Sumpah Dokter Indonesia Demi Allah, saya bersumpah bahwa: Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan

perikemanusiaan; Saya akan memberikan kepada guru – guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya; Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang terhormat dan bermoral tinggi, sesuai dengan martabat pekerjaan saya; Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan; Saya akan merahasiakan segala sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya dan karena keilmuan saya sebagai dokter; Saya akan memelihara dengan sekuat tenaga martabat dan tradisi luhur jabatan kedokteran; Saya akan memperlakukan teman sejawat saya sebagai mana saya sendiri ingin diperlakukan; Dalam menunaikan kewajiban terhadap penderita, saya akan berikhtiar dengan sungguh – sungguh supaya saya tidak terpengaruh oleh pertimbangan keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian, atau kedudukan sosial; Saya akan menghormati setiap hidup insani mulai dari saat pembuahan; Sekalipun diancam, saya tidak akan mempergunakan pengetahuan kedokteran saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hukum perikemanusiaan; Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh – sungguh dan dengan mempertaruhkan kehormatan diri saya.

Sambutan Rektor Universitas Sebelas Maret

Kepercayaan tersebut memberikan semangat bagi kami dalam mengemban tugas dalam rangka mencerdaskan bangsa dan memberikan yang terbaik agar lulusan Fakultas Kedokteran/Dokter mempunyai kualitas tinggi. Saudara dapat belajar secara mandiri melalui internet sekaligus berkomunikasi dengan dokter diseluruh dunia guna tukar pengalaman dan diskusi. Peningkatan kemampuan soft skills merupakan suatu keharusan dan studi lanjut baik degree maupun non . Pelantikan sebagai dokter bukanlah ujung dari proses belajar. sehingga pada hari ini kita diberikan kesehatan dan kemudahan menghadiri upacara pelantikan Dokter ke – 183 Universitas Sebelas Maret. tetapi sebagai awal bagi Saudara untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. kami sangat bangga atas keberhasilan para dokter baru yang telah menyelesaikan pendidikannya dengan baik dan kami berharap Saudara dapat menggunakan kemampuan yang dimiliki dengan penuh tanggung jawab. memperluas kerjasama/jaringan. Tantangan bidang kesehatan saat ini antara lain menyangkut kualitas tenaga medis dan distribusi tenaga medis. UNS berupaya keras menjembatani pemecahan masalah tersebut dengan mencetak dokter – dokter berkompetensi tinggi dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi. Para Orang tua dan keluarga Yth. Di era modern ini.Yth. Kepercayaan tersebut sekaligus menjadi harapan agar proses pendidikan dokter lebih baik dan optimal sehingga kualitas dokter lulusan UNS berkompetensi tinggi dan kompetitif. Pada kesempatan ini saya atas nama keluarga besar Universitas Sebelas Maret mengucapkan selamat kepada dokter baru yang telah diambil sumpahnya hari ini dan ucapan selamat kami sampaikan kepada seluruh keluarganya. Para Dokter Baru Yth. Oleh karena itu. penyediaan alat – alat canggih. dan bijaksana di tengah masyarakat. Terima kasih atas kepercayaan bapak ibu yang mengantarkan putra putrinya untuk mengikuti pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Para Tamu undangan Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah dan rahmat-Nya. Asian Development Bank memberikan kepercayaan kepada UNS sebagai salah satu universitas yang dibantu dalam pembangunan Rumah Sakit Pendidikan yang akan dibangun dalam waktu dekat. RS Pendidikan UNS juga dapat mendorong mengingkatkan kualitas dan kuantitias penelitian bidang kesehatan yang hasilnya dapat diimplementasikan di masyarakat dan juga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu. arif. Saudara – saudara yang berbahagia. Belajar sepanjang hayat hendaknya menjadi nafas hidup agar kompetensi Saudara selalu terasah dan meningkat sehingga lebih mampu menghadapi tantangan dibidang kesehatan di masyarakat baik sekarang maupun yang akan datang.

Saudara kami harapkan bisa mengharumkan nama almamater dan memberi kontribusi bagi pengembanan almamater tercinta. 19570707 1981003 1 006 Sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Yth. Karyawan. menduduki jabatan – jabatan di bidang pendidikan dan kesehatan. Saudara – saudara yang berbahagia. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret telah melantik dan mengambil sumpah ribuan dokter. Ravik Karsidi.S NIP. kami berpesan agar Saudara – Saudara selalu memegang teguh Sumpah Dokter yang telah Saudara ikrarkan serta senantiasa menjunjung tinggi Kode Etik Kedokteran Indonesia. Anggota Dewan Propinsi. dan segenap civitas akademika Yth. Rektor Universitas Sebelas MAret Yth. Wassalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dalam menjalankan tugas dan kewajiban seorang dokter dimasyarakat. Dan pada saat ini banyak diantara mereka menjadi Dokter Spesialis dan Magister. Upaya selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan diri adalah dengan memilih spesialisasi dibidang tertentu dengan melanjutkan studi ke pendidikan dokter spesialis. Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Dosen. . Pembantu Dekan. Para hadirin yang kami muliakan. selanjutnya kami juga mengharapkan agar para dokter baru mempunyai komitmen tinggi untuk mengabdikan diri dimanapun sehingga Saudara turut aktif berpartisipasi dalam penyebaran tenaga medis di Indonesia. Sebagai alumnus UNS.Dr. Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberi petunjuk dan kemudahan kepada saudara sekalian. Hadirin dan tamu undangan yang berbahagia. M. pada kesempatan yang berbahagia ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pendidikan dokter di FK UNS sehingga sampai pada siang hari ini. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh Puji syukur pantas kita panjatkan kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa karena hidayah – Nya kepada kita semua sehingga diberi kesempatan hadir pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Baru Periode 182 sekaligus menyaksikan keberhasillan anak – anak kita yang telah menyelesaikan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.degree sangat dianjurkan pula. Dalam menjalankan tugas dan kewajiban itu. Para Guru Besar.

ringan langkah. dan seluruh Staf Dinas dan Rumah Sakit. Para Tamu Undangan Pertama – tama marilah kita panjatkan doa serta puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Untuk memperbaiki kekurangan tersebut kami harapkan kritik dan saran atau masukan demi peningkatan kualitas dan kinerja FK UNS di masa mendatang. staf administrasi. Terima kasih Wassalamua’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. perkenankanlah kami menyampaikan permohonan maaf atas semua kekurangan yang mungkin terjadi pada masa pendidikan. terima kasih pula kami ucapkan kepada semua pihak. Ibu. Bapak.PD – KR. Dr. sosial. pimpinan. Zainal Arifin Adnan. Para Sejawat Dokter Baru Yth. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Prof. dan penuh perhatian. Saudara dokter baru yang berbahagia. tuntutan masyarakat terhadap profesi dokter semakin meningkat. dr. oleh karena itu kelulusan anda sekarang ini merupakan awal masa belajar yang panjang. Pada kesempatan ini atas nama pribadi dan lembaga. dan pengambilan sumpah ini yaitu setelah anda berada ditengah – tengah masyarakat. artinya seorang dokter tidak hanya dipandang dari segi ilmunya tetapi juga dipandang dari profesi seorang dokter yaitu dokter yang berwibawa. Bapak Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Yth. Selanjutnya perkenankanlah kami atas nama seluruh keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Surakarta menguapkan selamat atas keberhasilan teman sejawat dalam . seluruh staf pengajar. Civitas akademika FK UNS. Kami harapkan saudara jangan pernah berhenti belajar karena belajar bersifat sepanjang hayat (Long Life Education). FINASIM NIP.Dan ucapan terima kasih kami ucapkan kepada para orang tua mahasiswa karena telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Kedokteran UNS sebagai tempat belajar bagi putra – putrinya. Sp. 19510601 197903 1 002 Sambutan Ketua IDI Cabang Surakarta Yth. dan hadirin yang kami muliakan. sehingga pada hari yang berbahagia ini kita semua dapat berkumpul bersama menyaksikan upacara Pelantikan Dokter Baru Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret periode 183. Para Orang Tua dan Keluarga Sejawat Dokter Baru Yth. harapan kami orang tua mahasiswa tetap mempercayakan putra – putrinya untuk melanjutkan studinya di kampus tercinta ini dengan mengambil program studi yang sesuai. ramah. Bapak Rektor Universitas Sebelas Maret Yth.

Anggota Dewan Provinsi. Amin. serta penerapan nilai – nilai moral dan etika. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Yth. Pembantu Dekan. yang harus selalu diseimbangkan dan diselaraskan dengan fundamental moral agama. Kemudian kami ucapkan selamat datang pula di lingkungan keluarga besar Ikatan Dokter Indonesia. Rektor Universitas Sebelas Maret Yth.menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. peran proaktif institusi pendidikan tenaga kesehatan (Fakultas Kedokteran) dan organisasi profesi sangat diperlukan dan diharapkan untuk bersama – sama dapat menghasilkan standar kompetensi bagi tenaga kesehatan dan kedokteran. etika serta iman dan taqwa. serta kegiatan peningkatkan kualitas lainnya dengan mengutamakan kemandirian. Pelayanan kesehatan dan kedokteran professional tidak akan terwujud bila tidak didukung oleh tenaga pelaksana yakni sumber daya manusia kesehatan dan kedokteran yang mengikuti perkembangan iptek. Profesionalisme merupakan salah satu strategi penting dalam paradgima bagu pembangunan kesehatan yang dilaksanakan melalui penerapan kemajuan ilmu dan teknologi. Demikianlah sambutan kami. Untuk itulah dalam strategi profesionalisme. Dosen. akreditasi. Pada kesempatan ini saya selaku pribadi maupun institusi menyampaikan ucapan “Selamat” kepada saudara – saudara sebagai dokter baru . Karyawan dan segenap civitas akademika Yth. Kegiatan peningkatan kualitas ini salah satu caranya adalah dengan selalu mengikuti kegiatan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) sehingga para tenaga kesehatan dan kedokteran selalu dapat meng-upgrading kompetensi dan keilmuannya. Para Guru Besar. Hadirin dan tamu undangan yang berbahagia Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME berkat rahmat dan hidayahnya pada hari yang berbahagia ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat untuk menyaksikan pelantikan/pengambilan sumpah dokter baru periode 183 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. dan registrasi. Saat ini. Ketua IDI Cabang Surakarta Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yth. pelatihan berdasarkan kompetensi. teman sejawat akan selalu mendapatkan bimbingan dan kemudahan Allah SWT. Semoga dalam perjuangan meniti karir. IDI satu – satunya wadah bagi profesi dokter selalu ingin meningkatkan profesionalisme bagi para anggotanya.

selain itu saudara dituntut untuk bekerja secara professional. selain beberapa peraturan dan upaya yang dilakukan di atas. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah . terlebih dengan berlakunya undang – undang No. keahlian dan kewenangan yang secara berkelanjutan terus ditingkatkan mutunya melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan. dan semoga apa yang kita lakukan memberi manfaat kepada kita semua dan senantiasa mendapatkan berkah dari-Nya Amin Terima kasih atas perhatiannya. wisudawan/wisudawati telah memiliki peluang untuk menolong sesame baik melalui masa bakti ataupun cara lain yang tertuang dalam KEPMENKES No. registrasi lisensi pembinaan. Dokter terikat sumpah dokter dan kode etik kedokteran Indonesia serta peraturan lain yang berhubungan dengan pelaksanaan profesi kedokteran. 1 Tahun 2005 tentang pedoman tata cara registrasi dokter dan dokter gigi disampaikan bahwa pelanggaran praktik kedokteran yang merupakan hal inti dari berbagai kegiatan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan. 1540/MENKES/SK/XII/2002 sehingga diharapkan dengan kelulusan terebut para dokter tidak semakin kurang berminat pada tempat terpencil. Kepada civitas akademika UNS yang telah sabar dan tekun membimbing mahasiswa sampai dengan yang bersangkutan mendapat gelar dokter dan sampai dengan memberikan keterampilan sesuai dengan profesi untuk dapat diterjunkan di masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan secara profesional. sertifikasi.yang siap diterjunkan ke masyarakat dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara yang kita cintai. 29 Tahun 2004 tentang praktek kedokteran (UUPK). juga berdasarkan Keputusan Konsil Kedokteran Indonesia No. Hadirin yang saya hormati demikian kiranya sambutan ini sekali lagi saya sampaikan jangan bosan menambah ilmu dan keterampilan saudara sebagai seorang dokter yang professional serta amalkan kemampuan saudara untuk melayani masyarakat khususnya di daerah terpencil. Hadirin yang saya hormati. dimana saudara harus dapat memahami secara benar peran dokter dari sudut pandang profesi karena dalam menjalankan tugasnya seorang dokter telah dibatasi oleh rambu – rambu yang tidak boleh dilanggar. harus dilakukan oleh dokter/dokter gigi yang memiliki etika dan moral yang tinggi. saya mengucapan selamat atas pelantikan/pengambilan sumpah saudara sebagai dokter baru. karena ini merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Pada akhirnya. pengawasan dan pemantauan agar penyelenggaraan praktik kedokteran sejalan dengan perkembangan iptek. Dan tidak lupa saya sampaikan “selamat” kepada para orang tua dan wali yang telah dengan tekun dan sekuat tenaga menitipkan anak – anak baik moril maupun materiil untuk dapat menyelesaikan studi sampai dengan selesai. kelulusan saudara saudari pada saat ini hendaknya dapat di jadikan titik balik yang berarti dalam kehidupan saudara sebagai dokter. Para dokter baru yang berbahagia.

Seperti kata Hipocrates “hanya mereka yang baik yang bisa menjadi dokter. maka dengan keluhuran. yaitu TBC dan DBD masih menjadi pergumulan bagi dunia kesehatan di negara kita. Tantangan yang pertama adalah adanya perubahan nilai – nilai masyarakat dan negara yang menuntut para dokter untuk lebih professional dalam menjalankan tugasnya. Angka kematian maternal dan kematian perinatal yang tinggi serta penyakin menular klasik untuk diberantas. sakit – sakitan. dan tentunya pada guru pembimbing. mengingat ketika belajar saudara banyak belajar di bangsal kelas III. Yang terhormat. maka ingatlah bahwa yang menjadikan Saudara dokter adalah mereka yang berada di bangsal kelas III tersebut. serta biaya yang besar. Tantangan – tantangan ini akan menjadi tugas saudara yang baru dilantik untuk ikut menyumbang pikiran dan tenaganya. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta Dekan Fakultas Universitas Sebelas Maret Surakarta Seluruh Civitas Akademika UNS yang berbahagia Pelantikan dan penyumpahan Dokter Baru selalu membawa kegembiraan. apabil adokter tidak belajar. dimana dianggap dunia kedokteran saat ini tidak berbeda dengan dunia bisnis komersil. yang terus menerus disempurnakan demi perbaikan pelayanan kesehatan. maka sanksi hukum yang menantinya. pemerintah telah berusaha melayani masyarakat miskin melalui ASKESKIN. Dengan mengingat jasa mereka maka berikanlah jasa saudara kepada mereka yang berasal dari bangsal kelas III. pikiran. Hormatilah mereka seperti Saudara menghormati guru Saudara. Tantangan yang kedua adalah anggapan penurunan nilai – nilai luhur dunia kedokteran dan masyarakat. Wb. Tanpa keluhuran. mengingat pendidikan dokter adalah pendidikan yang berat. memaknai adanya suatu keberhasilan. bahkan UUPK mewajibkan dokter untuk belajar sesuai Evidence Based Medicine. Mengingat sumpah Hipocrates merupakan sumpah yang sangat luhur. Tantangan yang ketiga adalah rendahnya Human Development Index (HDI) di Indonesia. Undang – Undang Praktik Kedokteran (UUPK) mengharuskan setiap dokter untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan kompetensinya yang dibuktikan dengan sertifikasi dan registrasi. yang terlihat adalah ketidakmampuan masyarakat miskin untuk mengakses pelayanan kesehatan. Sejawat dokter yang dilantik. keikhlasan dan cinta kasih kita akan mampu menjawab tantangan – tantangan tersebut. membutuhkan tenaga.Sambutan Ketua IDI Cabang Surakarta Assalamualaikum Wr. untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negara yang kita cintai ini. bodoh. Masalah lain adanya penyebaran HIV dan flu burung yang semakin bertambah luas.” . Untuk menyikapi hal tersebut. Hal ini memaksa para dokter untuk terus belajar mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan kompetensi. Di balik keberhasilan tersebut terpampang suatu tantangan yang tidak ringan dalam mangarungi dunia kedokteran. tanpa keikhlasan dan cinta kasih kita tidak akan mampu menyelesaikan tantangan – tantangan di atas. HDI ini gambaran bahwa masyarakat Indonesia keadaannya miskin.

dan melakukan dengan hati. profesionalisme hendaknya ditegaskan. Taufik. kami mengucapkan selamat atas keberhasilan putra – putrinya dalam menempuh dan menyelesaikan pendidikan sehingga menjadi seorang dokter. marilah kita bersama – sama memanjatkan puji syukur kepada Hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat. Wassalamu’alaikum Wr. Pada kesempatan yang dinanti – nanti oleh para sejawat dan keluarga. Hal ini lebih banyak menuntut untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. sehingga profesi dokter yang sedang saudara jalankan tersebut nantinya akan terlihat karena ketulusan yang dilandasi oleh keluhuran sikap. Para sejawat dokter baru. kembali kepada hakikat manusia yang mempunyai kecenderungan perasaan yang ingin dihargai. Moewardi Surakarta Assalamu’alaikum Wr. Surakarta. Moewardi Surakarta mengucapkan selamat dan ikut berbahagia atas pelantikan Saudara sebagai dokter baru. Wb. pekerjaan yang sedang dijalankan. Para sejawat dokter baru. dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara dapatkan sebagai dokter umum.Hadirin yang bebahagia. dan Hidayah-Nya kepada kita semua segenap civitas akademika FK UNS Surakarta serta hadirin lainnya sehingga pada saat ini kita masih diperkenankan untuk menyaksikan acara yang sangat membahagiakan kita yakni acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Baru Periode 182. Wb. kehalusan perasaan. 24 April 2013 Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Surakarta Sambutan Direktur RSUD Dr. dihormati. Tahapan professional pada saudara sebagai dokter umum sudah mencapai tingkat ‘profiency’ artinya . Yth. Orang tua dan Keluarga Sejawat Dokter Baru yang berbahagia. Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta Dekan Fakultas Kedokteran UNS Tamu undangan. akhirnya kami mengucapkan “Selamat” kepada segenap civitas akademika Universitas Sebelas Maret Surakarta dan khususnya kepada sejawat Dokter Baru beserta keluarga atas pelantikan dan pengambilan Sumpah Dokter Periode 183. menghadapi tantangan dan situasi saat ini pola kerja yang hendaknya Saudara pegang adalah “seen to be seen” artinya dalam bekerja Saudara harus melihat. kami atas nama segenap civitas hospitalia RSUD Dr. Sejawat dokter baru. Demikian pula kepada keluarga dokter baru yang selama ini telah bersusah payah mendampingi dan memberikan dorongan moril maupun materiil. dan cepat tanggap terhadap keluhan masyarakat serta senyuman keramahtamahan. dan ingin diperlakukan istimewa. memperhatikan.

Untuk itu. 19581018198603 1 009 Sambutan Pimpinan RS. Sekali lagi. pendidikan. Direktur RSUD Dr.Orthopedi Prof. utamanya Fakultas Kedokteran dan Universitas Sebelas Maret kami harapkan dapat membuahkan hasil yang optimal dalam mewujudkan cita – cita tersebut. Dalam mencapai visinya tersebut kami bertekad menjadikan pelayanan. MMR NIP. Terkemuka dan Menjadi Pilihan Utama Masyarakat. sumpah yang diucapkan adalah berbunyi “SAYA SENANTIASA MENGUTAMAKAN KESEHATAN PENDERITA”. Hadirin dan dokter baru yang berbahagia.R. Moewardi Surakarta Drg.Soeharso Surakarta Assalamu ‘alaikum wr. Akhirnya marilah kita berdoa semoga Allah SWT melindungi dan membimbing kita ke jalan yang lurus dan semoga Saudara sukses mengemban tugas kemanusiaan. RSUD Dr. Khususnya masyarakat pedesaan yang sangat membutuhkan dharma bakti dokter. Jalan yang akan kita lalui sebagai dokter memang nantinya akan berbeda – beda. 29 Tahun 2004 dan UU RS Tahun 2009 dan senantiasa mengembangkan diri sebagai professional yang dituntut untuk selalu belajar. demikian pula seluruh upaya pembelajarannya. Sejawat dokter.Dr.pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh tidak hanya bisa melakukan sesuatu tetapi harus sudah mampu “doing the right thing well”. Basoeki Soetardjo. R. Lulusan dokter sekarang harus lebih berhati – hati dalam menjalankan praktik profesi dengan selalu berpedoman pada etika dan UU Praktik Kedokteran No. kami mengucapkan selamat dan bahagia atas pelantikan Saudara. Semoga ilmu dan keterampilan dapat bermanfaat bagi sejawat dokter maupun bagi masyarakat. Bekerja sebagai dokter adalah tanggung jawab pribadi. dan penelitian menjadi satu kesatuan yang sinergis untuk mencapai hasil akhir yakni memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. semoga Saudara dapat memanfaatkan ilmu serta keterampilan dalam pengobatan untuk penyembuhan pasien guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Diharapkan dokter – dokter baru ini akan dapat berhasil dalam meraih cita – cita dan membawa citra baik dan wibawa akademis dan dapat melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebaik – baiknya. Moewardi rencana strategisnya kedepan telah mencanangkan visi menjadi Rumah Sakit Berstandar Internasional.wb . sehubungan dengan bunyi sumpah tersebut kami berharap nilai dan profesi seorang dokter hendaknya saudara bekerja. dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. namun alangkah indahnya jika kita senantiasa ingat bahwa semua jalan itu hanya akan menuju satu arah yang sama yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

dan transparan. meningkatkan pendapatan. sebagai insan kesehatan kita seharusnya memberikan pelayanan kesehatan yang berpihak kepada rakyat.Dr. 24 April 2013 RS.Soeharso Surakarta .wb. Sebuah pengertian yang salah adalah bahwa peningkatan mutu akan memakan banyak biaya. Akhirnya kami mengucapkan selamat atas keberhasilan para dokter baru dan keluarga. Selamat bertugas. dan akuntabel. Yang benar ialah peningkatan mutu akan mengurangi variasi risiko sehingga meningkatkan efisiensi dan produktivitas. identifikasi dan manajemen risiko terhadap pasien. Hadirin yang berbahagia. Semoga profesi ini membawa kesempatan kepada saudara untuk lebih banyak beramal. Patient safety merupakan program yang dilaksanakan di rumah sakit dan merupakan langkah strategis dalam memajukan mutu pelayanan kesehatan.R. Merupakan tugas kita semua untuk membawa pendidikan kedokteran Indonesia menjadi berstandar internasional sehingga lulusannya diakui di seluruh dunia. Patient safety merupakan suatu sistem yang membuat rumah sakit memberikan asuhan pasien lebih aman.Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hal ini akan bisa terlaksana. pelantikan ini mengajarkan Anda semua pada pintu gerbang pada pengabdian yang nyata di masyarakat. Salah satu komponen mutu pelayanan di rumah sakit adalah patient safety (keselamatan pasien). kemampuan untuk belajar dan menindaklanjuti insiden. Wassalamu ‘alaikum wr. Para dokter baru sejawat yang berbahagia. Sistem ini mencegah adanya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan di luar prosedur yang seharusnya dilakukan. Pelaporan dan analisis insiden. Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) terjadi dari assesment risiko.Orthopedi Prof. bertindak cepat dan tepat. Jadikanlah ini sebagai titik tolak pengembangan dan peningkatan kualitas diri Saudara dengan selalu menerapkan prinsip belajar pada setiap kesempatan. Surakarta. menerapkan solusi untuk mengurangi serta meminimalisir risiko. memiliki integritas yang tinggi. apabila kita selalu memperhatikan mutu pelayanan yang kita berikan. kemampuan pembiayaan dan profit sehingga meningkatkan kesejahteraan karyawan dan memuaskan stake holder. karena pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat menghadiri pelantikan/pengambilan Sumpah Dokter Baru Periode 183 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Marilah bersama-sama kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat hidayah-Nya sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam acara pengambilan sumpah dokter baru Fakultas Kedokteran UNS yang ke-183 ini. Semoga sejawat dapat melaksanakan tugas secara baik di tempat yang baru. Rektor UNS Surakarta Dekan FK UNS Surakarta Para Dosen dan Segenap Civitas Akademika FK UNS Surakarta Hadirin dan Tamu Undangan Teman Sejawat okter baru yang berbahagia Assalamu ‘alaikum wr. Suatu hal yang sangat membanggakan bagi kami apabila dokter yang sumpahnya diambil hari ini mempunyai kualitas. Wassalamu ‘alaikum wr. 24 April 2013 Direktur RS Jiwa Daerah Surakarta . Bagi seorang dokter. Oleh karena itu. karena bagaimanapun juga Tuhanlah yang memberikan kesembuhan terhadap suatu penyakit. saya menghimbau agar para dokter yang disumpah pada hari ini selalu menambah wawasan di bidang kedokteran dan senantiasa mendekatkan diri pada Tuhan. Akhirnya saya mengucapkan selamat bekerja.Sambutan Direktur RS Jiwa Daerah Surakarta Yth. yang sangat dibutuhkan harus mempunyai kesadaran tinggi untuk tetap berusaha memenuhi standar profesi dan melaksanakan kode etik kedokteran (KODEKI). Telah kita ketahui bahwa keberhasilan para wisudawan ini tidak terlepasdari peran serta banyak pihak antara lain RS Jiwa daerah Surakarta sebagai tempat menimba ilmu dari pengalaman dan pihak fakultas kedokteran UNS yang telah mendidik para wisudawan hingga meraih gelar dokter.wb Surakarta. Kita sadari bahwa tugas dokter dewasa ini tidaklah ringan.wb. kredibilitas. terlebih di zaman globalisasi yang menuntut profesionalisme. dan integritas yang tinggi sehingga siap diterjunkan di masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara pada umumnya dan bidang kesehatan pada khususnya.

seperti dalam sebuah pepatah di atas langit masih ada langit. sebagai bekal hidup kalian. Staf Pengajar. Kepada seluruh pasien yang telah membantu anak-anak kami dalam menjalani pendidikan kedokteran. kita haturkan puji syukur kepada Allah SWT. yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang. Anak-anakku para dokter baru. dan salam sejahtera bagi kita semua Dengan penuh ketulusan hati. Masih banyak tantangan dan aral melintang. kami juga sampaikan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT mencatat hal ini semua sebagai amal kebaikan dan mendapat balasan yang berlipat ganda. Dosen. dan para karyawan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta Segenap tamu undangan. yang telah memberikan kita nikmat serta kesempatan. para Guru Besar. Janganlah berhenti di sini. Ingatlah selalu apa yang disampaikan pembimbingmu. Dosen. jangan pernah malu untuk bertanya.wb Selamat pagi. Jangan pernah kalian merasa cukup ilmu dan membuat kalian lalai. Sebuah acara yang dalam perjalanannya membutuhkan perjuangan keras oleh anak-anak kita dalam belajar. perlu kerja keras eluruh staf pengajar dalam mendidik mereka. . Bapak rektor. perlu jiwa yang besar dan ilmu yang sangat luas. Kepada anak-anakku dokter baru. dan menggali ilmu lagi bila ini demi kebaikan pasien yang mempercayakan kesehatannya padamu.Kepada yang terhormat Rektor Universitas Sebelas Maret Yang terhormat Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Yang kami hormati para Guru Besar. karena kami menyadari dalam perjalanannya tentu banyak kesalahan dan kekhilafan yang dilakukan anak-anak kami baik sengaja maupun tidak disengaja. yang selama ini kita nantikan yaitu Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Baru Universitas Sebelas Maret Surakarta periode 183. Ambillah suri tauladan yang baik dari dokter seniormu. sebuah tanggung jawab yang besar. Jadilah kalian dokter yang berbudi luhur dan bermanfaat bagi kemanusiaan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Rumah Sakit Dr. Sehingga jangan pernah berhenti mencari ilmu yang lebih mendalam. saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu mendidik anak-anak kami. Kalian akan dilantik dan diambil sumpah menjadi dokter. Staf Pengajar dan para Karyawan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. serta bantuan semua pihak yang turut membantu selama masa pendidikan mereka. jadikan semua pengalaman dan pendidikan yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. seluruh orang tua dokter baru yang tengah berbahagia serta anakanakku para dokter baru yang saya banggakan Assalamu ‘alaikum wr. sehingga kita bisa sampai pada acara saat ini. Moewardi Surakarta beserta segenap pihak yang berperan di dalamnya dan seluruh sarana pendidikan yang telah membantu anak-anak kami. ini bukanlah akhir tetapi awal dari perjalanan hidup kalian. Sebagai wakil dari segenap orang tua para dokter baru. Bapak Dekan Fakultas Kedokteran. kami ucapkan selamat. Kami sebagai orang tua dari para dokter baru juga memohon maaf kepada segenap pihak.

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua. Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat. Dr. bimbingan dan pengorbanan dari guru. Boyolali.PD-KR FINASIM selaku Dekan Fakultas Kedokteran UNS beserta Pembantu Dekan. Direktur RSUD Dr.OG Orang tua dari Okkie Mharga Sentana Sambutan Ketua Sumpah Dokter Periode 183 Bismillahirrahmanirrahim Yth. Soeharso Surakarta. keluarga serta yang hadir dalam ruangan ini. Kebumen dan Kabupaten Blora Yth. untuk sampai pada titik ini merupakan suatu proses dan perjalanan yang panjang dan tidak akan pernah tercapai tanpa pertolongan Allah Subhanallahu Wa Ta’ala serta dukungan. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yth. RSUD Sragen. Untuk itu pada kesempatan yang istimewa ini . Orang Tua Dokter Baru Yth.Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Dr. segala puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. mohon maaf jika terdapat hal-hal yang kurang berkenan. RSO Prof. Alhamdulillahirabbil’alamin. Direktur RS jejaring yang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UNS seperti RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Prof. Moewardi Surakarta Yth. Selamat dan sukses para dokter baru. semoga Allah SWT meridhoi. Selamat Berjuang… Surakarta. dr. Wonogiri. Zainal Arifin Adnan. orang tua.. Teman Sejawat Dokter Baru Dan para tamu undangan lainnya Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dr. Ravik Karsidi. Amin. Yth. Anggota Senat. Ketua IDI Cabang Surakarta Yth. M. 24 April 2013 dr. Rusbandi Sp. para Guru Besar dan Staf Pengajar Fakultas Kedokteran UNS Yth. RSJD Surakarta.Si selaku Rektor UNS Yth. Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan sekitarnya Yth. Sp. Para Rohaniawan Yth. Prof. Para teman sejawat yang saya cintai. rahmat dan segala karuniaNya sehingga kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk bersama-sama berkumpul dalam momentum yang indah dan bahagia dalam rangka suatu prosesi penting yaitu pelantikan dan pengambilan sumpah dokter periode 183 Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. dr.

para Direktur RS jejaring yang bekerjasama dengan FK UNS. kami ucapkan terima kasih kepada orang tua beserta seluruh keluarga besar kami dan orang-orang yang kami kasihi yang telah selama ini mendukung kami. Kedua. Tidak kalah pentingnya terima kasih serta rasa sayang saya sampaikan kepada temanteman seperjuangan di periode sumpah ini. motivasi. Perkenankanlah kami menghaturkan permintaan maaf atas segala khilaf yang kami lakukan baik pada saat kami menempuh pendidikan pre-klinik maupun selama menjalani kepaniteraan klinik di RSUD Dr. dikala materialisme bukanlah hal yang aneh. memeluk ketika beban terasa berat. merekalah yang menunjukkan tulusnya niat saat menolong sesama. sekretaris bagian SMF beserta seluruh civitas akademika FK UNS dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu. saya ucapkan Selamat! Akhirnya setelah perjalanan yang panjang dari mulai SPMB hingga yang terakhir UKDI dapat terlewati hingga kita semua dapat hadir dan mengikuti prosesi pengambilan sumpah dokter ini. Dalam kesempatan kali ini ijinkan kami mengucapkan terima kasih kepada ayahanda dan ibunda tercinta. Direktur RSUD Dr. Merekalah yang selalu memberikan inspirasi. semoga dalam pengorbanan selama ini tidak menjadi sia-sia dan api cinta mereka selalu menjadi lentera dalam pengamalan ilmu kami. Moewardi maupun RS jejaring lainnya. Mendengarkan kami ketika bersedih. dan akan menjadi pengingat dalam setiap langkah pengabdian kami nanti. semua inspirasi yang telah Engkau berikan pada kami akan selalu terpatri dalam sanubari kami. dikala memperkaya diri menjadi tren dalam masyarakat. Galungan. Walaupun kita telah menyelesaikan jenjang pendidikan ini bukan berarti proses pembelajaran kita selesai. Tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada karyawan FK UNS.perkenankan saya atas nama teman-teman yang disumpah pada hari ini untuk menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada: Pertama. Doa mereka tidak pernah berhenti mengalir. Merekalah yang menangis rindu dalam jauhnya jarak saat Idul adha. terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Rektor beserta Pembantu Rektor. terima kasih. semoga Allah Subhanallahu Wa Ta’ala memberikan balasan yang sebaik-baiknya. Nyepi. yang telah memberikan kami kesempatan belajar di kampus yang tercinta ini untuk menuntut ilmu yang tiada batas. Mereka mengajarkan kepada kami indahnya mengabdi pada kemanusiaan. penghargaan dan rasa hormat yang teramat dalam kami sampaikan kepada dosen-dosen kami yang telah memberikan bimbingan. profesi mulia ini mengandung pergulatan yang harus dijalani sepanjang hayat. baik dalam konteks untuk terus menerus belajar menambah ilmu karena dunia kedokteran adalah rimba ilmu pengetahuan . menunjukkan keteladanan dan menjadi cahaya dalam luasnya kebijaksanaan ilmu kedokteran. Para Guru kami. Dekan beserta Pembantu Dekan. ilmu dan nasehat serta selalu menanamkan kecintaan dan tanggung jawab yang besar terhadap ilmu kedokteran dan profesi dokter. Moewardi. menyemangati ketika melewati ujian-ujian yang sulit. Dipavali atau bahkan saat Idul Fitri ataupun Natal karena tidak bisa berkumpul dengan anaknya yang mempunyai segudang aktivitas di kampus. Ketiga. membukakan jalan bagi kita semua. Merekalah yang berdoa di malam-malam yang sunyi ketika kami disini sedang terjaga mengerjakan tugas atau sedang mendapat giliran jaga malam.

Oleh karena itu. Terimakasih telah memberikan saya amanah dan kesempatan berbicara disini untuk mewakili perasaan. sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada kita semua. siapa kita. memberkati sumpah dan janji kita. sesuai dengan lafal sumpah dokter yang akan kita ucapkan nanti. bukan pada penguasa atau pemimpinnya saja. teman-teman dokter baru. untuk terus mengabdi pada bangsa dan negara. Jadilah dokter yang setiap tindakan dan ucapannya terikat oleh sumpah dan menjadi teladan bagi masyarakat. Diatas segala-galanya yang tampak ‘wah’ bagi orang lain terhadap profesi dokter. bekerja dan mengabdi. Akhirul kalam.dan keterampilan yang menuntut ketekunan belajar yang tiada akhir. pesan dan visi kita semua. sejatinya profesi dokter adalah profesi yang menuntut tanggung jawab yang tinggi dan kerendahan hati untuk mengabdi. Pegang terus janjimu wahai kawan. Semoga Allah Subhanallahu Wa Ta’ala. jagalah tali silaturahmi diantara kita maupun dengan almamater kita. Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh. Ketua Sumpah Dokter Periode 183 Fakultas Kedokteran UNS . marilah kita tunjukan pada masyarakat. kesan. teman-teman sejawat yang saya cintai. saya bangga menjadi bagian dari kolegium ini. namun pada ratusan bahkan jutaan rakyat yang jauh lebih membutuhkan ilmu dan tindakan kita. Teman-teman sejawat yang berbahagia. baik nilai kemanusiaan maupun aspek sosial kultural lainnya. jati diri kita. Untuk itu. profesi kedokteran tidak hanya semata-mata ilmu pengetahuan. semoga semangat terus berinovasi dan mengembangkan diri menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan diri kita. Tuhan Yang Maha Esa. tetapi berdedikasi dan berpihak kepada kemanusiaan. maupun pengembangan aspek lain seperti pemerkaya nilai-nilai. dengan membawa nama baik alamamater kita kepada masyarakat dimanapun berada.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful