Permainan Konsentrasi: Kata Berkait

Posted on 13 July 2008 by agungfirmansyah

Assalamualaikum wr wb Seperti visi saya (serius amat…) untuk menjadikan blog ini sebagai blog “how-to” dan mengingat sekarang adalah masa2 PSB, orientasi mahasiswa/siswa, ospek, atau apalah namany, maka saya akan menuliskan permainan-permainan icebreaking, inbound, ataupun outbond. Oke, lets get it down.

Nama permainan: Kata Berkait Jumlah peserta: 20-30 orang Bahan dan alat: tidak ada Arena: indoor / outdoor Latar Belakang Permainan ini saya dapatkan pertama kali di SIWAK 2005 (Studi Islam Awal Kuliah) FUKI (Forum Ukhuwah dan Kajian Islam) Fasilkom UI. Permainan ini menuntut konsentrasi, terutama daya ingat, dan perbendaharaan kata. Dengan berbagai modifikasi, permainan ini bisa menjadi kompetisi antar individu maupun antar tim. Oke, mari mulai penjelasan teknis permainan. Langkah Permainan Bentuk permainan berupa penambahan kata, oleh karena itu disebut kata berkait. Instruktur memilih satu kata (bebas) dan menunjuk satu orang peserta untuk melanjutkan kata tersebut. Sebut saja orang ini sebagai peserta pertama. Peserta pertama mengucapkan kata yang diucapkan oleh instruktur lalu menambahkan satu kata lagi dibelakangnya.

mandi. Bagi peserta (asumsi 30 orang) menjadi 5 tim. Peraturan : 1. kamar. instruktur: pulang. Lihat penjelasan/komentar Ilman di bawah. mandi. Permainan diulang lagi mulai dari instruktur. orang2: pulang. aku. Permainan dimulai dari instruktur lagi. Ajak peserta untuk berdiri melingkar (membentuk lingkaran besar). 3. maka orang tersebut keluar dari permainan. Tim orang5 kehilangan satu anggotanya. di. (Contoh di atas ada yang salah. .Permainan dilanjutkan oleh peserta kedua. orang3: pulang. Karena mengulang kata “mandi” maka orang5 keluar dari permainan. Kata yang ditambahkan harus tepat satu kata (tidak boleh lebih) 4. Pastikan tidak ada anggota setim yang bersebelahan. Bila ada yang melanggar. Satu kata dengan kata yang lain tidak harus ada keterkaitan makna 5. mandi. Tengs to Ilman) Berikut langkah teknisnya: 1. aku. mandi. orang5: pulang. orang1: pulang. mandi. Peserta ke-n (n adalah angka 2 sampai tak hingga) mengucapkan kata2. Tim mana yang anggotanya bertahan paling akhir maka tim tersebut yang menang. 4. di. Tidak ada kata yang diulang 3. mandi. Sebaiknya dalam posisi berdiri. Contoh. di. 2. Instruktur mengucapkan satu kata dan menunjuk salah satu peserta untuk melanjutkan permainan. Kata-kata tersebut harus urut (tidak boleh bertukar urutan) 2. mulai dari yang diucapkan instruktur sampai yang diucapkan peserta ke-(n-1). kamar. orang4: pulang.

Wassalamualaikum wr wb . Bila terjadi pelanggaran 7. Orang2 adalah orang di sebelah orang1 (bisa sebelah kanan atau kiri. Orang1 melanjutkan permainan (seperti yang dijelaskan sebelumnya) dan dilanjutkan orang2. hubungi penulis . 6. tergantung instruktur). Lanjutkan permainan sampai peserta yang tersisa hanya terdiri dari satu tim saja. Selamat mencoba.5. Bila kebingungan berlanjut.