P. 1
umpan mancing patin

umpan mancing patin

5.0

|Views: 49,483|Likes:
Published by pratamadp

More info:

Categories:Types, Research
Published by: pratamadp on Jun 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

Re: mancing patin lagi

by Adi on Mon May 26, 2008 8:16 am Wah... kayaknya mau ikutan mancing patin ya.., kebetulan nih ada dikit tips, mudah-mudahan bisa berguna. Rangkaian pancing ikan patin bisa menggunakan pelampug atau tidak (glosor). Rangkaian ikan pancing bisa terdiri 1 atau 2 mata kail ukuran kecil sampai sedng. Hal ini dikarenakan ikan pegasius tidak memiliki mulut yang terlalu besar. Gunakan kawat nikelin kecil dan lemas aau kenur pandu / lider, kili-kili dan timah pemberat ukuran kecil. Yang harus diingat, apabila anda lebih suka pada pelampung adalah jarak kail samapai pelampung harus sepanjang dalamnya sungai atau kolam agar umpan dapat menyentuh dasar.

Rangkaian senar 1 Pertama-tama ikatan pancing ke nikelin / kenur pandu sepanjang 5-7 cm, kemudian nikelin atau kenur pandu tersebut (apabila ada dua, kedua-duanya) diikatkan ke kili-kili. Sebelumnya kili-kili itu diikatkan ke senar utama, jangan lupa masukkan timah pemberat di kenur utama. Pastikan timah pemberat yang digunakan adalah jenis yang bolong di tengah (timah melinjo) sehingga timah dapat bergerak leluasa di senar utama. Setelah timah dimasukkan, ikatkan senar utama ke kili-kili yang tersambung dengan mata kail. Setelah rangkaian pancing jadi, gunakan karet stopper di senar utama sebagai penjaga agar timah tidak berjalan terlalu jauh dari kili-kili. Jarak 5 cm biasanya sudah cukup memadai. Rangkaian senar 2 Setelah umpan yang terpasang dilempar , pastikan senar berada di garis lurus antara pemancing dan umpan. Tidak perlu menarik senar sehingga tegang, justru biarkan agak kendor sehingga senar bisa terlihat terapung di atas air membentuk satu garis. Apakah ikan menyambar, maka pemancing akan melihat garis yang terbentuk dari senar di atas air tersebut berjalan. Ikan patin tidak akan membawa umpan dalam satu kali sentakan, begitu senar bergerak beberapa saat cepat-cepat sentak joran anda. Telat menyentak akan mengakibatkan umpan dilepehkan oleh ikan dan terlepas. Ikan patin akan terasa mengasikan apabila dipancing dengan senar kecil. Untuk pemula disarankan senar berukuran 8-12 lbs, bagi yang menyukai teknik fight “tarik-ulur” disarankan menggunakan senar berukuran 2 – 6 lbs.

Jangan lupa setelan drag yang disesuaikan dengan ukuran senar. Hentakan pertama tidak akan membuat ikan patin berukuran besar melawan dengan kuat, anda biasanya akan merasa berat, tetapi semakin ke pinggir maka ikan akan mulai “mengamuk”. Oke.. itu aja dari saya bila ada yang kurang mohon maaf.. dan silahkan rekan-rekan yang lain untuk menambahkan, thanks..

mancing patin lagi
by gentur_blacklotus on Sat Dec 27, 2008 9:41 pm jarodin wrote:sabtu sore kemarin saya iseng liat2 orang mancing di calon banjirkanaltimur (BKT) yang udah jadi di deket komplek saya harapan indah, berbatasan dengan menteng metropolitannya ujung menteng. gile ada yang ngangkat ikan patin jumbo (5kilo ada kali...) trus minggunya saya iseng2 mancing juga di situ, umpannya ulat bambu, emang sih tiap berapa menit gitu si patin nongol ke atas, dan emang gede2 (sepaha gitu..) cuma pancing saya gak disentuh sama sekali.. eh, diseberang sungai, si om yang kemarin dapet ngangkat satu lagi, guede juga.. asyik juga liat si omnya tarik2an sama si patin... oh ya, disitu emang agak susah bwat ngangkat si patin, soalnya permukaan sungai penuh sama enceng gondok.. mas2 sama om2 senior, bagi dong resep mancing patin yang jitu..

Ok ane coba bagi resepnya cuma mohon kalo berhasil kasih reportnya ya ... kalo gak mau publish PM aja ok 1. Umpan Roti: roti tawar atau roti serebuan di warung....(jangan yg coklat) campur sama pisang (segala pisang boleh) ambil yg hampir matang.... beli aja sama tukang gorengan tapi jangan yg udah di goreng. pisang mentah bro. Roti dan pisang di bejek biar kalis... jangan dikasih air karena dari pisang sudah basah... kalo masih kurang kalis tambahkan rotinya. 2. Kue Bikaambon. Ambil bikaambon rasa keju atau durian (bikaambon medan)... bejek dengan roti... kasih air sedikit2, aduk sampai kalis. 3. Buah Ceri/kersen... cari pohon ceri dipinggir jalan (bayak tuh). ambil yg sudah merah. campur dengan sedikit kinoy atau katulampa. aduk dan uleni. 4.Tape uli tape uli di ulenin doang langsung pake . Umpan Ikan Patin

saya punya sedikit ramuan buat umpan ikan patin mungkin ini berguna. - roti yang sudah busuk ( expire ) kulitnya di buang dan di parut halus, secukupnya - esen coya 4 cc - esen buah melon 3 cc - esen seafood 3 cc - esen pandan 3 cc - belut di kukus secukupnya, diambil dagingnya saja. umapan ini berlaku untuk galatama di semua kolam dan di berbagai jenis air.

Kalo bawal sih bisa pake ikan cere or anak ikan mas or pelet or ati or usus or bubuk supermie + tuna. Patin : udah saya jawab di e_mail or pake bubuk supermie + tuna.

View Full Version : (ASK) Resep Umpan untuk mancing baung n patin pakakeh 01-12-2008, 12:56 PM gw mau mancing d sungai nih bro... kira2 apa umpan jitu untuk mancing baung n patin yah.,,??? Thanks Alll kakapmerah 01-12-2008, 05:01 PM Ente bisa ambil usus ayam. lalu, rendam usus itu sampai busuk.ya, kira2 seminggu. kalau sudah busuk, bro bisa mancing dengan menggunakan umpang kapas yang dicelupin ke rendaman usus itu pakakeh 02-12-2008, 12:29 AM Ente bisa ambil usus ayam. lalu, rendam usus itu sampai busuk.ya, kira2 seminggu. kalau sudah busuk, bro bisa mancing dengan menggunakan umpang kapas yang dicelupin ke rendaman usus itu Wew ..pasti bauu banget uth boss...... =p~=p~=p~ alternatip yg lain ada gak?? yg lebih manusiawi..?? :D:D poncox 29-01-2009, 01:21 AM

biasanya klo dikaltim tpatnya di bulungan usus ayam mang mantap bro..tp ada yg lbih simple lg,,pke gorengan(disana biasa disbut lecy atwa ote2..tpung yg digreng pke cmpuran sayur mayur gtu bro...)na tu greengan diptong dadu kcil2 g usah trlalu kcil sesuaikan ma mata pancing...trus susun berjejer dimata pancingnya..usahakan wktu melempar jgan smpe kna bibir bro....he he... tp ada lg yg lbh mntap bro...tpung diksih air ente aduk dengan trasi trus ente greng deh..tp wktu greng myaknya jgan bnyak2 bro...biar g klembekan..grengnya seukuran teflon ente,trus klo jd ptong lg kcil2 kya dadu..na tu umpan siap pke deh.....

salam kenal mas, biasa ikut lomba dimana? kalo saya biasa tiap rabu ikiut di puri umapn yang saya pake biasanya yg baunya agak manis seperti pisang jangan terlalu amis mas. pengalaman terakhir sih lumayan tuh naikin 30 ekor salam

Umpan Patin Saya punya pengalaman yang unik, cuma sekali itu. Kira kira 2 tahun lalu diajak mancing oleh salahs eoranga dik saya di daerah Krawang Timur bersama seorang temannya, yang manager BCA disana. Ternyata ikan di kolam yang kami datangi semuanya patin berukuran antara 1 sampai 2 kg. Teman adik saya itu segera menyuruh supirnya pergi ke warung untuk beli... balabala (itu lho sejenis makanan, rasanya disebut juga bakwan goreng?). Ternyta dengan umpan bala bala itu kita bisa naikan belasan ekor patin dalam waktu kira kira 2 jam! Jadi ternyata yang namanya bala bala itu jitu juga untuk mancing patin. Mancingnya juga kita lakukan siang hari kok (ngabuburit) dari jam 13 sampai jam 15. Jadi enggak perlu malam malam segala!

Betul sekali Pak Ruki, pada dasarnya Patin itu ikan yg mudah untuk adaptasi jenis makanannya. Malah kalo mancreng patin di Krawang, umpannyah coma tori tawar doank - soalnyah sama yang punya suka dikasih makan roti basi - sisa toko. Masalah utama mancreng patin di empang adalah : patin mah bawel kalo soal mo nyamber umpan, dia butuh waktu adaptasi yang cukup lama ; kalo udah 'jadi' ; bujug deh galak bener.... dan lagi waktu nyamber umpan - biasanya lebih galak menjelang sore, dan semakin malem makin galak. Malahan saya pernah mancing patin di Purwakarta (kolam rakyat) - segala umpan

gak mau.... dikasih tau ama yg punya empang, coba pake lontong / ketupat ; bener ajah begitu ganti pake ketupat - tuch ikan galak makan umpan.

Mancing Patin di kolam pemancingan Mina puri ciledug - Tangerang

Sep 15, '08 9:09 AM for everyone

Empat hari yang gw dirayu ama kedi gw,katanya di kolam pemancingan mina puri ada galatama ikan patin, tiketnya cuma Rp 40,000 untuk satu ronde. Galatama tiap malam diadakan 2 ronde, untuk ronde pertama dari jam 21.00 s/d 23.30 wib dan untuk ronde kedua dari jam 23.30 s/d 02.00 wib.disamping kolam patin ada kolam bawal yang harga tiketnya perjam Rp 15,000,-. Setelah pulang kerja dan sampai di rumah,gw mikir lagi...mancing gak...mancing gak ya, padahal gw dach 3 hari libur gak mancing ikan mas,"hmmm tiketnya murah ...apasalahnya gw coba...biar kapan-kapan bisa turun mancing patin dikolam pemancingan telaga puri metropolitan dengan tiket Rp 300,000,-" Setelah mikir 15 menit, dari pada gw bosan di depan computer tiap malam, blogwalking melulu,akhirnya jam 20.00 wib gw telpon kedi gw,"Andi...yok kita ke ciledug mancing patin " langsung kedi gw nyahut dengan semagat 80-annya " Ayo...Bos...segera meluncur" kata kedi gw yang lansung meluncur dari tempat tinggal nya kira-kira memakan waktu 15 menit. dalam hati gw lagi...busyet nich anak kalau diajak mancing langsung semangatnya timbul.Gw suruh kedi gw untuk daftarin melalui temannya yang biasa mancing disana. Sambil nunggu kedi gw nyampe...gw buat umpan dulu, karena gw belom pernah mancing patin, jadi malam itu gw pake resep dari raja sereh yaitu : - butter mild 2 cc - butter cockies 2 cc - lemon 2 cc (kebetulan lagi gak ada stock,gw ganti dengan jerok keprok) - leci 2 cc - almond 2 cc - coconut 2 cc - choya 2 cc - tenggiri 2 cc - pandan pasta 1 sendok

Setelah buat umpan,lalu gw siapin peralatan mancing gw sekitar jam 20.30 wib gw dan kedi gw berangkat ke ciledug yang memakan waktu 30 menit, lumayan sebelum mancing dach capek duluan. Akhirnya sampai di kolam pemancingan jam 20.55 wib ,sesampainya di sana kami langsung menuju ke warung yang biasa jual pelet/boman dan alat-alat pancing,lalu gw beli boman yang harga Rp 2,000/bungkus sebanyak 7 bungkus (untuk mancing patin disan ada 2 macam boman yang di pakai yaitu boman pelet biasa dan boman roti, gw milih boman biasa ) dan mata pancing .karena gw orang baru disitu gw bayar langsung. Sambil menunggu no undian, saya siapin alat pancing dan kedi gw siapin umpan. setelah selesai masih ada waktu 2 menit, gw lihat kolam, disana ada 2 kolam pemancingan : 1. Kolam patin, tiap malam melaksanakan galatama patin sebanyak 2 ronde, per ronde tiketnya Rp 40,000,-(selama bulan puasa kalee ya...makannya sampe jam 02.30 wib,gw belum tahu juga kalau hari biasa jam berpa main) 2. Kolam bawal, tiap malam melakasanakan galatama bawal sampe pagi, kata kedi gw dengan tiker perjam Rp 15,000,Yang paling gw perhatiin kolam pati, ada sekita 50 lapak disini, tapi yang dipakai cuma dari lapak 21 s/d 45 atau 50 (lupa gw), jadi yang sebelah kosong. sasaran/hotspot memancing nya kita lempar ke ujung lapak yang kosong tadi, katan patin ngumpulnya disitu. lumayan sich jaraknya sekitar 20 meteran lah. Akhirnya panitia mengumumkan lapak, gw dapat lapak 37, setelah siap semuanya, langsung gw lempar pancing gw, seperti biasa buang umpan dulu sekitar 5x lemparan dan lemparan ke 6 baru nunggu ikan makan sambil merokok dan minum kopi mix yang sudah dipesan oleh kedi gw.setelah 2 menit gw tarik lagi lempar lagi dan lempar lagi, kali ini gw tunggu sampai 5 menit, busyet dach gak dimakan juga.sampai 1 1/2 jam baru strike...ampun dach baru dapat satu.sementara yang paling banyak udah dapat 8 ekor. Aneh mancing disini semua pada lempar mentok ke lapak seberang, ( kalee di pinggir kita ama ditengah gak ikannya ya kata kedi gw, tahu ach gelap...kt gw lagi kesel 1 1/2 jam dapat 1 ekor).waktu tinggal 1 jam lagi, satu jam terakhir hanya di strike 1 ekor, jadi total gw dapat 2 ekor, juara total terberat dapat sekitar belasan ekor dan juara terberat dapat 5 kiloan. selesai dach ronde pertama.mungkin gw belu pengalaman mancing patin. Ronde kedua dari jam 23.00 s/d 02.00 gw dapat 5 ekor,gak nimbang juga( patinnya dari 1 1/2 kg sampai 3 kiloan yang gw dapat), sewmentara juara terberat cuma 5 kiloan dan juara total terberat belasan ekor juga. beda ama di puri metropolitan juara total terberat bisa 70 s/d 100 ekor dan juara terberat bisa 9 kiloan. Busyet dach...selama 5 jam mancing cuma dapat 7 ekor, bukan gw aja tetangga yang disamping gw jg sama seperti gw. (ikannya kurang kalee ya ). Akhirnya pulang membawa pengalaman, dalam hati tetap bersyukur, lumayan mancing pertama

dapat 2 dan 5 ekor, daripada gak dimakan.(Gw lupa photo ikan patinnya, gambar gw ambil digoogle)

Kang Irvan..., kalo saya bisa pakai jenis chinnu new carbon merk Maguro... saya pake ukuran 5,6,7 kalo ikannya gede banget pake no 8.

mungkin yang lain bisa share...

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->