Membuat Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint

MBahan ajar berbasis Microsoft PowerPoint ®.Meskipun fungsi utama dari software ini sebagai pengolah presentasi, namun kita bisa memanfaatkannya secara khusus untuk Media Pembelajaran. Seperti yang diposting oleh Drs. Wawan Hartono-SMA Negeri 1 Cepu sebagai berikut:

Langkah 01: Menyiapkan File 1. Jalankan aplikasi PowerPoint® (Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2003)

2. Klik menu File, lalu pilih Save As…

tulis nama file. Perbedaan itu terletak pada: . Di bagian file name.3. dan kemudian klik tombol Save Langkah 02: Menyiapkan Slide Terdapat sedikit perbedaan antara slide untuk keperluan presentasi biasa dan slide untuk keperluan bahan ajar interaktif.

5. Pilih layout Title Only. Klik Slide Show > Set Up Show… 4. menu konteks (klik-kanan) dan navigasi default dalam keadaan aktif. 3. Pilih opsi Browsed at a kiosk (full screen). lalu klik OK. baik menu konteks maupun navigasi default keduanya dikondisi dalam keadaan tidak aktif. Dalam slide presentasi biasa.  Dalam slide bahan ajar interaktif. Jalankan Microsoft PowerPoint® 2. Berikut langkah-langkah menyiapkan slide bahan ajar interaktif: 1. Salin Slide 1 sebanyak kebutuhan .

maka anda harus membuat 5 salinan Slide 1 (Ulangi perintah Paste sebanyak 5 kali) .Misalnya diperlukan 6 slide.

Materi dan Evaluasi. d. Slide 4. PowerPoint® menyediakan Toolbar Drawing untuk keperluan menggambar obyek. masing-masing ke Slide 2. a. Langkah 03: Menyiapkan Tombol Tombol diperlukan sebagai navigasi menuju ke bagian-bagian lain dalam bahan ajar interaktif anda. Indikator. c. Slide 5 dan Slide 6. Ulangi langkah (a) hingga (d) untuk memasukkan teks Author. b. Kompetensi Dasar.6. Klik diluar placeholder e. Slide 3. . Berikan judul pada tiap-tiap slide Klik Slide 1 Klik placeholder bertuliskan Click to add title Ketik teks Home sebagai judul dari Slide 1.

Pastikan bahwa anda sedang berada di Slide 1. 2.1. Mengatur-ulang bentuk obyek . Drag didalam slide sehingga terbentuk bangun persegi-panjang 4. Klik AutoShapes > Basic Shapes > Rounded Rectangle 3.

5. Menerapkan efek isian (fill effect) Tujuan dari efek isian (fill effect) ini adalah supaya obyek tombol tampak lebih realistik. .

e.6. Klik diluar obyek tombol . d. berilah efek cetak tebal (Bold) dan efek bayangan (Shadow) terhadap teks itu. a. c. Penambahan teks Klik-kanan tepat pada obyek tombol Pilih menu Add Text Ketik teks Home Bila diperlukan. b.

7. Pilih obyek tombol b. Buatlah 5 buah salinan (klik icon Paste sebanyak 5 kali) . lalu klik icon Paste c. Penyalinan obyek a. Klik icon Copy pada toolbar standard.

8. Lakukan penggantian teks untuk setiap tombol: . tombol-tombol ditempatkan di sisi kiri slide berderet secara vertika. Penempatan obyek tombol Lakukan drag satu-per-satu untuk mengatur penempatan obyek-obyek tombol. Anda bisa juga menggeser posisi obyek tombol menggunakan anak panah pada keyboard. Misalnya.

Yang akan kita buat saat ini adalah hyperlink berupa obyek. hyperlink adalah suatu koneksi dari satu slide ke slide lain.Langkah 04: Menyisipkan Hyperlink Apa itu Hyperlink? Didalam Microsoft PowerPoint. obyek atau WordArt. halaman web. dengan kata lain hyperlink tersebut disisipkan ke sebuah obyek (tombol). 1. file. atau custom show. Pilih tombol Home. Hyperlnk itu sendiri dapat berupa teks. Klik icon Insert Hyperlink pada toolbar standard . 2.

Tombol Author → Slide Author • Tombol SK/KD → Slide Kompetensi Dasar • Tombol Indikator → Slide Indikator • Tombol Materi → Slide Materi • Tombol Evaluasi → Slide Evaluasi 7.3. 6. pilih Place in This Document Di bagian Select a place in this document. Pilih tombol Home b. Menyisipkan efek animasi Guna mendukung kesan realistik pada tombol yang sudah dibentuk oleh efek isian (fill effect). pilih slide Home Klik OK Ulangi langkah (1) hingga (5) untuk menyisipkan hyperlink ke tomboltombol lainnya sehingga setiap tombol mengkait ke slide-slide yang bersesuaian. lalu pilih Action Setting… . a. • Di bagian Link to. perlu diberikan pula efek animasi. 4. 5. Klik menu Slide Show.

.c. Pastikan tab Mouse Click dalam keadaan terpilih.

g. e. Klik icon Copy pada toolbar standard . Anda bisa saksikan hasil dari efek animasi ini dengan cara: • Klik menu Slide Show. lalu pilih View Show • Geser pointer Mouse melintasi beberapa tombol • Klik salah satu tombol • Tekan ESC Langkah 05: Pengaturan Navigasi 1. b. Pilih seluruh tombol pada slide Home d. f. Menyalin tombol-tombol navigasi ke setiap slide a.Klik opsi Highlight click Klik tab Mouse Over Klik opsi Highlight when mouse over Klik OK Dengan cara yang sama anda bisa memberikan efek animasi untuk tombol-tombol yang lain.

lalu klik icon Paste Pilih slide SK/KD. a. d. lalu klik icon Paste Sekarang. g. Bukankah kita sudah berada di slide Home saat itu? Pilih tombol Home didalam slide Home Klik icon Insert Hyperlink pada toolbar standard Klik tab Mouse Click (jika belum terbuka) Pilih opsi None Uncheck opsi Highlight click Klik tab Mouse Over Uncheck opsi Highlight when mouse over Klik OK . d. Penyesuaian hyperlink Hyperlink pada tombol tertentu didalam slide tertentu perlu dihapus karena tidak diperlukan. lalu klik icon Paste Pilih slide Evaluasi. f. h. hyperlink tombol Home didalam slide Home perlu ditiadakan. lalu klik icon Paste Pilih slide Indikator. e. seluruh slide sudah dilengkapi dengan tombol navigasi. lalu klik icon Paste Pilih slide Materi. c. Sebagai contoh. Mengapa? Karena misal ketika kita berada di slide Home maka mengklik tombol Home akan membawa kita ke slide Home itu sendiri. f. e. Pilih slide Author. g. 2. b.c.

i. Pilih tombol Home (didalam slide Home) .

Klik icon Fill Color pada toolbar Drawing k.j. • • • • • Ulangi langkah (a) hingga (j) untuk: Tombol Author didalam slide Author Tombol SK/KD didalam slide Kompetensi Dasar Tombol Indikator didalam slide Indikator Tombol Materi didalam slide Materi Tombol Evaluasi didalam slide Evaluasi Sumber : m-edukasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful