Cerpen: Cinta Sejati Seorang Prajurit TNI

November 28, 2012 · by aan · in Sekitar Kita

Seluruh penumpang di dalam bus merasa simpati melihat seorang wanita muda dg tongkatnya meraba-raba menaiki tangga bus.Dg tangannya yg lain dia meraba posisi di mana sopir berada, dan membayar ongkos bus. Lalu berjalan ke dalam bus mencari-cari bangku yg kosong dg tangannya. Setelah yakin bangku yg dirabanya kosong, dia duduk. Meletakkan tasnya diatas pangkuan, dan satu tangannya masih memegang tongkat. Satu tahun sudah, Yasmin, wanita muda itu, mengalami buta. Suatu kecelakaan telah berlaku atasnya, dan menghilangkan penglihatannya untuk selama-lamanya. Dunia tiba-tiba saja menjadi gelap dan segala harapan dan cita-cita menjadi sirna.Dia adalah wanita yg penuh dg ambisi menaklukan dunia, aktif di segala perkumpulan, baik di sekolah, rumah maupun dilinkungannya. Tiba-tiba saja semuanya sirna, begitu kecelakaan itu dialaminya. Kegelapan, frustrasi, dan rendah diri tiba-tiba saja menyelimuti jiwanya. Hilang sudah masa depan yg selama ini dicitacitakan. Merasa tak berguna dan tak ada seorangpun yg sanggup menolongnya selalu membisiki hatinya. “Bagaimana ini bisa terjadi padaku?” dia menangis. Hatinya protes,diliputi kemarahan dan putus asa. Tapi, tak peduli sebanyak apa pun dia mengeluh dan menangis, sebanyak apa pun dia protes, sebanyak apapun dia berdoa dan memohon, dia harus tahu, penglihatannya tak akan kembali. Di antara frustrasi,depresi dan putus asa, dia masih beruntung, karena mempunyai suami yg begitu penyayang dan setia, Burhan. Burhan adalah seorang prajurit TNI biasa yg bekerja sebagai security di sebuah perusahaan. Dia mencintai Yasmin dg seluruh hatinya. Ketika mengetahui Yasmin kehilangan penglihatan, rasa cintanya tidak berkurang. Justru perhatiannya makin bertambah, ketika dilihatnya Yasmin tenggelam ke dalam jurang keputus-asaan. Burhan ingin menolong mengembalikan rasa percaray diri Yasmin, seperti ketika Yasmin belum menjadi buta. Burhan tahu, ini adalah perjuangan yg tidak gampang. Butuh extra waktu dan kesabaran yg tidak sedikit Karena buta, Yasmin tidak bisa terus bekerja di perusahaannya. Dia berhenti dg terhormat. Burhan mendorongnya supaya belajar huruf Braile. Dg harapan, suatu saat bisa berguna

Tapi dia sadar apa yg musti dilakukan. yang tegar dan menyukai tantangan dan suka bekerja dan belajar. ketika dia hendak turun dari bus. Dia merasa dirinya kini benarbenar telah tercampakkan. Kini dia harus menjadi Yasmin yg dulu. Tapi Burhan membimbing jiwa Yasmin yg sedang frustasi dg sabar. Bagaimanapun juga Yasmin harus bisa mandiri. supaya Yasmin tak tersinggung dan merasa dibuang. Sebab Yasmin. Burhan tak melepas begitu saja Yasmin.untuk masa depan. tak mungkin bagi Burhan untuk terus selalu menemani setiap saat ke manapun dia pergi. Sementara Burhan berada di sampingnya. Burhan menasehatinya agar mengandalkan indera pendengarannya. dia mengantar Yasmin menuju halte bus. Sebab dia juga punya pekerjaan yg harus dijalaninya. sopir bus berkata. Tak ada kesempatan sedikitpun untuk bisa melihat jalan. Mau tak mau Yasmin musti terima. dengan tenang Burhan pergi ke tempat dinas. Berjalan dg tongkatnya. tak mungkin selamanya Yasmin harus diantar. Yasmin tidak yakin. Begitulah. Tak mungkin juga selalu diantar ke tempatnya belajar. selama berharihari dan berminggu-minggu Burhan mengantar dan menjemput Yasmin.tak pernah menyerah pada tantangan dan wanita yang tak bisa diam saja. di manapun dia berada. “Anda bicara pada saya?” . Setelah dirasanya yakin bahwa Yasmin bisa pergi sendiri. Dg susah payah dan tertatih-tatih Yasmin melangkah bersama tongkatnya. sebelum menjadi buta. Dg sabar Burhan menuntun Yasmin menaiki bus kota menuju sekolah yg dituju. Seperti yg diramalkan Burhan. Tapi lama-kelamaan Burhan sadar. Dulu. Dan sudah beberapa minggu Yasmin menjalani rutinitasnya belajar. Tapi bagaimana Yasmin bisa belajar? Sedangkan untuk pergi ke manamana saja selalu diantar Burhan? Dunia ini begitu gelap. sebelum buta. apa sanggup dia naik bus sendirian? Berjalan sendirian? Pulang-pergi sendirian? Siapa yg akan melindunginya ketika sendirian? Begitulah yg berkecamuk di dalam hati Yasmin yg putus asa. Setiap pagi. Dan dia adalah wanita yg dulu. Musti mau menjadi wanita yang mandiri. ketika buta. Hari-hari pun berlalu. Tapi kini. bagaimanapun juga masih terpukul dg musibah yg dialaminya. Dan setelah dua minggu. kalau sopir itu bicara padanya. pulang dan pergi. Suatu hari. tak mungkin selamanya mengandalkan dirinya. Yasmin histeris mendengar itu.Yasmin akhirnya bisa berangkat sendiri ke halte. Dg hati-hati dia mengutarakan maksudnya. tak bisa melihat!” teriak Yasmin. Selesai mengantar Yasmin dia menuju tempat dinas.” Burhan hancur hatinya mendengar itu. “Saya sungguh iri padamu”. di mana Yasmin musti belajar huruf Braile. ”Saya buta. Lengkap dg seragam dinas security. dia memang biasa naik bus ke tempat kerja dan ke mana saja sendirian. dg mengendarai bus kotasendirian. sebab Burhan juga punya pekerjaan yang harus dilakoni. “Bagaimana saya bisa tahu saya ada di mana? Kamu telah benar-benar meninggalkan saya. Dia merelakan dirinya untuk mengantar Yasmin ke sekolah.

jawab sopir bus. Pada suatu ketika . Cerpen Cinta Islami : Doa Cinta Suasana redup sunyi menghiasi sekeliling kota Kufah . hingga daerah masjid menjadi pusat siar dakwah islam kepada masyarakat . Dan ketika kamu menyebrang jalan.Karena mahar untuk perempuan di kota tersebut amatlah besar . kasih sayang yg membawa cahaya. Yasmin kebingungan. Kamu sungguh wanita beruntung.Abdul sering sekali meluangkan waktunya untuk berbicara dengan Rabnya . sejak beberapa minggu ini. dan pergi dari situ. memberimu salut. dia meniupkan ciumannya padamu.Masjid yang amat ramai dikunjungi oleh para umat muslim di kota Kufah. membuat orang lain merasa iri? “Apa maksud anda?” Yasmin bertanya penuh keheranan pada sopir itu. Terlintas mobil melaju lambat didepan masjid Al-Mubarok.” Ya”. heran dan tak habis berpikir. “Setiap pagi. sangat beruntung.mawadah. Walaupun dia tidak melihat orang tsb. hingga ia hanya mempunyai sedikit waktunya untuk melakukan kegiatan selain beribadah untuk Sang Maha Kuasa .Ia juga berpikir bagaimana bisa ia melamar dengan mahar yang apa adanya . Sebuah pemberian yg tak perlu untuk dilihat. seorang buta. dermawan serta pintar ini bernama Abdullah bin Basyir atau kerap disapa Abdul. “Saya benar-benar iri padamu”. bagaimana bisa di dunia ini. dia perhatikan langkahmu dan bibirnya tersenyum puas begitu kamu telah melewati jalan itu. seorang lelaki muda dg seragam militer selalu berdiri di sebrang jalan.” jawab sopir bus.Masjid Al-Mubraok terletak di pusat kota . ketika ia berjalan di sebuah taman dekat masjid Al-Mubarok .Pemuda tersebut berpikir apakah layak ia untuk meminang seorang ukhti yang baik yang bisa menjaga keluarga serta anak-anaknya kelak.warhman. Air mata bahagia mengalir di pipi Yasmin. Dia memperhatikanmu dengan harap-harap cemas ketika kamu menuruni tangga bus. ketika dia berada dalam kegelapan. dia yakin dan merasakan kehadiran Burhan di sana.Pemuda yang sangat baik . ada yang memperhatikan dan melindungimu”. . Begitu kamu masuk gedung sekolahmu. Dia merasa begitu beruntung. “Kamu tahu. Terlintas dibenak Abdul untuk segera mempunyai keluarga sakinah. bahwa Burhan telah memberinya sesuatu yg lebih berharga dari penglihatan. wanita buta. Ia melihat banyak pasangan yang sudah menjadi mukhrimnya saling berjalan mengajak anakanaknya untuk menikmati serta mensyukuri segala yang diciptakan Rabbnya dengan cara mengelilingi taman. yg berjalan terseok-seok dg tongkatnya hanya sekedar mencari keberanian mengisi sisa hidupnya. Angin malam berhembus kencang yang menusuk ujung kulit pemuda yang selalu mengabdikan dirinya untuk beribadah kepada pencipta-Nya.

Ia berjalan dengan amat tenang .“Ya Allah .”Toolog tolong tolong .Melihat dan mendengar hal itu ia bergegas menolong perempuan itu dengan menghadang jalur kuda tersebut . dan akhirnya Abdul berhasil menghentikan . tiba-tiba ia mendengar suara tapak kuda yang kecil . . diperjalanan ia melewati sebuah kebun buah kurma.Ia berjalan melewati tengah-tengah dari kebun tersebut dengan tujuan yang amat mulia untuk bertadabur alam.”gumam pemuda yang bernama Abdul tersebut. Tuhan semesta alam yang menciptakan Bumi dan seisinya .Abdul pun bersiaga dan tetap tenang ia terus mendekat dengan sosok hitam itu . Ia melanjutkan perjalanan menuju ke sebuah toko buku . ana tak bisa menunggangi kuda dengan baik”. Lalu ia meneruskan langkahnya tetapi suara itu semakin keras dan lama kelamaan muncullah sesosok hitam berkuda dari arah depan. ijinkan hambamu ini untuk mendapatkan jodoh yang hamba dambakan dan dapat membuat iman dan taqwa hamba kepada Engkau lebih kuat lagi Ya Allah. Dan ternyata sosok hitam itu adalah Perempuan yang menunggang kuda seraya berkata.

Tetapi yang ia hasilkan nihil . Anna pun pulang ke rumah dengan menuntun kudanya .Dan dengan senyum senang Anna menjawab mau. adzan magribpun berkumandang merdu di Majsid Al-Mubarok . ”Alhamdulillah . “Ismi Abdul(namaku Abdul). jujur saya juga menginginkan hal serupa namun saya tetap tidak bisa membayar mahar karena mahar itu kewajiban saya”. kembali kasih. Seraya mengucapakan terima kasih . Allah berikan pertemuan dengan cara Abdul tidak sengaja menabrak Ayah Anna yang berada didepanya.”saya telah mendengar cerita dari anak saya Anna .Pak”. ”Terima . ”saya Abdul . yaitu apa yang bisa kamu maharkan itu sudah cukup”sahut Ayah Anna. ”Afwan atas kelalaian saya dan ketidak hati-hatian saya . Ayah Anna segera menanyakan kepada Anna apakah mau Anna dinikahkan dengan pemuda itu. Keesokan harinya Ayah Anna mencari rumah Abdul .”jawab pemuda itu lantas pergi . ”Mahar untuk Anna hanya sedikit .Cerpen Cinta Islami : Doa Cinta Setelah terhenti perempuan yang menunggang kuda turun dan berbicara kepada Abdul untuk mengucapkan terima kasih .”Saya sangat berterima kasih kepada Bapak .Setelah menunaikan ibadah sholat . Ia sangat berterima kasih dan kagum kepadamu . perempuan yang mengenakan kerudung nan cantik jelita itu menatapi mata Abdul namun Abdul menundukan wajahnya karena ia berpikir bahwa perempuan itu bukan muhkrimnya . dan Anna menceritakan bahwasanya seorang pemuda yang menolongnya tadi sudah meluluhkan hatinya. dan Ayah Anna akhrinya berkata.Masmuka(siapa namamu) ? . Abdul menjawab .Abdul berkata. Tak usah kau pedulikan maharnya karena saya yang akan menanggung mahar tersebut “kata Ayah Anna. ”Tidak apa-apa nak .Pak . namaku Indrianna bisa dipanggil Anna. Disini saya ingin menyampai bahwasanya saya ingin kamu melamar anak saya . Lalu Anna menghadang langkah Abdul. bolehkah kita berbicara sebentar diluar ?” ajak Ayah Anna. Ia telah kamu tolong . Allah memberikan jalan kepada Ayah Anna untuk menemui pemuda yang bernama Abdul . ia mencarinya di semua sudut kota.Pak” jawab Abdul. Ayah Anna singgah di masjid untuk menjalankan perintah Rajanya yaitu beribadah kepada Sang Raja Allah. Hari telah mulai senja .” Kata perempuan yang menunggang kuda.Akhirnya ayah Anna bersedia untuk menemui Abdul pemuda yang menolong Anna . Mereka pun berdua berbincang-bincang . “Terima kasih telah menolongku dari malabahaya yang menerjangku . siapa namamu ? “ sahut Ayah Anna . Sesampainya di rumah ia bercerita tentang apa yang tadi terjadi kepada orang tua .Bi idznillah saya akan menguhunngi orang tua saya untuk datang melamar putri bapak”. .

engkau tidak layak untuknya. seperti diriku. lantas dia berkata kepada ayahnya.mawadah.com/category/kisah-umat-terdahulu/ • • • • • Home Download Daftar Isi Iklan RSS Feed search. Gadis ini baru layak bagi seorang laki-laki yang memiliki pengalaman dalam kehidupan. ‘Dimanakah gadits tersebut. Sayang sekali Pengarang Cerpen Cinta Islami : Doa Cinta ini Tidak Mencantumkan Namanya Namun di Emailnya Bernamakan Ramadhandwi Marvianto. dan sang ayah melihat kepada gadis tersebut. Dan sungguh kecantikan dan sihir matanya telah membuatku takjub. ternyata sang ayahpun terpesona dengannya. bahkan sayalah yang akan menikahinya wahai ayah. agar aku bisa melamarkannya untukmu wahai putraku?’ Maka tatkala keduanya pergi. lalu berkata kepada putranya. Siapakah Yang Akan Menikahinya? Kisah Ibroh & Nasehat | admin kisah islam | January 22. akhirnya Orang tua Abdul datang untuk melamar Anna dan akhirnya Anna dan Abdul menikah dan menjadi keluarga yang sakinah. ‘Saya ingin menikahi seorang gadis yang pernah saya lihat. seraya dia berkata.. dan bukan Anda.’ Maka sang ayahpun membalasnya dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan.warahman. ‘Dengarkanlah wahai putraku. ‘Sekali-kali tidak. Baca Juga Cerpen Kiriman Lainya di Blog ilmuni : Cerpen Sahabat Coklat Part II Cerpen Cinta : EKSA http://kisahislami.. 2013 13:45 Dikisahkan bahwa ada seorang pemuda yang berkata kepada bapaknya. Kisah Gadis Yang Dicintai Semua Orang… Tapi.Dan hari berganti hari . dan bisa jadikan tumpuan. gadis ini tidak sesuai dengan levelmu. Dengan kezuhudan dan kesabaran serta kecintaan Abdul terhadap Allah sehingga doa yang ia panjatkan dikabulkan oleh Allah swt . karena ucapan ayahnya.’ Maka tercenganglah sang anak.’ .

siapakah aku? Aku adalah Dunia!!! Sayalah orang. menteri. ‘Gadis ini. Akan tetapi gadis tersebut baru layak untuk seorang yang terkemuka di sebuah negeri seperti aku. yang seluruh manusia berlarian dibelakangku. saat mereka saling berlari mengejar dibelakang sang gadis. pemuda. Dan saat mereka hadir.’ Maka ketiga orang itupun bertengkar. lalu perqi ke kantor polisi agar mereka bisa memberikan solusi permasalahan mereka. dan kalian berlomba lari dibelakangku. ‘Hadirkanlah gadis tersebut. hingga mereka terperosok kedalam kuburan. maka sang perwirapun berkata kepada mereka. diapun berkata. Sang anak ataukah sang bapak. Maka saat kedua menceritakan kejadiannya. dan tidak akan bisa beruntung mendapatkanku untuk selamanya.Keduanyapun bertengkar. diapun terpesona akan kecantikan dan keelokannya. Hingga sampailah perkara itu kepada Amir negeri itu. mereka melupakan agama mereka karena aku. maka aku adalah bagiannya.’ Dan benar saja. ‘Aku akan memberikan solusi akan permasalahan kalian ini. kepada seorang perwira polisi.’ Maka mereka semuapun berdebat. agar kami bisa bertanya kepadanya. mereka juga bertengkar karena gadis itu. Dan tiba-tiba.’ Tatkala sang perwira milihat kepada gadis tersebut. ‘Aku punya solusi. perwira. Dan siapa yang pertama kali bisa memegangku.’ ‘Aku akan berlomba lari. ‘Tidak akan menikahi gadis ini melainkan para menteri seperti aku. ‘Tahukah kalian. Maka dia berkata kepada mereka. kelima orang itupun terperosok ke dalam sebuah lobang yang dalam.’ (AR) . lalu mereka pergi ke seorang mentri. mereka berlomba-lomba untuk mendapatkanku. dia berkata. Hadirkanlah gadis tersebut.’ Akhirnya. sang Amirpun berkata. Dan saat sang menteri melihat kepada gadis tersebut. lalu kelima orang itupun berlari mengejar dibelakang sang gadis. sang ayah. ‘Gadis ini tidak layak untuk kalian berdua. siapa yang dia inginkan. dan sang Amir. Kemudian sang gadis melihat kepada mereka dari atas seraya berkata. Kemudian sang gadis berkata. gadis itupun berlari. tidak akan menikahinya melainkan seorang Amir seperti aku.’ Maka tatkalah sang Amir melihat gadis itu. dan menikahiku.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful