LAPORAN OBSERVASI PASAR

BAB I

Dengan demikian. penjual hanya perlu mengajukan contoh .PENDAHULUAN 1. Padahal pengertian dalam ilmu ekonomi jauh lebih dalam mengenai pasar dan berbagai jenisnya. karena secara garis besar pengertian tentang pasar dapat digolongkan menjadi pasar nyata (konkret) dan pasar tidak nyata (abstrak). penjual dna pembeli tidak perlu harus bertemu untuk mengadakan transaksi. Kebalikan dari pasar nyata yang memerlukan kontak fisik. hanya pasar tradisional yang dekat dengan kehidupan kita sehari – hari. Yang termasuk ke dalam pasar nyata adalah pasar tradisional karena namanya nyata. di pasar abstrak. Dengan semakin majunya tehnologi. pasar nyata adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli barang/jasa. Dalam ilmu ekonomi.1 Latar Belakang Apa yang ada di pikiran kalian jika mendengar kata pasar? Mungkin yang terlintas dalam pikiran kalian adalah mengenai pasar tradisional dengan banyak penjual yang sibuk berteriak menawarkan berusaha dagangan sementara Namun para pembeli berjubel pemikiran menawar barang. tersebut salah karena selama ini. sebenarnya. pembeli dan penjual tidak harus melakukan pertemuan. secara jelas kita dapat melihat pertemuan fisik antara pembeli dan penjual dalam melakukan jual beli barang. Pada pasar abstrak ini. sebenarnya pasar tradisional merupakan salah satu bentuk pasar.

pembeli dapat melihat contoh kopi yang akan dibeli lengkap dengan berbagai keterangan. Dalam bursa kopi. dan duopsoni. Tidak sedikit masyarakat yang salah dalam mengartikan pasar. dan lain-lain. Bila ia suka. Kemudian penulis menyusun laporan observasi tersebut dalam bentuk makalah yang membahas tentang ciri – ciri pasar. monopolistik.2 Rumusan Masalah 1. duopoli. 1. termasuk jenis pasar apakah pasar-pasar yang ditemui di daerah sekitar ? . atau bahkan internet. Oleh sebab itu.2.1 Apa sajakah bentuk . Inilah yang terjadi di berbagai bursa seperti bursa komoditi. monopsoni. surat. fisik. Misalnya kopi. bentuk – bentuk pasar beserta contohnya. serta keuntungan dan kerugiannya secara terperinci dengan harapan agar pembaca dapat lebih memahami dan mengerti tentang pengertian pasar dan berbagai bentuknya. daya jangkau.3 Jika ditinjau dari waktu.2 Bagaimana ciri-ciri pasar yang terdapat di daerah sekitar? 1.2. monopoli. bursa saham. ia dapat melakukan transaksi melalui telepon. dan strukturnya.2.bentuk pasar dan bagaimana jenis – jenis barang yang diperjual – belikan di pasar yang terdapat di daerah sekitar? 1.barang saja. penulis melakukan observasi ke beberapa perusahaan di daerah sekitar untuk mengetahui bentuk – bentuk pasar baik pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang dibagi menjadi pasar oligopoli.

1.3 Tujuan Penelitian 1.3 Untuk mengetahui termasuk jenis pasar apakah pasarpasar yang ditemui di daerah sekitar jika ditinjau dari waktu. 1.5.4.3. 1.2 Untuk mengetahui ciri-ciri pasar yang terdapat di daerah sekitar.6 Hipotesis Dugaan sementara yang diajukan dalam penelitian ini.1. yang kemudian akan dicari jawabannya sebagai berikut : 1.4.2 Agar guru dapat menjadikan makalah ini sebagai referensi dalam proses belajar – mengajar khususnya pelajaran ekonomi.5 Agar masyarakat dapat mengerti dan memahami pengertian pasar beserta bentuk – bentuk pasar yang sering ditemui di daerah sekitar 1. fisik.1 Untuk mengetahui bentuk .1 Agar siswa dapat mengetahui bentuk – bentuk pasar yang ada di daerah sekitar. 1.bentuk pasar dan jenis – jenis barang yang diperjual – belikan di pasar yang terdapat di daerah sekitar. .1 Bentuk pasar persaingan tidak sempurna lebih sering kita temukan di daerah sekitar dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna. daya jangkau.3. 1. dan strukturnya.4 Manfaat Penelitian 1.3.

BAB II LANDASAN TEORI SKEMA PASAR Pas ar           Pasar Nyata Bentuk Pasar Pasar konkret Sisi Penawaran Sisi Permintaan Persaingan Sempurna Monopolistik Oligopoli Monopoli Persaingan .

terdapat banyak penjual dan pembeli. Ø Barang yang diperjual belikan homogen . baik oleh penjual maupun pembeli.1 Pasar Persaingan Sempurna Pasar persaingan sempurna (perfect competition market) adalah pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak dapat ditentukan sendiri. Harga yang terbentuk merupakan harga yang sama – sama disepakati oleh penjual dan pembeli.1. Tingkat harga yang terbentuk di pasar jenis ini murni tercipta karena tarik menarik antara permintaan dan penawaran dari para pembeli dan penjual di pasar.    Sempurna Duopoli Monopsonistik Oligopsoni Monopsoni 2. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna ialah : Ø Terdapat banyak penjual dan pembeli § Dalam pasar persaingan sempurna. Banyaknya penjual dan pembeli yang ada membuat pembeli dan penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar.1 Tinjauan Tentang Pasar Menurut Strukturnya 2.

kualitas. maupun atandarnya. Jadi. Produsen menjadi tidak dapat menjual barangnya lebih tingi dari harga yang berlaku di pasar. Akibatnya. tidak ada pihak yang akan dirugikan. Campur tangan pemerintah justru akan . pengetahuan tentang harga dan perubahan harga yang terjadi secara sempurna. Akibatnya penjual tidak dapat mempermainkan harga. penjual dan pembeli sudah memperoleh harga yang disepakati bersama. Barang yang ada di pasar tidak terdapat perbedaan yang nyata atau serupa (homogen) Ø Pengetahuan pasar pembeli dan penjual sempurna § Dalam pasar persaingan sempurna tentang pembeli keadaan dan penjual baik mempunyai pengetahuan pasar. baik sifat. Pembeli juga bebas untuk mengambil keputusan untuk membeli atau tidak terhadap suatu barang atau jasa.§ Barang dan jasa yang terdapat di pasar persaingan sempurna tidak mudah dibedakan. penjual dan pembeli bebas tanpa hambatan untuk keluar atau masuk pasar. Ø Pembeli dan Penjual bebas keluar atau masuk pasar § Dalam pasar persaingan sempurna. Pasalnya. Bagi penjual mereka bebas memasuki pasar untuk bersaing. penjual yang menang atau kalah bersaing dapat memilih untuk bertahan atau keluar pasar. Ø Tidak ada campur tangan pemerintah § Campur tangan pemerintah tidak diperlukan dalam pasar persaingan sempurna.

produsen lebih mendahulukan produksi mobil mewah daripada mobil penumpang umum dan mendahulukan . Sebut saja upah tenaga kerja rendah.mengganggu mekanisme pasar yang sudah berjalan dengan baik. Berikut ialah kebaikan dan keburukan dari pasar persaingan sempurna. Misalnya. yaitu : Kebaikan v Setiap perusahaan mendapatkan laba maksimum pada jumlah tertentu dengan biaya produksi paling rendah v Pemanfaatan alokasi faktor – faktor produksi lebih efisien karena produksi maksimal diusahakan dengan biaya rata – rata yang paling rendah v Penjual memiliki kebebasan memilih jenis dan jumlah produk yang akan dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pembeli v Pembeli bebas memilih jenis barang yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya Keburukan v Pertimbangan efisiensi sering merugikan pihak tertentu. mengabaikan pencemaran lingkungan. atau pemakaian bahan – bahan kimia yang merugikan masyarakat v Produsen lebih memilih produksi barang yang mendatangkan keuntungan besar daripada barang yang dibutuhkan masyarakat.

pembangunan rumah mewah daripadarumah sederhana atau rumah sangat sederhana v Kurang mendorong temuan teknologi industri baru untuk menghasilkan produk baru .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful