RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Satuan Pendidikan : SMA Negeri 3 Semarang Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Topik Alokasi Waktu : Matematika-Wajib :X/1 : Eksponen dan Logaritma : Konsep Eksponen, Pangkat Bulat dan Pangkat Pecahan : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran: Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan Konsep Pecahan, Pangkat Bulat dan Pangkat Pecahan ini diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerja sama dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat: 1. Menemukan konsep eksponen berdasarkan kasusu sehari-hari secara tepat, sistematis, dan kreatif. 2. Mendefinisakan pengertian pangkat bulat positif, pangkat nol dan pangkat pecahan dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar. 3. Mengidentifikasi sifat - sifat pangkat bulat positif dan pangkat pecahan dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar. 4. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat positif dan pangkat pecahan. B. Kompetensi Dasar 2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah. 2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika. 3.1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli

an adalah hasil bilangan a sebanyak n faktor. Materi 1. Sifat – sifat a. pangkat nol dan pangkat pecahan. 3. ap : aq = a p-q . C. ap x aq = ap+q b. Mengidentifikasi sifat – sifat pangkat bulat dan pangkat pecahan. 5.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya. 4. Indikator Pencapaian Kompetensi 1. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. dapat ditulis an = a x a x a x…x a dengan a sebagai basis bilangan pokok dan n sebagai pangkat. 6. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat dan pangkat pecahan. Terlibat aktif dalam pembelajaran pangkat bulat dan pangkat pecahan 2. Bentuk pangkat Pangkat bulat positif Bentuk pangkat an = a x a x a x…x a n faktor n faktor perkalian 3. Konsep Eksponen Misalkan a bilangan real dan n bilangan positif. Pangkat nol 5. 4. Menemukan konsep eksponen. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 2. D. 7. Mendefinisikan pengertian pangkat bulat positif.lingkungan. Pangkat bulat negatif Pada pangkat bulat negative berlaku : dan 4. a ≠ 0 .

. (ap)q = apq (ab)p = ap . Memberikan gambaran tentang aplikasi eksponen dalam kehidupan sehari-hari. bp ( )p = 6. 3. Pangkat pecahan a m n = 1 a m n atau a = a m n 1 m n E. negatif dan pangkat pecahan beserta sifat – sifatnya serta siswa terampil memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut. Sumber Belajar 1. Metode Pembelajaran Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific) adalah Model koperatif (cooperative learning) menggunakan tipe model TAI (Team Assisted Individualization merupakan kombinasi antara pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu. Lembar Penilaian untuk peserta didik b. Lembar Penilaian untuk guru G. Buku Pegangan Kurikulum 2013 2. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu 1. 2. Media Pembelajaran 1. berdoa. Lembar Penilaian a. dan mengontrol 10 menit kehadiran peserta didik. 1 lembar kertas karton 4.c. Buku Matematika Erlangga kurikulum 2013 H. Guru memberikan motivasi agar peserta didik mempunyai semangat belajar. F. e. d. 4. Lembar Kerja Peserta Didik 2. Guru mengucapkan salam. Bahan Tayang 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu agar siswa memahami Definisi pangkat positif.

d. Peserta didik diminta mengerjakan uji kompetensi 1. guru mengarahkan semua peserta didik pada kesimpulan mengenai sifat – sifat pangkat bulat positif . 12. menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 5. Sementara kelompok lain. Beberapa peserta didik mewakili kelompoknya maju menjawab uji kompetensi di papan tulis yang lainnya mengoreksi. berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi salah satu kelompok. 14. 2. : no 2 b secara individu. Peserta didik menuliskan kesimpulannya mengenai bilangan bulat positif pada peragaan yang dilakukan. 11. 13. 8. Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok. Siswa diajak memecahkan masalah 1-2.Inti 1.1 halaman 16 buku Matematika : No 1 b. dan siswa mengisi tabel di buku siswa halaman 5. Tugas diselesaikan berdasarkan lembar kerja yang dibagikan. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok. dimana guru juga melakukan peragaan yang ada di masalah 1-2 . Masing-masing kelompok mendapat tugas untuk menemukan sifat – sifat pangkat bulat positif. 9. Dalam setiap kelompok saling menukar hasil jawaban anggotanya. 4. 6. 3. 10. dan mengarahkan peserta didik agar proses diskusi berjalan dengan baik. Peserta didik mengamati buku Masalah 1-2 dalam 70 menit buku Matematika kurikulum 2013 untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis. 7. Siswa mengerjakan soal di lembar kerja siswa dengan tahapan soal meningkat dari mudah – . Dengan tanya jawab. guru memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat aktif diskusi. Guru mengarahkan siswa untuk menemukan rumus pangkat bulat negatif dan pangkat nol sekaligus sifat – sifat pangkat pecahan. Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Peserta didik dibagi dalam kelompk-kelompok 4 peserta didik secara heterogen.

Teknik Penilaian: pengamatan. Penutup 1.nol dan pangkat pecahan. sistematis. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Siswa diminta menyimpulkan tentang sifat – sifat 10 menit pangkat bulat positif. b. Terlibat aktif dalam pembelajaran. 2.negatif . tes tertulis 2. dan menggunakan simbol yang benar. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 2. Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan eksponen. Dengan bantuan presentasi komputer. membantu orang tua dan untuk tetap belajar. Prosedur Penilaian: No 1. Guru mengumpulkan semua hasil kerja siswa. Pengetahuan a.negatif . I.jika siswa mengalami kesukaran pada suatu tahap maka guru memberikan arahan prosedur yang tepat. Menjelaskan Pengamatan dan tes pengertian pangkat bulat positif. 3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan jangan lupa beribadah. guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai pangkat bulat positif. Aspek yang dinilai Sikap Teknik Penilaian Pengamatan Waktu Penilaian Selama pembelajaran dan saat diskusi a. c. 4.sedang – sukar. Penyelesaian tugas individu dan kelompok . 15. pangkat nol dan pangkat pecahan dengan secara tepat.nol dan pangkat pecahan . Penilaian Hasil Belajar 1.

Instrumen Penilaian Hasil belajar 1. sistematis. dan menggunakan simbol yang benar. . kimia. 3. 34p5 : 34p6 2. Pekerjaan rumah Bacalah buku-buku literatur yang membahas penggunaan bentuk pangkat dalam kehidupan sehari-hari. Terampil menerapkan Pengamatan Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen. Keterampilan a. ( ( ) ) Kunci jawaban dan Pensekoran . J. misalnya fisika. yang penyelesaiannya menggunakan konsep bilangan berpangkat. atau ekonomi. 2.sifat pangkat bulat positif dan pangkat pecahan dengan secara tepat. 4. Susunlah hasil kegiatan ini dalam sebuah laporan dan dikumpulkan minggu depan. Menjelaskan sifat . Carilah contoh-contoh permasalahan di bidang lain. Tes tertulis Sederhanakan bentuk dari: 1.No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian Waktu Penilaian b. (2m2 n5 )2 X (-m3 n)2 3.

Juli 2013 Mahasiswa Praktikan Dra. ( ) = ……………………… skor 2 ………………………………………………………skor 3 = 4.1. Adiani Ekawari NIP. ………………………… skor 4 = ( ) ……………………………… skor 2 Penilaian = Mengetahui. Skor 3 = 4m10n12 3. Guru Pamong Semarang. Skor 2 = . Skor 1 2. 34p5 : 34p6 = ……………………………………………… skor 1 = …………………………………………………. ( )= ………………………………………. (2m2 n5 )2 X (-m3 n)2 = 22m4n10xm6n2……………………. 195705191986032004 Choirul Helmawan NPM. Skor 2 …………………………………. 10310168 .

.. ( Kesimpulan : 2.......... a2 = aa ........... Kesimpulan : (ap)q=..... = ........................... = .......... 4...LEMBAR KERJA SISWA SIFAT – SIFAT PANGKAT BULAT POSITIF Nama No Absen Kelas : .................................. Kesimpulan 3. : ............... . )( ) ( ) ................................................................................. ISILAH TITIK – TITIK DIBAWAH INI : 1... (a2)3 = a2 ....................................... ........... :..............................................a2................................................................... .... ( ) Kesimpulan : ( ) ...................... = ..

..... 34p5 : 34p6 2........................... ( ( ) ) Jawab : ....... :...................................................................... : ....... 4............... (2m2 n5 )2 X (-m3 n)2 3.. Sederhanakan bentuk dari: 1.............................LEMBAR KERJA SISWA EKSPONEN Nama No Absen Kelas : ............................

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. 3. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 1. 2. No Nama Siswa Aktif KB 1 2 3 Dhianika Rahma Nur Fadillah Galuh Lalita Mahaghora Muhammad Rasyid Alfaruqi B SB Sikap Bekerjasama KB B SB KB Toleran B SB . Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. 1. 3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. 2.LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Mata Pelajaran Kelas/Semester Tahun Pelajaran Waktu Pengamatan : X/2 : 2013/2014 : : Matematika Indikator sikap aktif dalam pembelajaran trigonometri 1. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

Bagaskara Adi Pamungkas Bram Yudhistira Hasna Amalia Faza Daniawan Dwi Nurrohman Devi Ristiyanti Nitya Sekar Tresnaningtyas Rafi Ibnu Ramadhan Ivan Akhir Julian Gasik Prawestri Intan Aringtyas Junaidi Muhammad Rafi Nurdiansyah Elvana Novita Candra Danuja Widigdaya Isnaeni Putri Nur Afifah Intan Putri Ristyaningrum Lisa Dewi Afrilita Gea Hanin Nisacita Rizki Kartika Angkasa Yudha Putri Adipertiwi A-Bach Keterangan: KB : Kurang baik B : Baik SB : Sangat baik .4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 Nur Endah Filaili Zerarita Amalia Ramadhani Febrian Anggoro Widiyanto Rizky Rachmadewi Elvan Saffria Charta R. Shikarini Amirul P Arinta Destri Larasati Khanza Adzkia Vujira Joean Akbar Saputra Khansa Sitostra Tufana Arsy A. Aj.

Kurangterampiljika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran 2.jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran dan sudah tepat. Keterampilan No Nama Siswa Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah KT T ST 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Rizky Rachmadewi Elvan Saffria Charta R. 3. 1. Sangat terampill. Aj. Shikarini Amirul P Arinta Destri Larasati Khanza Adzkia Vujira Joean Akbar Saputra . Terampiljika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadrantetapi belum tepat.LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Mata Pelajaran Kelas/Semester Tahun Pelajaran Waktu Pengamatan : X/2 : 2013/2014 : : Matematika Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran. Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 Khansa Sitostra Tufana Arsy A. Bagaskara Adi Pamungkas Bram Yudhistira Hasna Amalia Faza Daniawan Dwi Nurrohman Devi Ristiyanti Nitya Sekar Tresnaningtyas Rafi Ibnu Ramadhan Ivan Akhir Julian Gasik Prawestri Intan Aringtyas Junaidi Muhammad Rafi Nurdiansyah Elvana Novita Candra Danuja Widigdaya Isnaeni Putri Nur Afifah Intan Putri Ristyaningrum Lisa Dewi Afrilita Gea Hanin Nisacita Rizki Kartika Angkasa Yudha Putri Adipertiwi A-Bach Keterangan: KT T ST : Kurang terampil : Terampil : Sangat terampil .

10 ribu rupiah”. kedua dan ketiga? . Ternyata ke-5 orang tersebut juga mengirimkan sms masing – masing ke -5 orang lainnya dan orang berikutnya juga melakukan hal yang sama. Berapakah banyaknya orang yang mendapat kiriman sms pertama.Pendahuluan : Ali mendapat sms dari seseorang yang berbunyi “kirimkan sms ini ke 5 orang maka secara otomatis pulsa anda bertambah Rp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful