Cara Mengatur Ukuran Margin di Microsoft Word 2007

Margin sangat penting untuk mengatur tampilan ketikan kita pada sebuah dokumen, terlebih lagi bila dokumen tersebut merupakan dokumen resmi atau formal. Contoh nya saat membuat skripsi, biasanya kita di minta membuat laporan dengan batas margin 4x3x3x3, alias 4 cm margin kiri, 3 cm margin kanan, 3 cm margin atas, 3 margin bawah, selain itu biasanya juga dengan syarat pemberian nomor halaman 1 centimeter dari tepi bawah kertas. Hal tersebut 4 cm margin kiri artinya teks atau ketikan paling kiri berjarak 4 centimeter dari tepi kertas bagian kiri, dan seterusnya. Untuk mengatur ukuran margin tulisan di dokumen Microsoft Word 2007 anda dapat menggunakan langkah berikut: 1. Klik menu ribbon Page Layout, 2. Lalu klik tombol “kecil” untuk memunculkan Dialog Page Setup

3. Pada dialog Page Setup yang ditampilkan, isikan margin sesuai dengan kehendak anda, misalkan untuk membuat untuk margin 4x3x3x3.  Top : nilai untuk margin atas, isi kan dengan 3 cm  Left : nilai untuk margin kiri, isikan dengan 4 cm,  Right : nilai untuk margin kanan, isikan dengan 3 cm  Bottom : nilai untuk margin bawah, isikan dengan 3 cm.

4. Setelah selesai mengisikan nilai untuk margin kertas klik tombol OK. 5. Margin kertas anda sekarang sudah berubah menjadi 4x3x3x3

Langkah-langkah untuk mengubah jenis huruf adalah sebagai berikut.  Klik menu Home  Klik pilihan Font  Isikan format yang diinginkan.Mengatur Format Huruf Microsoft Word 2007 Setelah Anda mengenal operasi dasar penggunaan Microsoft Word dan telah mencoba untuk membuat sebuah dokumen dengan menggunakan Microsoft Word. . dan nyaman untuk dibaca. Berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana Anda mengatur format paragraf sehingga tampilan dokumen Anda akan menjadi lebih menarik. rapi. atur jenis dan besar huruf Yang biasa dipakai jenis font : Times New Roman dengan ukuran 12  Klik tombol OK.

tetapi bisa jadi ditengah-tengah halaman dokumen kita perlu menyisipkan gambar yang lebar atau tabel dengan jumlah kolom yang banyak sehingga kita membutuhkan format kertas menggunakan kertas Folio / F4 dengan bentuk landscape. 4.Cara Membuat Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word Ketika membuat dokumen umumnya kita menggunakan kertas A4 portrait. Untuk membuat dokumen seperti itu di Microsoft Word 2007 kita dapat melakukannya dengan langkah berikut. lalu klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup 2. caranya: Buka dialog page setup dengan cara klik menu ribbon Page Layout. Bersyukurlah karena Microsoft Word memperbolehkan kita dan mendukung penggunaan beberapa format kertas yang berbeda dalam satu dokumen. Kemudian pada bagian bawah pastikan pada Kotak Apply To berisi Whole Document karena anda akan membuat semua dokumen memiliki format A4 Portrait terlebih dahulu. Klik OK untuk merubah dokumen menjadi memiliki format A4 Portrait. 3. lalu kertas Folio /F4 Landscape. Misalkan kita perlu membuat dokumen dengan format kertas A4 Portrait beberapa lembar. Pertama – tama buat format dokumen dengan bentuk kertas A4. a. . 5. dan kembali lagi ke kertas A4 Portrait (lihat contoh gambar preview dokumen di atas). Pada dialog Page Setup yang muncul pilih tab Margin lalu pilih Portrait. Atur Kertas Dokumen menjadi A4 Portrait 1. Selanjutnya pilih Tab Paper lalu pada paper size pilih ukuran kertas A4.

e. . Klik tab Margin lalu pilih Landscape 4. c. 5. khususnya pada point 3 dan poin 4.5 x 13″ (inchi).b. Selanjutnya klik tab Paper. Ketik Isi dokumen Ketikkan teks atau sisipkan gambar pada dokumen. 2. Karena anda ingin membuat kertas Folio / F4 landscape mulai dari kursor hingga ke akhir dokumen 6. Tempatkan kursor Teks (berupa garis vertikal kedap-kedip) pada akhir dokumen atau posisi tempat anda akan menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape. Menambah Format Kertas yang lain Selanjutnya jika anda ingin menggunakan lagi format kertas yang berbeda baik ukuran kertas maupun orientasi kertas (portrait/landscape) anda bisa membuat sama dengan konsep yang di atas. Untuk menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape anda dapat mengikuti langkah berikut: 1. d. 4. 5. 2. Menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape Tahap berikutnya adalah menyisipkan format F4 Landscape. Isi dokumen sesuai dengan kehendak anda. Munculkan kembali Dialog Page Setup Pada dialog Page Setup yang muncul pilih tab Margin lalu pilih Portrait. 1. Kemudian pada bagian bawah pastikan pada Kotak Apply To pilih This Point Forward Klik OK untuk merubah dokumen kembali menjadi memiliki format A4 Portrait. pada kotak Apply To pilih item This Point Forward. Pada bagian bawah. Selanjutnya pilih Tab Paper lalu pada paper size pilih ukuran kertas A4. 3. dan sebagainya. Tampilkan kembali dialog page setup 3. lalu pilih ukuran kertas Folio / F4 atau ukuran 8. Lalu klik OK untuk membuat kertas folio / F4 landscape. Kembali ke Ukuran Kertas A4 Portrait Untuk membuat kertas ukuran portrait sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Bila anda ingin kertas ukuran legal maka pilih saja ukuran legal.

Jangan lupa penempatan titik sisip atau kursor harus ada dibawah naskah terakhir atau di akhir naskah. Klik Land scape kemudian pada Aply To pilih This Point For Word klik OK maka word akan memutus halaman tepat pada posisi kursor dan membuat halaman baru dengan bentuk landscape. Contoh halaman pertama menggunakan bentuk Potrait dan halaman ke dua menggunakan Land Scape Perintah yang digunakan Klik File. pilih potrait dan pilih Aply to this point for word. Page Setup dialoq seperti gambar di samping. Bila Anda pada halaman ke 3 akan kembali menggunakan lembar kerja posisi potrait lakukan perintah seperti semula.Mengatur Letak Halaman Pencetakan Bila Anda membuat lembar kerja berbeda beda setiap lembarnya maka Anda harus menggunakan seting page setup dengan pilihan aply to menggunakan This Point For Ward. .

.

Word. Muncul kotak dialog Page Setup seperti di bawah ini . Padahal untuk sehari-hari terkadang kita lebih sering menggunakan ukuran kertas Folio / F4 (21. Cara melakukannya adalah sebgai berikut : 1. Klik Size 3.5 x 27.Cara Merubah Ukuran Kertas Default Pada Microsoft Word 2007 Seperti kita ketahui ukuran kertas default pada Ms. Word adalah menggunakan ukuran Letter (21. Klik Page Layout 2. Ukuran kertas default yaitu ukuran kertas standar yang digunakan oleh Ms.5 x 33).9). Pilih atau klik More Paper Size 4. Nah solusi dari masalah tersebut adalah dengan melakukan setting ukuran kertas default. Hal ini membuat kita kerepotan setiap saat kita akan membuat dokumen dengan ukuran kertas F4 kita harus melakukan setting page (Page Setup).

Untuk mengatur margin dokumen pada Ms Word 2003. Top.54 cm (1 inci) serta batas margin kiri dan kanan 3. dan rubah ukuran margin Left. Margin merupakan jarak antara tepi daerah pengetikan teks dengan tepi halaman kertas. Right.25 inci).17 cm (1. dan Bottom. Apabila kita membuka dokumen baru (Blank Document). Klik menu File. Pengaturan margin secara default akan berlaku untuk seluruh dokumen. Salah satu format halaman yang paling sering dirubah ialah margin. Silakan anda klik Margin. Microsoft Word akan menggunakan template normal dengan batas margin atas dan bawah 2. pilih Page Setup (atau tekan Alt+F lalu u) .5. Setelah selesai Klik OK Mengatur Margin pada Ms. Word 2003 Format halaman yang digunakan dalam pengetikan biasanya berbeda dengan format standar/default yang digunakan oleh Microsoft Word. Anda juga bisa melakukan setting default margin. langkahnya sebagai berikut: 1. 6. Rubah ukuran sesuai dengan kehendak anda seperti yang saya sebutkan di atas.

2. Pada tab Margins ini. .

atau bookfold. Pengaturan margin sudah selesai. Right. pilih selected text jika kita ingin mengubah format sebagian /beberapa halaman ketikan. untuk menentukan batas margin bawah. Pada halaman normal untuk menambahkan spasi lebih pada margin kiri. . contoh: 3 Gutter. Bottom. untuk menentukan batas margin kiri pengetikan. Ketentuannya sebagai berikut:      Top. 2 pages per page. portrait (default): memanjang ke atas atau landscape : memanjang ke samping. 3.ubah ukuran margin sesuai yang kita inginkan. pada Mirror margins untuk menambahkan spasi lebih pada bagian dalam (margin kiri untuk halaman ganjil dan margin kanan untuk halaman genap) untuk daerah penjilidan. pilih whole document untuk mengatur format keseluruhan ketikan. Left. untuk menentukan batas margin atas. [Lewati saja bagian ini] 5. 4. Pada Apply to. untuk menentukan batas margin kanan pengetikan. Defaultnya portrait. 6. mirror Margins. Klik OK. Bagian Orientation untuk menentukan arah kertas. Bagian multiple page digunakan untuk memilih tampilan halaman normal (default).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful