Sel-sel prokariotik memiliki struktur sederhana.

Mereka dapat ditemukan hanya pada organisme uniseluler dan sel-sel koloni. Dalam sistem tiga domain dari klasifikasi ilmiah, sel-sel prokariotik diletakkan pada domain Archaea dan Eubacteria.
Monera merupakan golongan organisme yang bersifat prokariotik (inti selnya tidak memiliki selaput inti). Regnum ini dibagi menjadi dua golongan yaitu : 1.1. 1.2. Golongan bakteri (Schizophyta/Schizomycetes) Golongan ganggang biru (Cyanophyta)

Setiap sel, baik prokariotik maupun eukariotik, masing-masing memiliki membran yang membungkusnya, sebagai pemisah antara bagian interior dengan lingkungan sel tersebut, secara tegas mengatur keluar-masuknya zat dan mempertahankan potensial listrik dari sel tersebut. Ganggang hijau-biru atau Cyanobacteria masuk ke dalam kelompok bakteri. Cyanobacteria memiliki struktur sel prokariotik seperti halnya bakteri, dan bisa melakukan fotosintesis langsung karena memiliki klorofil. Sebelumnya, ganggang ini dikenal dengan sebutan Cyanophyta dan bersama bakteri masuk ke dalam kingdom Monera. Akan tetapi dalam perkembangan selanjutnya, diketahui bahwa ganggang ini memiliki karakteristik bakteri sehingga dimasukkan ke dalam kelompok bakteri (Eubacteria).

CONTOH SPESIES 1.Gloeocapsa -> hidup pada batu atau epifit pada tumbuhan lain . Mampu hidup pada perairan dengan suhu sampai 85 derajat C (sumber air panas) sehingga Ganggang Biru merupakan salah satu vegetasi perintis.Chroococcus -> hidup di air/kolam yang tenang . tetapi tersebar di seluruh sitoplasma HABITAT - Perairan (terutama perairan tawar) dan tempat-tempat lembab. ganggang biru digolongkan kedalam Divisio Cyanophyta.Di dalam klasifikasi. CIRI-CIRI UMUM: - tipe sel: sel Prokariotik (sama dengan bakteri) Uniseluler dan Multiseluler Memiliki pigmen fikosianin Klorofil tidak di dalam kloroplas. Alga biru uniseluler .

Alga biru berbentuk benang . .Oscillatoria .Spirulina -> dapat diolah menjadi makanan kesehatan (food suplement) 3. karena simbiosis ini dapat meningkatkan kadar Nitrogen di lahan persawahan.Polycistis . Simbiosis Anabaena azollae dnegan Azolla pinnata sebagai alternatif pupuk Urea.Nostoc commune . Alga biru uniseluler berkoloni .anabaena azollae dan anabaena cycadae bersimbiosis dengan Azolla pinnata dan Cycas rumphii.2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful