LOGO PERHEPI

“Peningkatan Daya Saing Kakao Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani dan Pelaku Usaha Lain” Kerjasama
PERHIMPUNAN EKONOMI PERTANIAN INDONESIA (PERHEPI) FAKULTAS PERTANIAN DAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HALUOLEO

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) MAHASISWA TINGKAT NASIONAL

LOGO UNHALU

dengan

Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Dalam Rangka Simposium Ekonomi Kakao Nasional Februari 2013

A. SUBSTANSI DAN TUJUAN LKTI Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dimaksud dalam kegiatan ini yaitu karya tulis ilmiah yang merupakan hasil dari penelitian atau kajian pustaka dari sumber yang jelas dan terpercaya. Tujuan LKTI : (1) memberikan kesempatan kepada mahasiswa berperan serta secara aktif memberikan buah pikir, gagasan dan kreatifitas yang solutif dalam mengantisipasi dan mengatasi persoalan dalam sistem agribisnis Kakao, (2) mempersiapkan generasi pelanjut yang siap menjadi bagian langsung dalam mengembangkan sistem agribsisnis Kakao yang kompetitif dimasa mendatang.

B. TEMA DAN SUBTEMA KARYA TULIS Tema LKTI dikaitkan dengan kegiatan Simposium PERHEPI untuk membedah dan mencari solusi kreatif bagi peningkatan perekonomi kakao secara nasional, ditengah semakin ketatnya persaingan perdagangan komoditas global. Bidang kajian dalam LKTI yaitu Sistem Agribisnis Kakao (sektor hulu sampai hilir), mencakup bidang (program studi) seperti: fisik, agronomi, teknologi, ekonomi dan sosial budaya dan bidang terkait lainnya dengan pengembangan komoditas Kakao Nasional. Tema Utama LKTI : “Meningkatkan Daya Saing Kakao Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Petani Dan Pelaku Usaha Lain”, dengan subtema: (1) (2) (3) (4) Peningkatan sarana dan prasarana produksi Peningkatan produksi dan nilai tambah produk Pascapanen dan industri pengolahan kakao Kebijakan pengembangan ekonomi kakao (kelembagaan, pemasaran, mutu produk dan infrastruktur pemasaran dan manajemen mutu, dll).

1 | Panduan LKTI-Ekonomi Kakao Nasional

6. KTI berisi ide dan gagasan kreatif yang merupakan hasil penelitian dan atau kajian pustaka atau hasil kajian empiris dengan tujuan memberikan solusi terhadap permasalahan dan peluang pengembangan komoditas kakao saat ini dan dimasa mendatang dalam sistem perekonomian nasional.C. e. Minimal 2 (dua) orang dan maksimal 3 (tiga) orang mahasiswa. Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan lebih dari satu tim. KTI tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif. E. D. Belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media mana pun c. d. c. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya ilmiah. KETENTUAN PESERTA LKTI (1) (2) Peserta merupakan mahasiswa aktif (Diploma atau S1) perguruan tinggi negeri atau swasta di Indonesia (dibuktikan dengan KTM) Setiap tim terdiri dari: a. serta maksimal 1 (satu) orang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama Untuk mahasiswa. peserta dalam satu kelompok boleh dari jurusan yang berbeda tapi dalam satu perguruan tinggi. b. KTI adalah karya sendiri/orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan b. b. PERSYARATAN KARYA TULIS ILMIAH (KTI) Karya Tulis Ilimiah yang dikirimkan oleh peserta wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut: (1) Keaslian / Origininalitas: a. Belum pernah diikutsertakan dalam perlombaan sejenis d. KTI didukung oleh data dan atau informasi yang jelas dan sumber terpercaya. (2) Kreatif dan Objektif a. Belum pernah dipresentasikan dan/atau tidak pernah digunakan untuk media komunikasi apapun (disertai pernyataan tertulis dalam lembar pernyataan yang dapat dilihat di pedoman lomba karya tulis ilmiah ini dengan disertai materai Rp. ekonomi rakyat dan ekonomi wilayah. DOSEN PEMBIMBING Penulisan KTI dianjurkan untuk dibimbing oleh seorang dosen secara intensif. c.000. Satu tim hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal dua karya ilmiah. 2 | Panduan LKTI-Ekonomi Kakao Nasional .-).

serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui KTI. Bagian Inti a. sebagai berikut. Metode Penulisan Metode penulisan dibuat sesuai kaidah penulisan ilmiah yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi. F.(3) Logis dan Sistematis a. Pendahuluan Pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah. Isi karya tulis dapat berupa hasil penelitian dan atau kajian pustaka yang didukung oleh hasil pengamatan dan atau wawancara. mengambil kesimpulan. (1) Bagian Awal a. mencantumkan nama penulis. Tahapan penulisan karya ilmiah dibuat secara sistematis dan runtut. dan program studi/fakultas/ universitas. d. analisis-sintesis. b. dan daftar lampiran. daftar tabel. (2) 3 | Panduan LKTI-Ekonomi Kakao Nasional . e. Halaman Judul : huruf kapital. c. serta merumuskan saran atau rekomendasi. Telaah Pustaka Telaah Pustaka berisi: uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji. Lembar Pengesahan memuat: judul.nomor induk mahasiswa. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar. Kata Pengantar dari Peserta. uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. Ringkasan terdiri dari 300 – 500 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris /Asing ditulis (diketik) pada lembar terpisah untuk keperluan penilaian kemampuan berbahasa Inggris/Asing. b. Isi karya tulis ilmiah harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa. simpulan dan rekomendasi. d. b. uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan. SISTEMATIKA PENULISAN Sistematika penulisan KTI mencakup 3 (tiga) bagian. uraian singkat mengenai ide dan gagasan kreatif yang ingin disampaikan. pengolahan data dan atau informasi. c. nama dan nomor induk peserta. c. ditandatangani oleh Dosen Pembimbing. Kejelasan identifikasi masalah. analisis-sintesis.

Judul subbab ditulis mulai dari sebelah kiri. dan halaman. (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) 4 | Panduan LKTI-Ekonomi Kakao Nasional . kecuali kata-kata tugas. tujuannya memberikan solusi kreatif dalam bentuk alternatif pendekatan yang adaptif dan aplikatif atau gagasan buah pikir. Naskah diketik 1. ditulis seperti pada tingkatan di atasnya. dan. dari. Sumber yang dikutip harus dicantumkan pada daftar pustaka. tidak menggunakan singkatan seperti tdk. subbab dan kalimat di bawahnya dua spasi. sbb. seperti yang. tahun. lalu diikuti oleh kalimat berikutnya. satu kesatuan. TATA CARA PENULISAN (1) Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman.d. G. (font 12. tsb. dll. Sumber bacaan/data dinyatakan dengan menyebutkan nama penulis. Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm. (3) Bagian Akhir Bagian akhir KTI memuat daftar pustaka dan lampiran (jika ada). Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital. dgn. di dalam kurung. yg. dari. e. huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital. jelas. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.. dan. Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi.5 spasi pada kertas berukuran A4. Analisis dan Sintesis Analisis-sintesis data atau informasi untuk menemukan gagasan dan sokusi kreatif dalam mengetasi permasalahan dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat memberikan buah pikir dan atau langkah tindak dalam mengembangkan ekonomi kakao secara nasional. menggunakan istilah yang mudah dimengerti. menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan. Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi. Kesimpulan dan Rekomendasi Kesimpulan dibuat atas dasar analisis data dan atau kajian pustaka yang kemudian disintesis secara utuh dan konsisten dalam upaya mengatasi permasalahan dan atau meningkatkan perekonomian kakao. kecuali kata-kata seperti : yang. sederhana. Times New Roman Style). Rekomendasi yang disampaikan merupakan jawaban dan tindaklanjut dari kesimpulan karya tulis ilmiah peserta. termasuk ekonomi rakyat dan ekonomi wilayah. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful