Salamander

1. PENGERTIAN SALAMANDER Salamander adalah hewan vertebrata yang hidup di air dan di darat (Amphibi) yang tergolong ke dalam kelas amphibi yang berekor dan berkaki (Caudata/Urodela). Salamander termasuk hewan karnivor, makanannya berupa invertebrata kecil, seperti serangga, siput, keong kecil, maupun cacing. Para peneliti Kanada telah berhasil menemukan Frogmander (berasal dari kata Frog dan Salamander), fosil yang berusia 290 juta tahun. Sekarang di seluruh dunia terdapat sekitar 700 spesies salamander yang banyak ditemukan di bumi belahan Utara dan hanya di Indonesia yang tidak ditemukan Salamander sedangkan Kosta Rika disebut-sebut sebagai Surga para Salamander. Pada Januari 2008, di temukan tiga spesies baru salamander yang di temukan di Taman Nasiaonal La Amistad (di perbatasan antara Kosta Rika dan Panama). Ketiga spesies itu berukuran kerdil yaitu sekitar 2.8 cm dan 8 cm, sedangkan salamander terbesar di dunia merupakan asli dari Cina yang panjangnya mencapai 165cm dengan berat bisa mencapai kurang lebih 65 kg, di namakan salamander Raksasa Cina atau adrias Davidianus. 2. PERKEMBANG BIAKAN SALAMANDER

Salamander berkembang biak secara internal, di mana umumnya jantan menghasilkan sel

Gambar courtesy of Robin Jung. bagaimanapun. JENIS – JENIS SALAMANDER Berdasarkan informasi yang diketahui di sini akan di jelaskan lima jenis salamander. Gambar: Larva dari dua berlapis utara salamander (Eurycea bislineata). genital. telur mereka tidak memiliki shell pelindung seperti. salamander menyerap bahan kimia yang berada dalam air. dan faktor lain yang mengganggu pembelahan sel pada tahap awal embrio. Setelah sel telur betina dibuahi. seperti semua amfibi. Hal ini membuat telur salamander rentan terhadap polutan kimia. embrio tidak dapat berkembang dengan baik. dan pencernaan (urogenital). radiasi ultraviolet. Permeabel melalui kulit mereka. Gambar: Telur salamander dua berjajar utara (Eurycea bislineata). seperti semua amfibi. salamander juga mengambil dalam racun. sel sperma akan terbentuk menjadi telur. dan itu akan mati. Akibatnya. Salamander. gas dan air cukup memasuki atau meninggalkan tubuh melalui kulit ini. Dengan air dan gas yang masuk melalui kulit. antara . amfibi adalah spons lingkungan. 3. Bahkan ketika menetas telur. misalnya. salamander tetap peka terhadap lingkungan mereka. bertelur di air.sperma yang mengandung spermatofor yang nantinya akan di tampung oleh hewan betina di dalam kloaka. Dengan cara ini. telur ayam. Kloaka salamander merupakan muara dari saluran urine. Gambar courtesy of Robin Jung. memberikan sedikit perlindungan atau tidak dari racun dalam tanah atau di dalam air. memiliki kulit permeabel. Karena salamander. Salamander telur tidak memiliki cangkang keras untuk melindungi mereka dari polutan kimia atau radiasi ultraviolet. menyerap bahan kimia dan racun dari air atau udara di sekitar mereka. Ini kulit permeabel. Telur tersebut diletakkan di air atau di darat.

Southern Torrent Salamander (Rhyacotriton Variegatus) Torrent Selatan Salamander (Rhyacotriton variegatus) adalah spesies salamander di keluarga Rhyacotritonidae.lain : a. yaitu ke barat hingga Missouri. Ini adalah endemik untuk Pacific Northwest Amerika Serikat. mata kecil dan kulit yang gelap dan berkerut-kerut. b. Salamander punggung merah (Plethodon Cinereus) Salamander punggung merah (Plethodon cinereus) adalah salamander hutan kecil. Ia menyangga hidupnya dengan memakan serangga. selatan hingga Carolina Utara. Yang Dewasa berukuran 1. Hewan ini mendiami lereng berhutan di Amerika Utara sisi timur. c. Ambystoma mavortium) yang merupakan amfibia resmi negara. kodok dan ikan.2. dengan mana mereka membentuk subordo Cryptobranchoidea. dan di Rusia Eropa. Kelompok itu telah menjadi terkenal karena kehadiran Axolotl (Ambystoma mexicanum). Salamander ini memiliki kepala besar.5 .4 inci (4. Fungsi mata pada salamander raksasa ini tidak terlalu baik. Mereka sangat erat terkait dengan salamander Giant (Keluarga Cryptobranchidae). Hewan ini juga dikenal sebagai Salamander punggung merah utara untuk membedakannya dari Salamander punggung merah selatan (P. dan Salamander Tiger (Ambystoma tigrinum.0-6. Spesies ini hidup di aliran air dingin di pegunungan dan suka hidup di gua. Salamander punggung merah ditemukan banyak ditemukan dalam dua variasi. dan utara dari Quebec bagian selatan dan Provinsi Maritimes di Kanada hingga Minnesota. serratus). genus hanya dalam Ambystomatidae keluarga. e. Mole Salamander (Genus Ambystoma) Mole Salamander (Genus Ambystoma) adalah kelompok salamander endemik di Amerika Utara. Sekitar . sungai. dan sering dijual sebagai hewan peliharaan. d. dan sumber air tawar. Habitat alamnya adalah hutan subtropis.2 cm) dari moncong sampai ekor. banyak digunakan dalam penelitian. sehingga ia bergantung pada nodus sensoris khusus yang terletak pada dahinya untuk mendeteksi setiap pergerakan yang ada. Asiatic Salamander The Asia salamander (Keluarga Hynobiidae) adalah salamander primitif ditemukan di seluruh Asia. Salamander Raksasa Cina (Andrias Davidianus) Salamander Raksasa Cina (Andrias davidianus) adalah salamander terbesar di dunia yang panjangnya dapat mencapai hingga 165 cm dan merupakan spesies asli dari Cina.

4. masingmasing berisi sampai tujuh puluh telur. larva yang memiliki banyak kesamaan dengan berudu katak. antara lain : a.5 2. mereka menyembunyikan diri di bawah kayu dan sampah daun jatuh lembab. tetes bagian itu dan berjalan pergi. lendir ini membantu untuk mempertahankan keseimbangan garam dari tubuh mereka dan menyediakan pelumas yang membantu mereka dalam berenang. Mereka tidak memiliki sisik. Salamander Raksasa Cina (Andrias Davidianus) • Salamander juga dapat meregenerasi tungkai yang hilang dan bagian tubuh lainn ya.0-6. Larva salamander makan hewan air kecil. • Ada pula salamander yang bertubuh kerdil yang pada salamander dewasa berukuran 1. KLASIFIKASI ILMIAH SALAMANDER Kerajaan : Animalia Filum : Chordata Kelas : Amphibia Ordo : Caudata Famili : Plethodontidae Genus : Plethodon Spesies : P. betina meletakkan dua kantung telur pada satu waktu. Pada dasarnya. Kebanyakan dari mereka yang cerah dalam warna dan memiliki kulit yang lembut dan lembab. 5. Beberapa salamander besar makan kodok.setengah dari hynobiids yang unik ke Jepang .2 cm) dari moncong sampai ekor salah satu contohnya. mereka lebih suka hidup rahasia. • Setiap salamander mempunyai warna. Ini memberi mereka keuntungan tambahan saat mereka diserang oleh predator mereka. CIRI SALAMANDER Salamander mempunyai beberapa ciri yang berbeda pada setiap spesiesnya.4 inci (4. corak. cinereus 6. bercak yang berbeda di karenakan spesiesnya yang berbeda pula. Ada lebih dari 700 spesies salamander ditemukan di seluruh dunia. bukaan telinga atau cakar pada tubuh mereka. ikan dan salamander lain juga. tidak seperti keluarga kadal lain yang berkembang biak secara internal. kadal jantan fokus pada kantung telur daripada perempuan selama berkembang biak . Salamander Axolotl (Ambystoma mexicanum). lima jari pada kaki belakang dan ekor panjang. Umum makanan salamander adalah serangga dan invertebrata kecil. Selama siang hari. Ciri Umum Salamander • Salamander adalah amfibi yang memiliki kemiripan kuat dengan kadal. • Meskipun tampilan dijual dewasa seperti kadal. garis-garis. • Sebagian besar salamander adalah karnivora di alam. contohnya. Ketika pemangsa menangkap bagian tubuhnya. • Salamander adalah makhluk nokturnal. Ciri Unik Salamander • Salamder mempunyai kepala yang besar. Mereka dapat dibedakan dengan adanya struktur insang dekat daerah leher. Selain itu juga salamander ini yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. di mana di golongkan menjadi dua. HABITAT SALAMANDER . Dan. Torrent Selatan Salamander (Rhyacotriton variegatus). Ini memiliki tubuh berbentuk panjang dan tipis dengan empat jari pada kaki depan. b. Ketika mereka berada dalam air. • Kulit salamander mengeluarkan jenis khusus dari zat lendir yang memungkinkan mereka untuk tetap dalam kondisi lembab ketika tinggal di tanah kering. mata yang kecil salah satu contohnya.

Selain itu. Adapun oosit axolotl. Pada umumnya. tetapi lebih suka hidup dekat dengan badan air atau lahan basah. MANFAAT SALAMANDER Salamander mempunyai beberapa manfaat. Bahkan. kanker timbul karena adanya sel-sel yang berubah dan bermutasi serta gen penekan tumor dalam tubuh kita tidak berfungsi. Salah satu contohnya adalah Salamander Tiger (Ambystoma tigrinum. Ambystoma mavortium) yang merupakan amfibia resmi negara. diantaranya telur salamander dapat di gunakan sebagai obat kanker. para ilmuwan di Universitas Nottingham berhasil menyiasati kondisi itu dengan mengendalikan sel kanker. salamander dapat di jadikan sebagai hewan peliharaan. Ini juga merupakan senjata yang menjanjikan dalam memerangi kanker. Juga pada awal musim kawin mereka. hidup di air sepanjang umur mereka. keberadaan sel kanker tidak terbukti setelah 60 hari kemudian.Seperti yang telah di sebutkan. Binatang ini dikenal dengan kemampuannya yang bisa menumbuhkan kembali beberapa bagian tubuhnya. Para ilmuwan menemukan bahwa zat protein pada manusia dan axolotl memiliki kesamaan. mereka mulai hidup di air. . para peneliti ternyata mampu mengaktifkan kembali gen supresor tumor dan menghentikan pertumbuhan kanker. mengandung molekul yang aktif memodifikasi epigenetik dan kapasitas kuat untuk mengubah tanda epigenetik pada DNA sel manusia. Mereka mengaktifkan gen supresor kanker dengan ekstra oosit axolotl. Saat menangani sel-sel kanker dengan ekstrak oosit axolotl. Mereka tidak masuk ke dalam air. (Gizmag/Pri/OL-06). Para peneliti lalu melirik salamander jenis axolotl. Mereka tinggal di air selama musim dingin untuk hibernate. b) Semi air (daerah lembab/ setengah basah) Salamander yang hidup pada daerah ini lebih memilih untuk hidup di darat. yakni telur salamander sebelum ovulasi. Terdapat tiga jenis habitat salamander yaitu : a) Air Salamander air. Para peneliti mengatakan identifikasi zat protein pada telur axolotl oocytes yang mampu membalikkkan keadaan sehingga menekan sel kanker merupakan sebuah terobosan dalam pengobatan kanker. Para ilmuwan mengatakan bahwa penemuan tersebut merupakan teknologi terbaru yang terbilang ampuh bagi pengobatan beberapa jenis kanker. 7. Hasil temuan tim peneliti Universitas Nottingham ini juga telah dipublikasikan pada jurnal Molecular Cancer. dan sering dijual sebagai hewan peliharaan dan salamander juga dapat dijadikan sebagai bahan penelitian. salamander adalah hewan vertebrata yang hidup di dua alam (amphibi) yang tergolong ke dalam kelas amphibi yang berekor dan berkaki (Caudata/Urodela). c) Terestrial Salamander yang hidup di daerah terestrial hidup di darat sepanjang hidup mereka. Untuk itu.