P. 1
Layout Fungsional

Layout Fungsional

|Views: 225|Likes:
Published by CiTra Cepe

More info:

Published by: CiTra Cepe on Sep 06, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/20/2013

pdf

text

original

DESIGN TATA LETAK LAYOUT

1. LAYOUT FUNGSIONAL / LAYOUT PROSES Layout funsional atau layout proses adalah pengelompokan mesin dan karyawan untuk melaksanakan pekerjaan yang serupa atau sejenis. Contoh : Pembuatan Bakpia Pathok “25”.
Proses Produk Bakpia Pathok "25" terdiri dari beberapa tahap. Adapun langkahlangkahnya dibagi menjadi 7 langkah utama yaitu: 1. Menjemur kacang hijau untuk menghilangkan kutu dan seleksi kacang. Memisahkan kacang dengan kulit kacang hijau. 2. Dipecah menjadi 2 bagian dan dicuci bersih.

3. Pengukusan : dalam hal ini karyawan harus sabar dalam proses pengukusannya. Selain untuk menjaga api agar tetap dalam sushu yang diinginkan, karyawan yang ada pada posisi ini harus bisa bertahan lama terhadap kepulan asap dari proses pengukusan.

dicampur dengan gula pasir secukupnya. Dimasak dalam mixer.4. Digiling sampai lembut. .

minyak goreng. air. Pembuatan kulit. Bahan yang digunakan adalah. tepung terigu. Dalam pembuatan kulit ini. dan mana yang berisi beda untuk mempermudah dalam proses pengemasan nantinya. gula pasir. sampai kalis. karyawan juga harus membedabedakan mana yang berisi sama. Proses ini dinamakan proses rolling. . Diaduk dalam mixer.5.

.6. Proses pemanggangan. Tidak boleh terlalu masak atau masih setengah matang. Karyawan yang bertugas dalam proses pemanggangan harus merupakan karyawan yang memang benar-benar mengerti kapan bakpia tersebut di angkat dari tempat pemanggangan.

Dan sudah sibedakan sesuai dengan isi dari masing-masing dari bakpia tersebut.7. Seluruh bakpia yang telah selesai dipanggang. lagsung di bawa ke proses pengemasan. . Terakhir proses packing / pengemasan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->