BATUAN BEKU BASA DAN ULTRABASA

Disusun Oleh : Nugraha Putra Zuriska 270110110198 Geologi-D

FAKULTAS TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS PADJADJARAN 2013

Warna pada batuan beku basa ini umumnya gelap karena kandungan mineralnya yang dominan gelap.glass : bahan dasar bangunan beton. Biotit.kuarsa. Contoh batuan beku basa : 1. : hitam : hipokristalin : afanitik : inequigranular : masive :subhedral : biotit. Piroksin.olivin. Batuan beku basa dapat terbentuk secara plutonik maupun vulkanik. Hornblende. Kandungan mineral penyusunnya di dominasi oleh mineral-mineral gelap (mafic).piroksin. Plagiolas dan sedikit Kuarsa. perbaikan jalan. Yang terbentuk secara plutonik umumnya adalah batuan dari kerak samudra yang terbentuk dari jalur tektonik divergen. Kehadiran mineral-mineralnya seperti Olivin. Gabro Karakteristik : Genesa : merupakan batuan beku yang terbentuk dengan sangat lambat sehingga menghasilkan warna gelap.Batuan Beku Basa Batuan beku basa adalah batuan beku yang secara kimia mengandung 45%-52% SiO2 dalam komposisinya. Warna Kristalinitas Granularitas Relasi Struktur Fabric komposisi mineral kegunaan . sedangkan yang terbentuk secara vulkanik adalah dari gunung api atau intrusian yang ketebalan kerak buminya tidak terlalu tebal.

olivine Mineral utama felsik : Ca plagioklas .2. Basalt Karakteristik : Batuan Beku vulkanik Ukuran Kristal halus Indeks warna 40-70 Mineral Mafik utama : augit. hipersten.

Pada batuan beku ultrabasa hampir tidak ditemukan mineral kuarsa. Plagioklas (15%). piroksen. dikarenakan materi magma asalnya yang merupakan magma induk(parent magma) yang berasal dari asthenosfer.kromit dll) 10-3 %. Batuan beku ultrabasa ini juga hanya bertekstur afanitik karena sifat tempat terbentuknya yang plutonik. Hubungan antar butir (Hipidiomorphic Granular) Komposisi : Olivin (60%). Ukuran Kristal (Fanerik sedang 1-5 mm). Kehadiran mineralnya seperti olivin.3. Bentuk Butir (Subhedral). berat jenisnya 3 – 3.Batuan Beku Ultrabasa Batuan beku ultrabasa adalah batuan beku yang secara kimia mengandung kurang dari 45% SiO2 dari komposisinya. piroksin. hornblenda) 85-95 %. Warna Struktur Tekstur : Gelap kehijauan (Ultramafic) : Massif : Derajat Kristalisasi (Holokristalin). Piroksen (25%). plagioklas kalsium 5 %. Pada umumnya berwarna gelap. biotit dan sedikit plagioklas. Peridoit Peridotit adalah kelompok betuan ultra basa. . ilmenit. mineral bijih (magnetit. Komposisi dan persentase secara umum dari mineral pembentuk batuannya adalah : mineral mafis (olivin. hornblende. Batuan beku ultrabasa hanya dapat terbentuk secara plutonik. Kandungan mineralnya didominasi oleh mineral-mineral berat dengan kandungan unsur-unsur seperti Fe(besi/iron) dan Mg(magnesium) yang disebut juga mineral ultramafik. Contoh batuan beku ultrabasa : 1.

dengan sejumlah kecil mineral lain seperti piroksen. Dunite Dunit adalah batuan. komposisi ultramafik.2. Pengelompokan mineral olivin lebih besar dari 90%. kromit dan pyrope. dengan tekstur kasar atau phaneritic. batuan beku plutonik. Warna Genesa batuan Komposisi batuan Ukuran butir Jenis batuan : Hijau Kehitaman : Intrusif : Olivin Dan Amhibole : Fanerik : Beku Ultrabasa .

blogspot.html .wordpress.com http://geologismuda.com/2013/01/06/batuan-beku-basa-dan-ultra-basa/ http://toba-geoscience.com/2011/03/batuan-beku-basa-ultra-basa.DAFTAR PUSTAKA http://webmineral.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful