P. 1
Lap.penyuluhan CA Cervix

Lap.penyuluhan CA Cervix

|Views: 69|Likes:
Published by Nurdiana Wijaya

More info:

Published by: Nurdiana Wijaya on Sep 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2014

pdf

text

original

LAPORAN PENYULUHAN “KANKER MULUT RAHIM”

Penyusun : Maria Bethamia Rosari Septianto Halim (030.04.147) (030.06.242)

KEPANITERAAN KLINIK ILMU KESEHATAN MASYARAKAT PERIODE 30 JANUARI 2012-7 APRIL 2012 PUSKESMAS KECAMATAN PASAR MINGGU FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TRISAKTI 2012 LAPORAN PENYULUHAN TENTANG KANKER LEHER RAHIM DI KELURAHAN JATI PADANG KECAMATAN PASAR MINGGU

Pada wanita-wanita Suriname keturanan Jawa. Kanker mulut rahim di negara-negara maju menempati urutan keempat setelah kanker payudara. kanker mulut rahim memiliki Age Specific Incidence Rate (ASR) yang khas.I. Penyakit ini banyak terdapat pada wanita Amerika Latin. terdapat insidensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan keturunan etnis lainnya. dan endometrium. Keterlambatan diagnosis pada stadium lanjut. PERMASALAHAN Masih kurangnya pengetahuan dan kesadaran penduduk di Kelurahan Jati Padang Kecamatan Pasar Minggu tentang pengetahuan mengenai kanker mulut rahim. status sosial ekonomi yang rendah. Sedangkan di negara-negara sedang berkembang menempati urutan pertama.2 TUJUAN KHUSUS  Memberikan pengetahuan tentang kanker mulut rahim . III.(1) II. keterbatasan sarana dan prasarana. Kanker mulut rahim adalah kanker terbanyak kelima pada wanita di seluruh dunia. penyebab maupun faktorfaktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya kanker mulut rahim. kanker mulut rahim masih merupakan masalah kesehatan perempuan di Indonesia sehubungan dengan angka kejadian dan angka kematiannya yang tinggi. III. termasuk Indonesia. Afrika. . III. dan negara-negara berkembang lainnya di Asia. Di negara Amerika Serikat. dan derajat pendidikan ikut serta dalam menentukan prognosis penderita.I TUJUAN PENYULUHAN TUJUAN UMUM  Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran warga Kelurahan Jati Padang untuk melakukan pemeriksaan mulut rahim agar dapat mendeteksi dini kanker mulut rahim. kurang lebih 20 kasus per 100. jenis histopatologi. keadaan umum yang lemah. kolorektum. keterbatasan sumber daya.000 penduduk wanita per tahun. LATAR BELAKANG Sampai saat ini.

IV. VI. dan segera berobat ke dokter. Menjelaskan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah risiko terjadinya kanker mulut rahim. MANFAAT PENYULUHAN  Bagi Penyuluh Melatih kemampuan dalam memberikan penyuluhan. Menjelaskan mengenai waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan mulut rahim dan pemberian vaksin mulut rahim. V. o Poster tentang deteksi dini kanker mulut rahim.  Bagi Sasaran. dimana sasaran diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan mengemukakan pendapat sehingga mereka dapat turut berperan aktif dalam penyuluhan tersebut dan terbinanya komunikasi dua arah. Menjelaskan gejala-gejala yang harus diwaspadai.  MEDIA YANG DIGUNAKAN Cetak : o Leaflet tentang faktor-faktor risiko yang menyebabkan terjadinya kanker mulut rahim serta cara-cara untuk mendeteksi dini kanker mulut rahim. METODE PENYULUHAN Metode yang dipergunakan adalah metode sokratik. Mendapat pengetahuan tentang pentingnya mendeteksi dini kanker mulut rahim serta cara-cara untuk melakukan pemeriksaan pada mulut rahim. sehingga kanker mulut rahim dapat ditemukan lebih dini dan diharapkan dapat diobati secara cepat dan tepat sehingga harapan sembuh pun lebih besar.  Elektronik: Speaker dan mikrofon. VII. SASARAN Warga Kelurahan Jati Padang Kecamatan Pasar Minggu .    Menjelaskan mengenai pentingnya melakukan pemeriksaan mulut rahim dengan dan pencegahan kanker mulut rahim dengan cara vaksin.

 Penjelasan tujuan . Waktu/Metode 09. Available http://www. RW 3 Kecamatan IX.com/kanker-serviks. Peserta cukup memahami materi yang disampaikan. HASIL KEGIATAN Peserta penyuluhan yaitu warga Kelurahaan Jati Padang sangat antusias mendengarkan penyuluhan yang disampaikan oleh dokter muda FK Universitas Trisakti yang sedang menjalani kepaniteraan IKM di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu.org/pdf/buletin-berbuah/kanker-serviks-dan-penyakithpv. Accesed on February. 29th 2012 2.cancerhelps.htm Accessed on February. Kesan dari wargabahwa penyuluhan yang disampaikan menarik.30 WIB –10. : Pukul 09.30 WIB / ceramah perkenalan ko.15 WIB : Rumah Warga Kelurahan Jati Padang RT 01. Kanker mulut rahim Available at: http://www. karena setelah penyuluhan. 1. SUSUNAN KEGIATAN No.VIII. Tahapan Pembukaan kegiatan pertemuan dan Kegiatan  Perkenalan Dokter Muda sebagai penyaji penyuluhan Peserta Menyimak dan memperhatikan penjelasan yang diberikan. Kanker serviks dan penyakit HPV. SUMBER MATERI YANG DIBERIKAN 1. 29th 2012 XI. Lampiran materi penyuluhan terlampir.parokihtbspm. PELAKSANAAN  Hari / Tanggal  Waktu  Tempat Pasar Minggu : Jumat/ 2 Maret 2012.pdf. X. peserta diberi kesempatan untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang terkait topik penyuluhan kepada tim penyaji. karena banyaknya pertanyaan yang diutarakan oleh peserta penyuluhan kepada tim penyaji.

ass program penyuluhan.  Penjelasan tentang cara deteksi dini kanker mulut rahim dengan cara PAP Smear.35 WIB / ceramah . Pemberian penyuluhan 09. IVA dan pencegahan dini dengan Vaksin mulut rahim  Penjelasan tandatanda berbahaya kapan harus memeriksakan diri ke dokter  Pemberian tips untuk  Menyimak dan memperhatikan penjelasan yang diberikan  Mencari keterangan yang diberikan pada leaflet yang telah dibagikan sebelum penyuluhan 2. serta memberikan gambaran secara umum tentang materi yang akan disajikan agar peserta penyuluh merasa tertarik dengan materi penyuluhan  Penjelasan tentang kanker mulut rahim  Penjelasan tentang penyebab kanker dan orang-orang yang mempunyai resiko tinggi mengalami kanker mulut rahim.

00WIB/ beberapa hal yang terkait topik penyuluhan kepada tim penyaji tanya jawab .membiasakan pola hidup dan makanan sehat untuk mencegah terjadinya kanker mulut rahim 3. Sesi pertanyaan  Peserta diberi kesempatan untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang terkait topik penyuluhan kepada tim penyaji Peserta menanyakan 10.

Wanita yang berhubungan seksual dibawah usia 20 tahun serta sering berganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi. namun data yang terkumpul dari rumah sakit menunjukkan bahwa kanker payudara menduduki ranking pertama diantara kanker lainnya pada wanita.MATERI PENYULUHAN “DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA” PENDAHULUAN Menurut WHO 8-9% wanita akan mengalami kanker payudara. Infeksi HPV paling sering terjadi pada kalangan dewasa muda (18-28 tahun) . Setiap tahun lebih dari 250. Walaupun belum ada data statistik yang akurat di Indonesia. Baik perempuan maupun laki-laki yang telah aktif berhubungan seksual sangat berpotensi terjangkit Human Papilloma Virus (HPV) yang merupakan penyebab 99.(2) PENYEBAB DAN FAKTOR RESIKO Definisi dari kanker mulut rahim (kanker serviks) adalah kanker yang terjadi pada servik uterus. Ini menjadikan kanker payudara sebagai jenis kanker yang paling banyak ditemui pada wanita. Menurut perkiraan American Cancer Society (ACS) sekita 2. Tidak hanya menyerang wanita. tahun 2000 diperkirakan 1. pria juga berisiko mengalami kanker payudara. Jenis kanker ini disababkan oleh HPV . sekitar 70-80% dari pengidap kanker serviks disebabkan oleh virus HPV 16 dan HPV 18 sebagai penyebab utamanya. HPV dapat menginfeksi semua orang karena HPV dapat menyebar melalui hubungan seksual.000 di Amerika Serikat.Karena virus ini mudah menjangkiti para pasangan yang aktif berhubungan intim. Awal perkembangan sel kanker ini berkembang dario mulut rahim yang letaknya berada di bawah rahim dan di atas vagina. Suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).140 warga Amerika telah mengidap kanker sepanjang tahun ini dan 450 orang diantaranya meninggal dunia. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada wanita yang telah setia pada satu pasangan saja. Oleh sebab itu kanker serviks disebut juga kanker leher rahim .7% kanker serviks.000 kasus baru kanker payudara terdiagnosa di Eropa dan kurang lebih 175.2 juta wanita terdiagnosis kanker payudara dan lebih dari 700.000 meninggal karenanya. Masih menurut WHO.

Penyebab pasti kanker mulut rahim tidak diketahui. yang meliputi (2): Faktor genetik Faktor keturunan Zat kimia makanan Merokok Hubungan seks pada usia dini Gangguan sistem kekebalan tubuh Suka berganti pasangan seksual GEJALA KANKER MULUT RAHIM Pada tahap/stadium awal (prekanker) tidak ada gejala yang jelas Tahap kanker timbul gejala-gejala:     keputihan yang tidak sembuh walaupun sudah diobati. Yaitu dengan cara : • • • • Tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti Rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual Melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual Tentunya memelihara kesehatan tubuh . perdarahan di luar siklus haid PENCEGAHAN DAN DETEKSI DINI Upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. perdarahan setelah berhubungan seks. riset mengidentifikasi sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko pada individu tertentu. Di mulut rahim ada dua jenis sel yaitu sel kolumnar dan sel skuamosa . Sel skuamosa ini sangat berperan dalam perkembangan kanker serviks. keputihan yang keruh dan berbau busuk.atau kanker mulut rahim. Meskipun demikian.

Dalam waktu 1 menit dapat dilihat hasilnya jika positif maka muncul plak putih pada serviks .  IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan cara inspeksi visual pada serviks dengan pemberian asam asetat . tidak coitus 1 – 3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan dan tidak sedang menggunakan obat – obatan vaginal. faktor psikologi. Pap Smear dapat dilakukan kapan saja. kecuali pada masa haid. Cara melakukan pap smear yaitu dengan memasukkan speculum ke vagina pasien untuk mengambil sample dari cervix. Plak putih ini diwaspadai sebagai lesi pra-kanker. Wanita yang aktif secara seksual disarankan menjalani Pap smear sekali setahun. . dan lain-lain. namun hal ini bergantung kepada anatomi pasien. Pemberian ini tidak menyakitkan dan hasilnya langsung saat itu juga dapat disimpulkan normal (negatif) atau positif (ada lesi pra-kanker). kram. Persiapan pasien untuk melakukan Pap Smear adalah tidak sedang haid. Prosedur ini dapat menimbulkan sedikit rasa sakit. di Inggris Pap smear mencegah sekitar 700 kematian per tahun. Asam asetat atau dikenal dengan asam cuka berguna untuk mendeteksi dini kanker serviks secara mudah dan murah juga memiliki keakuratan yang sangat tinggi dalam mendeteksi lesi atau luka prakanker yaitu mencapai 90%. Para wanita sebaiknya memeriksakan diri sampai usia 70 tahun. dan lain-lain dapat terjadi sesudahnya. Menurut perkiraan. Pap smear biasanya tidak dilakukan selama menstruasi. Sedikit pendarahan.Cara untuk mendeteksi dini yang dapat dilakukan ialah :  PAP SMEAR Papanikolaou test atau Pap smear adalah suatu pemeriksaan dengan mengambil cairan pada laher rahim dengan spatula kemudian dilakukan pemeriksaan dengan miroskop. Dengan cara memulas mulut rahim dengan asam asetat 3-5% selama 1 menit. Pemeriksaan Pap Smear dilakukan paling tidak setahun sekali bagi wanita yang sudah menikah atau yang telah melakukan hubungan seksual. Pap smear digunakan untuk mendeteksi kanker rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV. Sample kemudian diuji di laboratorium dan hasil diperoleh dalam waktu sekitar 3 minggu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->