Daftar Pustaka

file:///G:/CAMPURAN/Indeks%20Peraturan%20dan%20Perundangan%20Politik%20Indonesia. html http://ekampanyedamaipemiluindonesia2009.blogspot.com/2009/04/denah-dan-tata-carapemungutan-suara-di.html http://ekampanyedamaipemiluindonesia2009.blogspot.com/2009/04/kode-etik-pemilu-indonesia2009.html http://ekampanyedamaipemiluindonesia2009.blogspot.com/2009/03/teknis-pelaksanaanpemungutan-suara.html http://id.wikisource.org/wiki/Undang-Undang_Republik_Indonesia_Nomor_22_Tahun_2007 http://pemilu.indonesia-ottawa.org/?page_id=123 http://www.pemiluindonesia.com/undang-undang/undang-undang-no-22-tahun-2007-tentangpenyelenggara-pemilihan-umum.html

Anggotaanggota. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan Surat Keputusan KPU tentang Pembentukan dan Pengangkatan Ketua. 4.Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) adalah penyelenggara pemilihan umum di luar negeri yang bertugas membantu KPU. Agus Usmawan (Pelaksana) Disamping itu. 2. PPLN juga mengangkat beberapa petugas pemutakhiran data dan pembantu sekretariat. serta Sekretaris. Mohamad Pramintohadi Sukarno (Kepala Sekretariat/Sekretaris PPLN) 2. dan Sekretariat PPLN. dan Pelaksana Panitia Pemilihan Luar Negeri pada KBRI di Ottawa. Propinsi New Brunswick. 3. 5. Budi Mulyono 2. Propinsi Nova Scotia. Organisasi PPLN Ottawa terdiri dari Ketua dan Anggota-anggota PPLN. yang meliputi Propinsi Ontario (Kingston. yaitu: 1. Ottawa dan sekitarnya). Bambang Irianto . Propinsi Quebec. Anggota-anggota. Dimas Firmantoro 3. dan teritorial Nunavut. Propinsi Prince Edward Island. serta Sekretaris. Ketua dan Anggota-anggota PPLN adalah: 1. Propinsi Newfoundland and Labrador. dan Pelaksana Panitia Pemilihan Luar Negeri pada KBRI di Ottawa. PPLN Ottawa PPLN Ottawa adalah penyelengara pemilihan umum di wilayah Kanada. Pada tanggal 28 Januari 2009. Surat keputusan bernomor 55/SK/KPU/Tahun 2009 ini mengangkat kembali personil-personil PPLN Ottawa sebagaimana di tahun 2008. PPLN Ottawa dibentuk berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 292/SK/KPU/Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Ketua. Yul Edison (Ketua merangkap Anggota PPLN) Siam Subiaraharja (Anggota PPLN) Pande Putu Gde Hartana (Anggota PPLN) Sigit Afrianto (Anggota PPLN) Ali Munhanif (Anggota PPLN) Anggota-anggota Sekretariat PPLN Ottawa: 1.

Wewenang dan Kewajiban Tugas. dan kewajiban lain yang diberikan oleh KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Berikut adalah personil-personil KPPSLN sesuai dengan tahapan Pemilu: Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009 Ketua: Zainuri Anggota: 1.PPLN Ottawa berkedudukan di Kantor Perwakilan Indonesia di Ottawa. 3. dan daftar pemilih tetap. dan kewajiban PPLN adalah: 1. melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPLN kepada masyarakat Indonesia di luar negeri. 3. menjaga dan mengamankan keutuhan kotak suara. daftar pemilih hasil perbaikan. 6. 4. 7. 4. menyerahkan berita acara dan sertifikat hasil penghitungan suara kepada KPU. mengumumkan hasil penghitungan suara dari seluruh TPSLN di wilayah kerjanya. 12. Tugas. melakukan perbaikan data pemilih atas dasar masukan dari masyarakat Indonesia di luar negeri. serta menetapkan daftar pemilih tetap. wewenang. daftar pemilih sementara. melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara dari seluruh TPSLN dalam wilayah kerjanya dan hasil pemungutan suara melalui pos. menyampaikan daftar pemilih warga negara Republik Indonesia kepada KPU. membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN). membantu KPU dalam melakukan pemutakhiran data pemilih. wewenang dan kewajiban lain yang diberikan oleh undang-undang. mengumumkan daftar pemilih sementara. 2. PPLN Ottawa membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di KBRI Ottawa. 10. Donny Herlambang Andy Laksmana Nur Iswan Alfi Sigit Zulkarnaen Dahlan . melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya. wewenang. mengumumkan daftar pemilih hasil perbaikan. 11. melaksanakan tugas. KPPSLN Ottawa Untuk menyelenggarakan pemungutan suara. 8. 5. melaksanakan tugas. 2. 5. 9. melaksanakan tahapan penyelenggaraan Pemilu yang ditetapkan oleh KPU. dan 13.

Petugas Kemanan: 1. Bambang Irianto 2. Zainuri Gita Nurlaila Dicky Siregar Andy Laksmana Nur Iswan Alfi Sigit Petugas Kemanan: 1. 3. Adang Suhada 2. 2. Zulkarnaen Dahlan . 5. 4. Budi Hartmoko Pemilu Legislatif 2009 Ketua: Donny Herlambang Anggota: 1. 6.

Tata Cara Pemungutan Suara Gambar Tata Cara Pemungutan Suara Pemilu 2009 Gambar Denah Tempat Pemungutan Suara (TPS) .

Bagan Tata Cara Pemberian Suara Di TPS .

.

Surat suara ada 4 macam surat suara pada Pemilu 2009 ini : . c. pemberian tanda sebagaimana dimaksud pada huruf b. Dalam Pasal 40 dalam peraturan KPU tersebut dinyatakan perihal aturan mengenai cara mencontreng pada Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009. DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota Tahun 2009. walaupun ujung garis tanda centang (√) melewati garis kolom nama partai politik. KPU telah mengeluarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 35 Tahun 2008 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemungutan dan Penghitungan Suara di Tempat Pemungutan Suara dalam pemilihan umum anggota DPR. dinyatakan sah apabila: a. terdapat perbedaan dengan Pemilu Legislatif sebelumnya dalam hal pemberian suara yang dilakukan oleh Pemilih yaitu dari sebelumnya mencoblos surat suara menjadi contreng (V) satu kali pada surat suara. surat suara ditandatangani oleh Ketua KPPS. d. DPD. tetapi bagian akhir garis tanda centang (√) atau sebutan lainnyamelampaui kolom nomor urut calon atau kolom nama calon. c.Teknis Pelaksanaan Pemungutan Suara Pada Pemilu Indonesia 2009 Pada Pemilihan Umum Legislatif 2009. yang tertulis sebagai berikut: Pasal 40 1. pemberian tanda sebagaimana dimaksud pada huruf b. bentuk pemberian tanda adalah tanda centang (√) atau sebutan lainnya. dilakukan hanya satu kali pada kolom nama partai atau kolom nomor calon atau kolom nama calon anggota DPR. dan b. dilakukan hanya satu kali pada kolom foto salah satu calon anggota DPD. DPRD Provinsi. d. DPD. surat suara ditandatangani oleh Ketua KPPS. sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat di dalam kolom nama partai politik. dinyatakan sah apabila : a. 2. dan DPRD Kabupaten/Kota. Suara pada surat suara Pemilu anggota DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten/Kota. sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat di dalam kolom foto salah satu calon Anggota DPD. Suara pada surat suara Pemilu anggota DPD. b. atau sudut tanda centang (√) atau sebutan lainnya terdapat pada kolom nomor urut calon atau kolom nama calon. dan DPRD. Untuk memenuhi Pasal 153 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu Anggota DPR. bentuk pemberian tanda adalah tanda centang (√) atau sebutan lainnya. walaupun ujung garis tanda centang (√) atau sebutan lain melewati garis kolom foto salah satu Anggota DPD.

1. . Surat suara yang dibagian atasnya berwarna biru. untuk pemilihan Anggota DPR 2. Surat suara yang dibagian atasnya berwarna hijau. Surat suara yang dibagian atasnya berwarna merah. untuk pemilihan Anggota DPD 3. untuk pemilihan Anggota DPRD Provinsi 4. Surat suara yang dibagian atasnya berwarna kuning. untuk pemilihan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful