Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Budaya di Indonesia

Nama NPM Kelompok Pendahuluan Indonesia, sebuah Negara di Asia Tenggara yang memiliki sejarah yang sangat panjang, dari mulai masa penjajahan yaitu penjajahan Kolonial atau Belanda, kemudian penjajahan bangsa Jepang, dan masa kemerdekaan mulai dari orde lama, orde lama sampai masa reformasi (sekarang). Melihat sejarah Bangsa Indonesia yang panjang dan juga terjadinya perubahan kekuasaan di Indonesia, tentu juga telah terjadi berbagai perubahan-perubahan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, baik dalam aspek politik, ekonomi, sosial budaya dan lain-lain. Dalam kurun waktu yang cukup panjang, bagaimana perubahan kehidupan masyarakat Indonesia, dan bagaimana pula kondisi kehidupan masyarakat Indonesia sekarang, setelah merayakan kemerdekaan yang terbilang cukup lama yaitu 65 tahun? Apakah dalam kurun waktu tersebut, kemajuan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia telah dapat dicapai, ataukah malah menjadi lebih buruk dibandingkan masa-masa lalu? Lalu, bagaimana kondisi kehidupan masyarakat Indonesia sekarang? Isi Keadaan ekonomi di Indonesia sejak pasca kemerdekaan Pada masa pasca proklamasi kemerdekaan, keadaan perekonomian Indonesia mengalami kondisi yang cukup terpuruk dengan terjadinya inflasi dan pemerintah tidak sanggup mengontrol mata uang asing yang beredar di Indonesia, terutama mata uang Jepang dan mata uang Belanda, keadaan kas Negara dan bea cukai dalam keadaan nihil, begitu juga dengan pajak. (randy 2010) : Wilbert : 1006691723 : 04

kata Pak Emil Salim. Presiden soeharto menghadapi tantangan dalam membenahi perekonomian Indonesia yang sangat terpuruk dan sempat berhasil. dan merangkul negara-negara barat untuk menarik modal. selain langkah-langkah diatas juga diadakan program PELITA (Pembangunan Lima Tahun) yang bergerak di segala bidang. mantan menteri pemerintahan Presiden Soeharto. dan juga didapatkan aliran pinjaman dari Negara-negara barat dan lembaga-lembaga dunia seperti IMF dan juga World Bank. Selain itu salah satu keberhasilan yang menyebabkan masa orde baru dinilai berhasil adalah ketika PELITA IV dimana Indonesia berhasil swasembada pangan dan mendapat penghargaan dari FAO. liberalisasi perdagangan dan investasi dibuka. menertibkan sektor perbankan.Banyak peristiwa yang mengakibatkan defisitnya keuangan negara salah satunya adalah perang yang dilancarkan sekutu dan NICA. Presiden Soeharto mengambil langkah yang berbeda dari Presiden terdahulu yaitu Presiden Soekarno. Selain itu. serta status dan administrasi perkebunan milik swasta asing. Prestasi-prestasi juga dicapai dalam program PELITA ini.usaha lain yang dilakukan oleh pemerintah RI untuk mengatasi masalah ekonomi adalah menyelenggarakan konferensi ekonomi pada bulan februari tahun 1946. memperhatikan sektor ekonomi. pembangunan. mengembalikan ekonomi pasar. contohnya pada PELITA II pertumbuhan ekonomi Indonesia naik rata-rata 7% per tahun. kebutuhan rakyat dan lain-lain. Hal inilah yang kemudian dipertanyakan Kwik Kian Gie bahwa kebijakan ekonomi Presiden Soeharto membawa Indonesia menjadi terikat pada modal asing. 2010) Menurut Pak Emil Salim. pertambangan dan penambangan minyak berhasil dikembangkan yang hasilnya adalah penambahan . (adypato. Agenda utamanya adalah usaha peningkatan produksi pangan dan cara pendistribusiannya. dimana tingkat inflasi yang sangat tinggi yaitu 650% dapat ditekan hingga dibawah 15% dalam kurun waktu 2 tahun. dari ekonomi. tahun 1970-an. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain dengan menertibkan anggaran. (randy 2010) Memasuki awal orde baru. dalam mengatasi tingkat inflasi yang sangat tinggi. Kondisi perekonomian Indonesia saat itu dibayangi dengan tingkat inflasi yang sangat tinggi. Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. yaitu 650% setahun”. masalah sandang. dan langkah ini terbilang berhasil. Pemerintahan Presiden Soeharto dinilai cukup berhasil dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Usaha.

Tingkat inflasi di Indonesia juga masih menyulitkan masyarakat Indonesia khususnya ekonomi menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhannya. subsidi pendidikan belum mampu menjangkau semua wilayah yang artinya pemerataan subsidi pendidikan masih belum tercapai. perbedaan ekonomi antar golongan.2010) Kemudian masuklah zaman reformasi sampai sekarang. keadaan ekonomi Indonesia juga terlihat dari tingkat pengangguran yang tinggi. Selain itu. fenomena putus sekolah juga masih sangat tinggi. tetapi tetap saja masih belum dapat mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi rakyat Indonesia. Hal-hal inilah yang kemudian mengakibatkan terpuruknya perekonomian Indonesia sekali lagi.pemasukan Negara dari migas sebesar $ 0. keadaan ekonomi Indonesia terus menerus dibenahi. pembangunan tidak disertai dengan kehidupan social. dan juga pengamen jalanan bahkan di Ibukota Jakarta. Meskipun perekonomian Indonesia dari hari ke hari semakin tumbuh terbukti dengan kenaikan GDP Indonesia dari tahun ke tahun. Kemudian. dan juga praktik KKN yang semakin merajalela. tingginya tingkat kriminalitas di Indonesia. potret kemiskinan Indonesia juga tercerminkan oleh banyaknya child labor (Indonesia menjadi Negara dengan tingkat pekerja anak tertinggi). Indonesia masih dibayangi dengan kondisi tingginya tingkat kemiskinan. Selain itu. Pembangunan ekonomi menjadi tidak merata. Hal ini lantas menimbulkan kemiskinan di berbagai daerah. kelompok semakin tajam. ekonomi yang demokratis dan berprikeadilan. Beberapa hambatan dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu seperti merajalelanya tindak korupsi dari pihakpihak tertentu. kemelaratan merajalela.6 miliar pada tahun 1973 dan menjadi $ 10. pada akhir masa orde baru terjadi krisis ekonomi yang kemudian berubah menjadi krisis kepercayaan terhadap pemerintahan. (Adypato. Banyaknya peristiwaperistiwa ini memberi arti bahwa sebenarnya pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terlalu lambat dan sangat jauh tertinggal dari Negara-negara lain. rasa ketidak percayaan yang bersumber dari kekecewaan rakyat terhadap kinerja pemerintah beserta jajarannya dan juga hutang luar negeri yang dari tahun ke tahun makin bertambah pesat. Kondisi politik di Indonesia dan banyaknya bencana juga menjadi salah satu hambatan pertumbuhan . dibuat kebijakan-kebijakan dan aturan-aturan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.6 miliar pada tahun 1980. apalagi baru-baru ini Indonesia juga menghadapi krisis global yang mengakibatkan PHK besar-besaran di Indonesia. tercermin oleh masih banyak sekali pengemis-pengemis jalanan. Namun.

2010) Indonesia dikenal dengan budaya khas timur yaitu keramah-tamahan. anak oleh ayah dan sebagainya. Dikarenakan sebelum kemerdekaan di proklamirkan. kemudian juga adanya permasalahan pembangunan rumah ibadah yang dilarang di beberapa daerah. Tetapi setelah 17 agustus 1945 segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dari bumi bangsa Indonesia dan semua warga negara Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang. contohnya demonstrasi mahasiswa yang berujung pada aksi anarkis. Kriminalitas nampaknya telah menjadi berita sehari-hari untuk rakyat Indonesia. Yang mana masyarakat di Indonesia sebelum kemerdekaan di dominasi oleh warga eropa dan jepang.ekonomi di Indonesia dan bahkan diprediksi bahwa perekonomian Indonesia akan makin memburuk di tahun 2010 karena belum terbebas dari krisis global. banyaknya aksi-aksi anarkis yang terjadi di Tanah air Indonesia. lalu peristiwa anarkis dan bentrokan antara masyarakat dengan satpol PP di Jakarta utara yang memakan banyak korban. (Randy. perampokan. Kondisi sosial budaya di Indonesia Pasca proklamasi kemerdekaan banyak terjadi perubahan sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada khususnya. terlihat dari tingginya tingkat kriminalitas di Indonesia. tapi melihat kembali kondisi sosial di Indonesia sepertinya sudah mulai mengalami pergeseran dan kemerosotan. Ketiga. Hal. Kedua. dari kasus pembunuhan. didalam kehidupan bangsa Indonesia ini telah terjadi diskriminasi rasial dengan membagi kelas-kelas masyarakat. penganiayaan dan sebagainya. sehingga warga pribumi hanyalah masyarakat rendahan yang kebanyakan hanya menjadi budak dari bangsawan atau penguasa. banyak kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh pejabat-pejabat Negara yang merugikan rakyat dan Negara. bentrokan antara dua etnis atau dua desa. Selain itu permasalahan SARA dan etnis juga masih sering terdengar. Pertama. banyaknya kasus-kasus yang terjadi di Tanah Air Indonesia dan lain-lain.hal diatas menunjukkan bahwa kondisi sosial di . Kondisi sosial bangsa Indonesia saat ini kelihatannya semakin kacau balau. Kondisi politik dan ekonomi Indonesia yang tidak semakin membaik kelihatannya telah mengubah pribadi bangsa Indonesia. Bahkan ada berita kasus pembunuhan istri oleh suami. tingkat kriminalitas semakin tinggi.

Hal ini membuat Indonesia menjadi Negara yang kaya akan budaya. Nilai kemanusiaan menipis Tidak berfungsinya institusi-institusi sosial dan jaringan sosial. nyanyian dan lainlain. olahraga. mutu bangsa Indonesia juga masih rendah dikarenakan pendidikan yang belum memadai padahal jumlah penduduk di Indonesia sangatlah padat. tempat tinggal. Seperti yang baru-baru saja diperebutkan yaitu tari pendet. hingga hilangnya ketaatan kepada sistem sosial dan normatif yang berlaku. suku. busana. toleransi antar ras. dari bidang seni. alat musik angklung. "Disintegrasi sosial" menyangkut hilangnya instink komunitas secara meluas: dari hilangnya rasa memiliki sekelompok orang terhadap sebuah negara. bahasa. Penyimpangan yang mengganggu kepentingan umum seperti ketergantungan obat dan heroin dan perilaku seks yang menyimpang.Indonesia mengalami kemunduran. dan agama kelihatannya masih menjadi permasalahan. padahal Indonesia bersemboyan “Bhinekka Tunggal Ika”. Selain itu. Hal ini karena mulai banyaknya kebudayaan bangsa Indonesia yang diklaim oleh Negara tetangga kita yaitu Malaysia. kelihatannya kondisi sosial di Indonesia abad 21 telah menjurus kearah disintegrasi sosial. nilai-nilai dan norma sosial yang mengatur prilaku rakyat Indonesia sudah tidak dipatuhi dan dipegang teguh bahkan sudah mulai pudar. Setelah banyaknya klaim dari Malaysia. Melihat hal-hal yang terjadi diatas. . 2009) Pola disintegrasi sosial: • • • • Kebodohan dan kemiskinan. Mengenai kondisi budaya di Indonesia. Rendahnya ketaatan public terhadap peraturan. Selain permasalahan-permasalahan sosial diatas. batik dan juga lagu “rasa sayange”. diakibatkan ketidak percayaan rakyat kepada hukum dan pemerintahan. seperti yang kita ketahui bangsa Indonesia merupakan bangsa yang heterogen dan terdiri dari ratusan suku dengan keanekaragaman budaya. tari reog ponorogo. hilangnya ikatan atau solidaritas komunal. Rakyat sudah mulai tidak takut pada hukum yang mengikat. namun kondisi budaya Indonesia saat ini tengah memprihatinkan. jaminan pendidikan untuk orang banyak tidak tersedia. (Abdullah irawan.

( anonymous. masyarakat Indonesia juga masih sangat mempercayai tradisi-tradisi yang tidak sesuai dengan akal sehat dan logika. gaya hidup kebarat-baratan (prilaku seks bebas. Walikota maupun Bupati di suatu daerah. sikap individualistik yang mulai muncul (padahal masyarakat Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan rasa kekeluargaan yang tinggi). Selain itu. Hal ini menjadi salah satu permasalahan budaya di tanah air pada masa ini. aksi-aksi mahasiswa berdemo. Amuk massa merupakan hal yang sering terdengar di berita-berita televise maupun di media cetak-cetak. 2009) Kaitan amuk massa dengan kondisi sosial. 2009) Selain itu. dan kadang bahkan bersifat anarkis juga merupakan contoh dari banyaknya fenomena-fenomena sosial di masyarakat Indonesia yang perlu ditanggapi. Dalam hal budaya. aksi anarkis menolak terpilihnya Gubernur. misalnya dukun. (anonymous.barulah pemerintah menyadari bahwa pentingnya hak paten. dan tidak hormat lagi kepada orang yang lebih tua) dan kesenjangan sosial ( adanya golongan kaya dan miskin). Orang-orang banyak yang berprilaku .kondisi sosial di masyarakat yang memprihatinkan seperti amuk massa yang terjadi di hampir seluruh daerah di Indonesia. hukum juga menjadi semakin tidak mengikat sehingga timbul kekacauan. pakaian minim. ritual-ritual dan sebagainya. system informasi semakin mudah untuk diperoleh. contohnya masyarakat bersifat anarkis dalam menolak terpilihnya anggota DPR di suatu daerah. Tidak jarang bahwa budaya-budaya luar yang masuk itu akhirnya membawa dampak yang negatif. Dampak negatif ini tampak dari pola hidup masyarakat Indonesia yang konsumtif. akibat semakin berkembangnya modernisasi dan globalisasi. kelihatannya keadaan sosial masyarakat mulai mundur. Mengapa bisa terjadi hal-hal seperti ini apalagi hal ini sangat sering terjadi di dalam masyarakata. Masyarakat banyak yang mulai tidak memperhatikan nilai-nilai dan norma yang berlaku. Hal ini akhirnya menyebabkan semakin mudah masuknya budaya-budaya luar ke dalam Indonesia dan terjadi proses akulturasi. ekonomi dan budaya Indonesia Situasi yang cukup mencekam saat ini adalah terjadinya kondisi. Mengaitkan dengan kondisi sosial masyarakat. Hal ini tentunya mengancam kebudayaan Indonesia.

salah satunya yaitu kondisi ekonomi Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa budaya ketimuran bangsa Indonesia mungkin sudah agak tergeser. dan bahkan terjadi antar masyarakat Indonesia itu sendiri. salah satunya seperti ketika terjadi amuk massa. pada dasarnya Indonesia dilihat sebagai bangsa timur yang mempunyai budaya kekeluargaan. Hal ini menjadi salah satu factor timbulnya banyak aksi amuk massa. Secara teoritis. terutama yang di pedesaan masih sangat kuat tentang hal-hal gaib dan penyelesaian masalah masih dianut dengan norma-norma yang berlaku sehingga hukum kurang efektif dalam pelaksanaanya. Kekecewaan ini akan menimbulkan sebuah ketidak percayaan masyarakat kepada pemerintah. yang mungkin disebabkan kondisi Negara yang tak kunjung pulih ini. Kondisi sosial seperti amuk massa ini bukan sepenuhnya merupakan kesalahan masyarakat Indonesia. Atas dasar ini jugalah. Selain itu. Dari sisi budaya. Tetapi pada kenyataan yang dilihat malah banyak terjadi bentrokan. juga berdampak ke fasilitas-fasilitas umum yang hancur ketika terjadi amuk massa. tetapi yang kita lihat adalah kemiskinan. hal yang lebih ekstrem tentang budaya ketika kita lihat dukun diadili massa. padahal hal tersebiut sangat merugikan banyak orang. Kita tahu. dan banyak kasus-kasus yang tidak jelas penyelesaiannya. kemelaratan di Indonesia itu semakin hari juga semakin berkembang. tetapi juga ditunjang dengan banyak factor-faktor dan kondisikondisi sosial di Indonesia. praktik korupsi merajalela. kemudian timbul kekecewaan di kalangan masyarakat yang merasa tertindas atas ekonomi Indonesia. bahan pangan dan bahan pokok semakin tinggi harganya karena inflasi. di perekonomia Indonesia tidak tahu harus dibilang berkembang atau tidak. . dan keramahan. Hal ini dapat terjadi karena kepercayaan sebagian masyarakat Indonesia. Menuntut kesejahteraan masyarakat yang merupakan visi awal dari kemerdekaan dan Pancasila.seenaknya. Selain itu. timbulnya demonstrasi yang berujung anarkis dari kalangan masyarakat yang menuntut perekonomian Indonesia yang lebih baik. perekonomian Indonesia berkembang dari tahun ke tahun.amuk massa. subsidi yang tidak merata dan lain-lain.

. Dengan tujuan untuk mensejahterahkan rakyat Indonesia maka pembangunan di segala sektor pun dilakukan. serta hankam. (2009) Kebudayaan Nasional http://dahlanforum. Jakarta.com/. Menurut saya. orde baru. pasca kemerdekaan. kondisi ekonomi.. (2009). Kondisi sosial yang dibayangi disintegrasi . mulai dari kemiskinan. Indonesia Abad XXI. hal ini disebabkan karena kekecewaan masyarakat kepada pemerintahan. politik. Abdullah.sosial budaya Negara Indonesia akan semakin membaik. sosial budaya Indonesia saat ini juga tidak sepenuhnya bagus. bebas dari penjajahan bangsa manapun di dunia. Keduanya harus memiliki kesadaran dan visi yang sama. kriminalitas. Daftar Pustaka : Irawan./kebudayaan-nasional/ (1 November 2010) . pengangguran dan lain-lain. Pembangunan yang telah dilakukan berpuluh-puluh tahun tentu telah memberikan perubahan-perubahan kepada kehidupan rakyat Indonesia.. Maka dari itu.. Kondisi politik dan ekonomi yang buruk akhirnya akan berdampak pada kondisi sosial yang buruk pula. niscaya kedepannya kondisi ekonomi.Penutup Indonesia telah merdeka 65 tahun. sosial budaya. dan reformasi sampai sekarang. Namun pembangunan dan peningkatan terus dilakukan dalam upaya meningkatakan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat Indonesia karena sampai sekarang pun masih banyak permasalahan-permasalahan di dalam tanah air Indonesia ini. kehidupan masyarakat Indonesia tentu jauh lebih baik. Anonymous.wordpress. orde lama. dari bidang ekonomi. Dengan bekerja sama serta semuanya bertindak sesuai nilai dan norma. Melihat kehidupan rakyat Indonesia dari masa penjajahan. dalam rangka membangun Indonesia tentunya harus dilakukan bersamasama antara masyarakat dengan pemerintah. selain itu keduanya juga harus berpegang teguh pada Pancasila.. serta nilainilai dan norma yang berlaku untuk menunjang pembangunan nasiona. malah ada yang semakin bobrok.

http://adypato. (2010).Anonymous.. http://blog.ac.com/. Kondisi Ekonomi. dan Historiografi Indonesia Pasca Proklamasi. Politik Sosial-Budaya.pada-masa-orde-baru/ (1 November 2010) Anonymous.unsri. (2009)..wordpress. Jakarta : Koran Indonesia. Pendidikan.id/lea2010/pendidikansejarah/-kondisi-ekonomi-politik-sosial-budaya-pendidikan-dan-historiografi-indonesiapasca-proklamasi/mrdetail/13106/ (1 November 2010) Adypato. Kondisi Ekonomi Pada Masa orde Baru. (2010). Keadaan Ekonomi 2010 Diprediksi Lebih Buruk. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.