P. 1
Etika Pergaulan & Jamuan Makan

Etika Pergaulan & Jamuan Makan

|Views: 319|Likes:
etika pergaulan & jamuan makan
etika pergaulan & jamuan makan

More info:

Categories:Topics
Published by: Agustinus Rusdianto Berto on Sep 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/10/2015

pdf

text

original

Etiket Pergaulan & Jamuan Makan

RP. Suyono

128

Rp 12,000

Mengupas/menuntun kita untuk bisa lancar berpidato

http://www.geocities.com/CollegePark Andrawina dan Etika Pergaulan

Disusun oleh Franklin J.H. Nanuwasa Untuk Dharma Wanita Propinsi Sulawesi Selatan dan Tengah Dharma Pertiwi Wilayah "G" Bekerja sama dengan Kanwil Dep. Parpostel Sulawesi Tengah Golden Hotels – Ujung Pandang ã Majelis SMKN 8 Ujung Pandang

Etika Pergaulan Pendahuluan Bab I Arti dan Maksud Etika Pergaulan: Etika pergaulan adalah ketentuan sopan santun yang dipakai oleh manusia untuk saling bergaul. Etika ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan tata susila dan adat istiadat. Ketentuan sopan santun ini meliputi berbagai segi dan bidang kehidupan kita sehari-hari dan kadang kadang suatu hal yang diangggap sopan disuatu daerah ternyata sanga tidak sopan didaerah lain. Hal ini disebabkan karena perbedaan dalam kehidupan sehari-hari serta latar belakang perkembangan dari kelompok masyarakat itu sendiri. Misalnya etika dan sopan santun di-negara-negara Barat, sangatlah berlainan dengan etika dan sopan santun di negara-negara Timur. Karena eratnya hubungan etika pergaulan dan tata susila ini, maka akan terungkaplah budi pekerti seseorang.

Maksud dari pada etika pergaulan ini dikuasai adalah untuk membuat hubungan kita dengan orang lain lebih baik dan menyenangkan semua pihak yang kita ajak bergaul. Maka sangatlah disarankan agar dalam pergaulan ini disamping mengetahui etika pergaulan juga mepergunakan perasaan sehingga orang disekeliling kita akan merasa senang dalam segala suasana dan keadaan. Petunjuk dan saran dalam pelatihan ini senantiasa agar dalam era global ini kita dapat bergaul dengan segala bangsa dengan berpegang pada prinsip melaksanakannya dengan benar, pada saat yang tepat, ditempat yang tepat. Petunjuk dan saran yang dibahas dalam bab bab berikut ini bukanlah suatu peraturan yang kaku dan tetap, melainkan merupakan arahan saja. Dalam menentukan dan melaksanakan etika pergaulan baik di daerah dan Negara sendiri sampai di-luar negeri sekalipun maka berikut ini ada beberapa saran yang mempeluwes cara bergaul dan menambah rasa percaya diri. Penampilan Diri Kepribadian Tata Busana Tata Cara Pergaulan Umum Cara Bertutur Kata Tata Krama Andrawina Secara terperinci hal tersebut diatas akan dibahas dalam bab-bab berikut:

BAB II Penampilan Menunjukkan Kepribadian Penampilan ini sangatlah erat kaitannya dengan kepribadian, oleh sebab ini, maka disarankan untuk senantiasa memperhatikan penampilan diri dan sikap yang dapat diterima oleh semua pihak.

Penampilan Diri Senantiasa selalu tampil dengan wajah yang segar Tampilah selalu rapi dan bersih Hindari bau badan dan bau mulut Senantiasa selalu siap tampil sesuai dengan suasana dan keadaan Pada penampilan diri diluar negeri hendaknya senantiasa menampilkan gaya dan kepribadian Indonesia. Memelihara Diri Rambut hendaknya tertata dengan rapih. Pria yang mengenakan peci, hendaknya tidak panjang rambutnya, sedangkan untuk wanita hendaknya menata rambut yang disesuaikan dengan busana yang dikenakannya. Janggut, kumis dan jambang terpelihara dengan baik Kuku senantiasa terpotong pendek dan rata, wanita yang mengecat kukunya hendaknya menyesuaikan warna cat kuku dengan busana yang dikenakannya. Pria tidak disarankan untuk memelihara kuku. Mulut dan gigi terpelihara dengan baik, apabila harus mempergunakan protesa gigi, buatlah yang tidak menyolok Luka atau bisul diwajah, pada penampilan didepan umum hendaknya ditutup dengan plseter. Dengan berpenampilan yang menawan dan penyesuaian diri dengan kelompok sekeliling kita akan mempermudah pergaulan pada semua tingkatan sosial masyarakat. Karena penampilan ini tidak saja mencakup bentuk dan diri pribadi sendiri akan tetapi peri laku dan tindak tanduk serta tata busana dan tata wicara mempunyai kaitan yang erat pula dalam menyempurnakan penampilan ini. Untuk inilah maka dalam panduan ini penjelasan langsung di-uraikan dalam bab bab berikut ini. Penampilan yang baik akan memberikan kesan yang sangat dalam pada orang orang yang kita hadapi dan akan menimbulkan pula rasa hormat sehingga terbentuklah suatu kepribadian pribadi yang khas. Kepribadian

Pada tata cara penghormatan dalam kemiliteran. maka sepantasnya pula kita turut serta memberi hormat. Mengenakan busana Nasional atau busana daerah atau busana dengan bahan khas dari Indonesia telah mencerminkan kepribadian Indonesia. Mereka yang lebih tinggi pangkatnya harus dihormati terlebih dahulu dan penghormatan kepada atasan adalah suatu keharusan. Masalah ini akan dibahas lebih terperinci dalam Bab Busana. makan. Dalam dinas kemiliteran tata cara penghormatan ini diatur dengan peraturan khusus untuk ini. warnya yang menyolok dan sesuiakan dengan waktu penyelenggaraan suatu acara. maka dalam hal pembentukan kepribadian yang baik. duduk.Selain yang di-uraikan diatas. faktor agama dan pendidikan sangatlah menentukan suatu pribadi seutuhnya. Lebih terperinci dan mempertebal ras percaya diri disamping agar tidak akan canggung untuk dapat tampil didepan umum. kita menghormati seorang Perwira yang sedang bersama-sama dengan seorang wanita. hindari pemilihan warna. Menghormati atasan atau mereka yang lebih tinggi pangkatnya merupakan suatu ekspresi kesopan-santunan. akan dibahas dalam Bab Tata Busana dan Bab Tata Cara Pergaulan Umum . pada prinsipnya semua gerak gerik dan perilaku kita pada saat berada didepan umum Hindari penggunaan perhiasan yang berlebihan Apabila tidak mengenakan pakaian seragam. Dalam bagian ini hanya di-berikan beberapa petunjuk dasar antara lain: Senantiasa menunjukkan kepribadian Indonesia yang menawawan Hormatilah yang lebih tua dan mereka yang berpangkat yang lebih tinggi Milikilah dan bertindaklah selalu cara yang luwes Hindari sifat sombong atau menyombongkan diri Jangan se-kali kali menghina orang lain Bertindak dan bersikaplah yang wajar Tampilkanlah tata cara yang menyesuaikan pada waktu bercakap. Apabila sedang bersama dengan orang lain dan ia memberi hormat atau diberi hormat oleh orang lain. berjalan.

karena tata busana ini mencerminkan kepribadian seseorang. Warna warna yang cerah dikenakan dimusim semi dan musim panas. dan rok untuk wanita jangan sampai terlalu lusuh Sepatu yang dikenakan hendaknya bersih dan khusus untuk wanita hendaknya serasi dengan busana . Pola busananya dapat dengan mudah disesuaikan dengan aneka ragam bahan dasar busana khas Indonesia yang beraneka ragam polanya. juga merupakan kesan pertama kepada orang lain yang dijumpai. Usahakan penampilan busana ini enak di-pandang orang lain dan rapi Apabila mengenakan busana Daerah atau busana Nasional pilihlah warna yang sesuai dengan acara dan suasananya Apabila berada dinegara empat musim maka perhatikanlah busana yang dikenakan demikian pula warnanya. baik untuk acara santai maupun resmi. sutera khas Indonesia. Kenakanlah seragam sesering mungkin. coklat tua. biru tua dan hitam umumnya dikeakan dimusim gugur dan musim dingin Usahakan untuk tidak melebihi tata busana para tamu apabila menjadi tuan atau nyonya rumah. sama seperti pada para anggota ABRI senantiasa harus bangga dengan seragam yang dimilikinya.BAB III Tata Busana Tata busana merupakan bagian yang penting dalam etiket. Celana yang dikenakan harus jelas lipatan setrikanya. Para Pejabat. Anggota Organisasi. Tata Busana Pilihlah busana yang sesuai dengan suasana dan keadaan. krag leher yang sudah menghitam. Isteri Pejabat. terkecuali ditentukan lain dalam pengaturan busana Disarankan untuk mempergunakan busana dari bahan batik. sedangkan warna warna yang tua seperti: abu-abu. tidak perlu selau harus berdasarkan pada mode yang terakhir. songket. Pemeliharaan Busana: Hindari pemakaian busana yang sudah berbau.

Pakaian Sipil Resmi (PSR) . untuk inini disarankan mempergunakan peniti kecil dibalik selendang diatas bahu. Pakaian Sipil Harian (PSH) Berupa celana panjang dan jas dengan potongan: Leher berdiri dan terbuka Lengan pendek Tiga saku. sedangkan untuk mempekuat letak selendang pada bagian didada. Apabila mengenakan busana Jawa yang di-wiron kainnya. Sepatu boleh dipergunakan dinegara empat musim pada musim gugur. hindari untuk membetulkan letak selendang tersebut berulang kali. maka kenakanlah bros yang tidak terlalu menyolok. satu atas kiri dan dua bawah kanan dan kiri Kancing lima buah Warna celana dan jas sama b. hindari pembetulannya sewaktu berjalan.Wanita yang memakai busana Nasional hendaknya memperhatikan letak selendangnya. Busana Resmi: Busana resmi untuk pria sesuai dengan Kepres No 18 tahun 1972 tanggal 7 Maret 1972 adalah: Pakaian Sipil Harian (PSH) Pakaian Sipil Resmi (PSR) Pakaian Sipil Lengkap (PSL) Pakaian Sipil Dasi Hitam (PSDH) Pakaian Sipil Nasional (PSN) a. Selop yang dikenakan berpasangan untuk busana Nasional ataupun busana Daerah tidak boleh dilepas. semi dan musim dingin.

Pakaian Sipil Lengkap berupa celamna panjang. Peci tersebut tidak perlu ditanggalkan. e.Pakaian ini dikenakan untuk menghadiri upacara yang bukan upacara kenegaraan. kemeja dengan dasi dan njas (juga disebut suite d. Pakaian Sipil Dasi Hitam terdiri dari: Celana panjang hitam Jas hitam atau putih Kemeja khusus berwarna putih Ikat pinggang khusus hitam Dasi kupu hitam Pakaian Sipil Nasional (PSN) Dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi/kenegaraan diluar negeri yang terdiri dari: Celana panjang Jas beskap tertutup Sarung fantasi Peci Nasional Peci Nasional. .Pakaian Sipil Dasi Hitam (PSDH) Dikenakan pada andrawina/resepsi resmi atau kenegaraan. menerima tamu-tamu luar negeri dan dipakai dimalam hari. tetpai mempunyai lengan panjang c. khususnya dalam menjamu tamu-tamu resmi/kenegaraan dari atau kunjungan resmi/kenegaraan ke luar negeri. Pakaian Sipil Lengkap (PSL) Pakaian ini dikenakan untuk upacara resmi kenegaraan atau untuk bepergian keluar negeri. Pakaian Sipil Resmi berupa sama dengan Pakaian Sipil Harian. disamping harus dipakai pada Pakaian Sipil Nasional dipakai pula apabila ada ketentuan khusus untuk memakai Peci Nasional tersebut.

jangan sampai terlalu rendah agar supaya kesopanan berbusana dan adat ketimuran kita tetap terjaga. waist niper dan waist pincher termasuk dalam kriteria pakaian dalam yang tidak boleh terlihat walaupun berfungsi sebagai stagen dan sebaikny ditutup dengan "pelangi" atau penutup khusus untuk ini. Perancis dan Tachta Suci Vatikan.Busana Resmi untuk Wanita: pedoman umum untuk busana wanita yang dapat dikenakan pada acara resepsi resmi/kenegaraan dianjurkan adalah busana Nasional. santap malam. pertunjukkan kesenian dsb. Swedia. Kebaya yang berkutu-baru. Busana Nasional tersebut diatas dapat pula dikenakan pada acara acara: Pagi hari – acara rehat kopi (coffee morning) Siang hari – acara santap siang atau rehat teh (luncheon / tea time) Malam hari – acara andrawina kenegaraan.l. Apabila mempergunakan bahan lace maka sangat dianjurkan untuk diberi alas dalam(lining). sebagai berikut: Kain batik yang di-wiru dengan kebaya pendek dengan atau tanpa bef Kain batik yang di-wiru dengan kebaya panjang dengan atau tanpa bef atau kebaya Kartini Kain songket atau sarung dengan baju panjang atau baju kurung panjang gaya Sumatera Kain songket atau sarung dengan baju kurung pendek gaya Kalimantan Kain songket atau sarung sutera dengan baju bodo dari Sulawesi Selatan Kain songket atau sarung dengan kebaya putih Ambon Busana Nasional tersebut diatas dapat dikenakan pada kesempatan yang sifatnya sangat resmi walaupun sudah ada aturan keprotokolannya a. Untuk malam hari dapat dipilih: lame. undangan Kepala Negara Inggris. sarung sutera yang benar-benar asli Kebaya yang dikenakan di-malam hari dan di-istana hendaknya polos dan warnya tenang. Saran dan petunjuk ringkas untuk pemakaian busana Nasional dan busana Daerah: Gunakan kain batik. opera. Long torso. teater. lace ataupun sutera yang disulam dengan emas. silk-brocade. Bahan lace sebaiknya tidak dipergunakan untuk busana pagi hari . konser. Jepang.

maka usahakan memilih stocking yang tidak ada jahitan penyambungnya maupun tidak ada penguat tumit dan jari kakinya. Untuk siang hari dapat dikenakan perhiasan dari bahan perak aaupun perhiasan mustika seperti mutiara. Untuk malam hari disarankan untuk mengenakan sepatu hitam. Untuk busana Nasional dan busana Daerah knee-stockings dapat dipergunakan dan juga lebih mudah untuk mengenakannya. Kaos Kaki Kaos kaki untuk pria.. selain untuk menjaga kedinginan juga untuk menjaga kesopanan berbusana. kecubung dsb ataupun perhiasan khas daerah Indonesia yang disesuaikan dengan tata busana. Sepatu: Sepatu untuk pria yang di-pakai untuk melengkapi busana resminya hendaknya sepatu yang bertali baik disiang maupun malam hari. Sepatu untuk wanita hendaknya serasi dengan tasnya. Selop ini hendaknya diletakkan dalam tas kecil. atau dapat dikenakan selop dari bahan beludru hitam. Kaos kaki utnuk wanita (stocking) hendaknay dipilih yang berwana kulit dan terbuat dari nilon. hindari dari bahan wol. crepe georgettes. Untuk siang hari disarankan untuk memilih tas yang berwarna putih atau hitam yang terbuat dari bahan kulit dan jangan sekali-kali dari bahan plastik atau yang sesuai dengan sepatu atau selopnya 1. Di-negara-neagra empat musim maka sepatu bot rendah dapat dipergunakan. crepes de chine berwarna nanum tetap tenang dengan motip bunga ataupun yang polos. Selop yang dikenakan untuk Busana Nasional atau Busana Daerah hendaknya sesuai dengan warna hisasan yang dikenakan. chiffon. namun harus diganti pada saat tiba ditempat acara dengan selop. Tas untuk wanita sebagai pelengkap busana di-malam hari hendaknya dipilih yang kecil dengan warna emas atau perak. voile. 2. baik pada acara resmi maupun tidka resmi hendaknya dipilih yang berwarna gelap disarankan untk yang berwarna hitam dan sesuai dengan warna celana dan sepatunya. crepes. emas atau perak. organza. Perhiasan yang melengkapi busana dimalam hari dapat dikenakan dari bahan emas dan berlian. namun hindarilah unjuk kemewahan dan kekayaannya. . Apabila mengenakan selop. putih atau warna yang sesuai dengan busana dan untuk Busana Nasional ataupun busana Daerah sepatu terbuka yang berwarna emas perak atau bahan satin hitam dapat dikenakan.Kebaya unuk pagi dan siang hari dapat dipilih dari bahan yang terbuat dari: silk (sutera).

Busana ini wajib dikenakan oleh para wanita di beberapa negara seperti Saudi Arabia. 4. hitam ataupun biru tua. baik dengan jilbab panjang. kaos kaki dan sepatu hitam serta pici hitam Wanita menyesuaikan diri dengan mengenakan busana dengan warna dasar gelap. Busana Berkabung Busana berkabung untuk pria terdiri dari dasi hitam. misalnya apda musing dingin dinegara empat musim dan yang diperunakan sebagai pelengkap busana. Apabila memakai topi. Warna kerudung umumnya gelap. Iran dan Irak. BAB IV Tata Cara Pergaulan Umum Tata cara pergaulan umum ini sangatlah erat kaitannya dengan kepribadian dan wawasan kita dalam pergaulan. maka sarung tangan ini dapat dilepas setelah acara resmi di istana Inggris dan dapat dipegang saja. jas dan pantalon hitam. Beberapa saran dapat diberikan sebagai berikut: . Apabila mengenakan busana nasional. para wanita diwajibkan mempergunakan kerudung pada waktu berhadapan dengan Bapak Sri Paus.3. yaitu yang dipergunakan untuk diluar. Sarung tangan sebagai pelengkap busana ini diharuskan dikenakan pada acara acara resmi di Inggris. dianjurkan untuk memilih warna hitam dan mempergunakan kerudung. Busana Khusus: Busana Muslim: busana muslim dapat dikenakan pada acara-acara resmi. Pet dan Peci Pet dan adalalah suatu kebanggaan korps demikian pula dengan peci dan tidak boleh dipakai sebarangan serta merupakan kebanggaan Nasional. maka topi ini harus dibuka pada saat memberi hormat. Pilihlah warna warna yang sejuk. Jilbab panjang dapat di-lilitkan dileher agar tidak mengganggu gerak Busana di Vatikan: Khusus untuk kunjungan ke Tachta Suci di Vatikan. coklat tua dsb. Pet dan peci tidak dibuka/ditanggalkan pada waktu memberi penghormatan. maupun jilbab topi. Sarung tangan Ada dua jenis sarung tangan.

organisasi. Namun apabila akan menaiki tangga digedung dan dalam keadaan tidak berbahaya. oleh sebab ini. kini telah banyak tempat yang tidak memperkenankan orang untuk merokok. maka pria wajib mempersilahkan wanita menaiki wahana tersebut. hal ini hanya akan memperlambat arus masuknya orang lain. kereta api dan kendaraan. Direstoran. . Pira pendamping harus berdiri apabila wanita akan meninggalkan meja makan atau kembali kemeja makan di-restoran. Walaupun asabak tersedia. Apabila asbak tidak disediakan. Pada saat akan duduk. wanita selalu mendahului pria pada ssat meninggalkan ruang makan. Apabila wanita tersebut masih akan bebrbicara sebelum keberangkatannya. pria akan mendahulukan wanita untuk turun terlebih dahulu. maka tidak perlu wanita didahulukan untuk masuk. Apabila akan merokok. Demikian pula pada waktu akan turun. kemudian melangkah mundur untuk mempersilahkan wanita tersebut masuk. maka berarti tidak diperkenankan untuk merokok. Pria disarankan untuk membukakan pintu untu wanita yang berjalan didepannya. Demikian pula apabila pria dan wanita akan memasuki toko atau kantor. Sangatlah canggung kelihatannya apabila orang yang di-ajak harus menunggu dibelinya karcis tanda masuk. pria akan mendahului wanita apabila akan naik tangga dan apabila akan turun. maka karcis tanda masuk hendaknya sudah dibeli terlebih dahulu. Hindari merokok dengan pipa ataupun serutu. Daerah dan Bangsa pada setiap kesempatan pergaulan didepan umum Senantiasa selalu tampil dengan kepribadian yang mantap dan perhatikan adat kebiasaan tempat yang akan dikunjungi Apabila akan menaiki lift. maka hendaknya pembicaraan itu dilakukan sesingkat mungkin. maka pria yang mendampinginya harus menunggu. Hindari dari merokok. kapal. pesawat. Apabila akan mengunjungi teater atau konser. tetap dianjurkan untuk meminta izin untuk merokok kepada orang lain disekitar kita.Tata Cara Pergaulan Umum Jagalah nama keluarga. maka wanita akan mendahului pria untuk mengambil tempat dan sebaiknya pria pendamping atu tuan atau nyonya rumah mempersilahkan tamu wanitanya untuk duduk. prhatikanlah apakah ada asbak diatas meja.

Baik hidangan. namun tidak disarankan untuk memperbaiki tata rias rambut didepan umum. Apabila berada diluar negeri. maka sebagai seorang nyonya atau tuan rumah yang baik kita mengetahui kesukaan dan kegemaran pejabata atau atasan kita itu. bunga. Harus diketahui apabila akan mempergunakan istilah paduka. walaupun telah mengalami penyesuaian. minuman. Hindari membersihkan kuku didepan umum. tuan atau saudara. Apabila memperoleh undangan untuk menghadiri suatu andrawina yang sifatnya resmi. Hal ini adalah untuk menghindari terjadinya kekosongan kursi di-meja andrawina yang telah dipersiapkan. harus mengakat topinya sebelum berbicara dengan wanita. sakit diabetes melitus. . semua hidangan akan dapat dinikmati. sakit ginjal. dan tidak dapat hadir atau sedang dalam perawatan kesehatan.Seorang pria yang mengenakan topi (bukan peci). bahasa Daerah dan bahasa Asing boleh dipergunakan apabila lingkungannya mendukung untuk hal ini. ataupun menggigit jari. Wainta dapat memperbaiki tata rias wajah dapat dilakukan didepan umum asalkan rapi dan hanya merupakan pemolesan ulang. sehingga pada waktu hidangan akan disajikan. Sedangkan pembritahuan perawatan kesehatan ini adalah dengan maksud agar pihak penjamu/nyonya rumah dapat menyesuaikan hidangan yang akan disajikan dengan kesehatan kita. Yang terakhir ini juga berlaku untuk pria. warna kesukaannya dan adat kebiasaanya baik dimeja makan maupun apabila akan menginap. misalnya sakit jantung. Apabila kita akan mengundang seorang pejabat atau atasan baik dengan isteri atau suaminya. Sangatlah diperlukan penguasaan peraturan dan kebiasaan-kebiasaan panggilan terhadap pejabat sipil dan pejabat militer. Tata krama dan sopan santun pada andrawina dibahas secara terperinci dalam Bab VI Keandrawinaan BAB V Tata Wicara Cara Bertutur Kata Gunakalah bahasa Indonesia yang baik dan benar pada pertemuan yang sifatnya resmi. maka sebaiknya hal ini disampaikan kepada penjamu (tuan atau nyonya rumah) atau panitia penyelenggara. sesuaikanlah diri dengan segera apabila berada dalam lingkungan orang asing dengan mempergunakan bahasa setempat atau setidak-tidaknya dapat berbahasa internasional yang umum setidak tidaknya bahasa Inggris. dan topi tersebut boleh dipakai kembali. misalnya dalam lingkungan sendiri dan dapat mengerti bahasa tersebut.

BAB VI Keandrawinaan Tata Krama Andrawina Hal yang paling utama yang harus diperhatikan dalam hal tata krama andrawina adalah: Datanglah tepat waktu Catatan aturan busana (biasanya tertulis dibawah kiri undangan) Jenis dan sifat Kegiatan yang akan dihadiri:acara resmi. Pengetahuan tentang bahasa modern hendaknya diperluas dan sangatlah disrankan untuk dapat mengucapkannya dengan baik dan benar demikian pula dalam hal intonasinya. Apabila pokok pembicaraan itu mengenai masalah ini. maka haruslah diperhatikan dan hormatilah perasaan dan pendirian orang lain. Pada waktu memperkenalkan jangan sekali kali memperhatikan orang tersebut dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Apabila ada orang lain bergabung yang akan bergabung dan belum dikenal oleh orang lain. Penggunaan istilah yang tidak dimengerti oleh lawan bicara akan dapat menyinggung perasaan lawan bicara kita. pada pertemuan yang sifatnya umum. Mulailah pembicaraan yang sifatnya ringan dan dapat dimengerti oleh semua pihak. Bila akan berbicara perhatikanlah apakah lawan berbicara kita sedang atau tidak berbicara. maka perkenalkanlah orang tersebut dan ajaklah untuk mengikuti pmbicaraan .Hindari pembicaraan politik. Tunjukkanlah minat untuk mendengarkan dan memberikan perhatian kepada lawan bicara dan berbicaralah dengan tidak me-monopoli seluruh pembicaraan Disarankan untuk berpengetahuan umum yang luas dan berwawasan dan gunakanlah istilah istilah yang benar benar dikuasai. Hindarilah pembicaraan masalah agama. hindari pemutusan pembicaraan apabila ada orang baru ikut bergabung. ras dsb. tidak resmi atau acara santai Waktu Penyelenggaraan Acara pagi hari dengan penyajian rehat kopi Acara siang hari dengan penyajian santap siang Acara sore hari dengan penyajian rehat the .

perhatikannlah apa yang dilakukan oleh tuan atau nyonya rumah. 4 set peralatan makan yang ditata disamping kiri dan kanan dan tidak lebih dari 3 peralatan makan yang ditata bagian atas. Peralatan yang ditata diatas meja. sebaiknya tidak lebih dari 5 macam gelas yang ditata disamping kanan atas dengan pengaturan gelas air minum (water-glass atau water goblet) yang ditata dibagian atas pisau sedangakan gelas lainnya mengelilingi sesuai dengan urutan penyajian minumannya. Penyajian Keandrawinaan ini dapat dibagi dalam: Andrawina Resmi Prasmanan Jamuan Koktil Andrawina Resmi Pada andrawina yang resmi maka akan dipersiapkan meja makan lengkap dengan segala peralatannya. (Lihat Bab VII Daftar Hidangan). merupakan perlatan yang di-sesuaikan dengan daftar hidangan yang akan disajikan. Hindarilah komentar atau bertanya peralatan apakah yang akan dipergunakan. Apabila ragu mempergunakan peralatan yang akan dipergunakan. Persiapan untuk suatu andrawina hendaknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut: Meja hidangan harus bersih dan rapi Hidangan yang disajikan harus bermutu Penyajiannya harus lancar dan teratur Peralatan makan dan gelas yang ditata diatas meja. Dengan adanya ketentuan diatas.Acara malam hari dengan penyajian santap malam Kehadiran para pejabat penting atau undangan khusus lainnya. maka dengan mudah akan dapat menyesuaikan diri. Serbet dapat diletakkan diatas piring alas (show plate) atau pada piring roti (bread and butter plate. Dengan demikian maka haruslah diperhatikan peralatan yang akan dipergunakan pada setiap kali suatu hidangan disajikan. Rumus termudahnya adalah gunakanlah selalu peralatan yang diletakkan paling kiri atau kanan-nya piring. B&B plate) yang ditata disebelah kiri piring alas . baik untuk penampilan diri maupun busana yang akan dikenakan untuk menghadiri acara tersebut.

maka para undangan akan didudukkan sesuai dengan jabatan atau status sosialnya. bunga dan lilin hendaknya tidak akan menghalangi pandangan orang.l. sari buah terong merah.) Hidangan untuk andrawina yang resmi. Yang disajikan dalam gelas yang kecil (juice glass) ataupun dalam gelas jus berkaki (goblet 5 oz. sari buah markisa. Hiasan meja. Di Indonesia dianjurkan untuk menyajikan minuman sari buah a. sari buah belimbing. yang paling sederhana terdiri dari tiga penghidangan (courses): Sup Soup -*Hidangan Utama Main Course -*Hidangan Penutup Dessert -*Atau Umpan Tekak Appetizer -*Hidangan Utama . Apabila sebelum acara andrawina dimulai akan diselenggarakan acara minum (cocktail) maka hendaknya minuman yang disediakan adalah minuman yang mengundang selera makan (apperatiefs) dan bukan yang me"ngeyangkan" (degestiefs). untuk ini maka tuan rumah atau kepala rumah tangga bersama dengan protokol akan meyusun penempatan pendudukan tamu yang di-undang. pada andrawina yang sangat resmi. sari buah melon. sari buah mangga dsb. Sari buah jeruk.Papan nama.

hidangan yang disajikan dari sebelah kiri tamu oleh para pramusaji dan para tamu akan mengambil sendiri hidangannya. terlebih dahulu hormatilah yang mengundang atau yang menyelenggarakan andrawina. Apabila penyelenggara didampngi oleh seorang wanita atau nyonya rumah. atau Penyajian a la Perancis. Jumpailah sebanyak mungkin orang setelah itu dan perkenalkanlah diri dengan baik dan sopan Apabila ada pelayanan. maka tunggulah sampai atasan itu pulang Pada acara pernikahan. maka janganlah bertindak se-olah olah berada direstoran Bila sedang berbincang dengan wanita dan wanita tersebut belum mendapatkan hidangan pesankalah untuknya Hindarilah merokok Berpamitlah untuk pulang tepat pada waktunya dan apabila pada acara tersebut dihadiri oleh atasan. hidangan disajikan dari sebelah kiri tamu dan para pramusaji akan menyajikan dan menta hidangan diatas piring yang telah dibagikan terlebih dahulu. maka hormatilah wanita terlebih dahulu.Main Course -*Hidangan Penutup Dessert -*Penyajian hidangan pada andrawina resmi ini umumnya adalah: Penyajian a la Rusia. Tata Krama pada acara andrawina resmi Datanglah pada acara andrawina resmi apabila diundang Jangan datang terlambat Sebelum berbbicara denga tamu dan kenalan yang lain. berikanlah salam dan hormat kepada mempelai sebelum memberikan selamat kepada orang tua kedua mempelai Tata Krama di meja makan pada andrawina resmi: .

maka persilahkan isteri untuk berjalan didepan. Untuk hidangan pembuka umumnya dipergunakan pisau hidangan pembuka dan garpu hidangan pembuka Untuk hidangan koktil boga dipergunakan garpu koktil dan atau sendok koktil Untuk semua hidangan sup baik yang panas maupun dingin akan mempergunakan sendok sup Untuk beberapa hidangan pembuka dan hidangan sup disediakan pula roti atau roti panggang pipih (toast melba) dan mentega. burung dara. gunakalah peralatan yang disediakan dan mulailah menikmati hidangan setelah penjamu atau tuan atau nyonya rumah mempersilahkannya dan pergunakanlah peralatan makan yang benar.l rusa. Pisau yang disediakan ini BUKAN untuk memotong rotinya akan tetapi hanya untuk mengolesi mentega. sedangkan rotinya akan dipatahkan dengan tangan Untuk semua hidangan sari laut dipergunakan pisau dan garpu ikan. Ada kalanya pula dalam daftar hidangan tersebut tercantum maksud penyelenggaraan andrawina dan daftar acara secara singkat. Ada kalanya suami isteri tidak akan duduk berdampingan. dan ikutilah petunjuk dari protokol tempat yang akan mengantar ketempat duduk. peralatan yang dipergunakan adalah pisau roti atau pengoles mentega. bebek. sapi muda. Untuk setiap penghidangan tersedia peralatan makan tersendiri. kelinci dsb. Segera setelah itu hidangan akan disajikan berdasarkan urutan dalam daftar hdiangan. babi dan semua hidangan dari hasil buruan a. kambing.Carilah tempat sesuai dengan denah pendudukan atau menunggu sampai diantarkan ketempat duduk oleh petugas protokol Apabila diundang bersama dengan isteri. kijang. domba. khusus untuk hidangan kepiting disediakan tang kepiting dan untuk hidangan udang karang yang disajikan dengan kepalanya disediakan garpu pengungit Untuk semua hidangan utama yang dibuat dari ayam. Hindarilah memaksakan diri untuk menentukan tempat duduk sendiri Setelah duduk para pramusaji akan membantu membuka serbet atau bukalah serbet itu sendiri dan letakkanlah diatas pangkuan Apabila disediakan daftar hidangan bacalah dengan seksama hidangan yang disajikan. sapi. Mempergunakan pisau dan garpu .

Dan apabila disajikan hidangan penutup dalam mangkok yang kecil. Tidak dianjurkan untuk memotong motong hidangan kemudian disantap. mie. Semua hidangan ditata diatas meja sesuai dengan urutan penghidangan dan umumnya terdiri dari berbagai hidangan pilihan. Telanlah makanan dalam mulut sebelum minum Jangalah sekali-kali berkumur kumur setelah bersantap dimeja makan.Untuk semua hidangan dari nasi. Apabila hidangan penutup yang akan disajikan mengandung saus atau kuwah maka akan disediakan sendok hidangan penutup. potonglah sepotong demi sepotong dan masukkanlah makanan tersebut kedalam mulut dengan mempergunakan garpu. kentang dibelah dengan mempergunakan garpu. Meja Prasmanan ini dapat ditata ditengah ruangan sehingga dengan mudah akan dapat dicapai dari semu jurusan. tidak perlu mempergunakan pisau. maka akan dipergunakan sendok hidangan penutup kecil Apabila hidangan penutup terdiri dari kuwe maka akan diperunakan garpu kuwe Untuk semua hidangan keju. Prasmanan Prasmanan adalah salah satu cara penghidangan yang sangat mudah dan tidak memerlukan tenaga pramusaji yang terlalu banyak. Pada jamuan pesta pernikahan atau acara dihari Iedul Fitri atau . Hidangan ragout dan hachee cukup mempergunakan garpu saja. Kunyahlah makanan dan bibir tetap terkatup Hindari pembicaraan pada waktu mengunyah makanan Hidangan yang disajikan dipotong secukup besarnya untuk masuk kedalam mulut. spaghetti dan makaroni dipergunakan sendok dan garpu dan ada kalanya disediakan pula pisau apabila hidangan penyertanya harus dipotong Untuk kebanyakan hidangan penutup disediakan garpu dan pisau. sebagai hidangan penutup akan dipergunakan pisau keju Ucapkanlah selamat menikmati hidangan kepada tamu yang duduk disamping kiri dan kanan anda Pergunakanlah sendok untuk menyendokkan makanan dengan arah penyendokkan keluar Nikmatilah hidangan dan hindari bunyi dari dalam mulut. Pisau tidak boleh dipergunakan untuk membelah kentang. 2.

Mengambil makan di meja prasmanan. Pada penyajian dengan cara prasmanan untuk jumlah orang yang sangat banyak. 3. maka disarankan agar para meja prasmanan ini dibagi dalam beberapa meja atau pondok sesuai dengan kelompok dan jenis hidangannya. disarnakn untuk berulang kali "mengunjungi" meja prasmanan dari pada membuat "persedian" makanan yang berlebihan diatas piring. Pada acara jamuan koktil ini dapat disajikan beberapa macam sari buah dan minuman ringan lannya. Apabila pada acara disajikan hidangan secara prasmanan dan tersedia pula meja makan. Hidangan Penutup. Hindarilah pengambilan makanan secara berlebihan. Jamuan Koktil Jamuan koktil ini umumnya diselenggarakan untuk mempererat hubungan dan sifatnya sangat informal serta sangat singkat waktunya. maka penyantapan hidangan sama seperti pada andrawina resmi.Natal. Hindari pencampuran segala macam hidangan. Hidangan Utama. cara prasmanan ini dapat dipergunakan akan tetapi apabila jumlah tamunya banyak maka disarankan untuk mengatur meja prasmanan ini melihat pada arus para tamu sehingga tidak akan terjadi kemacetan waktu mengambil hidangan. misalnya hidangan umpan tekak dicampur diatas satu piring dengan hidangan utama. yang diambil sendiri dari meja prasmanan. Hidangan yang disajikan umumnya ringan dan demikian pula dengan minumannya. menjauhlah dari meja prasmanan. Sangatlah tidak disarankan untuk sekaligus mengambil semua hidangan untuk kemudian dibawa ke meja makan Apabila tidak disediakan meja makan. Makanan atau hidangan dipilih sesuai dengan urutan penghidangan. Sup. Nikmatilah hidangan sambil berdiri. Penataan untuk acara ini dapat dilakukan secara prasmanan maupun dalam bentuk pesta berdiri dimana hidangan dan minuman yang disajikan di-edarkan oleh para pramusaji. . Segera setelah mengambil hidangan. pada acara pesta berdiri (standing party) atau duduklah dan letakkanlah piring diatas pangkuan apabila disediakan kursi saja. sehingga para tamu akan dapat ber keliling menikmati berbagai hidangan dan menghidnari terjadi penumpukan disatu meja tempat. Umpan Tekak. maka disarankan untuk mengambil makanan/hidangan juga sesuai dengan urutannya akan tetapi lebih bebas dalam menentukan pilihan.

00 .00 .00 . walaupun acara yang diselenggarakan adalah malam hari.00 Santap Pasi 10.00 .14.00 Rehat kopi 10.00 Santap Malam II 21.22.20. Busana yang dikenakan untuk acara ini hendaknya disesuiakan dengan acaranya.13.00 .10.00 Rehat teh 16.00 .00 Santap Siang 11. Waktu Penyelenggaraan Seperti yang telah diuraikan dalam Pendahuluan maka waktu penyelenggaraan akan sangat menentukan jenis hidangan yang sepantasnya dihidangkan.Hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah bahwa hindarilah untuk mengambil hidangan ataupun minuman secara berlebihan sehingga tangan kanan dan kiri memegang piring dan gelas.00 . BAB VII Daftar Hidangan JENIS HIDANGAN Hidangan yang disajikan untuk suatu Andrawina. Hidnarilah memakai busana untuk pesta malam atau busana resmi malam.11.00 . Waktu penghidangan umumnya dibagi dalam: Santap Pagi 07.00 Santap Malam I 18.18. Perlehatan Khusus atau Pesta. hendaknya disesuaikan dengan Waktu Penyelenggaraan Maksud Penyelenggaraan Tempat Penyelenggaraan Tata Cara Penyajian Kegemaran Tamu yang diundang a.

Roti manis (danish pastries) Aneka hidangan Telur yang dapat dipilih antara lain: Telur mata sapi setengah matang (fried egg sunny shine up).Santap Pagi: Jenis Hidangan yang disajikan pada waktu makan pagi umum-nya di Indonesia terdiri dari pilihan: Kopi (coffee) atau teh (tea). . Coto Makassar dengan Burasa. Nasi Goreng Nasi Rawon atau Nasi Soto. Roti susu (milk bread) Roti gandum (rye-bread) Roti panggang (toasted bread). Roti tapal kuda (croissant). Sari buah (juices) dan atau buah segar (fresh fruit). Telur mata sapi matang (fried egg turned over). atau Sarapan Pagi Cara Barat yang terdiri dari : Kopi atau teh Sari buah dan atau buah segar Aneka jenis roti yang dapat dipilih antara lain: Roti tawar (plain bread).

Telur dadar (ommelette). Telur rebus matang (hard boiled egg). Telur mandi (poached egg) Peneman hidangan roti seperti: mentega (butter) dan selei (jam) keju (cheese) daging asap (smoked beef) ham (ham ) dan lemak babi goreng (fried bacon) Santap Siang: Sedangkan untuk Jenis Penghidangan Santap Siang dan Malam umumnya digolongkan dalam: Umpan Tekak (Appetizer) -*Sop (Soup) -*Hidangan Pokok (Main Course) -*Hidangan Penutup .Telur rebus setengah matang (soft boiled egg).

. menyerupai daftar hidangan klasik yang terdiri dari: Hidangan Pembuka Dingin (Hors d'oeuvre) -*Sop bening (Consomme) -*Hidangan Pembuka Panas (Hot Entree) -*Hidangan Utama (Main Dish) -*Sayuran (Vegetables) -*Hidangan Penutup Manis (Entremets) -*Keju (Cheese) -*Buah-buahan (Fruits & Dessert) -*Kopi atau Teh (Coffee or Tea) -*Manisan Permen (Bonbon) Beberapa contoh Daftar Hidangan yang disusun untuk kegiatan Andrawina maupun Jamuan Kenegaraan yang diselenggarakan di Ujung Pandang dapat dijadikan patokan dalam penyusunan daftar hidangan.Pada Andrawina Akbar dan Jamuan Kenegaraan maka Daftar Hidangan ini akan dapat berkembang.

Ujung Pandang.M. Koktil Udang "Hermantino" -*Sup "Kuwala Selangor" -*Stik Lada Hitam "Ulu Langat" sayuran "Sekincan" kentang kroket -*- .A. Siswa SMKN 8 Ujung Pandang dan Tim Inti Pelayanan di Rumah Jabatan Gubernur KDH Tk I Sulawesi Selatan Daftar Hidangan pada Jamuan Kehormatan Balasan Kepada Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Propinsi Sulawesi Selatan dan Para Pejabat Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Y. Tengku Panglima Diraja Negeri Selangor Darul Ehsan Tengku Sulaiman Shah Al Haj dalam rangka lawatan ke Sulawesi Selatan pada tanggal 13 Juli 1987 di Makassar Golden Hotel.Beberapa hal yang harus diperhatikan pada penyusunan suatu daftar hidangan akan dijelaskan pula dalam bab ini.

Daftar Hidangan Santap Malam Bersama Komisi Darwin dengan Pejabat Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan yang diselenggarakan di Makassar Golden Hotel pada tanggal 10 Juni 1994 yang terdiri dari: Salad Sari Laut "Samalona" -*Sup Jagung Ayam "Permata" -*Sapi Lada Hitam "Lampung" Udang "Khayangan" Ayam Goreng "Ke-Emasan" Ikan Asam Manis Cah Aneka Sayuran" -*Buah Segar -*Puding "Karamel" -*Kopi "Toraja" b. Maksud Penyelenggaraan .Es Krim "Syarifah Aini" -*Kopi "Banting" atau Teh Bukit "Ceding" -*Contoh yang lain.

Maksud penyelenggaraan suatu jamuan makan atau andrawina hendaknya diketahui pula oleh penyusun daftar hidangan. sehingga dapat disusun suatu daftar hidangan yang sesuai dengan perlehatan seperti beberapa contoh dibawah ini: Daftar Hidangan Santap Malam yang diselenggarakan Gubernur KDH Tk I Propinsi dalam rangka Kunjungan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Republik Indonesia di Sulawesi Selatan pada tanggal 26 April 1994 Hidangan terdiri dari: Sari Buah "Sulawesi Jaya" -*Pallu Mara "Pantai Emas" -*Nasi Putih "Pangkep" Ikan Kakap Goreng saus "Baji'na" Udang Goreng Mentega Ayam Panggang Bumbu Rujak Suir Telur Puyuh Masak Santan Rendang Daging "Maroanging" Cah Aneka Sayuran Sayur Lodeh -*Es Palu Butung "Makassar" atau Es Puter "Losari" -*Buah Segar .

Maka sebaiknya hidangan yang disajikan dibuat sesingkat mungkin. Nasi Kuning dapat ditata langsung diatas piring. Sambel Goreng Tahu Tempe.misalnya karena terbatasnya tempat duduk atau meja makan yang sesuai untuk menata semua peralatan yang dibutuhkan. Dadar Goreng dsb. maka hidangan yang akan disajikan harus disesuaikan .-*Teh "Kanre Apia" atau Kopi "Toraja" -*c. Abon Daging. Tempat Penyelenggaraan harus pula men-jadi bahan pertimbangan untuk menyusun daftar hidangan yang akan disajikan. Sebagai hidangan penutup disajikan buah pisang yang dapat diletakkan diatas piring besar dan sudah terpotong dari sisirnya. Apabila tempat penyajian hidangan tidak memungkinkan. lengkap dengan segala lauk pauknya yang terdiri dari Opor Ayam. Misalnya: Sari Buah Markisa -*Nasi Kuning Lengkap -*Buah Pisang -*Air Putih Sari buah markisa dapat disajikan dalam kemasan satuan sehingga ringkas untuk pembagiannya maupun untuk membersihkannya. Misalnya suatu pesta ulang tahun anak anak yang akan diselenggarakan dirumah untuk sejumlah anak yang cukup banyak. namun tidak meninggalkan esteka penampilan dari pada hidangan-hidangan yang disajikan. Acar Ketimun. . Babat Goreng.

Ketrampilan dari para penyaji hendaknya menjadi bahan pertimbangan pada saat penyusunan daftar hidangan. namun karena keterbatasan waktu dan tempat penyelenggaraannya adalah digedung "Galaktika" Bandara "Hasanuddin" di Ujung Pandang. maka penyajian hidangan pada Rehat Siang bersama Bapak Wakil Presiden dan Ibu Tri Sutrisno bersama Bapak Gubernur KDH Tk I Propinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 1994 disajikan dalam bentuk Prasmanan. Dari Contoh dibawah ini jelas dapat dilihat bahwa walaupun yang dijamu adalah Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia. Tata Cara Penyajian bentuk dari setiap hidangan yang akan disajikan akan sangat berpengaruh pada kelancaran tata penyajian. Hidangan ini terdiri dari: Aneka Sari Buah Melon Jeruk Markisa Malino Terong Toaja -*Sop Konro "Dg.d. Baji" Coto "Mangkasara" Ketupat "Daeng Sangkala" Burasa"Daeng Ti'no" -*Es Pisang Ijo "Sulawesi" Es Pallu Butung -*Barongko Kuwe "Palita" Sukun Goreng .

hidangan yang paling digemari. Seperti contoh diatas. e. meng-ingat. Atau seperti contoh dibawah ini. Bapak Wakil Presiden mengambil sendiri hidangan yang disajikan. pada saat Jamuan Kenegaraan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut kedatangan seorang Menteri Papua Nuigini di Rumaha Jabatan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan yang mana salah hidangan kegemaran Bapak Menteri Papua Nuigini ini adalah ayam sehingga disusunlah daftar hidangan seperti dibawah ini: Smoked Beef "Khayangan" Butter Toast Melba -*Coto "Mangkasara" Butter French Bread -*- . maka hidangan sukun goreng dan kuwe palita sengaja dimasukkan kedalam daftar hidangan. Pada kenyataannya.-*Kopi "Torajaku" Teh "Kanre Apia" -*Tamu Kehormatan dan Para Undangan dapat memilih sendiri hidangan yang dikehendaki dari mej prasmanan yang tersedia. Namun para pramusaji yang betugas saat itu senantiasa siap sedia untuk memberikan pelayanan "kepresidenan" yang sewaktu-waktu diperlukan. kedua hidangan ini merupakan hidangan kegemaran dari Bapak dan Ibu Tri Sutrisno. khusus untuk tamu kehormatan hendaknya diketahui oleh penyusun daftar hidangan. Kegemaran Tamu yang diundang.

Namun bebe-rapa patokan dapat dipergunakan untuk penyusunan daftar hidangan santap siang dan malam atau untuk suatu andrawina yang akbar. Mereka harus mengetahui bilamana suatu hidangan disajikan dan piranti yang dipergunakan. mengingat bahwa pada setiap andrawina. maka haruslah diperhatikan sampai dengan hal yang terkecil. Kesiapan dari pada para penyaji atau pramusaji yang akan menghidangkan makanan dan minuman.Roasted Chicken "Amir" Cauliflower "Lady Curson" Jacket Potatoes or Fried King Prawn with butter sauce Grilled Baronang Assorted Satay Rice "Risi Bisi" -*Fruit Platter "Fantasy" -*Coffee or Tea Traditional Petite Four Putri Sala Cucuru' Bayao Talam Udang -*Dari contoh contoh diatas jelaslah bahwa untuk menyusun suatu daftar hidangan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Hal ini perlu mendapatkan perhatian. serta bilamana . antara lain: 1.

hidangan utama dan hidangan perantara yang mempergunakan udang sebagai bahan pokok pengelolaannya. 2. mereka harus mengetahui bilamana piranti harus diganti atau bilamana hidangan berikutnya harus disajikan. Tidak terlupakan. Misalnya: Daftar Hidangan Karedok "Jakarta" -*Soto "Madura" -*Nasi putih "Banyuwangi" Rendang "Padang" Ikan Bakar "Makassar" Orak Arik Telur -*Kopi "Toraja" atau Teh "Puncak" disajikan dengan Cucuru Bayao Kuwe Biji Nangka . maka hindari pengelolaan sup.minuman peneman disajikan. Hindarilah terjadinya pengulangan bahan dasar utama yang akan dipergunakan untuk pengelolaan pada setiap hidangan. Apabila telah dipergunakan udang pada hidangan pembuka.

Dalam keandrawinaan masa kini. Umumnya minuman ini adalah minuman yang berkadar alkohol yang tinggi dan disajikan bersama dengan kopi Misalnya: Cognac. Nectar dsb. yaitu minuman yang merangsang selera makan. Port. dan berbagai L'eau de vie. telah banyak sari buah yang disajikan sebagai minuman pembuka dan penutup maupun minuman penyerta hidangan. Adapun manfaat atau fungsi dari minuman tersebut adalah: Untuk memuaskan/menghilangkan rasa haus Merangsang nafsu makan Untuk menambah tenaga Untuk membantu penceranaan makanan . minuman adalah setiap cairan yang dapat diminum kecuali obat-obatan. 4. Malaga dan berbagai minuman sari buah campuran seperti Fruit punch. Fungsi dan Jenis Minuman Pengertian dan Fungsi Minuman Pada pokoknya.3. Dinegara-negara Barat dikenal sebagai apperatief. Tia Maria Coffee Liqeur. Hindari terjadinya pengulangan warna pada setiap hidangan Penampilan hidangan yang akan disajikan akan sangat mempengaruhi cita rasa dan selera dari para tamu yang menikmati hidangan yang disajikan. Minuman pembuka ialah minuman yang disajikan sebelum sebuah andrawina dilaksanaka. Creme de Menthe serta berbagai Liqeur atau Liqeurettes" BAB VIII Minuman Pengertian. Sajikanlah minuman yang sesuai dengan hidangan yang disajikan. Misalnya: Sherry. Sedangkan minuman penutup adalah minuman yang disajikan setelah semua hidangan disajikan.

Untuk penghilang dahaga. Supaya penampilan dari minuman campuran itu dapat lebih menarik pandangan dan selera minum. spirits dan liqueurs. di sajikan dengan dingin. Adapun fungsi minuman campuran antara lain : Perangsang selera makan (Apperitif). penghiasan ini berguna untuk menambah daya tarik dan penampilan minuman itu sendiri sehingga akan memperoleh nilai tambah. karena cocktail memiliki ciri khas dalam perkembangannya. minuman dapat dikelompokkan dalam dua kelompok besar yaitu: Minuman tak beralkohol . maka perlu diberi hiasan (garnish) di samping rasa. Minuman campuran yang dibuat dari minuman ringan (soft drink) dari sari buah.Pengertian Fungsi dan Jenis Minuman Campuran Minuman campuran adalah suatu minuman yang merupakan hasil campuran dari sekurang-kurangnya dua jenis minuman yang berbeda. Dengan demikian minuman campuran tersebut ada yang beralkohol dan ada yang tidak beralkohol. pahit dan tidak manis (dry) berfungsi sebagai apperatif. Secara garis besarnya. Minuman campuran mempunyai fungsi tertentu bagi manusia pada umumnya. Sebagai penambah tenaga pada umum-nya minuman campuran yang memiliki rasa manis (mengandung kadar gula tinggi) berfungsi sebagai penambah tenaga. Madeira dan minuman campuran lainnya yang terbuat dari anggur. memang disadari cocktail lebih dikenal dari pada mixed drink. Makanan daging yang lunak lebih mudah dicerna oleh perut dan untuk melunakkan daging dapat dipergunakan alkohol. diminum sebelum makan. demikian pula yang mengandung alkohol. Pada dasarnya minuman campuran yang memiliki rasa asam. seperti Port. Untuk membantu pencernaan makanan (Degestif). aroma dan warna. Didalam perkembangannya banyak orang cenderung menyamakan pengertian minuman campuran (mixed drink) dengan cocktail padahal cocktail merupakan salah satu jenis minuman campuran.

Air mineral ini tidak berwarna dan tidak berbau. . Contoh air mineral adalah: Aqua. Sari buah ini sebaiknya diminum segar dan dingin. sari buah anggur. Ades dsb b. dan kadang-kadang berisi gas. c.Minuman beralkohol Minuman tak beralkohol Minuman yang tidak mengandung alkohol dapat pula dibedakan atas beberapa macam: Air mineral Sari buah Sari alami Minuman ringan a. Untuk menjaga agar sari buah tersebut tetap baik dan segar. air mineral ini sebaiknya disimpan dalam ruangan yang dingin dan juga diminum dalam keadaan dingin. sari buah nanas. Contoh sari buah Sari buah jeruk. sari buah wortel dsb. Sari Alami Yang dimaksudkan dengan sari alami adalah sari yang diperoleh dari tanaman tanpa ada campuran dari bahan pengawet dan umumnya dapat langsung diminum. sari buah papaya. Air mineral Air mineral ini didapat dari sumber mata air dalam tanah bumi. dan dalam banyak hal digunakan sebagai bahan pencampur untuk membuat minuman campuran (cocktail). maka sebaiknya disimpan dalam ruangan yang bersuhu dingin (10°C). Sari Buah Setiap buah-buahan dan juga sayur-sayuran dapat dipakai sari buahnya dengan cara memeras untuk mendapatkan airnya. sari buah tomat.

Minuman yang mengandung kadar alkohol rendah Didalam kelompok minuman yang mengandung kadar alkohol rendah ini antara lain adalah: Bir dan Anggur Bir dibuat melalui "brewing process" dari bahan bahan barly (malt). Coca Cola. ragi. dsb. air bambu. Fanta. . Minuman yang mengandung alkohol Pada dasarnya minuman yang mengandung alkohol dapat dibagi dalam: Semua Minuman yang mengandung alkohol adalah HARAM Keterangan dibawah ini merupakan pengetahuan untuk peserta pelatihan agar mengetahui jenis dan nama minuman yang mana yang diharamkan. Tonic Water. Minuman ringan Yang dimaksud Dengan minuman ringan adalah air yang dicampur dengan bahan-bahan mineral dan kemudian ditambahkkan dengan gas CO2. gula. air rotan. Sprite. bunga hops. Contoh minuman ringan : Air Soda. air kaktus. Minuman yang mengandung kadar alohol rendah Yang dimaksud dengan minuman yang me-ngandung kadar alkohol tinggi adalah minuman yang diukur pada 15°C kurang mengandung 15% kadar alkohol dan Minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi Yang dimaksud dengan minuman yang mengandung kadar alkohol rendah adalah minuman yang diukur pada 15°C lebih mengandung 15% kadar alkohol 1.Misalnya: Air kelapa. air dan bahan penjernih.

Beberapa contoh bir antara lain: Bir Bintang dalam botol besar Bir Bintang dalam botol kecil Bir Bintang Draught dan Bir Hitam. dan dijual dalam botol. Oleh sebab ini maka pencucian gelas bir tidak dicampur dengan pencucian gelas gelas yang lain di tempat pencucian. Umumnya untuk menyajikan bir dengan baik adalah dengan cara mendinginkan gelas bir tersebut. Gelas yang dipergunakan untuk penyajian bir adalah : Beer Mug yaitu gelas yang bertelinga dengan ukuran 16 oz.Bir mengandung 9% kadar alkohol. Pada waktu menuangkan bir kedalam gelas maka harus diperhatikan bahwa gelas tersebut harus miring. air. mineral dan asam asaman. Gelas bir ini sebaiknya dicuci dengan mempergunakan campuran soda khusus untuk pencucian gelas. Guiness Penyajian bir ini harus mendapatkan perhatian baik dari Bartender maupun dari pramusaji. Maksudnya agar tidak akan terjadi kelimpahan busa. Setelah botol bir dibuka maka pramusaji harus segera membawa bir tersebut kepada tamu. Minuman Campuran (Mixed Drinks) dapat dibagi dalam 7 kelompok jenis minuman campuran yang didasarkan dari cara pembuatannya dan bahan yang dipergunakan untuk membuat minuman campuran ini Yaitu: . CO2. kaleng maupun melalui "draguht beer instalation pump". Gelas yang dipergunakan harus gelas yang sudah didinginkan.

Squashes yaitu Sari buah + Minuman Ringan yang mengandung CO2 Highball yaitu Liqeur dan atau Spirits + Sari buah + Minuman Ringan Tanpa Citrus (lime. orange dsb) Collins yaitu Gin atau Whiskey + Sari Buah + Syrop + Soda Water Punch yaitu Rhum + Sari Buah + Soda Water Slings yaitu Dua macam atau lebih Sari buah + Minuman Beralkohol + Syrup buah (Grenadine) + Air Soda Sour yaitu Minuman Keras (umumnya Whiskey) + Sari Buah JERUK NIPIS + Soda Water Cocktail yaitu Pencampuran beberapa Liqeur dan atau Spirits .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->