PRAMUKA

D I S U S U N OLEH: Marsitha Zubha Sakinah Basalama XI.IA.C.I

PRAMUKA PENEGAK

Penegak adalah sebuah golongan setelah pramuka penggalang. Anggota pramuka Penegak berusia dari 16-19 tahun. Disebut Pramuka Penegak karena sesuai dengan kiasan pada masa Penegakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Penegak disebut Sangga dan Kesatuan dari beberapa Sangga disebut Ambalan. Setiap Sangga beranggotakan 7-10 orang Pramuka Penegak dan dipimpin oleh seorang Pemimpin sangga yang dipilih oleh anggota sangga itu sendiri. Masingmasing Pemimpin sangga ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin Sangga Utama yang disebut Pradana. Ambalan yang terdiri dari beberapa sangga tersebut dipimpin oleh seorang Pradana Dalam Golongan Pramuka Penegak ada dua tingkatan, yaitu: 1. Penegak Bantara 2. Penegak Laksana Setiap anggota Penegak yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya yang dikenakan pada pundak berwarna dasar hijau. TKU untuk Penegak berbentuk sebuah tunas kelapa yang terlipat dua. Kode Kehormatan bagi Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan anggota dewasa, terdiri atas: 1. Janji yang disebut Trisatya, selengkapnya berbunyi: Trisatya Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh: menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat Menepati Dasadarma.

2. Ketentuan moral yang disebut Dasadarma, selengkapnya berbunyi: Dasadarma 1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. 3. Patriot yang sopan dan kesatria. 4. Patuh dan suka bermusyawarah. 5. Rela menolong dan tabah. 6. Rajin, trampil dan gembira. 7. Hemat, cermat dan bersahaja. 8. Disiplin, berani dan setia.

9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya. 10.Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA 1. SEJARAH SINGKAT GERAKAN PRAMUKA SEDUNIA Untuk dapat memahami hakekat kepramukaan,kita perlu mempelajari sejarah berdirinya dan berkembangnya gerakan pramuka sedunia.kalau kita pelajari sejarah tersebut,kita tidak terlepas dari riwayat hidup pendiri kepramukaan sedunia yaitu “ROBERT STEVENSON SMYTH BADEN POWELL OF GILWELL”. Pengalaman hidup beliau tercetus untuk mengeluarkan gagasan mengenai pembinaan para remaja di Negeri Inggris. Baden powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London.nama sebenarnya adalah ROBERT STEVENSON SMYTH,sedangkan ayah beliau seorang fropesor geometri di Universitas Oxford yang meninggal ketika Stevenson masih kecil. Pengalaman Baden Powell yang berpengaruh pada kegiatan kepramukaan banyak sekali dan menarik diantaranya : a. Karena ditinggal bapak sejak kecil, maka mendapatkan pembinaan watak ibunya. b. Dari kakaknya mendapat latihan keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lainnya. c. Sifat Baden Powell yang sangat cerdas, gembira, lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar sehingga disukai teman-temannya. d. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O’Hara. e. Terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan. f. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu. Pengalaman ini ditulis dalam buku “Aids To Scouting” yang merupakan petunjuk bagi Tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik. Tuan William Smyth sebagai salah seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya,lalu dipanggil lah sebanyak 21 orang pemuda dari Boys Brigade diberbagai wilayah negeri Inggris diajak berkemah dan berlatih di pulau “BROWNSEA” pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari. Tahun 1910 Baden powell minta pensiun dari Tentara dengan pangkat terakhir Letjen.beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929.Baden powell menikah dengan “OLAVE ST CLAIR SOAMES” pada tahun 1912 dan dianugerahi 3 orang anak yang bernama : “FITTER’HEATER’BETTY”. Nama Saudara: Warrington, George, Augustus, Frank,Penrose, Agnes,

Tahun 1967 Jambore dunia ke 12 di Idaho.Birkenhead.Austria.Amerika Serikat. Tahun 1937 Jambore dunia ke 5 di Vogelenzang. Tahun 1933 Jambore dunia ke 4 di Gidollo.Kenya. Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Sedunia di arena Olimpiade London. Tahun 1947 Jambore dunia ke 6 di Moisson. I. M.Philipina.Kemudian disusul berdirinya organisasi kepramukaan putri yang di beri nama “GIRL GUIDES” atas bantuan adik Perempuan nya yang bernama AGNES dan kemudian diteruskan oleh Nyonya Baden powell.Kanada. KEPRAMUKAAN SEDUNIA Pada awal tahun 1908 Baden powell selalu menulis cerita pengalamanya sabagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. J. D. N.tetapi masih senang giat dibidang kepramukaan. H.kumpulan tulisanya itu kemudian terbit sebagai buku “SCOUTING FOR BOYS” buku ini cepat tersebar keseluruh Negeri Inggris. L. Tahun 1955 Jambore dunia ke 8 di Ontaria. C. Tahun 1963 Jambore dunia ke 11 di Marathon.Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia Siaga yang disebut “CUB” (anak serigala) dengan buku “THE JUNGGLE BOOK” berisi cerita tentang “MOWGLI” anak didikan rimba (anak yang dipelihara dihutan oleh induk serigala) karangan “RUDYARD KIPLING” sebagai ceritera pembungkus Cub tersebut.Jepang.Perancis. Tahun 1924 Jambore dunia ke 2 di Ermelunden. F. Tahun 1929 Jambore dunia ke 3 di Arrow park. Tahun 1951 Jambore dunia ke 7 di Salz kamergut. K. . Tahun 1971 Jambore dunia ke 13 di Asagiri.Tahun1918 Baden powell membentuk “ROVER SCOUT” pramuka usia Penegak untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun.Belanda.Norwegia.Denmark. Tahun 1959 Jambore dunia ke 10 di Makiling.Bloemendaal. Tahun 1957 Jambore dunia ke 9 di Stton park.Baden powell telah mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (CIEF SCOUT OF THE WORLD). B.agar mencapai kebahagiaan. Tahun 1975 Jambore dunia ke 14 di Lillelahmmer. Jessie dan Baden Fletcher Baden powell meninggal pada tanggal 8 January 1941 di Anyeri. G.Copenhagen.tahun 1922 Baden powell menerbitkan buku “ROVERING TO SUCCESS” mengembara menuju bahagia yang berisi petunjuk bagi para pramuka penegak dalam menghadapi hidupnya.Afrika.Yunani. JAMBORE DUNIA A.Budepest.Sutton coldfield.Henrietta. E.Inggris.Hongaria.bahkan di Negara-negara lainya dan berdirilah di mana-mana organisasi Kepramukaan yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia Penggalang yang di sebut “BOYS SCOUT”.Inggris.

HAK PATENT Lambang atau tanda Silhoette tunas kelapa dengan nomor 176643 tanggal 22 Oktober 1983Tulisan pramuka dengan nomor 176517 tanggal 18 Oktober 1983. -Tali yang mengikat : Melambangkan bangsa Indonesia selalu bersatu. -Bintang 3: Melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa.Kanada.Biro kepramukaan sedunia putri sampai sekarang tetap berada di London dan juga mempunyai kantor di 5 kawasan yaitu: Eropa. Cristine sam menjadi asisten pemimpin 20 anggota yang terdiri dari Remaja dan Wanita. Cristine sam berusia 88 tahun.Cristine sam mengikuti kegiatan pramuka sejak berusia 15tahun.ia telah banyak mendapat tanda kecakapan sebanyak 21 buah.tepatnya pada tahun1923 kalau dihitung tak kurang 73 tahun.menjelajah hutan dan juga berenang sejauh 1. -Bunga 3: Melambangkan Tri Satya. P.Mesir. Lambang pramuka untuk putri sedunia disebut : “GIRL GUIDE”. . SKU adalah : Untuk memberi rangsangan dan kepercayaan kepada anak didik untuk melakukan suatu dengan tindakan dengan rasa tanggung jawab. Tahun 1983 Jambore dunia ke 15 di Kananaskis. Lambang pramuka untuk putra sedunia disebut : “BOYS SCOUT”. -Bunga semangi (putri).Alberta.O.Arab. Arti dari lambang kepanduan: -Warna biru: Melambangkan perdamaian.dan amerika latin.Lambang atau tanda gambar tunas kelapa dilingkari padi dan kapas dengan nomor178518 tanggal 18 oktober 1983BIRO KEPRAMUKAAN SEDUNIA Biro kepramukaan sedunia putra hanya mempunyai 40 orang tenaga staf yang ada di Geneva dan 5 kantor kawasan yaitu : Costa rika.Asia pasifik.ia tanggal bersama anaknya di Alabama AS.Cristine sam tercatat sebagai anggota pramuka tertua di AS. PENGERTIAN SKU.Philipin.Iran tetapi di batalkan. Tahun 1979 Jambore dunia yang seharusnya di Neis haboor. PRAMUKA WANITA TERTUA AS CRISTINE SAM.Swiss dan Nigeria.Afrika.meskipun usianya telah lanjut ia masih suka Camping. LAMBANG KEPANDUAN Lambang kepanduan terbagi atas 2 yaitu: -Bunga lili atau Wosm (putra).6 km.

BENTUK DAN ARTI KIASAN LAMBANG PRAMUKA Bentuk lambang gerakan pramuka adalah gambar bayangan(silhoutte)tunas kelapa. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi. Warna merah=penggalang Berani bertanggung jawab apabila melakukan suatu perbuatan. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan yang baik.mulia dan jujur serta ia tetap tegak tidak mudah di ombang-ambingkan oleh sesuatu.kuat. Ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya. c) Nyiur dapat tumbuh dimana-mana yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya terhadap masyarakat dimana ia berada dalam keadaan yang bagaimanapun juga. 2. f) Nyiur adalah pohon serbaguna dari ujung atas hingga akarnya. bangsa. lurus. dan nyata. Dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. d) Nyiur yang tumbuh menjulang keatas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Satuan kecil untuk siaga disebut BARUNG (tempat penjaga ramuan bangunan)satuan yang terdiri beberapa barung disebut perindukan(tempat dimana anak cucu ngumpul) . Arti kiasan lambang gerakan pramuka adalah sebagai berikut: a) Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Warna hijau= siaga Pembimbingan atau pembinaan dalam memetik kehidupan. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa setiap pramuka adalah seorang pramuka yang rohaniah dan jasmaniah. 3. dan negara kesatuan RI serta kepada umat manusia. e) Akar nyiur yang tumbuh kuat dan erat dalam tanah. dan ulet sertabesarnya tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dalam menempuh segala ujian dan kesukaran/mengabdi terhadap tanah air bangsa Indonesia.benar. b) Buah nyiur dapat bertahanlama dalam keadaan bagaimanapun juga. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa indonesia.sehat. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri kepada tanah air.kuat.ARTI WARNA SKU 1. Warna kuning= penegak Berjiwa kepemimpinan dan pengbdian yang luhur. SATUAN BEREGU DI DALAM KEPRAMUKAAN a.

Satuan terkecil dalam penegak disebut SANGGA Rumah kecil untuk orang yang diberi tanggung jawab menggarap sawah atau ladang d. Non politik 8. PRINSIP DASAR METHODIC PADA KEPRAMUKAAN Di ciptakan oleh baden powell di tulis dalam anggaran dasar kepramukaan sedunia bab IV sebagai berikut : 1. Salam hormat. Menolong sesama hidup 5. SALAM PRAMUKA Salam pramuka terbagi atas 3: Salam biasa. Methode latihan yang unik bagi anak dan pemuda dalam bentuk kegiatan yang diarahkan untuk menyiapkan mereka menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan atas dasar . Kesukarelaan 7. Kewajiban terhadap tuhan dan agama 2.Sistem tanda kecekapan .terdepan yang langsung menghadapi tantangan. Setia kepada Negara 3. Persahabatan dan persaudaraan dunia 4. Satya dan dharma pramuka 6. digunakan apabila bertemu dengan pembina atau orang yang lebih tua dari pada kita.b. digunakan apabila bertemu dengan teman yang sebaya atau seusia dengan kita.Sistem beregu . Satuan kecil untuk pandega disebut RACANA (pondasi alas tiang /umpak atap) (1) Satuan perindukan siaga (2) Satu pasukan penggalang (3) Satu ambalan penegak (4) Satu racana pandega Bersama merupakan satu gugus depan(kombinasi satuan)yang bertugas didepan. Satuan untuk penggalang disebut REGU (Gardu pangkalan meronda)satuan yang terdiri dari berbagai regu disebut pasukan(tempat suku berkumpul) c. Salam janji. digunakan apabila dalam pelantikan atau acara resmi pramuka.

Pita leher putra : i) Siaga ii) Penggalang 2. Lagu indonesia raya ini pertama kali di nyanyikan dan di iringi dengan alat musik gesek(biola) UKURAN SETANGAN LEHER/KACU 1.supratman lahir pada tanggal 09 maret 1903 di jatinegara dan beliau wafat pada malam selasa tanggal 16 agustus 1938 di surabaya.Setangan leher atau .Kegiatan di alam terbuka SEJARAH SINGKAT BENDERA PUSAKA Bendera merah putih di kibarkan pada tanggal 20 oktober 1920 dan di tetapkan sebagai bendera RI pada tanggal 17 agustus 1945. Yang menjahit bendera merah putih adalah Ibu Fatma wati selama satu hari satu malam dan bendera belanda di sobek oleh 3 orang pejuang arek-arek suroboyo yang bernama :Kusno wibowo.RingRing setangan leher berbentuk bulat seperti cincin yang terbuat dari rotan atau seng yang terletak di setangan leher atau kacu. Ayahnya bernama mas senen sastro soehardjo. Sutrisno SEJARAH SINGKAT LAGU INDONESIA RAYA Lagu Indonesia raya di ciptakan oleh wr. Pita leher putri i) Siaga ii) Penggalang :80-90 cm :90-100 cm :100-110 cm :±90 cm :±100 cm :±120-136 cm iii) Penegak/pandega/pembina iii) Penegak/pendega/pembina SAKA DI INDONESIA Saka bahari (angkatan laut) Saka bhayangkara (polisi) Saka dirgantara (angkatan udara) Saka taruna bumi (kehutanan) Saka kencana (KB) Saka bhakti husada (Dinkes) Saka wana bakti (penghijauan) Saka Wirakartika ( TNI AD ) TAPEL PRAMUKA Amblem Lambang tunas kelapa yang berbentuk segi empat terbuat dari seng yang terletak di topi atau baret. Haryanto..supratman kaoem moeda. Wr.

Penggalang ramu. Wafatpada tanggal 08 januari 1941.Siaga bantuKader – kader bangsa dan bisa meramu kader – kader bangsa yang sudah di siagakan.Golongan siaga berusia :7-10 tahun. Lahir pada tanggal 22 februari 1857 di London. Juanda.Pencipta lambang cikal adalah Sunarjo Admodiporo pada tanggal 14 Agusstus 1961. Ia lahir di AS pada tanggal 27 April 1796. Jalannya cita – cita yang tinggi. TINGKATAN DALAM PRAMUKA SiagaPenggalangPenegak TINGKATAN SIAGA Siaga terbentuk pada tanggal 20 Mei 1908 terdiri dari 3 tingkatan Siaga mulaKader – kader bangsa yang baru tumbuh dan memulakan cita – citanya.Bapak koperasi indonesia adalah Moh. b.H Agus Salim. Penggalang terap.Penemu morse adalah Samuel Finley Blease Morse pada tahun 1837 dan digunakan pada tahun 1857.Bapak pramuka Indonesia adalah K. Siaga tataSiaga itu harus bisa menata hidupnya sendiri dan bisa menata apa yang ia cita – citakan.Penegak pandegaPenegak yang harus berdiri sendiri dan sudah bisa dilaksanakan dengan tenaga yang terampil. TINGKATAN PENGGALANG Terbentuk pada tanggal 28 oktober 1928 terdiri dari 3 tingkatan : a.dan warna hitam untuk seorang pembina. Cikal ini terletak di saku sebelah kanan. TINGKATAN PENEGAK Penegak terbentuk pada tanggal 17 agustus 1945 terdiri dari 3 tingkatan : Penegak bantaraPenggalangan kader – kader bangsa yang sudah siap siaga dan ia harus di ikuti atau di bantarai oleh kader – kader bangsa yang sudah terampil.warna merah untuk pramuka penggalang.Penegak laksanaPenegak yang sudah di bantarai hanya dilaksanakan dengan tenaga yang terampil.CikalGambar tunas kelapa yang berwarna hijau untuk pramuka siaga. Adiknya bernama Agnes. Penggalang rakit. Hatta.Golongan penggalang berusia:11-15 . Ibunya bernama saeg labbe.kacuBerbentuk segitiga kain berwarna merah putih yang terletak di leher atau dada.Bapak palang merah sedunia adalah Hendri Dunant. RANGKUMAN Mayjen robert steven smith lord baden powel of gil well.Bapak pandu Indonesia bernama Sri Sultan Hamengkubuwono IX. baru bisa meramu diterapkan untuk penggalang kader – kader bangsa yang sudah siap siaga. Sesudah meramu ia harus bisa juga dirakit dengan jalan yang lebih tinggi.warna cokelat untuk pramuka penegak. Kader – kader bangsa yang sudah di siagakan dan bisa meramu untuk cita – cita yang lebih tinggi. Ayahnya bernama Lord robert stevenson smith. c.Pencipta nama pramuka adalah Ir. Istrinya bernama Olave st clair soames.

tahun. Kelapa yang menghadap kekiri : melambangkan bahwa penegak tersebut sudah bisa turun ke masyarakat. MACAM – MACAM SINGKATAN MUNAS:Musyawarah Nasional MUSDA:Musyawarah Daerah MUCAB:Musywarah Cabang MURAN:Musyawarah Ranting MUGUS:Masyawarah Gugus Depan KWARNAS:Kwartir Nasional KWARDA:Kwartir Daerah KWARCAB:Kwartir Cabang KWARAN:Kwartir Ranting PUSBIKA:Pusat pendidikan Pembina Pramuka DKN:Daerah Kerja Nasional DKD:Dewan Kerja Daerah DADIKA:Daerah Pendidikan pembina Pramuka CADIKA:Cabang Didikan pembina Pramuka DKC:Dewan Kerja Cabang DKR:Deawan Kerja Ranting MABISA:Majelis Bimbingan Saka MABIGUS:Majelis Bimbinag Gugus Depan .Warna kuning : melambangkan kekayaan alam Indonesia. Kepanjanag bantara: bantuan terhadap rakyat. Kepanjangan laksana: laksanakan dengan dengan bijaksana. Kelapa yang menghadap kekanan : melambangkan bahwa penegak tersebut bisa mengintropeksi dirinya sendiri. Kepanjangan pandega: pembangunan desa dan negara.Golongan pandega : 21-25 tahun. Kiasan lambingBintang : melambangkan ketuhanan yang maha esa.Golongan penegak berusia:16-20 tahun. Warna hijau : melambangkan kesuburan alam Indonesia.

di Indonesia mengenal yang namanya GERAKAN KEPANDUAN. Presiden melantik anggota Mapinas. Untuk itu. SEJARAH KEPRAMUKAAN Gagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar ke berbagai negara termasuk Netherland atau Belanda dengan nama Padvinder. dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No. Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjabat Ketua dan Brigjen TNI Dr.000 anggota Gerakan Pramuka mengadakan Apel Besar yang diikuti dengan pawai pembangunan dan defile di depan Presiden dan berkeliling Jakarta. Badan Pimpinan Pusat ini secara simbolis disusun dengan mengambil angka keramat 17-8-’45. Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 ini kemudian dilakukan sebagai HARI PRAMUKA yang setiap tahun diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka. Sementara itu dalam Kwarnas.A. Menurut Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 14 Agustus 1961 bukan saja di Ibukota Jakarta.SEJARAH PRAMUKA INDONESIA Dulu. Oleh orang Belanda gagasan itu dibawa ke Indonesia dan didirikan . Mapinas diketuai oleh Dr. tanggal 14 Agustus 1961 jumlah anggota Mapinas menjadi 70 orang dengan rincian dari 70 anggota itu 17 orang di antaranya sebagai anggota Kwarnas dan 8 orang di antara anggota Kwarnas ini menjadi anggota Kwarnari. pimpinan perkumpulan ini dipegang oleh Majelis Pimpinan Nasional (MAPINAS) yang di dalamnya terdapat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kwartir Nasional Harian. Kwarnas dan Kwarnari. sebelum ada yang namanya PRAMUKA. yaitu terdiri atas Mapinas beranggotakan 45 orang di antaranya duduk dalam Kwarnas 17 orang dan dalam Kwarnasri 8 orang.447 Tahun 1961. Sri Sultan Hamengkubuwono IC dan Wakil Ketua II Brigjen TNI Dr. Lalu. Ir. Presiden RI dengan Wakil Ketua I. Namun demikian dalam realisasinya seperti tersebut dalam Keppres RI No. di Istana negara. simaklah rangkaian cerita berikut : Pidato Presiden pada tanggal 9 Maret 1961 juga menggariskan agar pada peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Gerakan Pramuka telah ada dan dikenal oleh masyarakat. PRAja MUda KArana. tapi juga di tempat yang penting di Indonesia. Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai. Aziz Saleh sebagai Wakil Ketua merangkap Ketua Kwarnari. sekitar tahun 1961 barulah namanya berubah menjadi PRAMUKA.A. Sebelum kegiatan pawai/defile.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional. Soekarno. Aziz Saleh. Oleh karena itu Keppres RI No.238 Tahun 1961 perlu ada pendukungnya yaitu pengurus dan anggotanya. Di Jakarta sekitar 10.

pelopor. pembuka jalan:” (Kamus Besar Bahasa Indonesia).organisasi oleh orang Belanda di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda). perintis jalan. Karena itu dalam pembuatan pionering sangat diperlukan penguasaan terhadap materi tali-temali termasuk aneka simpul dan ikatan. Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuklah Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di Sala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan. Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat Perkindo masih lemah. PPS (Pandu Pemuda Sumatra) bergabung menjadi KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery). gapura atau pintu gerbang. Bahan yang digunakan untuk membuatnya biasanya terbatas pada kayu dan tali. dan lain-lain. HW (Hisbul Wathon). tiang bendera. Kelemahan gerakan kepanduan Indonesia akan dipergunakan oleh pihak komunis agar menjadi gerakan Pioner Muda seperti yang terdapat di negara komunis. Atau diambil dari bahasa Inggris ‘pioneering’ yang berarti ‘kepeloporan’. Akan tetapi kekuatan Pancasila dalam Perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana Menteri Ir. POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia) Menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia). Oleh pemimpin-pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. rak sepatu. Dalam kepramukaan pionering merupakan keterampilan dalam pembuatan bangunan darurat dengan menggunakan bahan-bahan seadanya. jembatan. maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO. PK (Pandu Kesultanan). Jenis bangunan yang dibuat semisal menara pandang atau menara jaga. Sekitar tahun 1961 kepanduan Indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kepanduan yang terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951. 238 tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka yang pada tanggal 20 Mei 1961 ditandatangani oleh Pjs Presiden RI Ir Juanda karena Presiden Soekarno sedang berkunjung ke Jepang PIONERING Pionering diambil dari kata pionir yang mempunyai arti “penganjur. Agus Salim menggunakan nama Pandu atau Kepanduan. Pada waktu pendudukan Jepang Kepanduan di Indonesia dilarang sehingga tokoh Pandu banyak yang masuk Keibondan. SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery). NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery). dan aneka perabotan perkemahan semacam meja makan. Dengan meningkatnya kesadaran nasional setelah Sumpah Pemuda.H. Juanda maka perjuangan menghasilkan Keppres No. Seinendan dan PETA. .Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K. Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (Persatuan Antar Pandu Indonesia) yang berubah menjadi BPPKI (Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia) pada tahun 1938.

dan ikatan untuk kaki 3 atau lebih. palang. canggah. dragbar. tali. menara pengintai. dan palu.Model-model yang dibuat dalam pionering yang sederhana misalnya adalah berupa bentuk jemuran. gapura dengan bentuk yang rumit. Alat lain yang menunjang pembuatan pionering adalah seperti : gergaji. dan mobil. pisau atau gunting. Sedangkan bentuk-bentuk yang cukup rumit adalah seperti menara isyarat. Contoh-contoh menara Pionering Menara Pandang Menara pandang dua segitiga bersilangan Menara pandang dua segitiga terbalik Menara pandang segitiga . dan masih banyak lagi. penarik. bintang. Yang terpenting adalah kreatifitas dan kemampuan kita dalam pembuatan model yang kita inginkan. dan bentuk sederhana lainnya. dalam pionering sebenarnya hanya terdapat 4 ikatan yaitu ikatan silang. Jadi dalam pembuatan pionering kita tidak bisa terlepas dengan " Tali-temali ". tiang bendera. Intinya.

Berikut ini akan dijelaskan jenis atau macam – macam simpuil dalam tali temali. Simpul Kembar Untuk menyambung dua tali sama besar dan dalam keadaan licin atau basah. C. A. Simpul Tiang atau Laso Untuk mengikat leher binatang agar tidak terjerat dan masih dalam keadaan bebas. O. Simpul Pangkal Untuk permulaan ikatan. M. Simpul Kursi atau Tiang Berganda Untuk mengangkat dan menurunkan orang atau barang. P. D. B. Tali – temali adalah keterampilan dengan menggunakan dasar tali yang dikelompokkan dalam simpul dan ikatan.TALI TEMALI Tali temali merupakan salah satu cabang ilmu pionering. L. G. Simpul Gajah Mada Untuk membuat ikatan kaki tiga. I. Simpul Penarik Sebagai pegangan untuk menarik benda yang besar dan berat. Simpul Erat atau Tambat Untuk memulai suatu ikatan H. Simpul Tarik Untuk menuruni tebing atau pohom dan tidak akan kembali. F. Simpul Ujung Tali atau Menusuk Tali Simpul ini digunakan supaya pintalan tali tidak terlepas atau tidak terurai. Simpul Mati Palsu Untuk menyambung dua utas yang sama besarnya tapi setelah disimpul susah dilepaskan. Simpul Gulung Diikatkan pada tali penarik agar orang lain bias membantu menarik N. K. Simpul Delapan Gunanya untuk membuat tangga dengan satu tali E. Simpul Anyam Berganda Untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi basah atau kering. Simpul Anyam Untuk menyambung dua tali yang tidak sama besarnya dalam kondisi kering. Simpul Mati Gunanya untuk menyambung dua utas tali yang sama besarnya atau segemang. . Simpul Jangkar Untuk membuat tandu darurat. J.

Simpul Nelayan atau Pemukat Untuk menarik balok kayu yang besar R.Q. Simpul Hidup Untuk mengikat tiang dan mudah dibuka lagi S. . Ikatan Kaki Tiga Dapat digunakan dengan ikatan bentuk delapan atau dapat dimulai dengan simpul gajah mada. Ikatan Palang Untuk membentuk palanmg yang bersudut 90 derajat. Simpul tetap Untuk mengikat tali pada tiang lebih lama. Ikatan Silang Untuk membentuk tongkat bersilangan dan talinya membentuk diagonal. Ikatan Canggah Untuk menyambung dua buah tongkat untuk membentuk 180 derajat Beberapa bentuk simpul yang biasa di pakai pada tali temali: SIMPUL TIANG BERGANDA Fungsi : untuk mengikat orang(korban) dari bawah ke atas atau sebaliknya SIMPUL KURSI Fungsi : sebagau pengangkat/menurunkan benda atau orang pingsan. yaitu : A. C. Sementara Ikatan terapat beberapa macam pula. Simpul Hidup Berganda Untuk mengankat tiang atau balok T. B. D.

SIMPUL KEMBAR Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang sama besar dalam keadaan licin(basah) SIMPUL TIANG Fungsi : untuk mengikat sesuatu sehingga yang diikat masih dapat begerak leluasa. SIMPUL UJUNG TALI Fungsi : agar pintalan pada ujung tali tidak mudah terlepas . misalnya mengikat leher binatang supaya tidak tercekik SIMPUL ERAT Fungsi : untuk memendakkan tali tanpa memotongnya.

SIMPUL TANGAN SIMPUL ANYAM Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang tidak sama besar dalam keadaankering(tidak basah) ANYAMAN MATA Fungsi : untuk menyambung 2(dua) utas tali yang sama besarnya SIMPUL HIDUP .

FIGUR ANGKA SIMPUL LASSO SIMPUL ANYAM BERGANDA Fungsi : untuk menyambung 2(dua) buah tali yang tidak sama besar dalam keadaan licin(basah) .

SIMPUL TAMBAT SIMPUL PRUSIK SIMPUL PENARIK Fungsi : untuk menarik sesuatu benda yang cukup besar SIMPUL MATI .

b. . Kepeduliannya terhadap usaha meningkatkan citra Gerakan Pramuka di masyarakat 2.SIMPUL PANGKAL Fungsi : untuk mengikatkan tali pada kayu atau tiang. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dan Pengetahuan Praktis tentang Kesehatan merupakan alat pendidikan bagi para pramuka sesuai selaras dengan perkembangannya agar mampu menjaga kesehatan dirinya dan keluarga serta lingkunganny. d. b. antara lain pada pasien yang : a. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (PPPK) merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang memberikan bekal peserta didik dalam hal pengalaman : a. c. akan tetapi simpul pangkal ini dapat juga untuk memulai suatu ikatan PPPK KETRAMPILAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN 1. Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan seperangkat ketrampilan dan pengetahuan kesehatan yang praktis dalam memberikan bantuan pertama kepada orang lain yang sedang mengalami musibah. Kewajiban diri untuk mengamalkan kode kehoramatan pramuka Kepeduliannya terhadap masyarakat/orang lain c. Berhenti bernafas Pendarahan parah Shok Patah tulang 3. dan mempunyai kemampuan yang mantap untuk menolong orang lain yang mengalami kecelakaan.

MATERI POKOK a. 2. Setelah kontak dengan aliran listrik tiada lagi. Luka yang sudah berdarah tidak boleh dibersihkan karena pendarahan akan membersihkan luka itu sendiri. 2. atau dapat juga dengan jalan tutup mulut korban rapat-rapat selanjutnya penolong menempelkan mulutnya ke hidung korban dan meniupnya. Langkah-langkah pertolongan dengan napas buatan dari mulut ke mulut/hidung sebagai berikut: a. Penolong membuka mulut lebar-lebar dan ditempelkan ke mulut korban rapat-rapat dan pencet hidung atau tutup hidung korban dengan pipi. jangan ragu-ragu lagi menggunakan baju kotor atau tangan telanjang untuk menekan bagian yang luka agar darah tidak terus menerus mengucur karena kehilangan darah dari tubuh korban lebih berbahaya daripada resiko infeksi. d. Orang dewasa secara teratur dan kuat ditiupkan 12 kali tiupan pada setiap menit. kepada : 1. karton. Kepala korban diletakkan dengan posisi dagu mendongak ke atas Rahang ditarik sampai mulut terbuka c. b. papan. 3. Luka hendaknya ditutup kain kasa kompres yang steril. yang boleh dibersihkan adalah kulit di sekitar luka. Anak-anak ditiupkan 20 kali tiap menit P3K bagi korban Sengatan Listrik 1. P3K bagi pasien yang menderita pendarahan parah 1. Gunakan tongkat kering/papan kering untuk menarik atau mendorong kawat beraliran listrik yang menempel pada tubuh korban 3. Penolong hendaknya berdiri di atas karet. Cara yang paling praktis dan efisien untuk menyelamatkan nyawa orang tersebut adalah dengan jalan : meniupkan nafas ke paru-paru korban. handuk atau sobekan sprei yang semuanya sudah dicuci dan disetrika. selanjutnya kain kasa kompres tersebut ditekan kuat-kuat dengan tangan sampai pendarahan berhenti. apapun latar belakangnya. penderita selalu diancam shok. saputangan bersih lainnya. Untuk menutup luka biasa juga menggunakan bahan yang bersih lainnya. untuk itu diselimuti dan letakkan penderita pada posisi yang . b. selanjutnya segera dilakukan nafas buatan sampai bantuan medis datang c. Tiup ke mulut/hidung korban. P3K bagi pasien yang berhenti bernafas Kalau seseorang tiba-tiba napasnya berhenti. harus segera dilakukan nafas buatan. misalnya kasa steril. Kalau tidak tersedia peralatan yang steril. Pada semua kasusapendarahan serius. atau karpet yang dalam keadaan kering 2. dengan air sabun atau air ledeng biasa atau air yang sudah dimasak.

g. b. tungkai dapat ditinggikan 30-45 cm di atas posisi kepala. c. keracunan yang parah.palingamenyenangkan dan semua yang mengikat pada tubuh harus dilepaskan termasuk ikat pinggang. a. Setiap kecelakaan. Pasien/penderita yang sadar. tidak muntha dan tidak mengalami luka di perut. b. kadangkadang pasien menggigil e. Selimuti pasien dan hindarkan dari lantai serta udara dingin Usahakan pasien tidak melihat lukanya d. h. Menyelimuti dan meletakkan penderita pada posisi yang paling menyenangkan 4. f. Tanda-tanda Shok Denyut nadi cepat tapi lemah Merasa lemas Muka pucat d. Merasa haus Merasa mual Nafas tidak teratur Tekanan darah sangat rendah 3. d. Langkah . Pertolongan Pertama Mengurangi Shok antara lain dilakukan dengan cara : a. c. dapat diberi larutan shok yang terdiri dari : . Pertolongan Pertama Mengurangi Shok 1. kerinagt dingin di kening dan telapak tangan.langkah Pelaksanaan Pertolongan Pertama Mengurangi Shok a. bahkan sampai fatal. Kulit dingin. b. kebakaran. c. dengan tujuan untuk menambah aliran darah ke jantung dan otak. Menghentikan pendarahan Meniadakan hambatan-hambatan pada saluran nafas Memberi nafas buatan d.1 sendok teh garam . karena shok merupakan reaksi tubuh yang ditandai oleh melambatnya atau terhentinya peredaran darah dan berakibat penurunan persediaan darah pada organ-organ penting. Bila kaki tidak patah. sering kali disertai dengan shok baik ringan atau parah. Baringkan korban dengan posisi kepala sama datar atau lebih rendah dari tubuh. 2.

Perlakukan pasien dengan lemah lembut Cepat-cepat panggil dokter .dapur .4-5 gelas air .dan bisa juga ditambah air kelapa/kopi kental/teh e. f.½ sendok teh tepung soda kue .

sebelum memulai sandi maka harus diawali dengan sandi "nomor" dan jika ingin kembali membuat sandi huruf maka harus membuat sinyal "J" . itu hanya merupakan pertanda agar pesan lebih mudah ditangkap. Namun sebenarnya warna bendera itu sendiri tidaklah terlalu penting. yang dinamakan bendera semafor. tangan kosong atau dengan sarung tangan. Di Indonesia bendera yang biasa digunakan dalam kegiatan kepramukaan berwarna merah dan oranye. Namun seiring dengan semakin redupnya kegiatan pramuka di Indonesia. Biasanya kegiatan semafor ini diajarkan sejak dalam level pramuka siaga dan merupakan keterampilan yang dipraktekan pada acara perkemahan. jika dikirimkan dari laut. Orang yang ditugaskan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di sebuah tempat yang tinggi atau di lantai yang tingginya sekitar 2-3 meter dari permukaan tanah semafor Semafor modern Semafor kini menggunakan dua bendera yang berbentuk persegi. jika dikirimkan dari darat maka bendera akan berwarna biru dan putih.SEMAPHORE Pengertian Semaphore Semafor adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. maka benderanya berwarna merah dan oranye. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam. yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. semafor digunakan dalam komunikasi kelautan. dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Karakter Untuk membuat sandi angka. Sebenarnya warna bendera tergantung asal pesan itu dikirimkan. yang akan digunakan oleh pengirim sinyal untuk melakukan posisi-posisi yang bisa diterjemahkan menjadi huruf dan angka. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera. batang. Semafor dalam Pramuka Sejarah Semafor merupakan salah satu bentuk isyarat menggunakan bendera yang lazim digunakan ketika perang sipil di Amerika Serikat. Ketika itu bendera yang digunakan berwarna putih dan oranye serta hanya terdiri dari satu bendera saja. Pengiriman sandi melalui bendera semafor ini menggunakan dua bendera. dayung. Pada awal abad ke 19. maka keterampilan semafor ini pun semakin jarang dikenal orang. semafor biasa diterapkan sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam kegiatan pramuka. Penggunaan semafor dalam Pramuka Di Indonesia. namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna.

M-K : geser kanan 10.B. U-R : berita siap dimulai 2. Q : tunggu 9. R : dapat menerima dengan baik 8. Perkembangan Kode morse pertama kali digunakan secara luas setelah teknologi radio dan telegrafi berkembang pesat di akhir abad ke-19. Hal ini dikarenakan radio pada masa awalnya masih pada penggunaan gelombang rendah. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. namun dapat mengirimkan bunyi sederhana seperti bunyi panjang-pendek dari kode morse. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F. Pada awal-awal penggunaannya kode morse dipakai untuk pengiriman pesan antara dua tempat yang terpisah jauh dengan menggunakan teknologi radio CW (constant wave) atau gelombang tetap sebelum ditemukannya komunikasi radio dengan suara.M-L : geser kiri. A-R : berita selesai 7. . tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet atau sinyal (pertanda) tertentu yang disepakati penggunaannya di seluruh dunia. K : siap menerima berita 3.Beberapa sandi lainnya yang biasa digunakan dalam semafor adalah: 1. yang tidak mampu mengirimkan gelombang suara. angka. C : konfirmasi satu kata diterima 5. E (8 kali) : error / ada kesalahan 4. Kode Morse Pengertian Kode Morse atau 'Sandi Morse' adalah sistem representasi huruf. I-M-I : ulangi 6.

Dalam dunia kepramukaan kode morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka.Kode morse dalam kepramukaan Kode morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. misalnya huruf K yang diwakili oleh -.-.. dan alfabet dengan kode morse berlawanan. huruf A yang diwakili oleh . Untuk menghafalkan kode ini digunakan metode yang mengelompokkan huruf-huruf berdasarkan bagaimana huruf ini diwakili oleh kode morsenya.berkebalikan dengan huruf R yang diwakili oleh . Kode morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.. Kemampuan menerima dan mengirimkan kode morse merupakan salah satu dari kecakapan yang dapat menerima Tanda Kecakapan Khusus. . Misalnya. Pengelompokan tersebut antara lain Alphabet dengan kode morse yang berkebalikan antara titik dan garis. Kode morse juga digunakan sebagai kunci dalam memecahkan Sandi Rumput.dan huruf N yang diwakili oleh -.

Tanda . Tanda Baca : Tanda . 0 ----Kode yang paling terkenal dalam Kode Morse adalah SOS (.-. Huruf T direpresentasikan dengan Huruf U direpresentasikan dengan ...Huruf R direpresentasikan dengan . Huruf J direpresentasikan dengan .-. dan pancaran gelombang radio akan lebih jauh jika menggunakan kode morse dibandingkan dengan gelombang radio yang ditumpangi suara (audio)...--Huruf K direpresentasikan dengan -..Huruf V direpresentasikan dengan . Huruf M direpresentasikan dengan -Huruf N direpresentasikan dengan -. Huruf G direpresentasikan dengan --....-...Huruf L direpresentasikan dengan .. Huruf O direpresentasikan dengan --Huruf P direpresentasikan dengan .Huruf W direpresentasikan dengan ..Huruf B direpresentasikan dengan -. --. keuntungan penggunaan kode morse pada komunikasi radio adalah alat yang digunakan sangat sederhana.-... direpresentasikan dengan --.--...... 6 -.. yaitu kode yang biasanya digunakan untuk memanggil bantuan oleh para pelaut jika kapal mereka terjebak dalam bahaya. Huruf D direpresentasikan dengan -.-.-Huruf X direpresentasikan dengan -..5 ....-Huruf Z direpresentasikan dengan --. 7 --.Tanda . direpresentasikan dengan ........ Huruf F direpresentasikan dengan .. Huruf H direpresentasikan dengan .Bagi yang belum tau kode morse itu apa.Huruf Y direpresentasikan dengan -.-. Huruf E direpresentasikan dengan .. Huruf C direpresentasikan dengan -. KUMPULAN SANDI SANDI ..direpresentasikan dengan -.-..-Tanda : direpresentasikan dengan ---. 9 ----. Angka : 1 . 8 ---..).. Huruf Q direpresentasikan dengan --..... Huruf S direpresentasikan dengan .--3 ...Tanda / direpresentasikan dengan -. Huruf I direpresentasikan dengan .---2 .-4 . bisa perhatikan disini! Huruf A direpresentasikan dengan .. Kode morse juga digunakan oleh para radio amatir untuk berkomunikasi.

Sandi Koordinat / Merah Putih Cara : buatlah perkataan kunci. kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi. 1.untuk itu mereka harus memiliki kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya. / . Untuk mengirimkan berita rahasia antar kota. missal GUDEP SEDIA (maka kata-kata ini yang menjadi kuncinya.--. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju..ingat kata kunci harus dua kata dan jumlah hurufnya 10 buah. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui kunci atau cara memecahkannya.-. Sandi Rumput Sandinya dibuat menyerupai rumput ( rumput pendek berarti titik sedangkan rumput panjang berarti garis ) Contoh : PRAMUKA = . masing-masing kata terdiri dari 5 huruf).. Sekitar tahun 3000 SM.Kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta./ . Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi. mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur. / . Di tempat tujuan./ -. G S E D I A A F K P U U B G L Q V D C H M R W E D I N S X P E J O T Y 2. Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana dan suka berpindah-pindah tempat tinggal.=λ -=Λ ./ .../ -. yang artinya rahasia. lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. atau tulisan-tulisan yang dirahasiakan. di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform..

dst. Sandi Siput Sandi yang cara membacanya berputar menyerupai rumah siput. lalu U ada di atas F.3. Contoh : U D U N I A D O W E L N P B A L A N E D B P K A P A = Baden Powell Bapak Pandu Dunia . 4. dengan cara mencari kata yang paling tengah (ada tandanya). Contoh : GUDEP akan kita tuliskan TFWVK Kita lihat G ada di atas huruf T. bisa juga ditulis A = Z atau sebaliknya. Sandi Abjad / Sandi Balik ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ ZYXWVUTSRQPONMLKJIHGFEDCBA Kunci = AZ atau ZA. Sandi AND Sandi AND adalah sandi yang huruf-hurufnya diletakkan pada kata AND.contoh : ANDA A KANDU K U ANDA A DANDA D A DANDI D SANDI I S NANDI I N I = Aku ada di sini 5.

yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. sebuah apel. kantong kacang. seorang anak ditunjuk sebagai petani. jaraknya dapat semakin jauh. atau potongan Peralatan kain atau agar kelihatan sungguhan. Tiap anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan. Bila ada perintah “ya” tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di sebelah kanannya. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat bervariasi. Bila ia tidak tertangkap. maka ia dikeluarkan.PERMAINAN PRAMUKA 1. : bebas : 8-10 menit : Melatih kecepatan 3. PETANI DAN PENCURI : Karet gelang atau tali. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. : 10 menit : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan 2. Bila ingin permainan lebil lama. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh. ARUNG JERAM Tujuan : . REBUT DAN RAMPAS : Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak Peralatan Jumlah pemain : bebas Waktu Tujuan Unsur hiburan Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli. Selagi ia diluar.. Jumlah pemain Waktu Tujuan Unsur hiburan Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru.

kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus ) c. Pelaksanaan : . Alat : Kerja sama tim. Tongkat/ Balok/ papan kayu/ Bambu .5 – 1 meter. Peraturan : a. Tali besar ( diameter 4-5 cm/ seukuran tali Perahu ). a. Yang kuat membantu yang lemah.3 meter ) Diameter bebas. b. Semua anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran. b. Menetapkan bersama trategi manajemen secara tepat. c. Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain. b. Setelah dapat berdiri bersama.( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain. STICK GOYANG Tujuan : a. Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan. Alat : a. Jarak semakin rapat semakin baik. Diupayakan jangan ada peserta yang terjatuh. Saat mencoba berdiri. Kedua ujung tali di ikat dengan kuat. c. Menjalin Kerja sama dan toleransi antar anggota. Aneka Halang rintang.a. Tali Pramuka/ boleh rafia. e. kemudian berupaya duduk bersama kembali. Pelaksanan : a. d. Panjang ( 2. Sejumlah peserta. Kekompakan regu. c. Semua anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama. d. Menempatkan diri saat bertindak/ menjalankan tugas. 4. jarak antar anggota regu 0. b. Tiap anggota regu kedua tangannya memegang tali. b. ) b.

panjang rambut. Regu Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas. . c. fisik maupun sifat-sifat mereka. Regu dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang terbaik e. ( Melebar. sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok. lompat. Pemandu menjelaskan aturan permainan sebagai berikut : 1. Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar. 4. d. Langkah-langkah : a. Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas). selesai atau belum. usia dst. kemudian kedua kelompok. BAUT BARISAN Tujuan : Agar seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh. 3. c. b. 2. seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok). Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. harus jongkok. Rintangan dapat dibuat sedemikian rupa. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan. menyempit. Tiap anggota regu berhak memegangi utas tali . Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar. Ditengah tarikan utas tali.a. Pemandu akan menghitung sampai 10. naik dan turun) 5. diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang. sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak penuh tantangan. Peserta di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil. boleh sebelah kanan atau kiri b.