P. 1
45581140-Makalah-Aromaterapi

45581140-Makalah-Aromaterapi

|Views: 321|Likes:
Published by TatuRatnaSari

More info:

Published by: TatuRatnaSari on Sep 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/08/2015

pdf

text

original

I.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Semakin berkembangnya gaya hidup semakin banyak kecendrungan orang mangalami depresi atau stres. Stres dapat diakibatkan karena kurangnya kenyamanan dalam bekerja yang dapat disebabkan oleh banyaknya beban pekerjaan yang diberikan dan/atau kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Telah terbukti bahwa ruang kerja yang tidak nyaman membuat pekerja cepat lelah dan pekerjaan tidak dapat diselesaikan secara maksimal. Untuk mengurangi efek depresi akibat ruang kerja yang tidak nyaman dapat digunakan pengharum ruangan. Pengharum ruangan secara tidak langsung dapat mempengaruhi suasana kerja. Namun, banyak pengharum ruangan yang dibuat dengan menggunakan pewangi sintetis berbahan senyawa kimia yang mungkin saja dapat membahayakan kesehatan manusia. Pengharum ruangan yang berbentuk aerosol dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan bila terhirup akan mempengaruhi sistem syaraf dan mengganggu pernafasan. Pengharum ruangan yang berbahan alami lebih aman jika dibandingkan dengan pengharum ruangan sintetis. Pengharum ruangan yang memiliki efek aromaterapi dapat dibuat dengan minyak atsiri. Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sistem syaraf sehingga dapat mempengaruhi pikiran dan emosi. Sifat minyak atsiri sebagai antivirus, antibakteri dan antijamur dapat membuat ruangan terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam pengaplikasiannya sebagai pengharum ruangan, minyak atsiri harus diuapkan sehingga uapnya yang berbau wangi dapat memenuhi ruangan. Terdapat banyak cara untuk mendifusikan uap minyak atsiri ke ruangan. Alat-alat yang digunakan untuk mendifusikan uap minyak sangat beragam. Alat yang mudah dan murah tentunya akan menjadi pilihan. Salah satu alat yang dapat digunakan sebagai difuser minyak atsiri adalah peralatan elektrik. Pada prinsipnya penguapan minyak atsiri dilakukan dengan pemberian panas secukupnya sehingga minyak menguap dan komponen di dalamnya tidak mengalami perubahan. Alat-alat elektrik dapat digunakan untuk menguapkan minyak atsiri, yang tentunya lebih praktis daripada pemanasan dengan api

1

langsung. Alat elektrik akan merubah energi listrik menjadi energi panas yang dapat menguapkan minyak atsiri. Energi panas yang dihasilkan digunakan untuk menguapkan minyak atsiri sehingga uapnya dapat memenuhi ruangan. B. Tujuan Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Mengetahui pengertian dari aromaterapi. 2. Mengetahui manfaat aromaterapi dari minyak atsiri sebagai pengharum ruangan yang menyehatkan. 3. Mengetahui cara pengaplikasian minyak atsiri sebagai pengharum ruangan. 4. Mengenal aromaterapi elektrik sebagai pengharum ruangan yang praktis.

2

akan menimbulkan gangguan pada fungsi sistem saraf. 3 . mual. minyak atsiri pada tanaman juga dapat berfungsi untuk mengusir hewan atau serangga pengganggu. 2002). Penggunaan pengharum ruangan dari bahan alami cenderung lebih aman dibandingkan dengan pengharum ruangan sintetis. Bahkan zat pewangi tertentu dapat mengganggu pertumbuhan janin. Minyak atsiri disebut juga minyak eteris. jika digunakan berlebihan atau berkontak langsung melalui sistem pernapasan. Menurut Guenther (2006). Aromaterapi berasal dari dua kata. hingga muntah. digunakan minyak atsiri yang benar-benar alami bukan bahan sintetis agar diperoleh manfaat aromaterapi untuk pengobatan. 2010). Minyak atsiri disintesa dalam sel kelenjar pada jaringan tanaman dan ada juga yang terbentuk dalam pembuluh resin.II. TINJAUAN PUSTAKA Tidak semua pengharum ruangan aman bagi kesehatan. Minyak atsiri dihasilkan dari bagian jaringan tanaman tertentu seperti akar. essential oil atau minyak terbang. Namun. kulit. Karena baunya yang khas. dan enak yang disebut minyak atsiri (Agusta. Pengharum ruangan alami yang berasal dari minyak atsiri memiliki efek aromaterapi yang bermanfaat bagi kesehatan (Anna. minyak atsiri dalam tanaman berguna untuk menarik serangga untuk proses penyerbukan. Sehingga aromaterapi adalah salah satu pengobatan penyakit dengan menggunakan bau-bauan yang umumnya berasal dari tumbuh-tumbuhan serta berbau harum. Dalam pembuatan aromaterapi yang menyehatkan. Pemakaian produk apapun yang mengandung zat-zat kimia. gurih. buah atau biji (Lutony dan Rahmayati. yaitu aroma dan terapi. 2000). Aroma yang khas dari minyak atsiri dihasilkan dari senyawa kimia yang dikandungnya. Pengharum ruangan tertentu dapat menyebabkan pusing. Minyak atsiri memiliki aroma yang sangat khas pada masing-masing tanaman. batang. daun. karena minyak ini mudah menguap pada suhu kamar. Aroma berarti bau harum atau bau-bauan dan terapi berarti pengobatan. minyak atsiri merupakan salah satu hasil metabolisme dalam tanaman yang terbentuk karena reaksi berbagai persenyawaan kimia dengan adanya air.

aldehida. Pada umumnya komponen kimia dalam minyak atsiri dibagi menjadi dua golongan yaitu hidrokarbon dan oxygenated hydrocarbon. 2006). oksida. keton. Persenyawaan yang termasuk dalam golongan ini adalah persenyawaan alkohol. Senyawa terpena alifatis hanya terdapat dalam 4 . Persenyawaan hidrokarbon lebih mudah mengalami oksidasi dan resinifikasi sehingga menurunkan kelarutan minyak (Ketaren. olefin dan hidrokarbon aromatik. sedangkan golongan hidrokarbon berpengaruh kecil terhadap nilai wangi minyak atsiri. Sifat terpena berupa cairan tidak berwarna dan umumnya berbau wangi. sesquiterpene. Atom C dalam persenyawaan dapat berikatan jenuh ataupun tidak jenuh. diterpen dan politerpen. Golongan Hidrokarbon Persenyawaan hidrokarbon yang banyak dijumpai dalam minyak atsiri sebagian besar berupa monoterpene. serta parafin. Minyak atsiri yang digunakan dalam pembuatan aromaterapi harus diperhatikan kandungannya. persenyawaan berantai lurus. Senyawa terpena dapat barupa rantai lurus/alifatis atau berbentuk siklis. Golongan persenyawaan oxygenated hydrocarbon merupakan persenyawaan yang menyebabkan bau wangi dalam minyak atsiri. Oxygenated Hydrocarbon Persenyaan ini terdiri dari hidrogen (H). 1. termasuk di dalamnya senyawa terpena (Ketaren. 1985). Persenyawaan oxygenated hidrocarbon memiliki kelarutan yang baik pada alkohol encer. Terpena merupakan persenyawaan hidrokarbon tidak jenuh dan unit terkecil dalam molekulnya disebut isoprena (C5H8) . 1985). dan oksigen (O) serta beberapa persenyawaan kimia yang mengandung unsur nitrogen (N) dan belerang (S). karbon (C) dan oksigen (O). turunan benzena dan bermacam-macam persenyawaan lainnya (Guenther. Hidrogen (H). Minyak atsiri umumnya terdiri dari berbagai campuran persenyawaan kimia yang terbentuk dari unsur carbon (C). 2. serta lebih tahan dan stabil terhadap proses oksidasi dan resinifikasi.Kandungan minyak atsiri pada umumnya dapat berupa terpen. ester dan ether.

2. Minyak atsiri yang dimanfaatkan untuk aromaterapi harus dilarutkan dalam pelarut tertentu seperti alkohol.beberapa jenis komponen minyak atsiri yang mengandung gugus hidroksil dan karbonil. misalnya geraniol dalam minyak mawar dan sitronelol yang terdapat dalam minyak sereh. Untuk bahan tertentu dilakukan pelayuan dan pengeringan yang bertujuan untuk mengurangi kadar air dan menguraikan zat yang tidak berbau sehingga menimbulkan bau wangi contohnya pada tanaman cengkeh (Ketaren. 1985). Contoh terpena siklis yang banyak terdapat dalam minyak atsiri adalah limonene. Sebelum penyulingan tanaman diberi perlakuan seperti perajangan dengan tujuan memudahkan pengeluaran minyak. 5 . Untuk memperoleh minyak atsiri dari tanaman dapat dilakukan penyulingan. Fungsi dari pemisahan terpene adalah untuk memperbesar kelarutan minyak dalam alkohol. memperbesar resistensi minyak terhadap kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi cahaya dan memperbesar konsentrasi senyawa oxygenated hidrocarbon yang berbau lebih wangi (Ketaren. Untuk meningkatkan kelarutan minyak atsiri dalam alkohol kandungan terpene harus dipisahkan. penyulingan dengan air dan uap serta penyulingan dengan uap langsung. 1985). Menurut Ketaren (1985). pinene. Ekstraksi dengan pelarut menguap yang biasanya menggunakan pelarut berupa alkohol. Pengepresan untuk bahan yang berupa biji. buah atau kulit buah yang dihasilkan tanaman citrus. Persenyawaan terpena terutama monoterpene dan sesquiterpene berbau kurang wangi dan sukar larut dalam alkohol encer terutama jika terkena cahaya matahari dan oksigen udara. benzena dan petroleum eter. penyulingan minyak atsiri dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu pengulingan dengan air langsung. 1985). Jenis penyulingan yang digunakan disesuaikan dengan sifat bahan atau tanaman yang akan disuling. Selain penyulingan terdapat beberapa cara lain untuk mendapatkan minyak atsiri diantaranya : 1. menthol pada peppermint (Ketaren.

dan antiseptik. Aromaterapi minyak atsiri dapat digunakan untuk mengatasi masalah mental dan psikologi. Sifat-sifat yang dimiliki oleh minyak atsiri sehingga berkhasiat sebagai aromaterapi adalah bersifat sebagai antivirus. Dengan sifat demikian aromaterapi dapat menciptakan lingkungan yang sehat. virus. antibakteri. Molekul minyak atsiri yang masuk ke alat penciuman akan ditangkap oleh lendir yang terdapat pada silia alat penciuman dan akan diteruskan ke otak. 2002). Minyak yang mempunyai manfaat tertentu akan mempengaruhi sistem limbik.3. dan jamur serta terciptanya suasana nyaman dan tentram (Agusta. uap minyak atsiri yang dihirup akan menimbulkan vibrasi di hidung. 2002). Untuk proses aromaterapi dapat dilihat dari gambar dibawah ini : 6 . terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri. Menurut Stevensen (1996). Minyak atsiri berpengaruh terhadap otak melalui alat penciuman. Minyak atsiri juga dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat sehingga dapat mempengaruhi emosi seseorang. tempat pusat memori sehingga mempengaruhi suasana hati. Efek minyak atsiri di otak akan berpengaruh terhadap pikiran dan emosi (Agusta. antijamur. Ekstraksi dengan lemak padat yang biasanya digunakan untuk mengekstraksi minyak dari bunga yang tidak tahan terhadap panas.

Menurut Agusta (2002). marjoram dan minyak lainnya dapat memberikan suasana yang nyaman sehingga insomnia dapat dikurangi. dan rasa cemas untuk tidak bisa bangun tepat waktu. cendana. Sinyal syaraf dikirim ke otak melalui beberapa kelenjar dan akan bereaksi dengan mengeluarkan hormon untuk mengatasinya. 3. tetapi merupakan kunci dalam naik turunnya kehidupan. ketegangan. hilangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dan sering berpikir pendek. Aromaterapi yang dapat mencegah timbulnya stres adalah lavender. apa pun penyebabnya. beberapa masalah psikologis yang dapat diatasi dengan menghirup aromaterapi minyak atsiri adalah diantaranya : 1. Oleh karena itu. kelelahan. Stres Stres adalah respon tubuh terhadap banyaknya tuntutan. ketidakseimbangan emosi. jeruk bergamot. Pengharum ruangan dari aromaterapi berupa minyak akar wangi. kenanga. dan jenis minyak atsiri lainnya. jeruk lemon. Akibat dari depresi adalah berkurangnya nafsu makan. rasa sakit. Depresi Depresi merupakan suatu jenis gangguan mental atau kejiwaan yang dialami oleh banyak orang. Bagi tubuh. stres tidak hanya cemas dan tegang saja. Lingkungan tempat tidur juga memberi pengaruh yang signifikan terhadap insomnia. Beberapa minyak atsiri yang dapat memberikan rasa rileks adalah lavender. sukar tidur. jeruk lemon. Insomnia Insomnia dapat disebabkan oleh rasa gelisah. Berbagai jenis minyak atsiri memberikan efek yang dapat mempengaruhi sistem syaraf. Depresi dapat diakibatkan ketidaknyamanan dalam bekerja atau adanya beban pikiran. jeruk neroli dan beberapa jenis minyak atsiri lainya. stres akan menimbulkan respon yang sama. 2. Ketiga jenis masalah psikologis di atas dapat dikurangi dengan menghirup baubauan yang wangi yang berasal dari minyak atsiri. Banyaknya persoalan hidup sehari-hari akan bereaksi terhadap tubuh. Uap minyak atsiri yang ditebarkan/didifusikan ke seluruh ruangan dengan alat pengharum ruangan. chamomile. 7 . jahe. Dengan menggunakan minyak atsiri akan tercipta suasana rileks sehingga terhindar dari depresi.

mengurangi depresi. aromanya dapat menimbulkan rasa percaya diri. relaksasi. namun tidak dianjurkan untuk penggunaan yang terlalu banyak karena menyebabkan udara menjadi tidak segar. damai dan mengurangi rasa takut 8 . Membantu imsomnia Lotus Menyejukkan. menenangkan saraf tanpa menghilangkan kesadaran Lavender Membantu terciptanya keseimbangan tubuh dan pikiran. Aromanya membantu lebih berkonsentrasi dan percaya diri Pepermint Aroma yang begitu menyegarkan. memberi energi dan semangat terentu (ctt: dalam konsentrasi tertentu) Ylang-lang Memberikan rasa gembira. memberi rasa nyaman. mengurangi ketegangan Night Queen Opium Membuat rasa nyaman dan rileks Menggembirakan. Jenis Minyak Atsiri dan Kegunaannya Jenis Minyak Cendana/Sandalwood Kegunaan Membantu mengurangi depresi. Greentea Merangsang semangat. membantu penyembuhan menghilangkan depresi Musk Kelembutan. menenangkan. merasa lebih santai. stres dan cemas Melegakan otot dan pikiran. membantu penyembuhan. menyegarkan pikiran Lemon Menenangkan suasana. membangkitkan suasana. mengatasi sulit tidur dan stres/perasaan sedih. sangat disarankan untuk relaksasi Rose Rosemary Mengurangi rasa marah.Beberapa jenis minyak atsiri yang potensial digunakan untuk pengharum ruangan yang dapat mempengaruhi emosi dan pikiran adalah sebagai berikut: Tabel 1. sangat bermanfaat untuk meditasi Jasmine Memberikan efek suasana romantis.

aldehida. 9 . mengerangi depresi.Frangipani Semangat kerja. Menurut Ketaren (1985). minyak jasmin mengandung benzil asetat dan benzil benzoat dan 2. Oleh karena itu.com) Proses pembuatan pengharum ruangan dari minyak atsiri hampir sama dengan pembuatan parfum. Dalam pengharum ruangan yang berbahan alami biasanya terdiri dari beberapa jenis campuran zat pewangi. dibutuhkan suatu zat yang berfungsi untuk mengikat zat pewangi atau mengurangi kecepatan penguapan zat pewangi.belanjaspa. Beberapa sifat yang harus dimiliki oleh bahan pengikat adalah memiliki titik uap lebih tinggi dari titik uap zat pewangi. gembira. tegang dan sedih serta menghilangkan lelah Champaka Menambah semangat. 2009 (www. Beberapa zat pewangi yang ada dalam minyak atsiri seperti pada minyak bunga rose yang mengandung sitronelol dan graniol. daya tahan tubuh. seasana gembira. percaya diri. zat pengikat dan bahan pelarut. Zat pengikat (fixative) Penguapan zat pewangi dapat terjadi dengan sangat cepat sehingga wangi besrifat semantara. ketenangan. Persenyawaan yang menghasilkan wangi dapat berupa alkohol. asam organik. pengharum ruangan mengandung tiga macam komponen. mengatasi depresi panik Bergamot Memeberikan energi positif. amina dan oksida yang berbau wangi. yaitu zat pewangi. minyak cengkeh mengandung eugenol. keton. minyak atsiri dan persenyawaan aromatik berwujud cair. kehangatan dan relaksasi Patcholi Menyejukkan pikiran. suasana bahagia dan damai Sumber : Anonim. 1. Zat pewangi (odoriferus substance) Komponen zat pewangi terdiri dari persenyawaan kimia yang menghasilkan bau wangi seperti minyak atsiri. lakton. ester. rasa tenang dan sensualitas Gardenia Sensasional. tidak berbau atau berbau wangi dan larut sempurna dalam etanol.

Bahan pengiakat yang dapat digunakan dalam pembuatan pengharum ruangan dari minyak atsiri adalah minyak nilam. Bahan Pelarut (diluent) Bahan pelarut merupakan bahan yang digunakan untuk mengencerkan zat pewangi. Tujuan pengenceran adalah menurunkan konsentrasi zat pewangi sehingga memiliki tingkat wangi tertentu sesuai dengan yang dikehendaki. 10 . banyak manfaat pengobatan yang diberikan. Minyak atsiri memiliki komponen tertentu yang memunculkan aroma wangi dan memberi manfaat tertentu bagi kesehatan manusia. Jumlah komponen kimia dalam suatu minyak atsiri sangat bevariasi untuk setiap jenis tanaman penghasilnya. 3. Karena banyaknya kandungan dari minyak atsiri. Minyak nilam merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang memiliki kemampuan untuk mengikat zat pewangi dari minyak atsiri yang lain.

dan bau yang tidak mengenakan. Pengharum ruangan. yang dibuat dari bahan alami seperti minyak atsiri. Mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Dan sebagian besar orang akan tertarik pada difusser yang mudah pengaplikasiannya dan harganya murah.III. penggunaan bahan sintetis dapat mempengaruhi kesehatan manusia karena adanya kandungan kimia tertentu. memiliki efek aromaterapi yang dapat menjaga kesehatan. Namun cara penyemprotan seringkali menimbulkan dampak iritasi pada kulit yang sensitif karena molekul-molekul minyak yang menempel langsung pada 11 . jamur. Untuk mengatasi permasalahan tersebut. minyak jasmin memiliki efek stimulan terhadap otak sehingga dapat membangkitkan semangat. Pengharum ruangan dapat berupa bahan sintetis atau alami. PEMBAHASAN Banyaknya masalah psikologis mungkin dapat diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang tidak nyaman untuk melakukan kegiatan. minyak atsiri biasa digunakan dengan menyemprotkan minyak ke seluruh ruangan. Secara sederhana. Selain itu. Banyak cara yang dapat digunakan untuk mendifusikan minyak atsiri keseluruh ruangan. Penyemprotan dengan minyak atsiri akan membantu menghilangkan bakteri. Ruangan yang dilengkapi dengan pengharum ruangan dapat membuat sebagian besar orang merasa rileks sehingga terhindar dari depresi dan stres. Telah terbukti bahwa minyak atsiri seperti minyak chamomile dan lavender dapat memberikan kesejukan dan kenyamanan. Namun. minyak peppermint diketahui dapat meningkatkan keakuratan mental para pelajar sebesar 28%. salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat ruangan beraktivitas menjadi lebih nyaman. dan manfaat lainnya. Untuk mendapatkan semua manfaat yang dimiliki oleh minyak atsiri tersebut sangat perlu diperhatikan difusser yang akan digunakan dan menentukan dimana difusser itu akan digunakan. Minyak atsiri yang memiliki sifat antivirus. antibakteri dan antijamur akan membuat ruangan terlindung dari berbagai penyakit. kemampuan minyak atsiri untuk mempengaruhi sistem syaraf memberikan manfaat dalam mengatur pikiran dan emosi. bau pengap.

seperti peralatan elektrik. Bentuk kedua alat ini serupa dengan obat anti nyamuk elektrik. sesuai dengan sifat minyak atsiri yang mudah menguap pada suhu kamar. penggunaan minyak atsiri sebagai pengharum ruangan juga dilakukan dengan burner penguapan minyak disertai bantuan lilin. Sering kali minyak cepat habis dan harus diisi ulang. cara pemakaian dari burner elektrik ini adalah sebagai berikut : 12 . Diffuser ini hanya ideal untuk ruangan kecil. Maka dari itu diperlukan alat yang lebih praktis. Panas diatur sedemikian rupa untuk menguapkan minyak atsiri tanpa merubah komposisi kimianya. Selain dengan penyemprotan. Terdapat dua jenis alat yang dapat digunakan untuk pengharum ruangan aromaterapi elektrik. Burner elektrik aromaterapi dapat digunakan pada ruangan yang cukup besar. Proses penguapan minyak terjadi akibat panas yang timbul dari konversi energi listrik. Jika ditelaah pengaplikasian minyak atsiri sebagai pengharum ruangan dengan penyemprotan atau dengan burner pemanas memiliki kekurangan berupa pemborosan minyak atsiri yang harganya mahal dan juga kurang aman karena dapat menimbulkan iritasi atau rentan terjadinya kebakaran. Pengaplikasiannya hampir sama dengan obat nyamuk elektrik yang beredar dipasaran. Burner elektrik dilengkapi dengan tabung atau wadah penampung minyak yang akan diuapkan. sistem pernapasan akan terganggu. proses pemanasan tidak konstan sehingga penguapan minyak juga tidak konstan. Minyak atsiri yang disemprotkan mungkin sangat pekat. Selain itu penggunaan lilin harus tetap diperhatikan/diawasi karena kemungkinan bahaya kebakaran mungkin terjadi. Cara difusi ini kurang praktis dan terkesan pemborosan minyak atsiri yang harganya mahal. Untuk lebih jelasnya. yaitu burner elektrik dan aromaterapi mat elektrik. Jika terhirup. Dengan menggunakan lilin. Diharapkan panas yang dihasilkan berkisar 30-35oC karena pada suhu ini minyak akan mulai menguap. Cara ini tidak terlalu praktis jika diterapkan pada ruangan kerja.kulit.

uap minyak atsiri dari burner elektrik membuat ruangan terhindar dari berbagai penyakit. ruangan akan menjadi sehat dan tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan orang yang berada di dalamnya. Pengisian ulang minyak atsiri tidak perlu dilakukan selama proses penguapan dan pengisian tidak akan sesering pada pemanasan dengan burner lilin. Berbeda jenis minyak yang digunakan akan berbeda pula manfaat yang diperoleh. Proses penguapan dengan burner elektrik tidak merubah komponen minyak sehingga efek aromaterapi tetap terasa. Pengaplikasian burner elektrik ini sangat praktis jika dibandingkan dengan menggunakan burner yang menggunakan lilin. 3. Daya yang dibutuhkan berkisar 5 watt. Burner elektrik ini juga akan sangat bermanfaat jika digunakan di rumah. Molekul minyak atsiri dapat meresap ke dalam sel yang membantu penyerapan nutrisi dan oksigen. Penggunaan burner elektrik ini lebih aman dibandingkan dengan pengharum ruangan semprot yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Tabung penampung minyak diisi dengan minyak atsiri yang diinginkan (sesuai selera). Manfaat aromaterapi dari burner elektrik ini adalah terciptanya ruangan yang nyaman dan tenang. Banyak anggota keluarga yang menghabiskan waktu beraktivitas di rumah. Dengan uap yang dihasilkan akan terjadi sirkulasi udara dimana udar yang kotor akan digantkan dengan uap minyak atsiri yang dapat membantu sistem pernapasan. 2. Dengan memperhitungkan efek aromaterapi apa yang diinginkan.1. Suasana rumah dibuat senyaman mungkin dengan menggunakan burner elektrik. Pemilihan minyak atsiri tertentu untuk diuapkan pada burner elektrik akan 13 . Burner dihubungkan dengan arus listrik AC. Dengan burner elektrik penggunaan minyak juga dapat dihemat karena penguapan minyak berlangsung secara konstan. Sisa minyak dapat disimpan dalam tabung burner atau dipindahkan pada wadah lainnya. Dengan mengaplikasikan pengharum ruangan ini. Selain memberi dampak positif secara psikologis. Orang yang berada dalam ruangan secara tidak langsung akan dipengaruhi sistem syaraf pusatnya sehingga merasa rileks. Selesai pemakaian aliran listrik diputus.

aromaterapi elektrik juga dapat dibuat dengan bentuk mat elektrik. Burner elektrik akan mengkonversi arus listrik tersebut menjad panas yang akan memanaskan minyak yang terdapat dalam tabung. Aromaterapi elektrik ini menggunakan mat yang mengandung minyak atsiri di dalamnya sehingga ketika dipanaskan minyak atsiri di dalamnya akan menguap dan memberikan efek aromaterapi. Mat yang mengandung minyak atsiri akan dipanaskan dengan alat elektrik yang dihubungkan dengan arus listrik. minyak peppermint mungkin akan membantu anak dalam proses belajar karena minyak peppermint mampu meningkatkan keakuratan mental pelajar sebesar 28%. Untuk keluarga yang memiliki anak. damai. Berbeda halnya dengan burner elektrik yang menggunakan minyak atsiri cair. aromaterapi mat elektrik menggunakan mat yang telah mngandung minyak atsiri (minyak atsiri meresap dalam mat elektrik). Selain dengan burner elektrik. tentram.memberikan suasana nyaman. rileks dan sebagainya sesuai dengan karakteristik minyak atsiri yang digunakan. Energi listrik dikonversi menjadi 14 . Minyak atsiri yang telah diformulasi akan diuapkan ketika arus listrik dihubungkan dengan steker pada burner elektrik. Gambar Alat Burner Elektrik Aromaterapi: Steker Penghubung Arus Listrik Tabung Minyak Atsiri Dari gambar di atas terlihat bahwa minyak atsiri yang digunakan cukup dimasukkan pada tabung penampung.

15 .panas dengan suhu berkisar 30-35oC untuk menguapkan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya. Mat yang telah mengandung minyak atsiri dipasang pada alat pemanas. 2. kecoa. Manfaat tersebut sesuai dengan fungsi minyak atsiri pada tanaman. Dari daya tersebut. Minyak atsiri pada mat dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Aromaterapi mat elektrik juga bermanfaat untuk menjaga ruangan dari serangga baik itu nyamuk. Pemanasan mat dilakukan pada lempeng pemanas yang terdapat dalam peralatan eleketrik. arus listrik diputus. Penggunaan aromaterapi mat elektrik ini juga sangat praktis. dan serangga lainnya karena aroma dari minyak atsiri akan mengusir serangga yang dapat menyebarkan penyakit. hanya dengan menggunakan mat yang dipanaskan. Selesai pemakaian. Minyak atsiri yang menguap akan memenuhi ruangan sehingga ruangan menjadi harum dan suasana menjadi nyaman. kemudian mat direndam dalam minyak atsiri tersebut sehingga minyak meresap ke dalam mat. Mat dapat dibuat sendiri atau membeli langsung mat yang telah mengandung minyak atsiri tertentu. Setelah meresap mat diangkat dan dianginkan sehingga alkohol akan menguap. yaitu mengusir serangga dengan aromanya. lempeng pada alat lektrik akan memanas dengan suhu berkisar 30-35oC. Alat pemanas dihubungkan dengan arus listrik dengan daya berkisar 5 watt. Bentuk dari aromaterapi mat elektrik ini hampir sama dengan obat anti nyamuk elektrik yang beredar dipasaran. Mat hanya perlu dipanaskan agar minyak atsiri di dalamnya menguap. Minyak atsiri yang akan digunakan dapat dilarutkan pada alkohol. Mat yang telah mengandung minyak atsiri dapat digunakan. Mat yang belum digunakan dapat disimpan pada suhu berkisar 20oC untuk mencegah penguapan dari minyak atsiri yang dikandungnya. Pengaplikasian dari aromaterapi elektrik mat tidak sulit. Mat terbuat dari gabus/serat yang bersifat porus terhadap minyak. 3. Untuk cara pemakaian dari aromaterapi elektrik mat adalah sebagai berikut : 1.

bersemangat. Minyak atsiri yang dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi sistem syaraf atau memberi efek psikologis dapat dilihat pada tabel 1 (Jenis minyak atsiri dan kegunaannya). Uap minyak atsiri dari aromaterapi elektrik mempunyai manfaat untuk membuat orang merasa rileks. Minyak atsiri yang memiliki kandungan tertentu dapat mempengaruhi sistem syaraf melalui indra penciuman. Minyak tersebut memiliki manfaat dalam pemakaian tunggal. Penghubung Arus Listrik Mat Porus Mengandung Minyak Atsiri 16 . Gambar alat : Tempat Pemanasan Elektrik Mat Jack. bergairah dan sebagainya tergantung dari jenis minyak yang digunakan. Apabila minyak yang digunakan bersifat jamak atau gabungan dari dua jenis minyak atau lebih perlu diperhatikan karakteristik aroma yang akan terbentuk dan manfaat yang akan diperoleh.Manfaat yang diperoleh dengan menggunakan aromaterapi elektrik mat hampir sama dengan burner elektrik.

Minyak atsiri dapat ditambahkan dengan merendam mat dalam formulasi minyak atsiri atau dengan meneteskan beberapa tetes minyak pada mat. minyak atsiri yang akan digunakan pada aromaterapi mat elektrik atau burner elektrik harus diperhatikan sifat dan kandungan yang dimiliki. Zat pewangi yang digunakan pada pengharum ruangan aromaterapi merupakan komponen oxygenated hidrocarbon dalam minyak atsiri karena persenyawaan tersebut memiliki aroma yang lebih wangi dibandingkan dengan komponen lainnya. Untuk membuat formulasi yang baik. Sedangkan untuk minyak atsiri yang akan diuapkan terapat pada mat. Zat pengikat yang digunakan dapat berupa minyak nabati atau minyak hewani. Minyak nilam tidak menyebabkan bau yang tidak enak dari pengharum ruangan sehingga sangat cocok bila digunakan sebagai bahan pegikat minyak atsiri yang lainnya. Minyak atsiri mengandung oxygenated hidrocarbon yang berbeda-beda sehingga wangi yang ditimbulkan pun berbeda-beda. Dengan kedua alat tersebut penggunaan minyak atsiri sebagai pengharum ruangan dapat menjadi lebih praktis dan murah karena dapat lebih hemat dibandingkan dengan cara yang lain. Arus listrik dihubungkan dengan adanya jack pada alat tersebut. 17 . Mat bersifat porus sehingga dapat menyerap minyak atrisi. Dengan menggunakan burner elektrik atau aromaterapi mat elektrik manfaat minyak atsiri tetap diperoleh. Hal ini penting dikarenakan pengarum ruangan yang digunakan harus aman dan tidak membahayakan kesehatan.Pada gambar. Formulasi minyak atsiri untuk pengharum ruangan harus dilihat jenis dari zat pewanginya. zat pengikatnya dan bahan pelarut yang akan digunakan. Zat pengikat harus bersifat alami juga agar tidak membahayakan kesehatan. dapat dilihat aromaterapi mat elektrik menggunakan alat pemanas berupa lempeng yang dapat dipanaskan dengan adanya arus listrik. Tujuan dari pelarutan adalah mengencerkan minyak atsiri yang akan digunakan karena minyak atsiri sangat pekat dan harus dihemat penggunaannya. alkohol atau minyak. Minyak nilam sering digunakan untuk pengikat aroma karena sifatnya sebagai minyak pembawa. Bahan pelarut yang digunakan dalam pembuatan aromaterapi elektrik dapat berupa air.

rosemary. Untuk dapat berkonsentrasi secara maksimal dapat digunakan pengharum ruangan dari minyak chamomile Romawi. Beberapa orang kurang percaya diri karena adanya tekanan yang membuat mereka merasa kurang bebas. Minyak yang digunakan adalah adas. Berdasarkan tabel 1 pada tinjauan pustaka. Beberapa contoh kondisi dan minyak yang digunakan adalah sebagai berikut : 1. 2. minyak lavender dan minyak lainnya. Kondisi ruangan untuk meningkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan. minyak melati/jasmin. Dalam pembuatan pengharum ruangan dari minyak atsiri akan diperoleh wangi yang khas sesuai dengan tanaman penghasilnya. sehingga minyak dapat didifusikan memenuhi ruangan dan memberikan efek psikologis. Dalam kegiatan yang membutuhkan konsentrasi sangat diperhatikan kekuatan untuk memfokuskan pikiran. Aromaterapi dari minyak atsiri dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri. Beberapa kondisi yang diingikan dapat ditimbulkan dengan menggunakan pengharum ruangan dari minyak atsiri. Minyak mawar hasil formulasi dapat digunakan pada burner elektrik atau aromaterapi mat elektrik. Meningkatkan rasa percaya diri. Dengan menghirup uap minyak atsiri tersebut akan menyegarkan pikiran dan membuat rileks sehingga kepercayaan diri meningkat. serai dan 18 . lemon. Beberapa contoh minyak atsiri yang digunakan dalam pembuatan pengharum ruangan adalah minyak mawar. ginger. Untuk mendapatkan aroma yang baik minyak atsiri yang digunakan perlu ditambahkan bahan tambahan seperti bahan pengikat dan pelarut. grapefruit. seperti timbulnya perasaan berani.Minyak atsiri berbau khas sesuai dengan tanaman yang menghasilkannya. Misalnya saja dalam pembuatan pengharum ruangan berbahan minyak mawar ditambahkan etanol sebagai pelarut dan musk sebagai bahan pengikat dari minyak. orange dan jasmine. dapat dibuat pengharum ruangan dari minyak atsiri dengan mempertimbangkan kondisi ruangan yang diinginkan.

Minyak atsiri yang biasa digunakan untuk membuat suasana ruangan menjadi rileks adalah minyak lavender. Efek aroma bahagia pada ruangan dapat ditimbulkan dengan menggunakan minyak orange. cinnamon. Jenis minyak tersebut memberikan efek psikologis yang membahagiakan bagi orang yang menghirup aromanya. Setiap orang butuh rileksasi setelah melakukan aktivitas sehari-hari. ginger. rose. jasmine.3. geranium. Suasana rileks sangat dibutuhkan dirumah saat beristirahat setelah melakukan kegiatan/pekerjaan kadang menimbulkan kepenatan dan stres. 4. neroli dan minyak sandalwood/cendana. neroli dan juniper. geranium dan cengkeh. Minyak atsiri yang telah dipilih untuk mendapatkan suasana ruangan yang diinginkan akan diaplikasikan pada alat elektrik untuk didifusikan keseluruh ruangan. Minyak tasiri yang dapat digunakan untuk membuat ruangan terasa damai adalah minyak chamomile Romawi. 19 . 5. Suasana yang membahagiakan akan membuat orang betah berada di dalam ruangan. Dengan kenyamanan orang terhindar dari stres. clary sage. Suasana damai akan membuat orang merasa nyaman.

Kesimpulan PENUTUP Aromaterapi merupakan pengobatan dengan menggunakan bau-bauan yang khas yang dihasilkan dari minyak atsiri. Saran Dalam mengaplikasikan minyak atsiri harus diperhatikan sifat dari minyak terutama bagi orang-orang yang sensitif atau memiliki alergi terhadap minyak tertentu. perlu diperhatikan sumber listrik yang digunakan agar tidak menimbulkan bahaya. Dilihat dari segi biaya. Penggunaan minyak atsiri harus sehemat mungkin karena harganya yang mahal. Minyak atsiri didifusikan keseluruh ruangan dengan dengan menggunakan berbagai cara. Kedua alat ini memiliki prinsip kerja yang sama yaitu mengkonversi energi listrik menjadi panas yang akan menguapkan minyak atsiri sehingga uapnya dapat menyebar ke seluruh ruangan. Minyak atsiri merupakan minyak yang mudah menguap yang diperoleh dari bagian tanaman tertentu. Selain itu minyak atsiri dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat untuk mengendalikan pikiran dan emosi.IV. Cara pengaplikasian minyak atsiri untuk pengharum ruangan yang praktis adalah dengan menggunakan peralatan elektrik berupa burner elektrik dan aromaterapi mat elektrik. 20 . antivirus dan antijamur sehingga dapat menjaga ruangan dari berbagai penyakit. A. Minyak atsiri digunakan sebagai pengharum ruangan aromaterapi karena sifatnya sebagai antibakteri. Minyak atsiri mengandung komponen kimia berupa persenyawaan hidrokarbon dan oxygenated hidrocarbon yang membentuk aroma wangi khas sesuai dengan tanaman penghasilnya. mulai dari cara yang sederhana dengan menyemprotkan aerosol minyak atsiri hingga menggunakan peralatan yang canggih. penggunaan kedua alat ini lebih murah jika dibandingkan dengan peralatan lainnya karena menghemat bahan baku yaitu minyak atiri yang harganya mahal. B. Dalam menggunakan pengharum ruangan aromaterapi elektrik.

Jakarta : Balai Pustaka Lutony. 1996 . 2010. Aromaterapi.kompas. Cara Sehat Dengan Wewangian Alami. Pengantar Teknologi Minyak Atsiri.DAFTAR PUSTAKA Agusta. Jakarta : Penebar Swadaya Anna.com [28 Sepember 2010] Guenther. L dan Rahmayati. New York : Churchill Livingstone Inc 21 . 2002. www. Jakarta : Universitas Indonesia Press Ketaren.com [28 September 2010] Anonim. 2009. Diterjemahkan Oleh S. Tips Aomaterapi & Relaksasi. Jakarta : Penebar Swadaya Stevensen. Ketaren. 2000. Y. Bahaya Pengharum Ruangan. 2006. T. www. C. Andria.blanjaspa. 1985. Ernest. Aromatherapy. S. Minyak Atsiri. J. Minyak Atsiri Jilid I.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->