Pencegahan Demam Berdarah

PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH

Pendahuluan
Demam berdarah merupakan suatu penyebab kematian terutama pada anak, remaja dan dewasa, karena demam berdarah merupakan suatu penyakit yang luar biasa. Demam berdarah belum mempunyai pengobatan yang spesifik atau belum ada obat yang dapat membunuh penyebabnya yaitu virus. Pengobatan demam berdarah pada saat ini hanya memberikan pengobatan untuk mengurangi dan menyembuhkan gejala dan rasa sakitnya saja. Oleh karena itu penyakit demam berdarah hanya dapat dihindari dengan melakukan pencegahan terhadap penularan penyakit demam berdarah.

Gejala klinis demam berdarah Gejala klinis demam berdarah :
Demam 2-7 hari penderita biasanya mengalami suhu yang tiba-tiba meningkat sering disertai menggigil. Dapat terjadi kejang Tidak mau makan Muntah Sakit kepala Sakit pada daerah otot dan sendi Nyeri pada perut.

KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK- UISU, Liza & Iqbal

1

susu. muntah darah. 2. mengubur atau membuang kaleng bekas. Sehingga tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Istirahat total selama masih demam. seperti bintik-bintik merah pada kulit. gusi berdarah. Perdarahan pada kulit. 3. Memelihara lingkungan tetap bersih dan cukup sinar matahari. Pencegahan Yang Dapat Dilakukan Membunuh/memutuskan siklus hidup nyamuk dewasa dan jentik. buang air besar hitam. Membakar. Dan memonitor suhu dan jika tidak turun-turun suhunya segera bawa ke RS/Puskesmas. Perdarahan pada hidung. Liza & Iqbal 2 . 2. Melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yaitu dengan cara : Menutup dan mengurus tempat penampungan air. Memberikan obat penurun panas dan dikompres hangat. Usaha yang dapat dilakukan oleh keluarga yaitu : 1. sirup. botol bekas. Penanggulangan Segera dibawa ke RS/Puskesmas/Dokter Praktek Dapat berobat jalan dengan menganjurkan : 1. Setiap minggu agar bebas dari jentik nyamuk. dan sampah lain yang dapat digenangi air. KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK.UISU. 2.Pencegahan Demam Berdarah Gejala Tambahan Gejala yang dapat dijumpai pada saat penderita mulai bebas dari demam yaitu : 1. Dianjurkan banyak minum seperti : oralit. jus buah. 4. disamping air putih dan diberikan sedikitnya selama 2 hari. tempurung.

o Biasanya penyemprotan/pengasapan dilakukan bila sudah terbukti di daerah tempat tinggal penderita terdapat resiko untuk terjadi penularan demam berdarah. Kontrol setiap hari ke RS/Puskesmas selama penderita demam. Badan dingin terutama tangan dan kaki. Penanggulangan lain. oralit. air putih. Menyemprot kamar dengan obat nyamuk/memakai autan. b. Liza & Iqbal 3 . KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK. 4. jus buah. Berikan minum 4-6 gelas/hari. Segera anak dibawa kembali ke Rumah Sakit/Puskesmas. Perdarahan lain.UISU. seperti : gusi berdarah. Kejang. yaitu : o Melakukan penyemprotan insektisida dan melakukan abatisasi jika diperlukan terutama pada daerah sulit air. seperti : a.Pencegahan Demam Berdarah - Rapikan halaman dan jangan biarkan semak-semak dan halaman tidak terurus. f. teh manis. Muntah terus menerus. Bersihkan selokan agar dapat mengalir dengan lancar (jangan biarkan selokan tergenang) Bersihkan bak mandi setiap minggu dan dicikal Tidak membiarkan kain-kain/baju-baju tergantung. Anak tampak lemas. 2. c. 3. 3. e. Keluar darah dari hidung. Apabila sewaktu-waktu ditemui suatu tanda gawat. Pesan untuk orang tua yang anaknya penderita demam berdarah yang mulai sembuh dan boleh pulang dari RS: 1. sirup. dan lain-lain. Berikan obat penurun panas bila diperlukan. d.

Mengadakan penyuluhan dan pencegahan terhadap pasien dan keluarganya.A sebagai dokter pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktunya dalam memberikan bimbingan dan pengarahan selama penulis menjalankan kepaniteraan klinik senior dibagian ini. dimana penggantian cairan merupakan pengobatan yang utama. Liza & Iqbal 4 . Pengobatan demam berdarah hanya berupa pengobatan gejala dari demam berdarah. Dalan K.Pencegahan Demam Berdarah Kesimpulan Demam berdarah adalah penyakit yang banyak menyerang anak dan remaja yang sering menjadi penyebab kematian. Keliat. Penulis menyadari bahwa tulisan ini masih banyak kekurangan. KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK. Pada kesempatan ini. Penulis harapkan sebagai masukan dan perbaikan dari tulisan ini. untuk segala kekurangan yang ada penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. maka kritik dan saran yang berbobot. Sp. perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr.UISU. KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan ceramah ini untuk melengkapi persyaratan dibagian ilmu kesehatan anak.

Liza & Iqbal 5 . Januari 2005 Penulis KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK.Pencegahan Demam Berdarah Medan.UISU.

........................................................i Daftar isi................................2 Kesimpulan ......................................................................................................................................... Liza & Iqbal 6 ...........................................................................................................................1 Gejala Tambahan ..............................................................................................................................ii Pendahuluan ...............................................................................Pencegahan Demam Berdarah DAFTAR ISI Halaman Kata pangantar.....................................................................UISU..........................................................1 Gejala klinis demam berdarah ................................4 KKS SMF Ilmu Kesehatan Anak RSUPM FK.......................................................................................................................2 Pencegahan Yang Dapat Dilakukan ..............................2 Penanggulangan..............................

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful