P. 1
Kata Pengantar

Kata Pengantar

|Views: 29|Likes:
Published by cudel
kata pengantar proposal
kata pengantar proposal

More info:

Categories:Topics
Published by: cudel on Sep 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Terimakasih saya ucapkan kepada bapak guru Bahasa indonesia yang telah menugaskan kami untuk membuat ini. Karena dengan tugas ini setidaknya saya dapat sedikit mengkaji kembali pelajaran bahasa indonesia yang di mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX saat ini. Dengan ini juga saya yakin kami yang tadinya merasa berat sekali untuk membuka buku dan membaca, akan sedikit terdorong dan terinspirasi untuki mengkajinya kembali. Selain itu juga, tugas ini sangat efektif sekali di berikan kepada kami saat ini, karena menginjak pentingnya mata pelajaran bahasa indonesia yang telah menjadi salah satu mata pelajaran yang masuk kepada ujian nasional. Maka dari itu, untuk yang kedua kalinya saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak guru bahasa indonesia, semoga dengan makalah ini kami dapat sedikit mempermudah untuk mengkaji ulang pelajaran bahasa indonesia, sehingga kami dapat kesuksessan dan nilai maksimal dalam ujian nasional yang akan datang. Amin !

1

BAB I PENDAHULUAN 2 .

makna meluas yaitu di mana arti baru dirasakan lebih luas dari pada arti yang lama. untuk pelajaran kelas VII dan VIII saya ambil dari buku catatan saya sendiri dan untuk pelajaran kelas IX saya ambil dari buku yang berjudul “PINTAR BERBAHASA INDONESIA 3 UNTUK SMP KELAS IX ” hasil pencetakan Cakra Media dengan penulis Epon Kurniasih.Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt karena atas rahmat da izin-nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. (1) Perubahan makna Perubahan makna ada enam yaitu : 1. Tak lupa juga saya ucapkan banyak terimakasiah kepada bapak guru yang tulus ikhlas tanpa pamrih untuk memberikan ilmunya kepada kami. Dan. Dan semoga dengan tersusunya makalah ini juga dapat menjadi bukti bahwa inilah setitik ilmu dari begitu banyaknya ilmu yang telah bapak berikan kepada kami. 3 . walaupun makalaha ini terlalu kecil dan ringkas sekali saya berharap semoga ini akan sedikit berguna sebagai bahan pendamping dalam persiapan ujian nasional yang akan datang. Makalah ini saya susun dengan berisikan ringkasan-ringkasan pelajaran bahasa indonesia yang di mulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX dengan referensi berbagai sumber diantaranya.

sinestesia artinya : pertukaran dua indra yang berlainan.homonim artinya kata-kata yang secara kebetulan bentuknya sama tetapi artinya berbeda. 3.antonim artinya lawan kata. Contoh: badan-tubuh 2.2. Asosiasi artinya : persamaan sifat (2)1. 5. Sinonim artinya kata-kata yang mempunyai arti sama. peyoratif artinya : di mana arti baru dirasakan lebih rendah nilainya dari arti lama. Contoh : Seret --> Susah ditelan 4 . Contoh: datang-pergi bagus-jelek 3. makna menyempit yaitu arti baru di rasakan lebih sempit di bandingkan arti lama. Amelioratif artinya : di mana arti baru dirasakan lebih tinggi nilainya dari pada arti lama 4. 6.untuk mengalikan bilangan kali-tempat saluran air 4. hamofon artinya kata-kata yang pengucapannya sama tetapi tulisannya berbeda dan artinya pun berbeda. Contoh:kali.

Contoh : Ambruk – Runtuh – Roboh (3). Contoh : Bapak senang menghisap Gudang garam. Majas metonimia artinya yaitu pemakaian nama ciri atau nama hal yang ditautkan dengan orang atau barang sebagai penggantinya. Contoh : adik sedang belajar bahasa indonesia. 1. Majas Hiperbola artinya majas yang berlebih-lebihan Contoh : Perang itu menimbulkan banjir darah 3. 4. Kata kerja. 5 . Majas Personifikasi artinya mengorangkan benda mati yang di anggap bernyawa. 1. 2. 2. mampirlah kegubuk saya. Contoh : Angin senja menguap rambut Lia yang terurai. Kata kerja aktif intransitif adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek. Majas Litotes artinya majas yang merendahkan diri. Kata kerja aktif transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek. Polisemi artinya aneka makna atau satu kata bermacam-macam arti. (4). Majas.Sanksi --> dibawa 5. Contoh : Jika kau tidak keberatan.

Beras pekas Selang – seling 4. Contoh : Beras --. Kata ulang utuh ialah kata ulang yang cara pengulangannya dengan cara mengulang seluruh bentuk dasarnya. Contoh : Mata ---> Mata-mata 2. Pelopor angkatan 33 dengan hasil karyanya. Kata ulang sebagian adalah yang cara pengulangannya dengan cara mengulang sebagian bentuk dasarnya. Contoh : Ulang --. Contoh : Laki ---> Lelaki 3. dapat pula kata berimbuhan dan dapat pula kata majemuk.Berulang-ulang (6). Sultan takdir Ali Syahbana hasil karyanya yaitu Layar Terkembang. Kata Ulang 1. yaitu : 1. 6 . Kata ulang berubah fonem ialah kata ulang yang cara pengulangannya mengalami perubahan fonem. Kata ulang berimbuhan ialah kata ulangyang dalam proses pengulangannya disertai imbuhan. Bentuk kata ulang seluruh dapat berupa kata dasar.Contoh : Ibu memasak didapur (5).

(7).. Contoh : 1. mitos atau nyithe ialah dongeng tentang hal-hal yang goib atau misterius 3. 3.anggota-anggotanya dan mengandung makna kiasan (bukan arti sebenarnya). Ungkapan artinya gabungan kata yang maknanya tidak sama dengan gabungan makna . Armin Pane hasil karyanya yaitu Belenggu.. legenda ialah dongeng tentang terjadinya suatu tempat dan berhubungan dengan keajaiban alam 7 . Amir Hamzah hasil karyanya yaitu Buah Rindu.. Jantung hati adalah orang yang sangat di impi-impikan Peribahasa ialah kalimat yang dapat menggambarkan dan memperjelas sesuatu yang dimaksud oleh penulis.. Sanusi Pane hasil karyanya yaitu Pancaran Cinta. Wanita itu adalah jantung hati kakak saya. 4. rabel adalah dongeng tentang binatang yang dapat berprilaku sebagai manusia 2. Contoh : Bagai Burung Patah Sayapnya artinya : tidak bisa kemana-mana artinya : sama-sama rugi (8) Dongeng 1..2..

Dalam menyampaikan ucapan-ucapan terimakasih atas perhatian pendengar dan harapan kepada pendengar atas permasalahan yang telah di sampaikan serta salam penutup. sage ialah dongeng yang mengandung sejarah biasanya terpengaruh oleh tahayul (9) metode pidato atau ceramah 1.4. 2. metode ekstemporan / secara langsung 4. pendahuluan yang berisi : salam. 3. simpulan uraian yang telah di simpulkan serta nasihat atau saran. isi yang berisikan : uraian pokok persoalan yang ingin di sampaikan kepada pendengar. metode hapalan 2. (10) konorasi ialah makna kata yang bukan sebenarnya contoh : tangan kanan ayah saya ternyata telah berhianat kepada ayah saya denorasi ialah makna kata yang sebenarnya 8 . ucapan syukur dan ucapan terimakasih baik kepada pembawa acara maupun kepada hadirin atas kehadirannya. metode naskah 3. metode impromtu / serta merta kerangka pidato 1. penutup yang berisikan permintaan maaf apabila ada kesalahan.

kamu sekalian e. Fakta ialah pernyataan yang sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya dan kebenarannyatidak di ragukan lagi Pendapat ialah pernyataan yang merupakan buah pikiran seseorang yang kebenarannya masih perlu di uji imbuhan ada (4). Gabungkan awalan dan akhiran seperti : di-kan. ( komunikan jamak ) engkau sekalian. (11) kata ganti a. kata ganti orang ketiga jamak ( yang di bicarakan jamak ) mereka. kata ganti orang kedua tunggal. ber -. kata ganti norang kedua jamak. akhiran seperti -an. ( komunikator tunggal ) aku. di-. ( komunikan tunggal ) engkau. beliau-beliau 9 . rekan d. kamu. kata ganti orang pertama jamak. Sisipan seperti el. awak. saya. er.tangan ayah patah setelah jatuh dari motor. ( komunikator jamak ) kita c. nama f. kata ganti orang ketiga tinggal ( yang di bicarakan tunggal ) Pangkat. em. me-kan. -i. yaitu Awalan seperti me-. kata ganti orang pertama tinggal. bera b. -kan.

Contoh : hani merayakan ulang tahunnya ketika kami pergi ke gunung klausa 1 ( induk kalimat ) klausa 2 ( anak kalimat ) kalusa 2 10 . kalimat majemuk serara yaitu kalimat majemuk yang klausa-klausa anggota nya memiliki hubungan serara (sederajat). Contoh : acaranya meriah dan tamunya amat banyak klausa 1 2. kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang hubungan antar klausa-klausanya bertingkat : biasanya salah satu klausanya memiliki kedudukan yang lebih tinggi yang disebut induk kalimat sedangkan klausa yang kedudukannya lebih rendah disebut anak kalimat.(12) kalimat majemuk ada dua macam kalimat majemuk 1.

Homograf & polisomi empat macam majas. Fakta. Homonim. Antonim. Kata kerja aktif transitif aktif intransitif Macam-macam kata ulang Pelopor novel angkatan 33 dengan hasil karyanya Arti dari ungkapan dan peribahasa Macam-macam bentuk dongeng motode pidato dan karangkanya Arti konorasi.BAB II Macam-macam Perubahan makna arti sinonim. Denotasi. Pendapat 11 .

Macam-macam imbuhan kata ganti Kalimat Majemuk 12 .

BAB III PENUTUP Alhamdulillah. 13 . puji serta syukur kami panjatkan ke hadirat Allah swt karena atas izinnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan tepat waktu. Tapi saya menyadari bahwa makalahyang saya buat ini sangat jauh dari kata sempurna maka dari ini saya sangat mengharapkan sekali kritik dan saranya dari bapak guru maupun rekan-rekan semua demi tercapainya kesempurnaan yang akan datang.

DAFTAR PUSTAKA Kumrasiah. Jakarta : Cakra Media. Epon. Pintar Berbahsa Indonesia 3 untuk SMP Kelas IX. 2006. 14 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->