P. 1
Keamanan Jaringan Komputer

Keamanan Jaringan Komputer

|Views: 9,411|Likes:
Published by Nie_Digi

More info:

Published by: Nie_Digi on Jun 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

HACKING

Hacking adalah setiap usaha atau kegiatan di luar izin atau sepengetahuan pemilik jaringan untuk memasuki sebuah jaringan serta mencoba mencuri file password dan sebagainya. Menurut R. Kresno Aji, hacking adalah suatu seni dalam memahami sistem operasi dan sekaligus salah satu cara dalam mendalami sistem keamanan jaringan, sehingga kita bisa menemukan cara yang lebih baik dalam mengamankan sistem dan jaringan. Pelakunya disebut hacker. Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang – orang di internet. Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kata hacker pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. Kemudian pada tahun 1983, analogi hacker semakin berkembang untuk menyebut seseorang yang memiliki obsesi untuk memahami dan menguasai sistem komputer.

VULNERABILITY
Sering kali kita menemukan kerawanan (vulnerability) ataupun missconfiguration pada sistem sendiri, kita akan menganggap hal itu adalah hal yang kecil karena menanggapinya bukan sebagai lubang keamanan.

TROJAN
Trojan Horse atau lebih dikenal dengan Trojan dalam sistem komputer adalah bagian dari infeksi digital yang kehadirannya tidak diharapkan oleh pemilik komputer. Trojan terdiri dari fungsi – fungsi yang tidak diketahui tujuannya, tetapi secara garis besar mempunyai sifat merusak. Trojan masuk ke suatu komputer melalui jaringan dengan cara disisipkan pada saat berinternet dengan media fisik.

Trojan tidak berpengaruh secara langsung seperti halnya virus komputer, tetapi potensi bahayanya dapat jauh lebih besar dari virus komputer. Trojan dapat diaktifkan dan dikendalikan secara jarak jauh atau menggunakan timer. Pengendalian jarak jauh seperti halnya Remote Administration Tools, yaitu versi server akan dikendalikan oleh penyerang lewat versi client-nya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyerang jika komputer korban telah dikendalikan. Port tertentu yang tidak lazim terbuka mengindikasikan adanya kegiatan aktif Trojan. Penanganan Trojan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pencegahan (preventif) atau pengobatan (recovery). Usaha pencegahan dilakukan sebelum terjadinya infeksi, yaitu usaha agar sistem tidak mempunyai lubang keamanan. Usaha pengobatan dilakukan setelah sistem terinfeksi, yaitu usaha untuk menutup lubang keamanan yang telah diekploitasi dan menghilangkan penyebab infeksi.

THREAT
Threat merupakan salah satu dari tiga komponen yang memberikan kontribusi kepada Risk Management Model, yang digunakan untuk menghadapi ancaman (managing threats).

ATTACK
Denial of Service adalah aktifitas menghambat kerja sebuah layanan (servis) atau mematikan-nya, sehingga user yang berhak / berkepentingan tidak dapat menggunakan layanan tersebut. Serangan Denial of Service (DOS) ini terjadi apabila penyerang atau yang sering terdengar dengan istilah hacker ini merusak host atau sevice yang ada sehingga host atau service itu tidak dapat lagi berkomunikasi secara lancar di dalam network neighborhood-nya. Perkembangan dari serangan DOS adalah DDOS. Serangan DDoS adalah jenis serangan dengan cara memenuhi trafik server situs tersebut hingga situs menjadi lambat dan susah diakses. Pengertian lain tentang DDOS adalah mengirimkan data secara terus menerus dengan menggunakan satu komputer tidak begitu efektif karena biasanya sumber daya server yang diserang lebih besar dari komputer penyerang. Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa serangan DDOS (Denial Distribute Of Service) sangat merugikan bagi yang diserang, karena serangan ini dapat menghambat kerja pengguna dari komputer korban.Dimana

komputer korban menjadi lambat dan sulit untuk diakses akibat dari penuhnya trafik dalam komputer tersebut.

EXPLOIT
Exploit adalah sebuah perangkat lunak (software) yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan. Ada badan peneliti yang bekerja sama dengan produsen perangkat lunak. Peneliti itu bertugas mencari kerapuhan dari sebuah perangkat lunak dan kalau mereka menemukannya, mereka melaporkan hasil temuan ke produsen agar produsen dapat mengambil tindakan. Meskipun demikian, exploit kadang menjadi bagian dari suatu malware yang bertugas menyerang kerapuhan keamanan.

CRACKERS
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya dijaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-defaced (merusak halaman muka web) milik orang lain, bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri. Cracker tidak mempunya kode etik ataupun aturan main, karena cracker sifatnya merusak. Cracker mempunyai situs ataupun cenel dalam IRC yang tersembunyi, yang hanya orang – orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Cracker juga mempunyai IP yang tidak bisa dilacak. Kasus yang paling sering dilakukan oleh cracker ialah Carding yaitu Pencurian Kartu Kredit, kemudian pembobolan situs dan mengubah segala isinya menjadi berantakan.

BANDWIDTH
Bandwidth atau lebar pita adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, bandwidth

dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. Frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita diberikan jatah bandwidth setiap bulan tergantung seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya bandwidth ditentukan seberapa banyak kita meng-upload atau men-download. Makin banyak melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyak pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah bandwidth yang diberikan. Bandwidth komputer didalam jaringan komputer, sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari suatu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis bandwidth ini diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57.600 bps mempunyai bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28.800 bps. Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar / tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar atau images dalam video presentation.

DIGITAL SIGNATURE
Digital signature merupakan sistem keamanan kriptografi simetris (symmetric crypthography / secret key crypthography) yang menggunakan kunci yang sama dalam melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap suatu pesan (message). Disini pengirim dan penerima menggunakan kunci yang sama sehingga mereka harus menjaga kerahasiaan terhadap kunci tersebut. Pada digital signature suatu data / pesan akan di enkripsi dengan kunci simetris yang diciptakan secara acak (randomly generated symmetric key) yang kemudian akan di enkripsi dengan menggunakan kunci publik dari penerima. Hasil dari ekripsi ini kemudian dikenal sebagai digital envelope yang akan dikirimkan bersama pesan / data yang telah di enkripsi.

DEFACED

Pengertian sederhana dari deface / defacing atau bahasa umumnya cyber grafity adalah suatu aktivitas yang mengotori atau mencoret – coret / menodai dan merubah inti dari isi halaman suatu website dengan tulisan / kalimat, gambar / image, atau link tertentu yang membuat suatu link menjadi melenceng dari perintah yang kita berikan atau kita buat. Biasanya tujuan pelaku ( biasa disebut hacker) adalah supaya dia mendapat sebuah nama dan menjadi perhatian orang banyak, menjadi perbincangan karena ulah isengnya yang bisa membuat dia merasa sedikit bangga karena telah berhasil menyusup. Para sasaran hacker mempunyai kesamaan yaitu server web tersebut berjalan di Operating System Windows 2000 dan servernya adalah IIS 5.0 / 6.0.

PATCH
Dalam dunia komputer, patch adalah bagian kecil dari program yang dirancang untuk meng-update atau memperbaiki masalah yang terjadi pada sebuah program. Patch dapat berupa perbaikan bug, penggantian GUI, penambahan fitur atau peningkatan performa. Meskipun memiliki maksud untuk memperbaiki, tidak semua proses patching selalu menghasilkan efek positif. Sistem operasi sebagai bagian paling vital dari keseluruhan kerja komputer Anda, juga sering mengalami penambahan patch. Berbagai ancaman pada sistem operasi dapat datang dari bugs sistem operasi itu sendiri, virus, malware, trojan, ataupun worm. Sistem operasi seperti Microsoft Windows juga menerapkan live update, seperti pada software Antivirus untuk melakukan update tanpa campur tangan pengguna. Microsoft Windows menyebutnya dengan Automatic Update. Sedemikian rumit dan luasnya sebuah sistem operasi, hingga tidak mustahil pengguna melakukan eksplorasi melakukan “patch” sendiri, seperti melakukan perubahan registry atau memanipulasi file-file sistem operasi.

IP ADDRESS
Protokol yang menjadi standar dan dipakai hampir oleh seluruh komunitas Internet adalah TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lainnya, maka menurut aturan TCP / IP, komputer tersebut harus memiliki suatu address yang unik. Alamat tersebut

dinamakan IP Address. IP Address memiliki format aaa.bbb.ccc.ddd, contohnya : 167.205.19.33. Yang penting adalah bahwa untuk berkomunikasi di internet, komputer harus memiliki IP Address yang legal. Legal dalam hal ini artinya adalah bahwa alamat tersebut dikenali oleh semua router di dunia dan diketahui bahwa alamat tersebut tidak ada duplikatnya di tempat lain. IP Address legal biasanya diperoleh dengan menghubungi InterNIC. Suatu jaringan internal bisa saja menggunakan IP Address sembarang. Namun untuk tersambung ke internet, jaringan itu tetap harus menggunakan IP Address legal. Jika masalah routing tidak dibereskan (tidak menggunakan IP Address legal), maka saat sistem kita mengirim paket data ke sistem lain, sistem tujuan itu tidak akan bisa mengembalikan paket data tersebut, sehingga komunikasi tidak akan terjadi.

TELNET
Telnet (Tele Network) adalah suatu terminal yang dapat digunakan untuk mengakses resource yang ada di komputer server. Adapun untuk mengakses komputer server tersebut kita dapat menggunakan beberapa tools yang sudah disediakan (missal : putty, winscp, winftp dan lain – lain), atau dapat juga menggunakan terminal yang sudah disediakan oleh Windows. Telnet artinya Remote Login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol telnet. Dengan telnet memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara remote melalui internet. Dalam bahasa yang mudah, kita dapat memberikan perintah kepada komputer lain baik dalam membuat file, mengedit, menghapus dan menjalankan suatu perintah hanya melalui komputer didepan meja kita. Cara penggunaan telnet sangat mudah, kita ketik telnet diikuti dengan alamat yang ingin anda hubungi bila menggunakan UNIX atau klik icon Telnet di Windows kemudian pilih menu connect kemudian remote system. Jika sudah tersambung berarti sudah berada diterminal pada komputer jarak jauh tersebut sehingga bisa berinteraksi dengan program yang tersedia. Untuk mengakhiri Telnet ketik Quit atau Exit, pada beberapa system menggunakan bye atau off. Bila menggunakan Windows tergantung program yang digunakan.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pen-transfer-an berkas (file) komputer antar mesin – mesin dalam sebuah internetwork. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan user name dan password yang dikirim dalam bentuk yang tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan user name dan password-nya untuk mengakses, mendownload dan meng-upload berkas – berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut. Tujuan FTP server adalah sebagai beikut : 1. Untuk men-sharing data. 2. Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer. 3. Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User. 4. Untuk menyediakan tranper data yang reliable dan efisien. FTP sebenarnya cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfesfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tapi melalui clear text. Metode text yang dipakai transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara Default, FTP menggunakan metode ASCII untuk transfer data. Karena Pengirimannya tanpa enkripsi, maka username,password,data yang ditransfer maupun perintah yang dikirim dapat dniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu disana.

WORM

Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan. Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam – diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan – pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita. Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan. Tanda – tanda komputer kita terkena virus :       Komputer berjalan lambat dari normal Perubahan tampilan pada komputer Komputer sering restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan Komputer hang atau berhenti merespon kita Harddisk tidak bisa diakses Dan lain – lain. Untuk menghindari komputer kita diinfeksi atau terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita dan lain – lain. Pasang antivirus yang bagus, yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->