Nama : Novian Yudha Prasetyo Off NIM : A2 : 110511427042

Achmad Hamami pendiri PT Trakindo Utama
Nama Achmad Hamami merupakan nama baru dalam daftar orang terkaya Indonesia yang dirilis oleh Forbes. Pria yang memiliki empat orang anak tersebut berhasil menempati posisi nomor tujuh orang terkaya di Indonesia dengan total harta mencapai US$ 2,2 Miliar. Memang keluarga ada di balik kisah suksesnya bahkan kini anak-anaknya; Mivida, Muki, Ana dan Bari lah yang menjalankan bisnisnya. Menjadi pengusaha pada awalnya bukanlah merupakan cita-cita Achmad Hamami. Ketertarikannya ke dunia militer membawa pria yang kini berusia 81 tahun tersebut menjadi anggota jajaran penerbang TNI Angkatan Laut.

Di saat muda, Hamami sempat menempuh pendidikan militer sebagai di Angkatan Udara Belanda dan bahkan berhasil lulus sebagai kolonel termuda pada akhir tahun 1960. Kondisi tempat kerjanya yang marak dengan korupsi membuatnya memutuskan untuk keluar sebagai anggota militer dan memulai bisnis kecil-kecilan di rumahnya dengan membuka kursus matematika bagi anak-anak. Anak-anaknya membantu menopang keuangan dengan berjualan es lilin.

Dewi fortuna hinggap kala seorang kerabat mengajaknya terlibat dalam penggarapan proyek infrastruktur. Trakindo Utama milik Achmad Hamami akhirnya resmi menjadi agen Caterpillar. Caterpillar. yang sebelumnya memiliki agen penjualan di Surabaya. Ia lantas mulai belajar manajemen secara profesional dan mengambil kuliah bisnis. melirik Hamami sebagai dealer pengganti lantaran tertarik dengan latar belakang militer dan reputasinya yang bersih. pabrikan traktor dan alat berat lain yang berbasis di California. Pada 13 April 1971. Reputasi Hamami yang bersih ketika berkarier di dunia militer membuat perusahaan alat berat asal Amerika Serikat. Caterpillar melirik perusahaannya sebagai distributor resmi Caterpillar di Indonesia. Sebagaimana dilansir dari Forbes. Amerika Serikat. . kesuksesan bisnis Hamami berawal pada tahun 1970 ketika mendirikan PT Trakindo Utama.com mengenai Profil Achmad Hamami. Saat itulah Hamami berkenalan dengan manajemen Caterpillar.

meski sayapnya kini melebar. Bahkan Achmad Hamami mendirikan beberapa anak perusahaan yang ditujukan untuk mendukung bisnis Trakindo Utama nantinya seperti PT Sanggar Sarana Baja di tahun 1977 dan PT Chandra Sakti Utama Leasing pada 1995. Tahun 1999. Achmad Hamami yang berlatar belakang militer mulai belajar mengenai dunia bisnis. Ia terserang glaukoma dan mengalami kebutaan hingga saat ini. Di bawah komando Rachmat Mulyana alias Muki. Ketika itu Achmad Hamami harus berada pada kondisi sulit karena perusahaannya memiliki hutang besar hingga mencapai US$ 118 juta ditambah dengan tidak adanya bank yang bisa memberikan pinjaman untuk menggerakkan bisnis Trakindo Utama. Seiring dengan peningkatan pembangunan infrastruktur di Indonesia pada tahun 1970-an. hingga 2009. kesehatan Hamami pun menurun. putra ketiganya. Lepas krisis. Adapun Trakindo sudah beroperasi di lebih dari 165 titik. hingga teknologi informasi. Kepada Forbes. Order bertambah. Selepas itu.Maraknya pembangunan infrastruktur pada pertengahan dekade 70-an membawa angin segar pada bisnis traktor. ia mengatakan bisnis utama . Dengan pertumbuhan 25%-35% tiap tahun. Untuk mendukung usahanya. PT Trakindo Utama turut merasakan dampaknya. perusahaan ini tumbuh dan beranak-pinak. Hebatnya. Hamami masih merupakan nahkoda di balik kebangkitan Trakindo Utama pasca krisis. Kini. Tak cuma bisnis yang lesu. ketika krisis moneter mengguncang Indonesia. maka keuntungan PT Trakindo Utama sebagai salah satu pendukunya pun ikut meningkat. Tapi jalan tak selalu mulus. Muki mengatakan tahun lalu pendapatan mereka mencapai US$ 2 miliar dan akan tumbuh hingga US$ 3. kesehatan Achmad Hamami yang ikut menurun seiring dengan menurunnya bisnis Trakindo Utama. Trakindo punya 68 cabang. pundi-pundi Trakindo pun makin tebal. tak cuma bisnis traktor dan alat berat karena mereka juga menggarap sektor pertambangan. logistik. Achmad Hamami menderita glaukoma dan mengalami kebutaan. Toh.2 miliar tahun ini. ditargetkan pada 2015 mereka bisa membukukan pendapatan US$ 6 miliar. putra ketiga Hamami. perlahan Trakindo bangkit. perusahaan ini berkembang tanpa mengandalkan utang. tak ada bank yang mau membiayai bisnisnya. Kondisi ini menjadikannya memilih untuk menyerahkan perusahaan kepada Rachmat Mulyana atau Muki. Ditambah lagi. Meskipun demikian. pembiayaan.

PT Cipta Krida Bahari. karena ia tidak kerasan dengan kondisi didalam lingkungan tersebut. PT Chitra Paratama. PT Mitra Solusi Telematika. Ia rela melepaskan jabatannya terdahulu sebagai anggota militer. Integrasinya dengan Trakindo bukan hanya vertikal. alat berat menjadi roti dan mentega bagi kami. ABM berbicara mengenai energi dan turunannya. melainkan horizontal juga. PT Cipta Kridatama. PT Chandra Sakti Utama Leasing. memulai bisnis kecil-kecilan yang didukung juga oleh anak-anaknya yang juga turut berjuang. Sekarang Mahadasha mengarahkan ke industri-industri terkait PDB (GDP-related industries). Hingga akhirnya menjadi pengusaha sukses. PT Chakra Jawara.Trakindo tetap alat berat. properti. seperti PT Sumberdaya Sewatama. Hingga kemudian pak Hamami dan keluarga dapat mendirikan PT Trakindo Utama. PDB Indonesia banyak berasal dari konsumsi domestik. Selain beberapa perusahaan diatas hingga kini PT Tiara Marga Trakindo memiliki beberapa perusahan baik yang menunjang secara langsung dalam bidang alat berat ataupun yang lainnya. Ia dapat melihat peluang Indonesia dengan Sumberdayanya yang kaya maka prospek pertambangan juga akan . Trakindo berfokus untuk alat berat (heavy equipment). satu-satunya dealer alat berat caterpillar di Indonesia. mulai dari makanan. bekerja keras dari sesuatu yang kecil. sampai mobil." kata dia Sekarang ada tiga sub-holding. Dari sedikit biografi salah satu pengusaha sukses Indonesia di atas banyak hikmah dan inspirasi yang dapat diabil dari pak Hamami. "Ibaratnya. PT Sanggar Sarana Baja.

Mengembangkan perusahaan dengan mendirikan anak-anak perusahaan yang juga dapat mensuport keberlangsungan bisnisnya. Hal yang juga patut diteladani dari pak hamami adalah kedisiplinannya. bisnis pak hamami terus berkembang hingga kini dan diturunkan pada anaknya yang juga berhasil meneruskan kesuksesan yang telah dicapai sebelumnya. Dengan kerja keras. Inilah yang memang harus dimiliki pengusaha. meskipun bisnisnya sudah besar dan sudah di teruskan oleh anak-anaknya ia masih tetap dating kekantornya guna memantau meskipun kondisi fisik sudah tidak lagi mendukung dan juga meski sudah tidak bisa lagi melihat (buta). serta terus menerus memiliki keinginan untuk berkembang. selalu tidak putus asa dan pantang menyerah. ia tetap berusaha dan akhirnya bisa bangkit dan lebih berkembang dari sebelumnya.bagus kedepannya yang juga pansi akan membutuhkan alat berat dalam support produksinya. Pak hamami juga tidak putus asa ketika ia dan perusahaannya terpuruk. termasuk mengembangkan asset-aset yang dimiliki. dan tiada henti terus belajar untuk mengembangkan usaha maka kesuksesan dalam bisnis bukan hal yang tidak mungkin . tidak pernah berpuas diri akan pencapaian. kedisplinan. semangat pantang menyerah.