Metode ini telah mengubah metode pembelajaran yang tradisional.Metode accelerated learning merupakan percepatan dan peningkatan pembelajaran. . dan peningkatan pemahaman materi pembelajaran.yang memiliki ciri-ciri yang banyak bertolak belakang dari pengertian dimasa lampau.

Belajar yang berpusat pada aktivitas jauh lebih baik dari pada belajar yang hanya menekankan pada aktivitas presentasi semata. Peristiwa belajar yang menekanjkan pada belajar aktivitas jauh lebih efektif dari pada belajar yang menekankan pada aktivitas presentasi .PRINSIP-PRINSIP YANG MENDASARI ACCELERATED LEARNING      Keterlibatan total individu akan meningkatkan hasil belajar Belajar bukan merupakan proses yang bersifat pasif dalam menyimpan pengetahuan tapi proses aktif menciptakan pengetahuam Kolaborasi diantara siswa akan meningkatkan hasil belajar.

PEMBELAJARAN TRADISIONAL Cenderung: Kaku Muram dan serius Satu-jalan Mementingkan sarana Luwes PEMBELAJARAN DIPERCEPAT cenderung: Gembira Banyak-jalan Mementingkan tujuan Bersaing Behavioristis Verbal Mengontrol Bekerja sama Manusiawi Multi-indriawi Mengasuh Mementingkan materi Mental (kognitif) Berdasarkan waktu Mementingkan aktivitas Mental/emosional/fisikal Berdasarkan hasil .

• Anda perlu merefleksikan pengalaman belajar anda. Jika dapat mengajarkan kerpada orang lain berarti anda betul-betul telah paham dengan pelajaran tersebut. anda mampu memainkan berbagai strategi yang menjadikan pemerolehan informasi lebih muda daripada sebelumnya. dan yakin bahwa informasi yang anda dapatkan mempunyai dampak bermakna badi kehidupan anda. Auditori. musik. peta konsep.M–A–S–T–E–R (Metode Cara Belajar Cepat) Motivating Your Mind (Memotivasi Pikiran) Acquiring The Information (Memperoleh Informasi) Searching Out The Meaning (Menyelidiki Makna) Trigering The Memory (Memicu Memori) Exhibiting What You Know (Memamerkan Apa yang Diketahui) Reflecting How You’ve learned (Merefleksikan Bagaimana Anda Belajar) • Punya keinginan untuk memperoleh ketrampilan/pengetahuan baru. . Adapun beberapa strategi yang dapat dipakai. • Mengubah fakta ke dalam makna pribadi. dan Kinestetis. • Coba siapkanlah dan latihkan pengetahuan yang telah anda peroleh dengan rekan anda. sehingga dapat membuka dan mengambilnya saat diperlukan. melainkan bagaimana anda mempelajari. antara lain : mendongeng. • Mengidentifikasi diri pada kekuatan Visual. Bukan hanya pada apa yang telah anda pelajari. dan peninjauan. • Pastikan bahwa pelajaran terpatri dalam memori jangka panjang. dimana kedelapan kecerdasan kita berperan aktif.

Menciptakan imajinasi kreatif siswa Meningkatkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran Membuat siswa terlibat total Membangun masyarakat belajar yang efektif Manfaat Implementasi Accelerated Learning Menciptakan lingkungan belajar yang sehat Memepercepat proses rancangan belajar Mempercepat dan memperkaya belajar Meningkatkan daya ingat dan performa .

Menyiapkan mental siswa menjadi aktif.Meningkatkan minat dan rasa ingin tahu siswa Membuat siswa berfikir prositif tentang materi pelajaran Ciptakan siswa yang akti yang dapat berfikir dan mencipta Menghapus hambatanhambatan dalam belajar. Persiapan dalam Implementasi Accelerated Learning Buat siswa keluar dari isolasi dan ajaklah mereka melihat masyarakat disekitar .

Kelas Percepatan di SD Lab Universitas Negeri Malang (UM) 2.Implementasi Accelereted Learning di Indonesia 1. Program Kelas Unggulan 3. Program Percepatan Versi Pendidikan Nasional (Diknas) . Program Belajar Sehari Penuh (Full Days School) 4.

efektif .Kelebihan Metode Accelerated Learning Dapat Dapat Menghemat menjadika Dapat membu waktu dan n tiap mempercep Meningkatka at tenaga at proses n kelompok dalam individu pembelajaran pembelajara belajar pembelajara menjadi n yang n aktif.

Belajar yang demikian dapat menghemat waktu serta pembelajaran meningkat. Accelerated Learning akarnya dari belajar berdasarkan aktivitas. belajar bukan hanya menerima informasi tapi belajar adalah berkreasi.Kekurangan Metode Acelerated Learning Kebebasan yang diberikan kepada siswa dalam belajar tidak menjamin bahwa siswa belajar dengan baik dalam arti mengerjakan tugas dengan serius. . penuh aktivitas dan terarah. tekun.

peta konsep. proses belajar menjadi hal yang menyenangkan dan bebas tekanan. permainan peran. Ketika para pengajar menggunakan aneka permainan dan aktivitas. yang didasarkan pada cara orang belajar secara alamiah dengan memperhatikan prinsip dasar Accelerated Learning dan tidak memisahkan individu dari alam dan dari pengalaman holistiknya. Cara belajar cepat (CBC) merubah ruang kelas secara total. relaksasi.Secara garis besar Accelerated learning adalah pembelajaran yang alamiah. . warna. emosi dan musik. visualisasi.

.THANKS FOR YOUR ATTENTION . .^o^..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful