LAPORAN KEGIATAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU INTI MAPEL PRAKARYA HOTEL KEDATON BANDUNG

, 04 - 08 JULI 2013

Nama Peserta : RD. TATI MUJIARTI AGUSTIN, S.Pd NIP. 195908061987032002

SMP NEGERI 1 CIKALONGWETAN KAB. BANDUNG BARAT 2013

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Strategi implementasi Kurikulum 2013 penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) cara penilaian sesuai tuntutan Kurikulum 2013 memiliki kemampuan sebagai pelatih dalam pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru Memahami mekanisme pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 Guru Inti SMP Mapel Prakarya adalah guru inti dari sekolah terpilih yang akan mengajar Region Bandung. dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. melaksanakan pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar. Tujuan Umum Tujuan Umum dari Pelatihan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 agar guru dapat mempersiapkan pembelajaran. Tujuan Khusus Tujuan khusus dari pelatihan bagi Guru Inti agar mampu memahami materi pelatihan yang terdiri atas :         C. isi. RASIONAL Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal I butir 19. Guru Inti Mapel Prakarya adalah guru inti dari sekolah terpilih yang akan mengajar pada tahun ajaran 2013 terdiri dari:   Jawa Barat Banten Jumlah : 15 orang : 6 orang : 21 orang . sebanyak 21 orang. b. TUJUAN a.PENDAHULUAN A. SASARAN rasional Kurikulum 2013 elemen perubahan kurikulum Standar Kompetensi Lulusan (SKL). menjelaskan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan. B.

dimana pendekatan yang kegiatan inti yang khas pada kurikulum 2013 ini adalah pendekatan yang . Elemen perubahan pada kurikulum 2013 sendiri diantaranya adalah pada Standar Kompetensi Kelulusan. Konsep Kurikulum 2013 Narasumber 1 : Sadiah Kusumahwati. Ed.Pd.Ag. Ibu Sadiah Kusumahwati. atau kabupaten yang ditugasi untuk memaparkan hal-hal yang terkait dengan peraturan dan kebijakan tentang Kurikulum 2013. Penempatan peserta 2. d.Ed. S. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Waktu Tempat B.. S. Ringkasan materi : Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap. Yaitu. Pengarah Narasumber. Materi Pokok a. Pelaksanaan Kegiatan 1. Pre test b. Registrasi a. Analisis Materi Ajar Kegiatan pada tahap ini adalah berupa menganalisis kesesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Narasumber 2 : Ahmad Komaruzzaman.08 Juli 2013 : Hotel Kedaton Bandung. : Periode 04 . Penyerahan training kit c.Pd. Perancangan Model Pembelajaran Inti pada kegiatan ini adalah berupa latihan penyusunan RPP. c. M. Jawa Barat C. pengetahuan dan keterampilan secara terpadu. standar proses. Dalam akhir sesi kegiatan ini semua peserta diberi tugas untuk menganalisis buku Prakarya guru dan buku Prakarya siswa. Pendaftaran b. provinsi. standar isi dan standar penilaian. S. Instruktur.PELAKSANAAN A. M. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) pada buku Prakarya guru dan buku Prakarya siswa. dalam hal ini adalah pejabat pusat.

Post test g. dan dibimbing oleh narasumber pusat. Evaluasi . Praktek Pembelajaran Terbimbing Pelaksanaan praktek pembelajaran pada diklat ini adalah berupa peer teaching untuk RPP yang telah disusun sebelumnya. f.digunakan yaitu pendekatan scientific approach dan sistem penilaian yang disebut dengan penilaian Autentik. e.

(LPMP JABAR).PENUTUPAN A. B. MM. karena yang bersangkutan harus menutup kegiatan yang sama di tempat yang berbeda. . Yakub. Doa Dipimpin oleh Bapak Mamat Indrajaya dari SMPN 1 Salopa Kab. Tasikmalaya. Kesan Pesan dari Peserta Diwakili oleh salah satu peserta pelatihan. C. yaitu Bapak Oyok Fathurohman dari SMPN 2 Labuan Provinsi Banten. Penutupan Penutupan pada kegiatan Pendidikan Latihan ini yang seyogyanya dilakukan oleh kepala P4TK digantikan oleh Bapak Drs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful