P. 1
Permintaan, Penawaran, elastisitas

Permintaan, Penawaran, elastisitas

|Views: 349|Likes:
Published by Bayu Herdiansyah
contoh soal ekonomi pertanian & peternakan
contoh soal ekonomi pertanian & peternakan

More info:

Published by: Bayu Herdiansyah on Sep 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2015

pdf

text

original

LAB.

EKONOMI PETERNAKAN FAKULTAS PETERNAKAN UNPAD

Soal-soal Latihan PERMINTAAN, PENAWARAN DAN ELASTISITAS
Bagian A. Berilah tanda silang (X) pada B bila pernyataan di bawah ini benar atau pada S bila pernyataannya salah. Skor nilai masing-masing 1 (satu) 1. (B – S) Apabila persentase perubahan relative harga barang lebih besar dari perubahan relatif barang yang diminta, maka elastisitas harga terhadap permintaan (price elasticity of demand) barang tersebut adalah elastis.

1. (B – S) Elastisitas permintaan daging ayam broiler sama dengan satu, maka untuk meningkatkan keuntungannya penjual ,menurunkan harga ayam per kilogram dari Rp. 26.000/kg menjadi Rp. 20.000/kg. 2. (B – S) Ceteris paribus merupakan suatu asumsi yang berarti bahwa tidak ada faktor lain yang mempengaruhi variabel tidak bebas. 3. (B – S) Apabila harga jagung untuk pakan ternak naik maka jumlah jagung yang diminta berkurang. Fenomena ini digambarkan dalam kurva permintaan sebagai pergerakan sepanjang kurva 4. (B – S) Endang adalah seorang pengusaha yoghurt dimana bahan bakunya adalah susu sapi perah. Namun akhir-akhir ini ia selalu mengeluh karena harga bahan baku utamanya naik harganya, akibatnya susu yang biasanya ia beli dari peternak 100 liter per hari sekarang berkurang menjadi 75 liter saja, sehingga produk yoghurt yang dipasarkan tentu saja berkurang pula. Hal ini digambarkan dalam kurva penawaran sebagai pergeseran kurva penawaran. 5. (B – S) Nilai elastisitas permintaan telur ayam adalah 2 maka untuk meningkatkan pendapatannya pedagang di pasar meningkatkan harga jual nya. 6. (B – S) Kurva permintaan adalah kurva yang menggambarkan jumlah barang yang diminta pada tingkat harga tertentu. 7. (B – S) Bila elastisitas permintaan barang daging sapi adalah -1,7 dapat dikatakan bahwa daging sapi termasuk sebagai barang inelastic 8. (B – S) Berdasarkan nilai koefisien elastisitas silang, kita dapat menentukan apakah barang tersebut termasuk sebagai barang normal atau tidak. 9. (B – S) Banyak factor yang menentukan penawaran suatu barang, diantaranya adalah biaya produksi. 10. (B – S) Hukum penawaran adalah makin tinggi harga yang bersangkutan maka makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan. 11. (B – S) Yang dimaksud dengan skala penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan.

12. (B – S) Elastisitas pendapatan adalah menghitung besarnya perubahan relative pendapatan yang disebabkan oleh perubahan relative jumlah barang yang diminta

1

13. (B – S) Untuk semua jenis barang yang termasuk sebagai barang ekonomi, tidak ada yang dapat dikatakan sebagai barang inferior. 14. (B – S) Dalam analisis permintaan jumlah penduduk tidak dapat mempengaruhi jumlah barang yang diminta karena jumlah penduduk bukan merupakan indikator ekonomi 15. (B – S) Harga pasar merupakan tingkat harga suatu barang yang ada di pasar. Bagian B. (Soal pilihan jawaban) Berilah tanda silang pada jawaban yang Saudara anggap paling benar. Skor nilai masing-masing (1) 1. Apabila elastisitas permintaan suatu barang adalah in elastic, yang harus dilakukan penjual agar keuntungannya meningkat adalah: (a) menaikkan harga, (b) menurunkan harga, (c) tidak mengambil kebijakan tentang harga, (d) semua jawaban salah. Kekeringan/kemarau luar biasa yang terjadi dimana-mana menyebabkan petani kesulitan air bagi petani sayuran . Fenomena tersebut akan mampu menggeser kurva : (a) penawaran produk pertanian ke kiri, (b) permintaan produk pertanian ke kiri, (c) penawaran produk pertanian ke kanan, (d) permintaan produk pertanian ke kanan. Apabila diketahui koefisien elastisitas suatu barang X adalah 1,5 maka (a) barang X dikatakan inelastis, (b) barang X adalah barang netral, (c) barang X sebagai barang substitusi (d) barang X dikatakan elastis. Diagram yang menggambarkan jumlah suatu barang yang dijual pada berbagai tingkat harga dinamakan: (a) skala penawaran, (b) kurva penawaran, (c) fungsi penawaran, (d) penawaran. Apabila perubahan relatif harga telur lebih kecil dari pada perubahan relatif jumlah telur yang diminta konsumen, maka elastisitas harga terhadap permintaan telur adalah: (a) elastis, (b) in elastis, (c) unitary atau (d) elastis sempurna. Dalam keadaan kasus di atas (no 5) maka bentuk kurva permintaannya akan (a) landai, (b) curam, (c) membentuk sudut 45 derajat atau (d) mendatar. Apabila koefisien elastisitas permintaan suatu barang (Ep) = -2 pengertiannya adalah: (a) barang tersebut elastis, (b) barang tersebut in elastis, (c) barang tersebut inferior, (d) semua salah. Ciri barang yang saling bersubstitusi adalah elastisitas silangnya: (a) bernilai positif, (b) bernilai negatif, (c) bernilai nol, (d) bernilai satu. Yang dinamakan barang normal adalah; (a) barang yang digunakan konsumen sehari-hari, (b) barang yang harganya relatif konstan, (c) barang yang permintaannya meningkat bila pendapatannya meningkat, (d) semua jawaban benar.

2.

3.

4.

5.

6. 7.

8. 9.

10. Kurva penawaran adalah (a) kurva yang menggambarkan hubungan antara tingkat harga dengan jumlah barang yang ditawarkan, (b) menunjukkan arah kurva yang positif, (c) menggambarkan tempat kedudukan titik-titik jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga, (d) semua jawaban benar.

2

Bagian C. Isi dan Jawablah kasus di bawah ini . Skor nilai masing-masing 5 (lima). 1. Barang netral adalah ………………………………………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………………………………………………… ………………………… 2. 3. Koefisien elastisitas silang untuk …………………………………………………………. barang komplementer adalah

Harga pasar adalah ………………………………………………………………………………………………………………………. ………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………. Barang x akan dikonsumsi lebih sedikit bila terjadi peningkatan pendapatan. Dalam kasus tersebut maka barang x termasuk jenis barang …………………………………., Sebagai contoh barang yang sejenis dengan barang x adalah ………………………........................................... …. Berbeda dengan barang y yang penggunaannya justru meningkat bila pendapatan meningkat. Oleh karena itu barang y digolongkan ke dalam jenis barang ……….................... …….., dimana 4 (empat) contoh barang tersebut adalah ……………….………........................ ……….;.............................................. , ……………………..................…….; dan …………………………........……….. Mewabahnya penyakit flu burung, menyebabkan banyak ternak ayam broiler yang mati dan peternakannya gulung tikar. Demikian pula akibatnya di kabupaten Cianjur hanya tinggal 8 perusahaan besar saja yang masih beroperasi. Pernyataan ekonomi tersebut dikatakan sebagai bentuk pernyataan positif (B – S). Akibat peristiwa tersebut maka pasokan ayam broiler ke pasar menjadi berkurang yang digambarkan oleh (a) kurva permintaan bergeser ke bawah (b) kurva penawaran bergeser ke atas (c) kurva penawaran bergeser ke kanan, (d) semua pilihan jawaban tidak ada yang benar. Karena permintaan konsumen tetap maka akibatnya ada perubahan keseimbangan di pasar yaitu......................................................................................................................................... ........ Ekses permintaan adalah ………………………………………………………………, yang bisa terjadi akibat adanya ……………………………………………………….. Dalam keadaan seperti ini reaksi pasar adalah ……………………… …………………………………………………………………… agar …………………………………………………………………….. Bila diketahui fungsi penawaran susu Qs = 20 + 2 Px dan fungsi permintaannya adalah Qd = 50 – Px, berapakah harga susu tersebut dan berapa nilai transaksi yang terjadi.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

Gambarkanlah bentuk umum kurva penawaran telur asin yang elastic

10. Gambarkanlah bentuk umum kurva permintaan yang menunjukkan adanya

3

(lengkap dengan notasinya)

penurunan permintaan

4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->