BAHAN AJAR

MATA PELAJARAN

ILMU PENGETAHUAN ALAM
Materi: Wujud Benda dan Sifat-sifatnya Kelas IV Semester I

Disusun oleh:

MAMAT SUHERMAT
NO. Pes. 1102210271004

SEKOLAH DASAR NEGERI SARIJAYA I
KECAMATAN MAJALAYA KARAWANG 2011

PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG)

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN TAHUN 2011
RAYON 134 UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG

KOP PLPG BAHAN AJAR Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : IV / I Alokasi Waktu : 1 x 35 Menit Standar Kompetensi 6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya. Kompetensi Dasar 6. Materi Pokok Pembelajaran  Wujud Benda cair dan sifat-sifatnya .1 Mengidentifikasi wujud benda padat. cair dan gas memiliki sifat tertentu Indikator  Menjelaskan sifat-sifat air  Mengidentifikasi sifat -sifat air  Melakukan percobaan tentang sifat-sifat air  Menyebutkan contoh dari alam sekitar tentang sifat-sifat air I.

.

2 1. Perehatikan gambar waterpass selang (gambar. 2. Gambar.4) dan waterpass automtic. B.3). Permyukaannya selalu datar atau rata. Jika air dalam botol dipindahkan ke dalam gelas maka bentuknya akan berubah seperti gelas. Menjelaskan secara singkat materi pelajaran tentang sifat-sifat air.1 1. Kegiatan Inti (± 25 menit ) 1. Sebagai apersepsi guru memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran yang akan disampaikan. Demikian pula pada wadah yang lainnya. dan jika gelas tersebut penuh tidak mempunyai ruang lagi untuk ditempati maka air akan tumpah. Sifat-sifat air antara lain: 1.2 Gambar.5) Gambar.5 . panci dan sebagainya. (gaambar. siswa dikondisikan untuk siap menerima pelajaran.3 Gambar. 3.Skenario Pembelajaran: A.2. Setelah berdo’a dan mengucapkan salam.1.3. untuk mengukur perataan bangunan secara horisontal.4 Gambar. Hal ini dimanfaatkan oleh tukang bas. Jika air dituangkan ke dalam gelas maka akan menempati seluruh ruang gelas. Bentuknya dapat berubah sesuai dengan wadahnya. Mengabsen siswa. Jika dipindahkan lagi ketempat lain maka bentuknya akan sama seperti wadah yang ditempatinya. Gambar.1 Gambar. Permukaan benda cair yang tenang selalu datar. Kegiatan awal (± 5 menit ) 1. Benda cair menempati ruang. Silahkan amati permukaan kolam atau air dalam gelas(gambar.

air teh. Kegiatan akhir (± 10 menit) Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas. Siswa mengerjakan LKS secara berkelompok pada materi yang diajarkan. Kesimpulan: Sifat-sifat air antara lain: o Bentuknya dapat berubah sesuai dengan wadahnya.6 1. dapat larut oleh air.1. Gambar. 4. C. Menunjukan alat peraga dan media yang berhubungan dengan sifat-sifat air. o Permukaan benda cair yang tenang selalu datar. pasti teko harus diangkat lebih tinggi dari gelas. susu. Benda cair mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah. sungai. Selalu mengalir dari hulu ke hilir.5. Demikian juga jika kamu menuangkan air dari teko ke gelas. Benda cair dapat melarutkan zat tertentu Sirup. Itulah sebabnya air dipakai sebagai alat pencuci dan pemberih. o Benda cair dapat melarutkan zat tertentu  Pemberian tugas atau tes akhir (terlampir)  Menginformasikan materi pelajaran untuk pertemuan selanjutnya.7 2.  Pembelajaran ditutup dengan bersama-sama membaca hamdallah. karena air dapat melarutkan zat-zat tertentu. Siswa bertanya mengenai bagian materi yang belum dimengerti dan belum difahami.6). Perhatikan air terjun (gambar. 3. Perhatikan gambar. o Benda cair mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih rendah. karena hulu lebih tinggi dan hilir lebih rendah. . Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas. dan air irigasi.7. Gambar. 5.4. o Benda cair menempati ruang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful