P. 1
Fungsi Estrogen

Fungsi Estrogen

|Views: 29|Likes:
Published by irameindrawati

More info:

Published by: irameindrawati on Sep 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/26/2014

pdf

text

original

Fungsi Estrogen (hormon seks wanita) yang umumnya diproduksi oleh rahim yakni : 1.

merangsang pertumbuhan organ seks anak perempuan, seperti halnya payudara dan rambut kelamin, dikenal sebagai karakteristik seks sekunder. 2. Estrogen juga mengatur siklus menstruasi. 3. Menjaga kondisi dinding vagina dan elastisitasnya, serta dalam memproduksi cairan yang melembabkan vagina. 4. Mereka juga membantu untuk menjaga tekstur dan fungsi payudara wanita. 5. Mencegah gejala menopause seperti hot flushes (rasa panas didaerah tubuh bagian atas dan gangguan mood) 6. Mempertahankan fungsi otak. 7. Mengatur pola distribusi lemak di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita yang feminine 8. Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit, saluran kemih, vagina, dan pembuluh darah). 9. Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu menahan air. 10. Produksi sel pigmen kulit 11. Pada pria, estrogen tidak memiliki fungsi yang diketahui. Namun, kadar yang terlalu tinggi dapat mengurangi selera seksual, menyebabkan kesulitan ereksi, pembesaran payudara, dan kehilangan rambut tubuh pada beberapa pria. Adapun fungsi dari hormon Progesteron: 1. Mengatur siklus haid. 2. Mengembangkan jaringan payudara. 3. Menyiapkan rahim pada waktu kehamilan. 4. Melindungi wanita pasca menopause terhadap kanker endometrium.

Metamorfosis Sempurna (Holometabola) . Namfa berbeda dengan bentuk dewasa karena ukurannya lebih kecil. Wujud serangga diantara dua masa pergantian kulit disebut instar. Tahapan terakhir dalam metamorfosis (pada serangga) dinamakan : imago. Nimfa merupakan stadium atau fase (tahap) antara telur dan dewasa. dan belalang. Nimfa mengalami proses pertumbuhan dengan cara mengalami pergantian kulit terus menerus yang disebut: ekdisis. Secara singkat tahap-tahap metamorfosis tidak sempurna pada belalang dapat dilihat pada skema berikut : Telur . antara lain kecoak (lipas). jangkrik.Nimfa .Imago (dewasa) b. Metamorfosis pada belalang diawali dari telur. Telur akan menetas menjadi nimfa. Metamorfosis tidak sempurna (Hemimetabola) Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna.a.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->