PERMAINAN KIMIA 1. TAMAN KIMIA A.

Alat Dan Bahan : Larutan Natrium Silikat 15 – 20 % Besi III Chlorida Cobalt II Chlorida Tembaga II Nitrat Cromium III Chlorida Tembaga II Sulfat Nikel II Nitrat Gelas Kimia dan TAbung Reaksi Saringan Hisap Lengkap Bak Kaca / Akuarium B. Cara Kerja 1.Buat Larutan Natrium Silikat 15 – 20 % lalu saring dengan menggunakan saringan hisap (agar larutan menjadi lebih jernih). 2. Tempatkan larutantersebut dalam bak kaca yang telah tersedia, diamkan untuk beberapa saat agar larutan menjadi lebih tenang. 3. Tambahkan kristal yang telah tersedia dan tempatkan pada tempat yang anda suka dalam bak kaca tersebut. 4.Anda akan menemukan bentuk dan warna yang berlainan dari kristal tersebut. 2. GAS LETUP A.Alat Dan Bahan 1 Bh Beker Glasss 500 ml 1 Bh Erlenmeyer 500 ml berlengan Sumbat Erlenmeyer yang sesuai Selang plastic Larutan NaOH 4 M secukupnya Air sabun Elektroda karbon Adaptor / Sumber Arus DC B.Cara Kerja 1.Masukkan larutan NaOH 4 M ke dalam Erlenmeyer. 2.Sumbat erlenmeyer tersebut dengan sumbat karet yang telah dilengkapi dengan elektroda karbon dan selang plastik. 3.Tutup rapat-rapat erlenmeyer dengan sumbat tersebut (agar lebih rapat bisa digunakan paslin). 4.Hubungkan selang dari erlenmeyer tersebut dengan air sabun yang ada dalam beker glass. 5.Hubungkan elektroda dengan sumber arus DC / Adaptor. Bila dalam air sabun telah terbentuk gelembung, bakarlah dengan menggunakan korek api maka akan anda dapatkan bunyi letusan. 6.Untuk mempercepat dan menambah jumlah gelembung yang terbentuk, naikkan voltase dari adaptor tersebut. 3. ULAR YOD A. Alat Dan Bahan Matkholf 250 ml

Pipet tetes Bak plastik Larutan sabun / detergen Larutan KI H2O2 B.Busa yang ada di dalam Matkholf akan keluar secara perlahan. 5.Masukkan / celupkan uang kedalam larutan Metanol beberapa menit. 4. 6.Semprotlah tulisan tersebut dengan larutan FeCl3 3. 6. 3. Cara Kerja 1.Cara Kerja 1. uang anda akan selamat dari amukan api tersebut.Anda akan mendapatkan warna tulisan yang berlainan. Alat Dan Bahan Gelas Kimia 500 ml Kertas HVS Indikator Phenolptalein (PP) Logam Na Air B.Jepit uang kertas yang sudah direndam ke dalam larutan Metanol. Alat Dan Bahan Larutan Metanol dalam air ( 60 bagian Metanol : 40 bagian air) Gelas Kimia 500 ml Uang Kertas Korek api / Pembakar spirtus Penjepit B.Bila busa telah berhenti keluar.Siapkan 1/3 bagian air dalam gelas kimia 500 ml . KSCN Pekat dan Kalium Ferrosianida 10 % B. Cara Kerja 1. 4. 3. POSTER AJAIB A. pipetlah larutan KI kedalam Matkholf secara berlahan.Buatlah tulisan dengan menggunakan larutan HCl encer . Kemudian bakarlah uang tersebut.Kocoklah larutan hingga banyak menimbulkan busa. 5. 2.Larutkan detergen atau sabun ke dalam Matkholf yang berisi H2O2 2. tambahkan larutan KI kedalam Matkholf tersebut. KSCN pekat dan kalium ferrosianida 10 % 2. Alat Dan Bahan Kertas saring sebagai dasar pembuatan poster Botol semprot Kuas Larutan FeCl3 Larutan HCl encer.Tempatkan Matkholf dalam bak plastik. AIR API AJAIB A.Cara Kerja 1. UANG KERTAS AMAN DARI AMUKAN API A. Dengan menggunakan pipet tetes.

maka larutan akan berubah menjadi berwarna biru seperti semula. 7. Cara Kerja 1.Letakkan kertas tersebut di atas air ( dalam gelas kimia tersebut ) agar kertas terapung dengan baik. DANCING BALL A. Cara Kerja 1. Glukosa dan Metilen Blue ke dalam labu 2.Ke dalam labu tersebut masukkan Naftalen yang berwarna-warni beberapa butir.Kocoklah larutan tersebut dengan hati-hati.Masukkan gula pasir ke dalam gelas kimia atau erlenmeyer 2.Hal ini dapat anda lakukan sampai jangka waktu 10 jam. . 9. LARUTAN BIRU AJAIB A.Maka anda akan mendapkan gula pasir yang terbakar membentuk tugu yang berwarna hitam.Biarkan beberapa saat sampai warna larutan menjadi jernih 3. TUGU HITAM DARI GULA PASIR A. Pengaduk dan sendok Naftalena / Kapur barus ( yang berwarna warni ) Natrium bikarbonat ( NaHCO3 ) Larutan HCl Air B. Usahakan agas kertas tetap terapung 6.Kedalam gelas tersebut tambahkan indikator PP beberapa tetes 3. 4.Anda akan mendapatkan letupan dan kobaran api. Alat Dan Bahan Labu 1 L dan sumbat karet Sendok KOH 5 gram Glukosa 3 gram Sedikit Metilen blue B.Buatlah larutan HCl encer dan masukkan larutan HCl encer tersebut ke dalam labu bulat 2. Setelah api padam larutan menjadi berwarna merah.Buatlah lingkaran dari kertas HVS dengan diameter yang lebih kecil dari diameter mulut gelas kimia. 8. Alat Dan Bahan Labu bentuk bulat . 5.2.Masukkan logam Na kedalam gelas kimia dan letakkan di atas kertas yang terapung tersebut .Larutkan KOH. 4. Alat Dan Bahan Gelas kimia atau erlenmeyer Pipet tetes Sendok Gula pasir H2SO4 Pekat B. Cara Kerja 1.Tambahkan H2SO4 pekat beberapa tetes kedalam gelas kimia / erlenmeyer tersebut 3.

. 4.3.Ke dalam labu yang berisi Naftalen masukkan NaHCO3 sedikit demi sedikit.Anda akan mendapatkan naftalen menari nari naik turun – naik turun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful