masalah bagi pria berkantong tebal. Oleh karenanya nikah mut’ah ini dilarang oleh Islam. yaitu. sehingga apabila waktunya telah habis maka dengan sendirinya nikah tersebut bubar tanpa adanya talak. kawin kontrak pun memerlukan mahar alias mas kawin. Kumpulan asas atau nilai yang berhubungan dengan ahlak. 1. dan dalam nikah mut’ah ini pihak wanita teramat sangat dirugikan. Etika juga dalam Agama Hind dikatakan sebagai Susila. KAWIN KONTRAK DI PUNCAK. 3.Dalam kamusbesar bahasa Indonesia terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1988). Makin cantik wanita yang akan dinikahi maka maharnya pun semakin mahal. Dalam nikah mut’ah si wanita yang menjadi istri juga tidak mempunyai hak waris jika si suami meninggal. Ilmu yang baik tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)." aku Lilis. mengandung banyak pengertian. tujuan nikah mut’ah ini tidak sesuai dengan tujuan nikah menurut ajaran Islam sebagaimana disebutkan di atas. Demi menikah beberapa hari dengan perawan. tarif puluhan juta rupiah dinilai sepadan. seringkali disebut pula dengan kata etik. Misalnya Rp 50 juta ya berarti di ijabnya ada mahar Rp 50 juta. Ia mengaku masih perawan saat pertama kali terjun ke bisnis ini.Kata etika. Etika juga disebut ilmu normative.

maka Fifi bisa mendapatkan pemasukan hinggga Rp 20 juta." kilah Susi. Kisah pilu lainnya dikemukakan Fifi (18 -. tanpa mempedulikan perutnya yang tengah membuncit karena hamil." katanya." kata Lilis. 30 persennya dipotong buat mami. . Susi memiliki orangtua yang tidak berpenghasilan tetap dan beberapa adik yang masih sekolah. Sayangnya. Jika dikontrak selama sebulan. Bogor. Susi memperoleh bayaran Rp 7 juta. Sejumlah petugas yang ikut dalam razia itu kaget manakala melihat perut Susi membuncit. Dalam razia yang berlangsung selama 4 jam (pukul 19. Dari hasil perkawinan itu. Kabupaten Bogor. Ketika ditanya petugas. Aku dapat 50 persen. Saya harus membiayai keluarga. sebelum perkawinan sesaat itu terjadi. Setelah itu Lilis mengaku tak menyesal atau takut. ini mengaku nekat melakukan kawin kontrak dengan pria dari Timur Tengah karena harus menghidupi orangtua. Kabupaten Bogor ini." lain ucap Lilis. sebut saja Susi (24). Selama kawin kontrak. Ia mengatakan. Tugu Utara. saya tidak punya pekerjaan lain.00) itu petugas juga mengamankan 7 wanita lainnya yang diduga akan melakukan kawin kontrak seperti halnya Susi. lag: MEMILUKAN! Karena membutuhkan uang untuk menghidupi keluarganya. katanya. Puncak. Dia mengaku sudah melakukan kawin kontrak sebanyak 11 kali. "Tapi uangnya tidak utuh saya terima. warga Cigombong.bukan nama sebenarnya). Ini Cuma kisah takutnya keluarga yang tahu aja. itu tertangkap razia petugas gabungan Desa Tugu Utara. "Aku waktu itu 20 tahun. Jakarta Timur. dan Koramil Cisarua. Polsek Cisarua. wanita berparas manis ini mengakui tengah hamil tiga bulan. Gadis belia ini menikmati profesi barunya sebagai pelaku kawin kontrak. dan adiknya yang masih di bangku SMP. rela menjalani kawin kontrak dengan pria Timur Tengah di Cisarua. Tapi dari bayaran sebesar itu.00-23. Kecamatan Cisarua. di sebuah vila. "Setengahnya lagi dipotong oleh perantara. dia diberi nafkah Rp 5 juta selama seminggu oleh suami kontraknya. Gadis asal Cijantung. sebelum tertangkap. "Saya terpaksa melakukan ini pak.mahkotanya Rp 30 juta pada 'suami' pertamanya." kata wanita yang mengontrak rumah di Kampung Ciburial. aku dapat Rp 30 juta. Tapi bukan untuk aku sendiri. Sarah tergiur lembaran uang yang bisa didapatnya dengan mudah. "Enggak. seorang perempuan. Untuk aku bagi juga dengan makelarnya. Susi hanya dapat setengahnya. Uang hasil kawin sesaat itu dia pergunakan untuk membiayai kebutuhan keluarga. dia pernah menjalani kawin kontrak selama satu minggu dengan pria Timur Tengah. Kawin kontrak pertama aku pas masih perawan.

Pasalnya. Tergantung dari kesepakatan kawin kontrak itu sendiri. tetapi adik-adik saya harus menjadi orang. 11 Desember 2012 09:18:23 WIB Kawin Kontrak Dijadikan Bisnis Dikelola Mafia SUKABUMI (Pos Kota) – Istilah kawin kontrak agaknya bukan sesuatu yang aneh di telinga masyarakat. Kendati demikian. Nusantara Selasa. dilakukan juga orang lain. Masyarakat mengetahui arti kawin kontrak yakni perilaku penyelewengan pernikahan. wali. tak sedikit orang banyak terjerumus dalam praktek haram ini. termasuk jadi penghulu biasanya tergantung dari kesepakatan harga kawin kontrak itu sendiri. kawin kontrak seperti bisnis prostitusi terselubung belaka. Saya tidak lebih dari lima kali menjadi penghulu rata-rata Rp500 ribu dan pernah satu juta rupiah. “Kalau uang yang saya dapat dari sekali menjadi penghulu beda-beda. kata Saep. dia rela meninggalkan bangku sekolah SMP demi untuk mencari uang. Soalnya. "Kalau orangtua saya mampu. [rnz/@IRNewscom/wartakota] 2." kata Fifi sambil menitikkan air mata. Paling sebulan setelah itu pisah lagi. kawin kontrak ini tergantung kesepakatan kedua mempelai. praktek kawin kontrak jelas-jelas menyalahi aturan yang telah digariskan oleh agama. Peran seperti ini. Kepada petugas Fifi mengatakan. pasangan kawin kontrak terikat batas waktu tertentu. Fenomena ini tak lepas dari tangan mafia kawin kontrak yang berperan sebagai penghulu atau disebut amil. Ada yang berperan menjadi saksi. Bervareatifnya honor peran masing-masing. Lalu bagaimana sepak terjang penghulu di Sukabumi? Fenomena kawin kontrak di Sukabumi tak jauh beda dengan daerah lainnya seperti Bogor dan Cianjur. . Parahnya lagi. Tak seperti pernikahan umumnya. Minimal harga kesepakatan Rp10 juta. Kabupaten Sukabumi ini. tak sudi saya melakukan ini. Di Sukabumi. “Biasanya kawin kontrak di Sukabumi antara wanita lokal sama orang Arab. wanita mana yang secara suka rela bekerja seperti ini. saksi dan wali bagi pengantin wanita sekaligus mas kawin atau mahar.Menurut pengakuan Fifi. terutama di Jawa Barat termasuk di Sukabumi. bahkan bisa di atas Rp20 juta. Fifi mengatakan. Saep mengaku menjadi penghulu kawin bukanlah pekerjaan maupun keahliannya. "Biarlah saya seperti ini." ujar Fifi. Sulung dari tiga bersaudara ini mengaku terpaksa melakukan itu karena tuntutan hidup.” aku Saep (nama samaran) sal ah seorang yang mengaku pernah menjadi penghulu kawin kontrak di kawasan Kecamatan Kadudampit.” tuturnya. bahkan orang tua calon mempelai wanita. semua kegiatan kawin kontrak dilakukan melalui ijab kabul. Dua adik saya harus menjadi sarjana dan bekerja yang layak.

“Kalau menikahkan kita biasanya sewa lokasi. “Sekarang masih terselubung dan diam-diam. Tukang ojek ataupun buruh pun bisa disulap jadi amil pernikahan kawin kontrak. Bahkan. Ya paling dua tiga jam. praktek kawin kontrak tak lepas dari calo atau agen yang berperan menjadi mak comblang. dan wali. (sule) D. terkadang tak melihat latar belakang. Mendidik anak dengan pendidikan formal dimulai sejak dini. Menjaga pergaulan anak remaja mereka. Menurut Saep.” tuturnya. “Pembagiannya biasanya 70 sampai 80 persen untuk mempelai wanita.” tutur pria berusia 47 tahun ini. cottage atau vila yang disewakan. Dan biasanya paling laki-lakinya langsung bawa wanitanya untuk bermalam pengantin.” ujarnya. terang Saep. Solusi 1. sisanya dibagi-bagikan untuk kita yang menjadi penghulu. setelah itu bubar. Memberikan pengetahuan sejak dini tentang lingkungan yang buruk. 2. Menjadi penghulu kawin kontrak. Bisa rumah penduduk. 3. Kebanyakan wanita yang mau dikawin kontrak dari keluarga kurang mampu tapi mempunyai tubuh dan wajah yang lumayan cantik. para calo tersebut mencari langsung ke pelosok-pelosok daerah di Sukabumi untuk dikawinkontrakan. saksi. .

PENUTUP Kesimpulan Kawin kontrak sangat tidak diperkenankan oleh seluruh agama dan hukum. Menurut psikolog Boike mengatakan.” Kawin kontrak sangat mempengaruhi lingkungan sekitar. Anak yang terlahir dalam lingkungan yang baik maka akan baik. Demi memenuhi kebutuhan hidup mereka rela mengorbankan kesuciannya hanya untuk sesuap nasi. tetapi jika seorang anak terlahir dalam lingkungan yang kurang baik maka anak tersebut akan berkembang menjadi pribadi yang buruk. Dan kesehatan sangat rentan untuk sebaya mereka. Sehingga kesehatan akan mengancam kehidupannya. Padahal pekerjaan yang mereka kerjakan belum tentu halal. “remaja jika diiming-imingkan suatu benda yang membuat mereka menyenangkan tidak akan menolak. Kawin kontrak secara kasat mata sebenarnya sudah menjadi suatu hal yang biasa. Karena secara ekonomi orang yang menjadi korban rata-rata kalangan bawah yang tidak mengerti apapun tentang pembayaran dari kawin kontrak tersebut. Para ahli menganjurkan sejak dini anak-anaknya diarahkan ke lingkungan yang baik. Karena kita tidak tahu apakah laki-laki yang mengajak berhubungan sehat tidaknya. Perbuatan ini dapat menurunkan nilai moral bangsa karena belum bisa menjaga kepribadian seseorang dengan baik. seperti halnya kawin kontrak kebanyakan mereka mencari korban para remaja. Pernikahan secara illegal merugikan banyak orang. Karena banyak anak remaja yang mencari pekerjaan sampingan dalam hal apapun untuk keperluan kepribadian mereka. Biasanya para pembesar memanfaatkan keadaan mendesak ini demi keuntungan besar. atau bahkan terkena HIV/AIDS. .