BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) merupakan salah satu program Universitas Negeri Padang (UNP) dalam kuliah perilaku berkarya (MPB) yang harus di ambil oleh mahasiswa kependidikan. Tahap awal PPLK adalah melakukan observasi mengenai sekolah yang menjadi tempat PL bagi mahasiswa. Observasi dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dari Unit Program Pengalaman Lapangan (UPPL). Sesuai dengan kalender PPLK, pelaksanaan PPLK periode Juli – Desember 2013 diawali dengan kegiatan observasi pada tanggal 26 – 31 Agustus 2013. Observasi ini merupakan kegiatan adaptasi bagi mahasiswa untuk melihat kondisi fisik yang ada di sekolah, mempelajari kegiatan belajar mengajar yang ada, dan mampu mengembangkan metode baru yang dapat berguna ketika diberi kesempatan mengajar siswa. Observasi yang di lakukan oleh penulis selama satu minggu ini berada di SMAN 1 Lubuk Alung dan merupakan sekolah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) yang telah ditetapkan sejak tahun 2009. Kegiatan PPLK dari UNP di sekolah tersebut kami ditugaskan sebanyak 15 orang dengan rincian sebagai berikut: 1. 2 orang jurusan Pend Matematika 2. 2 orang jurusan Pend Fisika 3. 2 orang jurusan Pend Biologi 4. 2 orang jurusan Pend Kimia 5. 3 orang jurusan Ekonomi 6. 4 orang Kepelatihan

B. Tujuan Observasi Adapun tujuan observasi adalah : 1. Mengenal kondisi fisik sekolah latihan

4. C. Memenuhi tugas praktek lapangan kependidikan dan sebagai syarat kelulusan mata kuliah praktek lapangan kependidikan. 4.2. 3. Mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan sekolah setelah observasi. Mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah 3. . Bahan masukan bagi UPT UPPL tentang pengenalan sekolah latihan. 2. Melatih dan memepersiapkan mental calon guru untuk terjun ke lapangan. Tempat untuk mengaplikasikan metode baru dalam mengajar dan berinteraksi sosial. Membantu dalam proses praktek pelaksanaan lapangan kependidikan. Kegunaan Observasi Kegunaan dari observasi ini adalah : 1.

Menghayati ajaran agama secara mendalam melalui pembelajaran dan pembiasaan serta menjaga kelestarian alam ciptaan Tuhan. Visi dan misi sekolah V I S I Bertaqwa. Mengembangkan potensi kecerdasan intelektual.com : www. Identitas Sekolah         Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 301080505002 Nomor SK RSBI NamaSekolah Kode Pos : 25581 E-mail Website : sman1_lubukalung@yahoo.id : 1823/C. dan spiritual.sch. MISI 1.smanla. emosional.C4/11/2009 : SMA Negeri 1 Lubuk Alung Akreditasi : A Alamat – – – – – – Jalan : Sei./Kota : Padang Pariaman Propinsi : Sumatera Barat No Telp.nasional dan Internasional. Mampu berkompetisi di bidang akademik dan non akademik ditingkat daerah . 2. dan berbudaya dalam mewujudkan sekolah bertaraf Internasional. Desa/Kelurahan : Sungai Abang Kecamatan : Lubuk Alung Kab. kompetitif. 3.BAB II PEMBAHASAN A. cerdas.Abang Lubuk Alung. Pengenalan Lapangan a./Fax : 0751 96033 / 0751 96033 b. .

Mempersiapkan peserta didik agar mampu berkompetisi memasuki perguruan Tinggi Internasional. Sebagai SMA Standar SMA Lubuk Alung membuka program IPA dan IPS. dan taat menjalankan aktivitas keagaaman 2. 2007/2008 SMA . komitmen yang tinggi. Seni dan Olahraga yang unggul serta ramah lingkungan 4. berbudaya dalam wawasan 6.2003/2004.4. Diresmikan oleh Gubenur Kepala Daerah TK I Provinsi Sumatera Barat Ir. H. Pada tahun 2006/2007. Menghasilkan peserta didik yang kebangsaan. Terwujudnya sikap warga sekolah yang senantiasa menjaga lingkungan hidup d. 5. peduli lingkungan dan menghargai perbedaan dengan berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa. Tujuan Sekolah 1. Mempersiapkan peserta didik yang berkemampuan membangun sinergi dan networking globalisasi agar mampu berinteraksi dalam tatanan dan terkemuka tingkat Nasional maupun yang seimbang. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Sejarah Berdasarkan informasi yang diperoleh SMA Negeri Lubuk Alung didirikan pada tahun 1979 . 7. Terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan pendidikan Iptek. Mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan hidup jiwa kebangsaan c. 5. Karena keberhasilan dalam melaksanakan program pendidikan dengan menghasilkan siswa yang berprestasi SMA Lubuk Alung dipercaya menerapkan program piloting KBK pada tahun ajaran 2002/2003. Menghasilkan peserta didik yang memiliki kepribadian terpuji. Azwar Anas pada tanggal 6 Maret 1980. Menghasilkan peserta didik yang cerdas dalam berpikir dan bertindak 3. teguh dalam pendirian.

.Lubuk Alung dipercaya melaksanakan program SSN. f.30 WIB dan pulang pada jam 15. Tata tertib sekolah : Jadwal masuk sekolah pada hari di mulai pada jam 07. dan seterusnya diserahkankepada kepala SMA Lubuk Alung. Terkecuali untuk yang tidak ada jadwal mengajar pada hari itu. Siswa yang terlambat datang sesudah bel berbunyi (paling lama 15 menit). harus melapor ke meja piket dan meminta surat pengantar untuk diberikan ke guru pada jam kedua yang mengajar di kelasnya. harus datang tepat waktu sebelum bel berbunyi pada jam pertama. Daftar hadir yang ada pada siswa diisi oleh guru dan selalu berada didalam kelas selama satu minggu. Biologi. memang diizinkan untuk tidak hadir. Untuk kehadiran guru. e. SMA Lubuk Alung dinyatakan menjadi R-SMA-BI pada tanggal 11 Juni 2009 dengan penyerahan SK RSMABI pada tanggal 30 Juli 2009 di Lubuk Alung oleh Direktorat Pembinaan SMA. Absensi siswa dilakukan setiap kali pertukaran jam pelajaran di dalam kelas oleh setiap guru yang masuk.00 WIB. walaupun mereka mengajar pada jam terakhir. setiap guru yang mengajar pada hari yang bersangkutan. Sarana dan Prasarana Pendukung 1) 9 kelas siswa kelas X 2) 9 kelas siswa kelas XI 3) 8 kelas siswa kelas XII 4) Kantor Kepala Sekolah 5) Kantor Wakil Kepala Sekolah 6) Kantor Majelis Guru 7) Kantor Tata usaha 8) Kantor OSIS 9) Kantor Satpam 10) Ruangan Belajar 11) Laboratorium fisika 12) Laboratorium Bahasa 13) Ruang Komputer 14) Masjid 15) Ruang MCK 16) Ruang Kavetar 17) Gudang 18) Lapangan Olah Raga 19) Ruang multimedia Kimia. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman.

g. Setiap guru yang datang pada pagi itu harus datang ke meja piket disamping untuk mengisi daftar hadir semua guru harus senyum.Pd. Pada hari Sabtu memakai baju pramuka. Pada hari Senin sampai Rabu siswa memakai seragam sekolah putih abu-abu. . Tidak hanya itu. Disekolah ini menerapkan sistem 3S : SENYUM.Pd : Wirna Juita M. b . semua siswa menyalami guru sebelum pulang. d Siswi memakai jilbab dan memakai atribut lain sesuai dengan ketentuan sekolah.temannya dan membacakan doa serta salam baru memulai pelajaran berikutnya. : Aghfirli Syofyan M. Disetiap pergantian jam pelajaran. SAPA. : Drs.Amran : Marlina Syam S. S. SALAM.Pd. Membuka pelajaran kelas pagi dengan berdoa dan diikuti oleh pembacaan asmaul husna. : Zaedawati.Kegiatan siswa yang diselenggarakan di sekolah meliputi : a. b.pd. Jadi setiap siswa yang datang kesekolah harus menyalami yang telah menunggu di gerbang sekolah. menyapa dan menyalami guru yang lain. c. Termasuk guru PL lainnya diberlakukan dengan peraturan yang sama. Pada jam pelajaran terakhir setelah berdoa dan salam.Pd. tetapi juga untuk semua kalangan sekolah. Upacara dilaksanakan setiap hari Senin dengan pelaksananya per kelas secara bergiliran. Dian Mulyati Syarfi M.Pada hari Kamis-Jumat memakai baju muslim c. d. Struktur Sekolah Kepala sekolah Wakil Kurikulum Wakil Manajemen Mutu Wakil Kesiswaan Wakil Humas Wakil Sarana : Dra. ketua kelas menyiapkan teman. sistem 3S tidak hanya diberlakukan untuk siswa. Ketentuan pakaian siswa sebagai berikut : a.

Kelas XI dan XII terdiri dari 2 jurusan yaitu jurusan IPA dan IPS. Hubungan guru dengan guru Hubungan guru dengan guru selama penulis melakukan observasi ini adalah baik dan tidak ada masalah. Pembagian Kelas Kelas dibagi menurut tingkatan.Narawita : 19660427 199303 2 003 : Pembina / IV. Kelas X. yaitu kelas X.h.. Guru Pamong Nama NIP Pangkat/golongan Jurusan : Dra. Jumlah Guru dan Siswa Rekap jumlah guru dan siswa TP. j.a : Matematika B. Selanjutnya kelas XII terdiri dari 6 kelas jurusan IPA dan 2 kelas jurusan IPS. XII. XI. Seluruh kelas di SMAN 1 Lubuk Alung merupakan kelas RSBI. Kelas X terdiri dari 6 kelas jurusan IPA dan 3 kelas jurusan IPS Kelas XI terdiri dari 6 kelas jurusan IPA dan 3 kelas jurusan IPS. . Interaksi Sosial 1. 2012/2013 SMA NEGERI 1 Lubuk Alung Jumlah guru yang PNS Jumlah guru yang honor Siswa kelas X Siswa kelas XI Siswa kelas XII Jumlah siswa : 86 orang : 4 orang : 262 orang : 252 orang : 272 orang : 786 orang i.

Hubungan guru dengan siswa Hubungan guru dengan siswa selama penulis melakukan observasi ini cukup baik. namun tetap menghargai guru tersebut. Penulis melihat hubungan guru dengan siswa pada kelas cukup baik dimana siswa tidak takut pada guru. setiap pagi siswa berdoa. Hal ini bertujuan untuk pembentukan akhlak siswa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT . Hubungan sosial secara keseluruhan Hubungan sosial secara keseluruhan selama penulis melakukan observasi ini baik dan tidak ada masalah. 4. Di awal pembelajaran guru memeriksa kehadiran siswa dan memeriksa tugas siswa dan menanyai apakah ada pertanyaan tentang pelajaran yang telah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya.2. Sebagian besar perhatian siswa cukup baik di pagi hari. 5. Hubungan siswa dengan siswa Hubungan siswa dengan siswa selama penulis melakukan observasi ini baik dan tidak ada masalah yang serius. C. Hubungan guru dengan pegawai tata usaha Hubungan guru dengan pegawai tata usaha selama observasi adalah baik dan terjadi kerjasama yang baik. namun pada jam terakhir konsentrasi siswa untuk belajar menjadi agak berkurang. Jika tidak ada lagi masalah guru meminta siswa mengumpulkan tugas mereka untuk kemudian diberi paraf dan dinilai oleh guru. Kegiatan Sekolah 1. 3. Sebelum pembelajaran dimulai. . Proses Pembelajaran a. Kegiatan Membuka Pelajaran Setiap pagi semua murid berbaris di depan kelas dan membaca Asmaul Husna selama 10 menit yang dipandu oleh ketua kelas.

Kegiatan Menutup Pelajaran Di akhir pembelajaran. Kegiatan Menjelaskan Pelajaran Setelah guru membahas tugas yang diberikan guru mulai menjelaskan materi pelajaran dengan memberikan persoalan dalam buku LKS . Ketika siswa mengerjakan latihan guru berjalan-jalan di kelas untuk memperhatikan siswa mengerjakan latihan dan menjelaskan jika ada diantara siswa yang bertanya. Guru memulai materi baru dengan memberikan suatu konsep materi terlebih dahulu. guru menanyakan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. ruang pustaka. Jika sudah paham maka guru memberikan latihan kepada siswa mengenai materi yang telah dijelaskan. guru memandu siswa untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari. dan piket siswa.b. Kegiatan ini ditulis dibuku kegiatan dan setiap kegiatan . ruang TU. Setelah waktu untuk mengerjakan latihan guru meminta siswa untuk mengerjakan latihan di papan tulis untuk dibahas bersama. Tugas ini akan dibahas dan dikumpulkan pada akhir setiap bab yang telah dipelajari. D. Guru biasanya memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) untuk siswa tentang materi yang telah dibahas tadi. Jika siswa masih belum mengerti mengenai materi sebelumnya. c. Kegiatan Non Teaching /Ekstra Mahasiswa Kegiatan Non Teaching yang dilakukan mahasiswa adalah kegiatan piket harian yang meliputi piket di ruang Wakil Kepala Sekolah. maka guru akan menjelaskan kembali mengenai materi yang belum dipahami oleh siswa. Dalam seminggu satu orang mahasiswa PL harus piket disetiap tempat tersebut. Setelah itu. Namun adakalanya juga guru langsung menilai pekerjaan siswa di bangkunya masingmasing.

dari kegiatan inilah kami dapat mengobservasi kegiatan PBM yang berlangsung di kelas yang diajar oleh Guru Pamong. Kegiatan observasi ini dilakukan selama seminggu. E. Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa PPLK mengetahui kegiatan diluar jam mengajar dikelas.kami mendampingi guru pamong masuk ke dalam kelas. Pada tanggal 29 Agustus 2013 dimulai kegiatan observasi dengan melakukan wawancara dengan wakil kepala sekolah humass dan ruang TU.kami langsung ke selokah untuk mendapatkan pengarahan dari wakil kepala sekolah. Selain itu kami menghadap ke guru pamong masing-masing. Kegiatan PLK yang akan diawali dengan observasi bisa dimulai pada tanggal 27 31 Agustus 2013. setelah serah terima mahasiswa PPLK di dinas pendidikan. Padang Pariaman di Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman. . Pada tanggal 28 Agustus 2013. Kegiatan Rutin Penulis Kegiatan penulis di mulai dengan awalnya pada hari Selasa 27 Agustus 2013 bersama dengan mahasiswa PL yang lain melakukan serah terima antara pihak UNP dengan dinas pendidikan dan mahasiswa PL lain yang satu regional di Kab. Pada tanggal 27 Agustus 2013. Sampai tanggal 31 Agustus 2013 .diparaf oleh petugas tempat piket masing-masing.

. Kesimpulan Kegiatan praktek lapangan kependidikan terdiri dari 2 kegiatan yaitu kegiatan teaching dan non teaching. Saran 1. konsultasi dengan guru pamong dan dosen pembimbing. PPLK mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan calon guru yang professional karena dengan PPLK ini dapat memperoleh banyak pengetahuan sepeti keterampilan mengajar. Secara umum dalam PLK tercantum beberapa kegiatan seperti observasi. Adanya kooridinasi yang baik antara mahasiswa dengan guru pamong dan dosen pembimbing 3.BAB III PENUTUP A. serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan PPLK. Pentingnya sebuah komunikasi yang berkesinambungan antara pihak UPPL dengan pihak sekolah latihan demi terjaminnya kerjasama yang baik. B. Mahasiswa PLK harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar dapat melaksanakan kegiatan dengan baik. orientasi. seperti kegiatan/latihan mengajar terbimbing dan latihan mengajar mandiri. Kegiatan teaching yaitu kegiatan dari proses belajar mengajar itu sendiri. 2.

LAPORAN HASIL OBSERVASI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN SMAN 1 LUBUK ALUNG Diajukan Sebagai Salah Satu Tugas Dalam Mata Kuliah Praktek Lapangan Kependidikan ELSA SELVIA 54842 / 2010 Pendidikan Matematika RM FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2013 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful