P. 1
Rangkaian Star - Delta

Rangkaian Star - Delta

|Views: 92|Likes:
Published by Andi Muhammad Asmir
7
7

More info:

Published by: Andi Muhammad Asmir on Sep 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2013

pdf

text

original

RANGKAIAN STAR DELTA STAR – DELTA Star - Delta adalah sebuah rangkaian yang tersusun pada sebuah motor

dengan kapasitas tiga phase atau tiga potensial, dimana lilitan yang terdapat di sebuah motor tersebut terdiri dari tiga lilitan utama dengan jumlah kutup dua belas kutup. Masing masing lilitan memiliki potonsial yang berbeda. Ujung dari setiap lilitan tersebutlah yang menentukan apakah sebuah sebuah motor memiliki rangkaian Star atau rangkaian Delta. Dikatakan rangkaian star, karena simpul rangkaian tersebut berbentuk Y/ bintang. Dan dikatakan delta karena simpul rangkaian tersebut berbentuk segi tiga atau Delta(Δ)

Gbr : motor dengan rangkaian star

PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB

Lenni, ST

KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA

1

starter terhubung secara Star. Pada saat start. Kelemahan starter model ini adalah kemungkinan timbulnya arus start yang sangat tinggi. Starter Star – Delta Starter ini di gunakan untuk mengurangi lonjakan arus dan torsi pada saat start. biasanya bisa mencapai 6 sampai 7 kali.Gbr : motor dengan rangkaian delta untuk menggerakkan Electro Motor.Saat ini dikenal ada beberapa jenis starter diataranya adalah starter Star – Delta. torsi saat start ini juga sangat tinggi dan biasanya lebih tinggi dari kebutuhan. Setelah mendekati speed normal starter akan berpindah menjadi terkoneksi PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni. Star Contactor dan Delta Contactor. ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 2 . ( Pada starter DOL misalnya Komposisi komponennya terdiri dari satu contactor dan satu proteksi arus. Timer untuk pengalihan dari Star ke Delta serta sebuah overload relay. Pada saat starter ini di start. Sedangkan starter Star – Delta Tersusun atas Main Braker dan 3 buah contactor yaitu Main Contactor.578 (seper akar tiga) dari tegangan line. Ini dapat terlihat adanya lonjakan/ gerakan yang keras saat motor di star ). Jadi arus dan torsi yang dihasilkan akan lebih kecil dari pada DOL Starter. motor starter atau biasa disebut starter. Gulungan stator hanya menerima tegangan sekitar 0. diperlukan peralatan pendukung yaitu.

Disebut juga denga MCB. L2.secara Delta. Alat ini juga dilengakapi dengan circuit pemutus arus jika sebuh motor atau peralatan yang menerima arus mengalami hubunga arus pendek atau konsleting. L3 ) Gbr: MCB Tiga Phase PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni. ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 3 . namun jika arus yang dibutuhkan lebih dari satu atau lebih besar dapat digunakan MCB tiga phase yang berarti memiliki line lebih dari satu ( L1. Main Circuit Braker Circuit braker adalah alat pendistribusi arus listrik yang bekerja secara mekanis menggunakan sebuah tuas manual untuk mengalirkan atau menghentikan arus. Starter ini akan bekerja dengan baik jika saat start motor tidak terbebani dengan berat. tergantung dari seberapa arus yang dibutuhkan. Ada berbagai jenis MCB yang berada dipasaran. Jika yang dibutuhkan hanya satu arus maka dapat mengunakan MCB satu pashe saja.

Kelemahan magnetic contactor adalah alat ini dapat cepat rusak untuk pemakain yang sering.Gbr: diagram MCB Tiga Phase Magnetic Contactor Alat ini merupakan pendistribusi arus listri yang bekerja secara mekanis dengan bantuan induksi magnet. dilengkapi dengan gulungan yang akan menghasilkan magnet jika deri arus listrik. Sehingga katub yang sebelumnya terbuka menjadi tertutup karena gaya tarik magnet tersebut dan arus listrik yang dibutuhkan akan mengalir melalui pertemuan katup – katupnya. Karena setiap pertemuan katup – katup penghantar listrik pada alat ini dapat menimbulkan percikan api yang cukup besar sehingga permukaan katupnya cepat aus dan tidak dapat menghantarkan listrik dengan baik. Gbr : magnetic contactor PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni. ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 4 .

ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 5 . PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni.5 A atau maximal 5A. Menggunakan skala pengatur tegangan yang disesuaikan dengan peralatan yang akan diproteksi. Misalnya sebuah motor di name platenya tertulis beban maksimal 5 Amphere.Gbr: diagram mgnetik contactor Overload Relay Alat ini adalah alat proteksi atau pengaman yang terpasang setelah alat distribusi. panas dapat terjadi jika peralatan mengalami beban yang berlebihan dari kapasitas yang dapat diterima. ini untuk menjaga agar motor tidak terbakar atau rusak jika menerima beban yang lebih besar dari kapasitasnya. berfungsi untuk mengamankan peralatan yang bekerja menggunakan arus listrik. menggunakan logam bimetal dimana logam akan memutus arus jika mengalami panas berlebih. maka skala pada overload harus berada pada angka 4. alat ini bekerja secara induksi panas.

ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 6 . namun menggunakan arus listrik sebagai sumber tenaga. Alat ini dilengkapi dengan katup penghantar listrik seperti pada magnetic contactor dengan configurasi NO dan NC ( normaly open & nomaly close ) pada saat yang dinginkan configurasi dapat berubah terbalik. Prinsip kerjanya berdetak seperti jam biasa.Gbr: Overload Relay Gbr: diagram Overload Relay Timer Relay Terpasang diatas contactor main berfungsi sebagai pengalih rangkaian dari hubungan Star menjadi hubungan Delta. Katup NC berfungsi untuk mengerakkan Contactor Star kemudian setelah waktu yang diinginkan katup NC menjadi terbuka dan Katup NO menjadi tertutup sekaligus mengerakkan Contactor Delta. PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni.

 Secara bersaam Contactor Star terhubung dengan ujung lilitan U2. sehingga arus yang mengalir pada motor berganti dari (Main [] Star) menjadi (Main+Delta). dengan ujung lilitan W2. Gbr diagram conector pada motor U1.  Selanjutnya Timer Relay memutus hubungan dari Contactor Star sekaligus menjalankan Contctor Delta. W2.  Main Contactor mengalirkan arus pada ujung lilitan terdapat pada juction box motor. U2. ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 7 . W1. yang berfungsi sebagai simpul pada starter STAR. V1. V2 untuk Contactor Delta.PRINSIP KERJA RANGKAIAN  Arus dialirkan oleh MCB ke rangkaian contactor. yang PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni. V2.

ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 8 .Hubunga Star Delta Hubungan PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni.

DIAGRAM STARTER Star Delta PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni. ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 9 .

ST KAPITA SELEKTA ELEKTRONIKA 10 .Gbr : Aplikasi rangkaian starter star delta PUSAT PENGEMBANGAN BAHAN AJAR-UMB Lenni.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->