P. 1
Skenario Pencegahan Kcl Kerja

Skenario Pencegahan Kcl Kerja

|Views: 557|Likes:
Published by yuyun fitriana
wahhhhh
wahhhhh

More info:

Published by: yuyun fitriana on Jun 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/11/2012

pdf

text

original

SKENARIO MEDIA PROMOSI KESEHATAN KESEHATAN KERJA BAGIAN AWAL PROLOG ………Kecelakaan kerja tidak terjadi begitu saja

, kecelakaan terjadi karena tindakan yang salah atau kondisi yang tidak aman. Kelalaian merupakan salah satu penyebab kecelakaan kerja. Penyebab terjadinya kecelakaan kerja yang lain adalah tidak menggunakannya peralatan keselamatan, kurangnya pelatihan kepada pekerja tentang keamanan kerja, seting tempat kerja yang berbahaya misalnya mesin yang seharusya jauh dari pekerja namun ditempatkan dekat dengan pekerja. Kemudian pelindung mesin yang tak sebanding, peralatan yang rusak, peralatan pelindung yang tak mencukupi, seperti helm dan gudang yang kurang baik juga menjadi penyebab kecelakaan kerja. Penyebab kecelakaan kerja berikutnya adalah tidak fokus pada pekerjaan sehingga kecelakaan dapat terjadi setiap saat. BAGIAN INTI ............Tayangan berikut merupakan fakta yang menjadi pembelajaran untuk kita agar kita selamat dalam bekerja. Selanjutnya berupa tanyangan berbentuk video contoh kecelakaan kerja. ………Tayangan sebelumnya tidak akan terjadi apabila terdapat tindakan pencegahan keamanan dan keselamatan kerja. Oleh karena itu perlu langkah-langkah pencegahan yang benar. ………Kecelakaan kerja dapat dicegah dengan langkah berikut ini : (bersamaan tanyangan contoh kerja yang aman) 1. Pelatihan Pekerja Pelatihan kerja yang dimaksud adalah tentang keamanan dan keselamatan kerja pada seting kerja bangunan yang mencakup prosedur penggunaan alat pengaman kerja yang terstandar, seting kerja yang aman, posisi dalam bekerja yang baik, peningkatan keahlian spesifik pada setiap pekerjaan. 2. Koordinasi Sebelum Kerja Dimulai Sebelum memulai pekerjaan, koordinasi antar pekerja sangatlah penting dan menjadi bagian dari prosedur kerja. Dalam koordinasi kerja yang dipimpin oleh kepala proyek, setiap pekerja akan mendapatkan tugas sesuai keahliannya. 3. Penggunaan Peralatan Pengaman Kerja Penggunaan peralatan pengaman kerja wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

4. Seting Kerja yang Aman Seting kerja yang aman meliputi penempatan peralatan yang benar, lingkungan yang bebas dari resiko jatuh, tertusuk, tertimpa dan lainlain 5. Pembuatan Jadwal dan Target Kerja Harian Pembuatan jadwal dan target kerja harian akan membantu pekerja menyelesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan. Tercakup juga urutan-urutan atau tahap demi tahap secara sistematis pekerjaan yang harus diselesaikan. 6. Setiap Peralatan Ada Pedoman Alat Setiap peralatan yang digunakan wajib dilengkapi pedoman penggunaan untuk membantu pemakai dalam menggunakan peralatan tersebut secara aman. Hal ini bertujuan untuk keamanan pemakai dan keawetan alat. 7. Adanya Peraturan Formal Aturan formal menjamin keselamatan dan keamanan pekerja karena akan patuh terhadap prosedur kerja yang aman. 8. Fokus terhadap Pekerjaan Tidak dibolehkan mengobrol yang tidak perlu pada seting kerja yang membutuhkan daya konsentrasi tinggi. Tayangan sebelumnya telah digambarkan kecelakaan yang terjadi akibat keteledoran. BAGIAN AKHIR SARAN ………Dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan kerja, maka perlu dilakukan tindakan pencegahan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Selamatkan diri dari kecelakaan kerja……Semoga tanyangan tadi bermanfaat untuk para pekerja…. Tanyangan beberapa alat standar pelindung kerja…..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->