SISTEM GERAK PADA HEWAN

Pernakah kamu memperhatikan gerakan burung yang sedang terbang atau katak yang sedang melompat? Burung atau katak tersebut memerlukan rangka dan otot agar dapat bergerak. Bentuk tubuh hewan-hewan ini bergantung pada tekanan cairan tubuh mereka. banyak invertebrata berukuran kecil mampu mempertahankan bentuk tubuhnya tanpa rangka. . Namun.

Adanya rangka hidrostatik memungkinkan gerakan peristaltis yang merupakan pergerakan yang dihasilkan oleh kontraksi otot yang ritmik dari kepala sampai ekor. Gerakan ini terjadi karena adanya otot sirkuler dan otot longitudinal.SISTEM GERAK PADA INVERTEBRATA Hewan invertebrata. dan Coelenterata (Cnidaria) memiliki sistem rangka hidrostatik. misalnya pada cacing pipih dan cacing gilig. hewan golongan Annelida. .

Body case merupakan eksoskeleton yang menutup seluruh permukaan tubuh hewan. yang terdiri dari: 1. 2. Shell (cangkang). yaitu eksoskeleton. merupakan eksoskeleton yang tidak menutupi seluruh tubuh hewan. Contohnya pada Arthropoda. Banyak ditemukan pada hewan Bivalvia dan Gastropoda. .Invertebrata yang lain membutuhkan sistem rangka untuk melindungi tubuh.

Berkas otot ikan tersusun dalam pola zigzag yang menyebabkan gerakan ikan efisien. Kontraksi pada berkas otot dapat berpengaruh pada sebagian besar tubuh ikan. . Ikan Rangka sumbu tubuh ikan berfungsi untuk melekatnya otot-otot pergerakan.SISTEM GERAK PADA VERTEBRATA 1. Fungsi lain dari rangka untuk melindungi organ dalam.

Amfibi mempunyai sendi di bahu. sehingga tengkoraknya ringan. kecil. Tulang belakang menyerupai jembatan yang berfungsi menopang berat tubuh antara anggota tubuh depan dan belakang. siku. pinggul. lutut. pergelangan tangan dan kaki yang membuat amfibi dapat bergerak. dan jumlah tulang sedikit. Amfibi Tengkorak amfibi berbentuk pipih. .2.

3. Sendi pada tulang atlas memungkinkan untuk mengangguk. sedangkan tulang aksis memungkinkan untuk gerkan memutar. Reptilia Rangka reptilia berfungsi menopang tubuh. Tengkorak reptilia memanjang dan terdapat tulang yang memisahkan lubang hidung dan rongga mulut. . Dua ruas pertama tulang belakang membuat gerakan kepala reptilia lebih leluasa.

tetapi burung air mempunyai tulang padat. Burung Tulang burung ringan tapi kuat. misalnya tulang lengan atas mempunyai rongga udara besar sehingga ringan. .tetapi mempunyai paruh dari keratin yang ringan. Tidak mempunyai gigi. Agar burung dapat menyelam ke dalam air. Jumlah tulang tengkorak sedikit.4.

. Tulang rusuk menghubungkan tulang dada dan tulang belakang. Anggota tubuh belakang berfungsi untuk melompat. Beberapa tulang anggota gerak depan hilang atau bergabung menjadi tempat melekatnya bulu.Tulang dada biasanya besar dan menjadi tempat melekatnya otot terbang. berjalan. dan hinggap. berlari.

kemudian ke otot kaki bawah. tegangan pada otot sendi meningkat dan kaki mencengkeram tempat hinggap. Otot burung umumnya cepat berkontraksi dan tidak cepat lelah.Tendon otot untuk hinggap ada di sepanjang jari kaki ke belakang sendi pergelangan kaki. Saat otot pergelangan kaki lurus ( saat burung hinggap ). sehingga sasuai untuk terbang. Otot burung yang paling besar dan paling kuat adalah otot terbang yang melekat pada tulang dada dan tulang selangka sampai ke tulang lengan atas. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful